Here's My 2018 Resolution and Cups of Wishes

December 28, 2017

My Resolution and Happy New Year 2018


"Dreams don't work unless you do"

- John C Maxwell - 


Here's My 2018 Resolution and Cups of Wishes - Hemm... Menjelang pergantian tahun, pasti selalu identik dengan yearly planner, wishes or  resolution, kan? Nah, berhubung tahun 2017 segera berakhir, rencana apa saja yang sudah kalian siapkan untuk tahun baru nanti? Sebenarnya perlu gak sih membuat resolusi tahun baru?

Menurut Diena Haryana, seorang Psikolog juga pendiri Yayasan Semai Jiwa Amini, "Memiliki resolusi akan lebih baik. Apalagi kalau kita berkomitmen atas resolusi tersebut. Pasti akan lebih puas karena keinginan bisa tercapai".

Kadang ada banyak hal yang sebenarnya penting namun kita lewatkan begitu saja. Hal remeh yang ternyata begitu bermanfaat baru kita sadari setelah beberapa tahun kemudian. Dan mungkin selalu berada di zona nyaman membuat kita lalai, seperti aku. Kadang aku juga lupa, bahwa ada begitu banyak hal menakjubkan yang harus nya bisa tercipta setiap tahunnya.

Jadi, supaya hal-hal menarik yang nantinya akan menjadi tabungan kenangan kita di masa depan. Sebaik nya mulailah merencanakan hal-hal baru atau memperbaiki sesuatu yang belum selesai di tahun sebelumnya. Caranya? Cobalah beberapa poin ini 😃

HOW TO MAKE 2018 IS AWESOME:


  • Declutter Jiwa dan Pikiran


Resolusi Tahun Baru 2018 Heizyi.com
Image by WikiHow.com
Namanya juga declutter, berarti harus membuang hal-hal negatif kemudian diganti dengan sesuatu yang positif ^^ yang mana dalam declutter jiwa dan pikiran ini hal pertama yang harus kita lakukan sebelum mulai melangkah pada fase berikutnya adalah introspeksi diri. Mengingat kembali apa saja yang sudah kita lakukan dalam tahun ini, apa saja yang sudah kita capai atau belum terpenuhi setahun belakangan ini. Membuang pikiran buruk, prangsangka bimbang, juga harus yakin bahwa sebaik-baik nya rencana manusia. Tetaplah Tuhan yang menentukan. 😊

Selanjutnya adalah tentang realistis. Which is, seharus nya aku bisa lebih live to the max dengan tidak overthinking. Selalu berusaha menciptakan kebahagiaan untuk orang-orang di sekitarku namun tanpa sadar berakhir mengecewakan kemudian berganti kekhawatiran bagi mereka.

Ya, mengatur mindset positif dan lebih terbuka demi kesehatan jiwa dan pikiran ternyata sangatlah penting. Flashback kejadian-kejadian buruk di masa lalu untuk mencegah agar tidak terulang di tahun berikutnya adalah hal yang perlu di ingat baik-baik agar hidup kita lebih damai, bahagia dan lega tentunya 😎

  • Lebih Menghargai Hidup

Resolusi Tahun Baru 2018 Heizyi.com
Image by WikiHow.com
Evaluasi diri guna meningkatkan kualitas hidup bisa jadi kunci utama kesuksesan resolusi tahun baru loh. Ada kalanya kita berhenti sejenak dan merasa cukup. Mengambil hikmah dari setiap pelajaran hidup selama satu tahun terakhir. Memilah yang baik, kemudian membuang yang buruk.

Kadang harapan maupun mimpi yang tidak terealisasikan dengan sempurna membuat kita marah pada diri sendiri, kecewa pada keadaan, juga kadang kesal pada Tuhan. Di saat orang lain berhasil mewujudkan mimpinya, kita malah stuck di satu titik yang tanpa sengaja sangat kita nikmati. Seolah lupa bahwa waktu terus berjalan tanpa menunggu. Belajar mengganti harapan dengan penerimaan adalah jalan terbaik untuk hidup bahagia. Meski susah dan gak semudah membalikkan telapak tangan 😕

Berusaha legowo atas semua pencapaian di tahun ini adalah bentuk rasa syukur kita pada Tuhan. Karena Tuhan tidak memberi yang kita inginkan, melainkan memberi yang kita butuhkan. Dan inilah caraku menikmati serta menghargai hidup. Are you?

  • Stage of Life as Planned


Resolusi Tahun Baru 2018 Heizyi.com
Image by WikiHow.com
Ketika kita menginginkan sesuatu dan berusaha untuk mewujudkan nya, sebenarnya kita sudah melakukan resolusi hidup itu sendiri tanpa menunggu pergantian tahun. Namun kebanyakan orang menjadikan tahun baru sebagai sebuah awal kisah baru. Padahal, tugas kita hanya melalui fase di setiap tahap kehidupan layaknya manusia kebanyakan. Selebihnya, Tuhan lah yang menentukan.
Membuat sebuah rencana nyatanya lebih mudah dari pada menerapkannya, bukan? But, jika kita mau bersungguh-sungguh. Aku pun yakin. semesta akan membantu. Tentu juga harus di sertai dengan usaha dan doa yang sungguh-sungguh!

Resolusi sendiri adalah tanda nyata, bahwa kita akan melompat pada tahap kehidupan berikutnya. Dengan resolusi, kita tahu. Siapa dan Bagaiamana diri kita. Apa yang kita inginkan, apa yang belum kita capai, juga apa saja yang harusnya kita tinggalkan dari masa lalu.

Dengan begitu, kita bisa mengontrol dan mengarahkan kemana dan seperti apa hidup kita nantinya. Syukur-syukur kalau semua yang kita rencanakan di Amini oleh Tuhan. Di kabulkan dan tentu, siapa yang tidak senang berada dalam tahap puncak kehidupan yang kita rangkai sedemikian rupa. Is not that like we get a jackpot hah?

Kalau menurut ramalan zodiak di Tahun Anjing Bumi 2018 sih, sebagai seorang Pisces Girl, harusnya aku lebih memikirkan diri sendiri. Kenapa? Seperti yang aku bilang sebelumnya. Karena karakter seorang Pisces yang cenderung ingin membuat orang lain bahagia, namun malah sering berakhir mengecewakan. Yes, that's me! 😓

Resolusi Tahun Baru 2018
Lepas dan Bebas tanpa Beban
Seorang teman pernah bilang, bahkan orang-orang disekitar ku pun juga pernah melontarkan. Kalau aku terlalu cuek dengan diriku sendiri. Maunya selalu mengutamakan orang lain. Hingga aku lupa. Bahwa usia tak lagi muda. And you know lah ya, kekhawatiran terbesar sebuah keluarga pada seorang 25+ yang masih single adalah tentang pasangan. Which is, harusnya bukan jadi masalah di jaman yang serba modern seperti sekarang ini, kan?

Tapi tenang saja! Bukan karena lelah dipepet keadaan maupun pasrah karena hilal jodoh tak kunjung kelihatan. Mau tidak mau namun harus, aku meletakkan 'Get Married' di salah satu nomor tersirat dalam resolusi tahun baru 2018 ku. Namun, sebelum merencakan perjalanan baru dalam sebuah mahligai indah rumah tangga. Terlebih dulu aku ingin memperbaiki sesuatu yang aku rasa kurang pas dalam diriku yang tak sempurna ini

AND, HERE'S MY 2018 RESOLUTION and CUPS OF WISHES :

My 2018 Resolution Blog Competition

1| Leave Behind the Past


Move On! Itulah kunci kita selalu produktif dan bergerak maju. Meski tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi kita harus belajar memaafkan orang-orang di masa lalu. Kenangan buruk, rasa bersalah, pengalaman pahit. Semua harus kita simpan rapat dalam memori indah sebagai pelajaran hidup untuk melangkah pada tahap kehidupan berikutnya.

Belajar ikhlas serta melepaskan adalah solusi terbaik nya. Jangan sampai karena terkurung dalam jeratan masa lalu, membuat kita takut menjalin hubungan baru. Hingga pada akhirnya kita harus terjebak pada kata kramat berjudul 'Perjodohan'!

Life must go on, right? Bukankah, kita harus memikirkan kebahagiaan kita sendiri sebelum orang lain atau Tuhan yang melakukannya?

So, let it go, guys. Aku pun akan berlatih untuk melupakan, mengikhlaskan kemudian belajar memaafkan hingga jika kilasan-kilasan buruk masa lalu kembali. Aku hanya bisa tersenyum bahagia sambil bergumam dalam hati, "Itu sudah berlalu. Dan aku akan jadi lebih baik lagi setelah ini". Yes, i will do it! 👊

2| Self Improvement


Setelah berhasil mengubur masa lalu. Maka hal kedua yang akan aku benahi di tahun 2018 sebagai resolusi tahun baru guna hidup lebih baik adalah Self Improvement. Yes, Perbaikan Diri!

Salah satunya adalah dengan cara berhenti menunda-nunda dan berusaha kembali menghafal Al-qur'an. Seakan lupa bahwa waktu tak pernah bisa terulang. Aku terlalu enteng mengabaikan banyak hal. Bahkan, target kecil pun tidak akan pernah tercapai hanya dengan mengandalkan hari esok.

Soal bagaimana aku ingin kembali menghafal surat pendek dalam Al-qur'an adalah karena aku terinspirasi oleh tiga pria hebat ini :

  1. Pertama, aku suka sekali stalking IG nya Irwansyah dan dengerin doi ngaji 😍 ya Allah... adem deh hati aku. Subhanallah!
  2. Kedua, karena kepo sama timeline sosmed yang dimana-dimana pasti ada wajah doi. Jadi, aku cari tahu, ternyata dia adalah hafiz quran loh guys. Namanya Muzammil Hasballah. Aku merinding deh pas denger doi jadi imam sholat dengan bacaan quran nya yang sungguh merdu 💜
  3. Nah, ini juga berkat hobi membacaku. Beberapa hari lalu,  aku baca wattpad,  dimana dalam cerita tersebut. Si calon suami kasih hadiah pernikahan pada calon istirnya dengan hafalan surat Ar-rahman. Padahal sebelumnya, doi adalah playboy kelas kakap. Namun mau berubah demi mendapatkan hati sang istri. Fiktif sih, tapi kan bisa jadi pelajaran hidup 😊

Karena itu, aku akan mulai bernego dengan rasa malas juga kebiasan buruk lainnya dengan mensugesti pikiranku sendiri,"Hari ini, atau akan menyesal tanpa mencoba sama sekali". Doain aku semoga istiqomah ya temen-temen. Amin :)

Quote Steve Maraboli for 2018 Resolution
Image by Stevemaraboli.com

3| Trying Harder


Jadi, setelah berlatih melupakan, belajar memaafkan juga menjinakkan rasa malas akibat sering menunda-nunda pekerjaan. Selanjutnya adalah dengan berusaha lebih keras lagi. Jika sebelumnya hanya mampu memposting  4 atau 6 artikel dalam sebulan di blog ini, maka tahun depan harus lebih giat lagi dalam menulis. Minimal seminggu sekali atau seminggu dua kali kalau ide gak mampet 😆 Sudah saat nya hobi nonton drama Korea aku bangkitkan lagi.  Dengan begitu, aku akan lebih rajin menulis artikel karena di tuntut untuk selalu update sinopsis drama Korea di blog satunya. Hopefully 😊

4| Healthy Life


Resolusi Tahun Baru 2018 Therangan-M Blog Competition
Theragran-M Selalu Jadi Teman Setia Setiap Merangkai Kata :)
Seharusnya, dua minggu sebelum tahun baru 2018, aku bisa memanfaatkan waktu libur panjang menjelang akhir tahun sesuai ekspetasi dengan bahagia. Nyatanya, hidup tak semulus angan dan bayangan, kan? 😰

Libur sekolah yang bisa dikatakan lumayan cukup untuk relax then have fun enjoying the free time pun kandas karena penyakit tipes datang menyerang 🙈 Oh, ya Allah

Baca Juga : How Stop the Time?

Aku kira cuma asma doang yang setia jadi teman sepanjang 2017. Ah, padahal udah 20 tahun sejak kelas satu sekolah dasar (SD). Kirain gak bakal kumat lagi. Tapi ya... sudahlah. Yang penting sekarang udah bisa jajan cilok lagi 😅

Di tahun berikutnya, aku janji bakalan hidup lebih sehat lagi. Rajin olahraga meski cuma seminggu sekali. Jalan kaki meski gak jauh-jauh amat. Pokok nya harus keringetan dan gak boleh loyo. Harus jaga stamina biar ngeblog nya lancar dan nganterin sekolah adek-adek juga semangat.

Untuk menunjang pola makan aku yang kadang gak teratur juga supaya badan aku kalau sakit jangan lama-lama. Aku selalu sedia Theragran-M multinvitamin dan mineral. Untung kapsul nya gak segede biji salak, jadi aku gak susah buat minumnya 😆

Theragran-M adalah produk vitamin dan mineral for your recovery support loh. Jadi, selain sebagai vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Theragran-M ini juga mengandung mineral yang mana kandungannya berfungsi sebagai imunitas tubuh (Zinc), anti oksidan (Mangan), pembentukan energi (Zat Besi), regulasi pertumbuhan aktivitas sel (Iodium), membantu proses metabolisme (Tembaga) serta berperan menjaga kesehatan jantung (Magnesium) 💗

Nah, pas banget kan buat aku yang lagi dalam proses recovery setelah hampir tiga minggu cuma makan bubur dan minum air plus konsumsi madu doang 😂 Untuk yang kepo akan keunggulan dan manfaat apa saja yang ada dalam kandungan Theragran-M, bisa look at the picture dibawah ini ^^

Keunggulan Produk Theragran-M Multivitamin dan Mineral
Oh ya, aku juga ada alat olahraga di rumah. Sayang penggunaan nya belum maksimal. Dan setelah badanku bener-bener sembuh 100%. Aku bakal gunain alat itu untuk olahraga supaya badanku fit, pikiran ku rileks, juga untuk peningkatan daya tahan tubuh ku biar gak lembek-lembek amat 😅

5| Komitmen


Percuma dong, bikin resolusi tahun baru panjang kali lebar, tapi setelah tahun berganti, semua lewat gitu aja. Lupa? tiba-tiba gak semangat? Ah, mana boleh gitu. Apa gunanya resolusi kalau cuma jadi pajangan doang? Ngapain repot-repot nulis daftar panjang banget berisi mimpi juga harapan tahun baru kalau ujung-ujung nya berakhir hanya sebagai rangkaian kata tak bermakna. Rugi kertas, rugi pikiran, rugi waktu dong 😟

Nawaitu udah, namun eksekusi susah? why? jelasss... karena kurang komitmen sama diri sendiri. Dan aku termasuk salah satunya. Mewujudkan mimpi itu memang susah. Pasti ada aja rintangan dalam setiap prosesnya. Tapi aku janji. Aku akan komit sama apa yang udah aku tergetkan tahun ini. Semoga Allah mengabulkan dan membantu aku membuatnya jadi nyata. Memperbaiki Diri, Melupakan masa lalu, Berusaha Lebih Keras Lagi, Hidup Sehat dan Sukses. Amin

So....Dear 2017, you're so amazing for me. Pahit, asem, manis. Semua ada dalam tahun ini. Aku bersyukur banget sama Allah, karena sepanjang tahun yang gak mudah ini, bisa aku lalui lebih sabar dari pada tahun sebelumnya. Tentu dengan pengendalian diri serta emosi yang hebat. Gak gampang loh pura-pura baik aja padahal nyatanya enggak *loh, kok curhat 😂 hehehe

Then... Happy New Year Everyone 😇 Hope your all wishes and dream come true 🙏😎 💪

*/Artikel ini diikut sertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Netwrok dan Theragran-M

Another Catchy Story

21 komentar

  1. setuju banget, bikin resolusi itu penting, biar tiap bangun pagi ada semangat buat mencapai target.
    semoga resolusi tahun 2018-nya berjalan dengan baik mbak.

    ReplyDelete
  2. Hihi setuju deh. Pura-pura baik-baik aja itu emang nggak gampang 😂
    Semoga semua resolusinya di tahun 2018 bisa tercapai ya mba :)

    ReplyDelete
  3. amiiin semoga segera tercapai semua resolusinya ya dan jaga kesehatan selalu :)

    ReplyDelete
  4. semoga selalu bisa menjaga komitmen ya mba, karena itu menurutku yang paling susah hehe
    semoga seluruh keinginannya bisa terwujud amin

    ReplyDelete
  5. Semoga tercapai yaa resolusinya aamiin..

    ReplyDelete
  6. Semoga harapan dan cita2 mbak terkabul di tahun 2018 ya aamiin. Menjaga kesehatan itu penting banget supaya kita bisa beraktivitas lbh baik lagi.

    ReplyDelete
  7. aku doain semua resolusinya terwujud yaaa, dan segera terima undangan akunya #eh amiennnn

    ReplyDelete
  8. Setujuuu!! Aminnnn! Resolusi itu bagus karena untuk menunjang kehidupan yang lebih bagus kedepannya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, bener! Supaya lebih tertarget lagi :)

      Delete
  9. Replies
    1. Yeayyy... happy new year 🎉🎉🎉

      Delete
  10. Saya juga ingin lebih istikomah lagi di 2018 nanti ... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama belajar berkomitmen ya mba ^^

      Delete
  11. sangat membantu dalam menulis untuk resolusiku. Artikelnya jelas dan rinci. Mantap mbak

    ReplyDelete
  12. moga istiqomah dan semua resolusinya terwujud yaa, aamiin

    ReplyDelete
  13. Setuju pakek banget resolusinya yang keren abis ini. :) Semangat Kakak.

    ReplyDelete
  14. My resolustion, melanjutkan resolusi 2017, 😂

    ReplyDelete
  15. Semoga yang seang menanti pasangan dimudahkan jalannya, aaamin. Resolusiku simple, lebih baik dari tahun lalu dan sebisa mungkin enggak mengulangi kesalahan yang sama, aaamin

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung. Setiap komentar akan di moderasi ya. NO LIVE LINK, oke!! 😜 So, jadilah komentator yang bijak dengan pesan yang sopan dan membangun 😗 For Business Inquiries or ask something important and urgent. Can directly email me at heizyi.business@gmail.com 🙏 Enjoy 🙏

Colony

Warung Blogger
Blogger Jember Sueger
Blogger Perempuan
Blogger Muslimah
Kumpulan Emak Blogger
ID Corners
Indonesian Hijab Blogger
Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support

Partners