Olahraga Saat Puasa? Kenapa Enggak!

June 04, 2017

Tips Olahraga Saat Puasa Ramadan 2017
“Ketika Berencana Berolahraga Maka Persiapkan tubuh Dengan Sahur Makanan Yang Berkualitas”
- Praktisi Kesehatan (Mochamad Aldis Rusialdi) - 

Olahraga Saat Puasa? Kenapa Enggak! - Bagi orang yang terbiasa dengan gaya hidup sehat dan rajin olahraga, diam di tempat dan leyeh-leyeh seharian di kasur mungkin adalah pilihan yang salah. Tapi jika ingin berolahraga saat puasa, pastikan tubuhmu mampu untuk melakukannya.

Tentu, puasa bukan menjadi halangan untuk tetap aktif dan sehat. Namun jangan paksakan diri untuk olahraga berat dengan intensitas tinggi. Jangan samakan hari-hari biasa dengan bulan ramadhan.

Karena tubuh berpuasa selama kurang lebih 12-13 jam tanpa pasokan nutrisi dan hidrasi sama sekali. Sudah jadi tugas mu untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan aman ketika memutuskan untuk berolahraga ketika puasa. Perhatikan juga hal-hal berikut sebelum tubuh kalian ambruk karena kelelahan ketika berolahraga saat puasa.

HAL-HAL YANG HARUS DI PERHATIKAN KETIKA OLAHRAGA SAAT PUASA :


1| WAKTU OLAHRAGA


SETELAH SAHUR atau SEBELUM BERBUKA? - Bagi beberapa orang, kebugaran tubuh adalah kunci utama untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Apakah olahraga saat puasa di perbolehkan? Sebenarnya semua tergantung dari kondisi tubuh itu sendiri. Jika kalian terbiasa olahraga, tentu hanya berdiam diri di pagi hari atau sebelum waktu buka puasa tiba pasti sangat membosankan.

Beberapa orang berpendapat bahwa olahraga yang baik saat puasa di lakukan sebelum waktu berbuka puasa tiba. Karena menurut mereka, meski nanti nya kelelahan atau merasa lapar dan haus setelah berolahraga. Toh, waktu adzan maghrib akan segera tiba. Jadi mereka tidak perlu khawatir badan lemas karena lapar.

Tapi, sebagian orang juga berpendapat bahwa olahraga saat puasa yang baik di lakukan setelah sahur. Kenapa? Karena waktu itu perut masih terisi dan tidak dalam keadaan kosong. Selain udara pagi hari yang sejuk, olahraga setelah sahur juga baik untuk kesehatan. Karena jika setelah sahur kita langsung tidur, maka tingkat asam lambung kita akan naik. *begitu yang saya baca dalam sebuah artikel 😀

Jadi, Olahraga Setelah Sahur atau Olahraga Sebelum Berbuka? Semua tergantung dari kondisi fisik teman-teman. Asal setelah olahraga tubuh kalian tetap fit dan tidak pingsan (itu yang terutama). Maka kapan saja waktu olahraga saat berpuasa saya anggap sah-sah saja!

2| JENIS OLAHRAGA SAAT PUASA


Karena sedang berpuasa, maka jenis olahraga yang harus kita lakukan juga di sesuaikan dengan kondisi tubuh ya. Olahraga tapi tetap puasa. Dan Olahraga yang tetap bisa kita lakukan meski sedang puasa adalah jenis olahraga ringan dengan intensitas rendah. Seperti jogging, bersepeda serta aerobik ringan.

3| NUTRISI PENTING SAAT PUASA


Karena tubuh kita hanya menerima nutrisi ketika waktu sahur dan berbuka, maka makanlah makanan yang mengandung KARBOHIDRAT TINGGI untuk mengembalikan kadar GLUKOSA DARAH yang menurun saat berpuasa. Sedangkan ketika sahur, makanlah makanan yang mengandung LEMAK TINGGI untuk memeperlambat pencernaan sehingga perut tidak cepat kosong.

Selain karbohidrat dan lemak, tubuh juga perlu yang namanya PROTEIN. Maka makanlah makanan yang mengandung protein seperti ikan, telur dan daging. Untuk apa? Untuk memulihkan dan memperbaiki sel-sel otot yang rusak (kaku) setelah berolahraga. Terutama saat puasa, tentu lebih banyak energi yang terkuras dibanding olahgara seperti hari-hari biasa, kan? 😚

4| HIDRASI (Banyak Minum)


Kakek saya pernah bilang, “Minum yang banyak biar puasanya kuat”. Dan ya, semua itu benar. Saya lebih kuat menahan lapar ketimbang harus menahan haus. Saya bahkan kuat puasa sehari penuh meski tidak sahur. Tapi kalau waktu sahur hanya minum air putih sedikit, rasa nya badan kok lemes dan gak bersemangat menjalani aktivitas selama berpuasa.

Semua itu terbukti, mungkin orang-orang jaman dulu tidak bisa memberi pengertian secara rinci tentang sebuah SEBAB AKIBAT kejadian, tapi sebenarnya mereka mengerti semua yang terjadi di alam ini.

Dehidrasi dapat terjadi kapan saat terutama saat olahraga ketika sedang berpuasa. Untuk mencegah dehidrasi itu sendiri, kita harus rajin minum air putih sebanyak 1,5-2 liter setiap hari. Dan ketika berpuasa, kalian juga harus mengganti ion yang hilang selama berpuasa dengan banyak minum air putih atau menuman isotonik yang bisa dibeli di toko-toko terdekat.

5| WAKTU TIDUR


Bukan hanya ketika bulan ramadhan kita harus tidur cukup, bahkan pada hari-hari biasa tidur adalah nikmat Tuhan yang tidak bisa di tawar dan tak ternilai harganya. Setuju? 😜 Maka, gunakan kesempatan tidur dengan baik. Minimal 7-9 jam perhari. Supaya kinerja tubuh seimbang dan mendapat pahala lebih banyak ketika tidur saat puasa.

Jelas, kan? Pastikan energi yang masuk dan keluar dari dalam tubuh ketika olahraga saat puasa seimbang. Untuk rekomendasi bacaan santai #InspirasiRamadhan lainnya, kalian bisa kunjungi label : Ramadan Challenge DISINI 

Another Catchy Story

9 komentar

  1. kalau aku olahraga menjelang buka shg gak terlla capai krn bisa langsung minum setelah buka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga sih mbak. Lebih enak olarhraga sebelum buka, jadi kalo haus atau laper bisa langsung batalin puasanya. Kan, udah maghrib juga ^^

      Delete
  2. yeeesss, puasa juga harus jaga kesehatan tubuh, tipssnya mantap mbak

    www.borusiallagan.com

    ReplyDelete
  3. Pingin banget sih , yang berat mengusir rasa malasnya itu lhoo..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, kalo males nya kumat. Setelah sahur langsung tidur lagi :(

      Delete
  4. Aku biasanya senam ngikutin di TV pas Ramadan ni ngga, lupaa hihi

    ReplyDelete
  5. aku tetap olahraga jalan kaki tp saat sore menjelang buka

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bagus mbak, biar sekalian cari takjil buat buka puasa ya :)

      Delete

Hai, terima kasih sudah berkunjung. Setiap komentar akan di moderasi ya. NO LIVE LINK, oke!! 😜 So, jadilah komentator yang bijak dengan pesan yang sopan dan membangun 😗 For Business Inquiries or ask something important and urgent. Can directly email me at heizyi.business@gmail.com 🙏 Enjoy 🙏

About Me

Like us on Facebook