Ternyata Golongan Darah Anak Kembar Gak Selalu Sama Loh

November 09, 2017

Golongan Darah Anak Kembar Non Identik Beda


"Kembar Merupakan Cerminan Satu Sama Lain"


Apakah Golongan Darah Anak Kembar Selalu Sama? Yuk Cari Tahu! - Siapa sih yang gak gemes melihat bayi lucu nan imut. Apalagi bayi kembar dua, triplet atau malah lebih 😲 wow... tapi ini jarang terjadi. Kebanyakan kelahiran bayi kembar hanya sebatas kembar dua atau kembar tiga. Kecuali Tuhan ingin memberi kalian kejutan dengan keruwetan sekaligus😩

Oh ya, kalian pernah mendengar bahwa anak kembar itu unik? Selain memiliki kedekatan yang istimewa, ternyata ada beberapa kasus dengan golongan darah anak kembar yang berbeda loh. Kok bisa? makanya, baca dulu sampai selesai 😜

Begini, ada beberapa jenis "kembar" dalam dunia kedokteran. Ada kembar identik (monozigotik), kembar non identik (dizigotik atau fraternal), kembar siam dan setengah kembar atau semi identik.

Nah, untuk kasus anak kembar yang memiliki golongan darah berbeda, itu karena mereka termasuk kembar non identik, alias kembar dizigotik atau yang biasa di singkat DZ atau lebih di kenal dengan kembar fraternal.

Kembar Fraternal adalah suatu keadaan dimana dua sel telur yang benar-benar terpisah di buahi oleh dua sel sperma yang berbeda dalam waktu yang sama. Kembar non identik hanya berbagi 50% kode genetik dan DNA. Jadi bisa di katakan, kembar non identik mirip dengan saudara kandung lainnya dalam keluarga. Maksutnya, mereka memang kembar, tapi juga berbeda. Begitu 😰
Penyebab Golongan Darah Anak Kembar Berbeda
Image made by 'Me'

Seperti adikku Hania. Mereka lahir dari rahim yang sama, hari yang sama, tanggal yang sama, namun jam nya berbeda. Nia lahir 30 menit sebelum Hani. Makanya, kami menjadikan Nia sebagai kakak. Alasan nya simpel, karena Nia lahir dan melihat dunia lebih dulu.

Nia dan Hani memang tumbuh di rahim yang sama, tapi mereka sungguh berbeda. Secara fisik, warna kulit, sifat, hobi, kegemaran, minat maupun makanan juga minuman favorit nya pun berbeda. Unik, kan? Ah iya, golongan darah mereka juga beda loh. Nia menurun dari ibu yang bergolongan darah 'O', sedangkan Hani menurun pada ayah dan memiliki golongan darah 'A'.

Sayangnya, Nia kurang beruntung. Di saat usia nya dua bulan (kalau gak salah), kita baru tahu kalau ternyata Nia mengidap Down Syndrom. Saat itu, kondisi kesehatan Nia juga menurun. Nyaris tak terselamatkan. Dia sering demam tinggi hingga step, terkena gizi buruk juga mengalami kelainan pada paru-paru nya 😭 Entah kenapa seakan semua penyakit bersarang di tubuh Nia, mungkin karena usia ibu yang memang beresiko saat itu. Mengandung bayi kembar pada usia 38 tahun 😢

Tapi alhamdulillah, ibu mampu melahirkan dengan normal. Dan jadi pengalaman pertamaku juga menemani nya. Menyaksikan langsung proses persalinan yang menguras tenaga dan pikiran. Hingga aku merasa benar-benar berdosa dan sangat bersalah belum jadi anak yang berguna kala itu. Sungguh pengorbanan seorang ibu saat mengandung sampai melahirkan bayi itu sangat luar biasa. Taruhan nya nyawa guys 😒

Golongan Darah Anak Kembar Non Identik Beda
Hani (Depan) & Nia (Belakang)


Sedangkan cara untuk bisa mengetahui apakah si ibu hamil bayi kembar atau tidak, biasa nya bisa di deteksi jika usia kandungan memasuki minggu ke-14 (menurut pengalaman yang pernah hamil anak kembar). Eh tapi, aku pernah baca artikel nih ya, kalau usia perempuan di atas 30-an dan 40-an, kesempatan hamil anak kembar lebih besar loh. Tapi kembar nya cenderung non identik atau hamil anak kembar fraternal. Atau jika kalian mom-to-be ingin memiliki bayi kembar, katanya sih harus banyak minum susu dan makan ubi liar 😁

Ciri-ciri Kembar Non Identik atau Kembar Fraternal :


Seperti yang aku bahas tadi, namanya aja non identik. Otomatis akan ada banyak perbedaan antara anak kembar jenis ini. Seperti golongan darah, DNA, wajah (muka) maupun warna kulit yang berbeda.

Ciri-ciri Kembar Identik atau Kembar Monozigotik :


Nah, kalau ini pasti punya banyak persamaan. Termasuk sifat dan karakter nya, mungkin bisa di katakan mirip. Selain berasal dari satu sel telur yang kemudian membelah dan hidup dari satu plasenta. Bayi kembar identik biasa nya memiliki ciri wajah atau muka sama, golongan darah sama, DNA sama, warna kulit sama. Semua nya hampir sama. Nyaris sulit di bedakan alias "Mirror Twins".

Persamaan Kembar Identik dan Kembar Non Identik :


Meski kedua jenis kembar ini mengalami perbedaan dari proses pembuahan, namun kedua nya memiliki persamaan. Yaitu, sidik jari anak kembar identik maupun non identik sama-sama berbeda. Jadi, salah satu cara paling akurat membedakan anak atau bayi kembar adalah dengan mencocokkan sidik jarinya 😊

Istilah Kelahiran untuk Bayi Kembar :


  • Kembar 2 : Twin (gemelli)
  • Kembar 3 : Triplet
  • Kembar 4 : Quadruplet
  • Kembar 5 : Quintiplet
  • Kembar Identik : Monozigotik/ Uniovular/ Homolog
  • Kembar Non Identik : Multizigotik/ Dizigotik/ Fraternal/ Multiovular/ Heterolog
  • Kembar Siam : Kembar Dempet atau Pagus

Wah, ternyata punya bayi kembar itu asyik ya, selain golongan darah anak kembar yang gak selalu sama, mereka juga punya keunikan lainnya. Seperti hal nya my twin sister Nur Haniya. Mereka punya nama panjang yang sama persis. Namun panggilan nya beda. Si kakak di panggil Nia, sedang si adik di panggil Hani. Kalau Nia berani dengan segala macam hewan, maka Hani akan langsung teriak kalau liat kecoa atau takut banget sama yang namanya cicak πŸ˜…

Lucu nya juga, kalau Nia paling takut sama "Daun" (phobia daun), maka Hani akan dengan senang Hani membuang setiap daun atau tumbuhan hijau yang dirasa mengamcam untuk Nia. Kalau Nia doyan banget makan, maka jangan heran, kalau Hani susah banget di suruh makan. Bahkan dia gak akan ngeluh kelaparan meski seharian gak makan 😱

Unik nya lagi, Nia itu anak nya rapi banget, bersih dan disiplin. Kalau Hani? jangan di tanya, udah pasti beda. Anak nya radak males, gak disiplin dan slenge'an. Ajaib, kan? bener-bener deh πŸ˜ͺ Mereka mendadak bakalan jadi tim yang solid kalau udah kena marah. Terutama kalau Hani ada maunya. Nia bakalan senang hati bantuin kembaran nya, gak peduli dia lagi di manfaatin atau di marahin karena kesalahan si kembaran. Yang penting bagi Nia, Hani harus di urus dulu. Dia bakal ngalah meski mainan atau barang yang dia punya di ambil Hani. Sekalipun dia pengen banget main.
Golongan Darah Anak Kembar Non Identik Beda
Nia (Baju Kuning) & Hani (Baju Merah)

Satu lagi, Nia itu gak pernah yang namanya marah atau jengkel sama Hani. Meski di apain aja, Nia mah santai. Nia ngalah banget deh pokok nya sama Hani. Apa gitu ya naluri anak kembar. Ikatan batin anak kembar emang kuat banget, apa ya? Meski golongan darah anak kembar berbeda, tapi mereka punya kedekatan yang istimewa, bahkan sejak lahir rasanya udah bikin MOU pas di perut ibu buat saling jagain dan berbagi satu sama lain. Meski kebanyakan Hani yang memonopoli sih 😨


Ah, ada juga mitos tentang anak kembar yang menyebutkan, bahwa : Jika ada pria kembar identik menikah dengan perempuan kembar identik dan mereka memiliki anak. Maka anak-anak mereka akan menjadi saudara genetik. Pernikahan pasangan kembar identik ini di sebut "Quaternary Marriages".

Kalian ada cerita seru juga gak perihal anak kembar? atau kalian juga punya saudara kembar yang golongan darah nya berbeda? Ehm, atau gak, kalian pernah denger mitos atau fakta menarik tentang anak kembar?  share di kolom komentar ya 😊 see you guys 😘

Another Catchy Story

0 komentar

Hai, terima kasih sudah berkunjung. Setiap komentar akan di moderasi ya. NO LIVE LINK, oke!! 😜 So, jadilah komentator yang bijak dengan pesan yang sopan dan membangun πŸ˜— For Business Inquiries or ask something important and urgent. Can directly email me at heizyi.business@gmail.com πŸ™ Enjoy πŸ™

Colony

Warung Blogger
Blogger Jember Sueger
Blogger Perempuan
Blogger Muslimah
Kumpulan Emak Blogger
Indonesian Hijab Blogger
Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support

Associate