Manfaat Mengkhatam Alquran di Bulan Ramadhan

June 27, 2017

Manfaat Mengkhatam Alquran di Bulan Ramadhan 2017

 

Siapa yang membaca 1 huruf dari Alquran, maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut. Satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Dan aku tidak mengatakan 'Alif Lam Mim' satu huruf. Akan tetapi, 'Alif' satu huruf, 'Lam' satu huruf, 'Mim' satu huruf

- HR. TIRMIDZI -


Manfaat Mengkhatam Alquran di Bulan Ramadhan - Siapa yang bacaan Alquran nya sempurna 30 juz waktu ramadhan kemarin? Sungguh sangat beruntung kalau kalian mampu melakukan nya. Meski belum selesai (karena para wanita terhalang tamu bulanan), tapi setidak nya ada waktu yang kalian gunakan untuk membaca ayat-ayat suci alquran.

Harus aku akui, ramadhan tahun ini ibadah ku melorot. Namun tetap produktif menulis. Tapi mau bagaimana lagi, waktu terus maju. Tanpa bisa di pungkiri, akupun menyesal melewatkan beberapa moment spesial yang hanya terjadi di bulan ramadhan. Salah satu nya ya gagal mengkhatam Alquran 😑 Tapi aku harus tetap bersyukur masih bisa melewati ramadhan tahun ini bersama keluarga. Terutama awal puasa yang lalui di kampung halaman. Yeayy... nikmat Allah memang luar biasa ya 😊 Alhamdulillah!

Setiap ramadhan tiba, aku selalu membuat to do list untuk mengisi waktu spesial di bulan penuh berkah ini. Membaca Alquran (kalau bisa sampai khatam dan tahun ini gagal namun bacaan nya harus tetap di lanjutkan) adalah salah satu nya, tarawih rutin (juga bolong-bolong karena tamu bulanan dan asma yang sering kambuh), buka bersama di luar rumah (succeed menjelang lebaran), produktif menulis (succeed) dan melihat senja (yes, i do).

Sekedar info! Aku itu penikmat senja dan pengagum laut loh 😎 Sebenarnya mengagumi ciptaan Tuhan berupa langit sore yang mulai menguning juga deru ombak yang dingin tanpa perlu alasan. Seneng aja! Entahlah, aku hanya suka dan merasa jatuh cinta jika berhubungan dengan alam 😍

Kembali soal manfaat mengkhatam Alquran di bulan ramadhan. Kenapa sih, bacaan alquran nya harus di tambah ketika memasuki bulan raamdhan? padahal beribada di hari-hari biasa juga bisa!

Bukan bermaksud menggurui atau apapun. Kalian semua pasti tahu kelebihan bulan suci raamdhan di banding bulan-bulan lainnya. Anak TK juga sudah paham karena memang ini adalah ilmu dasar dalam agama islam.

Bukan hanya bulan penuh berkah, bulan pengampunan dosa, bulan di mana semua doa-doa di ijabah juga bulan di mana pahala dilipat gandakan. Bulan ramadhan juga merupakan bulan di turunkan nya kitab suci Alquran. Dan mengkatam Alquran di bulan ramadhan banyak sekali keutamaannya. Contoh nya seperti yang di sebutkan dalam dalil berikut :

  • Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam, di tuliskan baginya pahala sholat sepanjang malam (HR. Ahmad)
Selain dalil tersebut, masih banyak lagi dalil-dalil tentang keutamaan atau manfaat mengkhatam Alquran di bulan ramadhan. Tentu, kita harus berlomba dalam hal kebaikan, kan? Tujuan utama setiap ibadah yang kita lakukan setiap hari (terutama di bulan ramadhan) apalagi selain mengharap ridho dan pahala dari Allah SWT.

Jadi, siapa saja disini yang sudah berhasil mengkhatam Alquran selama bulan ramadhan? Semoga yang belum (tunjuk diri sendiri), tahun depan gak ketinggalan lagi yah. Amin 😊

Oh ya, baca juga : Rahasia Bebas Bau Mulut Selama Berpuasa

Another Catchy Story

0 komentar

Hai, terima kasih sudah berkunjung. Setiap komentar akan di moderasi ya. NO LIVE LINK, oke!! 😜 So, jadilah komentator yang bijak dengan pesan yang sopan dan membangun 😗 For Business Inquiries or ask something important and urgent. Can directly email me at heizyi.business@gmail.com 🙏 Enjoy 🙏

About Me

Like us on Facebook