Mumpung Masih Muda, Ayo Jadi Pengusaha


Manfaat Website Untuk Bisnis Online


“Setinggi apapaun pangkat yang dimiliki, Anda tetap seorang pegawai. Sekecil apapun usaha yang dimiliki, Anda adalah BOS nya.”

- Bob Sadino -

Mumpung Masih Muda, Ayo Jadi Pengusaha -  Berapa sih usia seseorang dikatakan masih muda? Dan di usia berapa seseorang harus mendapat gelar "tua?"

Bicara soal tua dan muda, tampaknya generasi millennial sedang berada dipuncak masa. Kemajuan teknologi dan internet menyumbang banyak perubahan akan isi dunia saat ini.

Lahirnya pengusaha-pengusaha muda yang pintar memanfaatkan peluang untuk membangun sebuah "kerajaan." bisnis, menjadi bukti, jika ingin tetap produktif, ya harus mengikuti perkembangan zaman. Apapun dijadikan "jualan." Apapun serba media sosial. Hidup serba instan.

Berbagai jenis produk dan jasa menjadi pilihan millennial saat terjun ke dunia bisnis. Memanfaatkan internet dan perkembangan teknologi yang maju dengan pesat, millennial melakukan kini perdagangan elektronik yang inovatif.

Untuk apa? Untuk tetap makan, hidup dan berkarya.

Jualan apa? Bisnis online saja!

Membangun kerajaan bisnis ditengah pesatnya kemajuan teknologi bukanlah hal yang mudah. Setiap dari mereka yang ingin sukses harus gentar terhadap nyinyiran netizen, pandai memanfaatkan trend dan pintar mempengaruhi warganet. Atau istilah kerennya, jadi influencer 😎

Dimulai denagn mengenalkan produk maupun jasa melalui social media, millennial kemudian membangun website sebagai katalog dari produk mereka.

Dengan website, bisnis online akan semakin tertata, meningkatkan penjualan, memiliki email dan domain sendiri.

Tapi, jangan lupa untuk memilih nama domain terbaik sebagai brand yang mencerminkan produk kamu.

Manfaat Website Untuk Bisnis Online Marketing
Nah, supaya lebih jelas, berikut pengertian apa itu domain? tips memilih domain yang bagus untuk website toko online dan tempat registrasi domain murah di Indonesia. Here we go!

DOMAIN merupakan nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi atau memanggil atau mengingat nama server komputer seperti web server atau email server pada jaringan internet maupun komputer tanpa harus menghafal deratan panjang IP Address.

For your information, Domain juga dikenal dengan istilah situs wes, website, alamat web, maupun URL (Uniform Resource Locator) loh. Hati-hati, jangan sampai keliru, ya ^^

Nah, sebelum mulai membangun website untuk bisnis, kamu juga perlu paham dengan istilah HOSTING, yaitu sebuah layanan penyimpanan data untuk website yang meliputi Email, FTP dan DNS.

Oke, misal begini :

Jika kamu ingin membangun sebuah toko. Maka yang hal pokok yang diperlukan adalah nama toko, alamat toko dan gudang penyimpanan barang. Betul?

Jika di analogikan, domain itu adalah nama toko nya. Brand atau merk si penjual. Sedang website (contoh: www.heizyi.com) adalah alamat toko nya. Lalu dimana kita menyimpan stok barang? Ya di gudang. Nah, gudang nya itulah yang disebut hosting.

heizyi = nama toko = disebut “domain”
www.heizyi.com = alamat toko = disebut juga “website, alamat web, situs web atau URL”
Qwords.com = gudang penyimpanan barang (data) = disebut “hosting.”

Paham? Paham dong!

Lalu, supaya brand yang akan kita pasarkan dikenal dengan mudah oleh pelanggan, maka kita harus membuat nama yang unik, mudah diingat dan mencerminkan produk atau jasa yang akan kita tawarkan.

Kalau masih bingung, nih, aku kasih Tips memilih nama domain yang bagus untuk website maupun bisnis online :

  • Gunakan Top Level Domain (TLD) dengan ekstensi umum seperti .com .net atau .info
  • Pilih domain yang yang mencerminkan diri kita, unik dan mudah diingat.
  • Jangan menggunakan merk orang lain agar tidak mendapat sangsi hukum oleh yang bersangkutan
  • Gunakan alternatif Country Code Top-Level Domain (ccTLD) seperti .id
  • Hindari penggunaan angka pada nama domain
  • Pilih domain yang brand-able
  • Hindari domain bekas
  • Daftarkan domain pada registrar  terpercaya. Seperti Qwords.com misalnya ^^
Tips memilih nama domain yang bagus untuk website bisnis toko online

Setelah dirasa menemukan nama domain yang oke, baru deh daftarkan domain pada Qwords.com, namun sebelum itu, periksa dulu ketersediaan domain. Apakah available atau tidak.

Kenapa harus Qwords.com?


Sejak didirikan pada Juli 2005 lalu, berbagai macam layanan penyewaan web hosting Indonesia telah tersedia pada situs resmi Qwords.com. Selain memberikan harga terjangkau dan pelayanan cepat, Qwords.com juga selalu mengutamakan kepuasan pelanggan.

Keunggulan Layanan Web Hosting Indonesia Qwords.com
Sebagai bentuk eksistensi dan apresiasi terhadap pelanggan, Qwords.com menyediakan berbagai jenis layanan hosting terbaik sebagai berikut :


1| CLOUD HOSTING


PT.  Qwords Company International menyediakan layanan hosting unlimited dengan uptime server lebih dari 90%.

Bagi kamu yang masih ragu untuk menggunakan layanan paket hosting murah dari Qwords.com, jangan khawatir. Qwords memberikan garansi 30 hari uang kembali.

Masih belum yakin? Oke, inilah beebrapa keunggulan layanan Cloud hosting di Qwords.com :

  • High Performance dengan teknologi ultrafest SSD dan keamanan ekstra
  • Unlimited Hosting dengan resource berkualitas dan uptime server 99,99%. Juga didukung Website Builder dan Web Accelerator menggunakan Module LSAPI PRO + CR U
  • Value Performance berkualitas tinggi dengan harga ekonomis
  • Wordpress Hosting merupakan layanan hosting berbasis CMS dan dilengkapi dengan CloudPop
Layanan Cloud Hosting Unlimited Qwords.com
Murah banget kan harga Hosting Unlimited di Qwords.com ^^ Udah gitu, fitur nya menggiurkan pula 😍

2| DOMAIN


Ada banyak sekali keuntungan memiliki domain dengan merk sendiri. Selain tampak lebih profesional dan ya.... KEREN, domain name juga berguna untuk memudahkan pencarian di search engnie loh.

Selaku blogger pro, aku lebih suka memakai domain berekstensi .com. Kenapa? Karena domain .com itu merupakan domain berbayar terbaik yang digunakan oleh umum -diseluruh dunia, populer dan dipercaya bisa meningkatkan customer trust bagi pelaku bisnis online.

Nah, kebetulan banget nih, ada promo domain murah di Qwords.com. Kamu bisa beli domain baru maupun transfer domain lengkap dengan layanan hostingnya di Qwords.com. Harga domain .com berapa? Nih, pantengin screenshot nya 😎

Beli Domain Murah Gratis Hosting

Beli Domain Murah Gratis Hosting di Qwords.com

3| EMAIL HOSTING


Layanan email hosting di Qwords.com mencakup produk Google Suite, Office 365 dari Microsoft dan layanan email premium hingga 1000 akun dengan kapasitas storage sebesar 256GB 

4| SERVER


Qwords.com menyediakan beberapa macam "rumah," untuk server pelanggan yang tersimpan pada data center Qwords.com seperti :

  • Cloud VPS merupakan server berbasis cloud menggunakan teknologi virtualisasi dengan kinerja optimal dari shared hosting
  • Cloud VPS double speed
  • Colocation Server merupakan "rumah" bagi server yang ada dalam data center Qwords.com dan bisa diakses dengan mudah nan cepat di seluruh dunia
  • Cloud VPS Kernel Based merupakan kernel-based virtual machine bagi Developer, Startup, E-commerce dan IT Research
  • Dedicated Server merupakan layanan server oleh Qwords.com yang pengelolaan server nya diatur dan dijalankan sendiri oleh customer tanpa harus berbagi dengan pengguna lain

Layanan Web Server Qwords.com
Berbagai macam layanan web serves oleh Qwords.com

5| SERVICES


Nah, yang penasaran dan kepo banget tentang berbagai macam layanan yang ada di Qwords.com, boleh deh tengok tangkapan layar dibawah ini. Atau bisa tanya langsung pada customer care yang bertugas ^^ xoxo
Layanan service web hosting Qwords.com
Layanan Service yang terdapat di Qwords.com

6| CUSTOMER CARE


Panduan lengkap untuk informasi harga domain website, layanan hosting Indonesia, proses pembayaran, wordpress hosting, syarat daftar domain premium, hosting insurance dan paket lengkap email hosting, sila hubungi kontak maupun datang langsung ke alamat dibawah ini :

Kantor Jakarta
Gedung Cyber 1 Lantai 3
Jalan Kuningan Barat No.8
021 39708800

Kantor Bandung:
My Office 18 Lantai 1 No.103
Jalan Lamping No.18 Pasteur, Sukajadi
022 30508800

Kantor Surabaya
San Diego Pakuwon City
031 30008800

Kantor Jogja:
Jalan Blotan No.18 Klayen
Wedomartani, Ngemplak, Sleman
0274 6058800

Website : Qwords.com

Twitter : https://twitter.com/qwordsdotcom
Facebook : https://www.facebook.com/qwordsdotcom
Instagram : https://www.instagram.com/qwordsdotcom/ 
Youtube : https://www.youtube.com/user/qwordsvideo
Email : sales@qwords.co.id 
Qwords.com Layanan Web Hosting Terbaik Indonesia
Qwords.com Partner
Oke, setelah menemukan domain yang tepat dan mencerminkan brand yang akan kamu usung, tahap berikutnya adalah mendaftarkan domain pada layanan hosting terbaik hingga berhasil membangun sebuah website yang keren.

Dari penjelasan diatas, seharusnya kamu sudah mengerti bagaimana pentingnya domain maupun website dalam perkembangan dunia bisnis terutama digital business?

Menggunakan konsep perdagangan elektronik dengan memanfaatkan media sosial sebagai lahan memperluas pasar, para millennial ini dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif agar tak tertinggal. Sehingga bisnis yang mereka jalani tidak monoton and always mengikuti perkembangan zaman.

Selain media sosial, pelaku bisnis digital kini juga menggandeng banyak blogger, youtuber, selebgram sampai influencer sebagai business partner mereka.
Para pelaku usaha yakin, gandrungnya millennial terhadap internet dan pengaruh gaya hidup para idola akan memudahkan mereka mengembangkan bisnis secara cepat.

Dan berikut 5 manfaat website untuk bisnis online yang harus kamu tahu. Simak, kemudian terapkan ya. Good luck πŸ‘Œ

1| MENGUASAI PASAR ONLINE


Menjadi viral dan muncul dibanyak pencarian adalah kunci utama untuk terkenal.

Dengan memanfaatkan teknik SEO (Search Engine Optimization) dan content marketing yang epic, peluang muncul di halaman pertama google semakin tinggi. Dengan begitu, target pasar semakin besar dan nilai penjualan pun meningkat.

2| MEMBANGUN KEPERCAYAAN PELANGGAN


Memiliki website sangatlah menguntungkan bagi pelaku bisnis di era digital seperti saat ini.

Selain bisa membantu meningkatkan nilai penjualan, impact positif yang diberikan oleh sebuah website resmi adalah kepuasan serta kepercayaan pelanggan akan sebuah produk atau jasa.

Menurut survey yang dilakukan AdWeek, 81% koresponden memilih membuka situs resmi brand tertentu terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berbelanja.
Untuk itu, website online shop sangat berpengaruh dalam membentuk customer trust dalam hal ini.

3| TAMPAK PROFESIONAL


Website yang menarik dengan konsep yang oke akan menunjang nilai konversi sebuah perusahaan. Pelanggan akan melakukan pembelian berulang melalui website jika dirasa web yang mereka buka atau yang link yang mengarah pada suatu halaman adalah sesuai dengan informasi yang mereka butuhkan.

Dengan begitu, brand awareness akan tercipta dan selling point brand akan tercapai.

4| MEMPERLUAS TARGET PASAR


Memanfaatkan millennial sebagai partner promosi adalah hal yang lazim dalam perkembangan bisnis inovatif seperti saat ini.

Pengaruh seorang idola akan meningkatkan nilai jual sebuah brand dengan mudah.

5| SEBAGAI MEDIA PRESS RELEASE DAN FORTOFOLIO


Selain agar tampak lebih profesional dan menjangkau pasar lebih luas, manfaat website untuk bisnis online adalah sebagai katalog produk terbaru dan profil perusahaan.

Hanya dengan mengetik alamat website sebuah brand pada mesin pencarian, semua jenis produk terbaru, segala macam promo dna diskon akan termpampang nyata pada laman hasil penelusuran.

Adanya website juga bisa mengurangi penggunaan kertas, menghemat waktu, menghemat uang dan menghemat tenaga tentunya. Yang penting kuota selalu ada πŸ˜†

***


Kini, kemudahan hidup dalam genggaman. Ini itu serba instan. Seluruh faktor penunjang kehidupan hampir semuanya serba online.

Makanan, perjalanan, belajar, informasi, pekerjaan hingga jodoh pun bisa dipertemukan lewat internet.. hahaha πŸ’ƒ

Kamu tinggal pilih, mau jadi seperti apa, mau usaha apa, mau hidup bagaimana?

Pengusaha berdasi? pelaku bisnis online dengan omset penjualan besar, Startup yang kemudian bertransformasi menjadi Unicorn, freelance writer penuh ide atau youtuber sekelas Rditya Dika?

Well, apapun usaha digital yang ingin atau sedang kamu lakoni saat ini semoga lancar dan tetap "hidup" ya. Intinya... jangan males. Komitmen 😎

Terus kalau bisa, sekalian dibangun website untuk bisnis nya, supaya penggemar atau pelanggan bisa dengan mudah mengakses produk terbaru yang kamu rilis.

Then, mumpung masih muda, ayo kita berusaha sekuat tenaga menjadi manusia sukses, bahagia dan  bermanfaat bagi orang lain πŸ˜‡

Saatnya Muda Berusaha, Supaya ketika Tua jadi Kaya Raya πŸ‘Œ

Referensi:
*/https://www.qwords.com/unlimited-hosting
*/https://sugeng.id/tips-memilih-nama-domain-blog/
*/https://www.qwords.co.id/subsidiary-company/irsfa-domain-registrar/
*/https://www.finansialku.com/memiliki-nama-domain/

Disclaimer:
*/Infografis oleh www.heizyi.com
*/Gambar: berbagai sumber
*/Artikel ini diikutsertakan dalam "Blog Competition Qwords Anniversary" #LombaBlogQwords #OnlineinAja dengan tema "Peran Website dalam Binis Online."

Mumpung Masih Muda, Ayo Jadi Pengusaha Mumpung Masih Muda, Ayo Jadi Pengusaha Reviewed by Heizyi on September 27, 2019 Rating: 5

18 comments:

  1. Baca ini teringat seorang kenalan, dia pingin punya web jualan. Tapi belum paham caranya. Bisa nih, infonya ditunjukin ke dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, boleh banget mbak. Siapa tahu berguna buat temen nya Mbak. Gampang kok cara bikin website untuk jualan, hubungi Qwords.com aja kalau mengalami kesulitan. Kontak nya udah lengkap diatas ya :)

      Delete
  2. Penasaran sama domain bekas, Mba. Ada ya ternyata, seperti apa ya itu? Kalau akun medsos 'bekas' kemudian diperjualbelikan kan yang diambil manfaatnya bisa follower yang sudah banyak. Kalau domain bekas, mungkin dari segi traffic justru tidak menguntungkan ya, Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Domain bekas itu punya manfaat dan kekurangnnya sendiri mbak. Tapi ketimbnag beli expired domain, mending pake domain baru yg fresh aja. Karena bisa jadi, expired domain itu pernah kena penalti sama google, alexa gak valid atau track record nya gak bagus.

      Delete
  3. Wah bener bgt. Website skrg bener-bener dibutuhkan pelaku bisnis apapun ya mbak. Ampe perusahaan kecil aja skrg punya website ya hehehe
    Sama mbak. Aku juga sukanya dot com. Kayaknya lebih kereen

    ReplyDelete
  4. Mbak emang kenapa ya jangan pake domain bekas? Btw, penentuan penyedia hosting dan domain ini panjangggggg betul jangan sampe salah pilih kayak pacar wkwkwkwk.

    ReplyDelete
  5. Kalau sekarang ppunya usaha apapun dan terdapat websitenya tuh terlihat usahanya lebih kredibel yah mbak. Apalagi kalau udah punya domain sendiri, wihh tambah tsakep tuh,

    ReplyDelete
  6. iya bener banget. Website itu bikin orang yakin dengan produk yang dijual. Sangat bermanfaat infonya mbak.. aku juga lagi mau bisnis online nih hehe

    ReplyDelete
  7. Website memang penting banget ya untuk jualan atau bisnis online. Meski sudah ada Platform sosial media yang bisa dimanfaatkan tetap aja lebih keliatan kredibel dan profesional kalau punya website sendiri.

    ReplyDelete
  8. Waah Qwords mah emang kece, aku pun salah satu pelanggan setia sampai sekarang. Hehe.

    Tapi emang bener lho, brand itu wajib punya website biar terpercaya. Aku pun kalau cari info perusahaan pasti yang dicari yang official websitenya.

    ReplyDelete
  9. Ayo mBak semangat kita
    aku juga sedang membangun usaha souvenir kecil-kecilanku
    mau juga mengembangkannya ada websitenya kan lebih banyak menjaring pelanggan ya Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeay.... ada temannya.
      Yuk mbak, kita semangat, mumpung masih muda dan sanggup berkarya. Syukur-syukur website nya berkembang pesat kan? Wah, keren tuh pasti

      Delete
  10. Paham se Paham pahamnya πŸ˜‰. Saya jadi mengerti apa itu domain, website Dan hosting. Dan yg paling Saya suka Adalah Gaya bahasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh, makasih mbak. Semoga bermanfaat dan makin lihai ya bikin bloggingnya :)

      Delete
  11. Wah kebetulan nih temenku lagi ada yang nanya2 soal bikin blog TLD tapi bingung untuk hosting dan domainnya apa.. bisa ku referensikan ke Qwords aja kalau begituuh

    ReplyDelete
  12. Untuk website dalam membangun bisnis, apakah berlaku untuk semua bisnis mba? Maksudnya, bagi yang baru merintis mendirikan bisnis kecil-kecilan, apakah perlu juga ya? Karena memiliki web tentu dibarengi dengan ketersediaan sdn untuk mengelolanya. Sedangkan bisnis yang dimulai dari kecil, terbatas di beberapa bagian. Kira-kira bagaimana ya mba?

    ReplyDelete
  13. Ini domain khusus bisnis yah mbak? Aku tuh sebenarnya pengen banget punya bisnis online, tapi belum pede untuk nyoba karena kurang pinter jualan

    ReplyDelete
  14. Hari gini ya, punya website itu Penting banget untuk mengembangkan bisnis. Cus deh beli domain dan hosting.

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys πŸ’™

Powered by Blogger.