7 Tanda Kesuburan Pada Wanita


Ciri-ciri Wanita Subur


"If pregnancy were a book they would cut the last two chapter"

- Nora Ephron -


7 Tanda Kesuburan Pada Wanita - Menjadi wanita sempurna adalah impian setiap perempuan. Menikah, punya anak dan menjadi ibu bahagia.

Tidak ada yang mustahil didunia ini. Bahkan hamil setelah menikah 2 minggu pun bisa saja terjadi. Namun jika usia pernikahan berjalan lama tapi tidak juga dikaruniai momongan. Jangan berkecil hati dulu, mungkin Tuhan sengaja membiarkan kamu menikmati waktu berdua bersama pasangan. Atau... malah ada salah satu diantara kamu yang tidak subur? Duh, semoga enggak, ya Allah 😶

Nah, untuk mengetahui ciri-ciri wanita subur dan gampang hamil, sebenarnya mudah. Tidak perlu melakukan pemeriksaan intensif ke dokter pun bisa dikenali. Kecuali, kamu ragu dengan hasil pengamatan sendiri, baru deh pergi ke dokter untuk memeriksakan masalah kesuburan pada wanita maupun pria.

Oke. Berikut ciri-ciri wanita subur yang harus kamu tahu. Baca dan pahami dengan benar ya 😉

Ciri-ciri wanita subur

1| SIKLUS HAID TERATUR


Pada umumnya, masa haid normal wanita itu berlangsung sekitar 3-10 hari dengan periode waktu haid satu dan lainnya sekitar 21-35 hari. Tergantung kondisi tubuh masing-masing, sih.

Nah, berapa hari masa subur wanita setelah haid itu terjadi?

Masa ovulasi biasanya terjadi pada pertengahan periode haid. Ya antara 21-35 hari itu tadi. Jadi, untuk mengetahui tanda ovulasi berakhir, sebaiknya gunakan kalkulator masa subur wanita. Agar perhitungan yang didapat tepat, terlebih untuk kamu yang sedang melakukan promil (program hamil) 😊


2| BERAT BADAN IDEAL


Salah satu ciri wanita subur berikutnya adalah memiliki berat badan ideal.

Perempuan dengan berat badan seimbang dianggap lebih mudah memiliki anak karena keseimbangan hormon nya tidak terpengaruh oleh berat badan sehingga proses ovulasi berjalan lancar.

Sedang perempuan yang cenderung gemuk dikhawatirkan menderita obesitas yang bisa menyebabkan kemandulan permanen.

Kok bisa?

Bisa, karena perempuan yang menderita obesitas rawan terkena sindrom ovarium polikistin. Dimana sindrom ini bisa menyebabkan ovarium membesar dengan kista dibagian luarnya.

3| TIDAK MENGGUNAKAN KONTRASEPSI


Karakteristik wanita subur adalah tidak sedang menggunakan alat kontrasepsi. Selain mustahil hamil, alat kontrasepsi juga menggangu siklus menstruasi sehingga tidak berjalan lancar.

4| BEBAS DARI PENYAKIT SEKS MENULAR


Jika seorang perempuan tertular penyakit seksual, maka sebagian organ reproduksi nya akan mengalami kerusakan. Begitu menurut para ahli. Seperti radang panggul yang disebabkan penyakit gonore atau klamidia. Atau cacatnya saluran tuba sehingga menyebabkan proses reproduksi tidak maksimal.

5| TIDAK MEROKOK


Pada umumnya, kesuburan wanita dipengaruhi oleh faktor genetik, usia dan gaya hidup. Wanita sehat berusia dibawah 34 tahun lebih mudah mendapat keturunan dibanding wanita berusia lebih dari 35 tahun.

Kebiasaan merokok, makan makanan cepat saji,  minum alkohol dan jarang berolahraga sangat beresiko pada tingkat kesuburan wanita.

Bahkan riset membuktikan, wanita perokok tingkat kesuburannya menurun 43% dan cenderung mengalami kemandulan.

Meskipun wanita perokok dinyatakan hamil, tingkat keselamatan bayi pun kecil. Sebab zat kimia yang terkandung dalam rokok bisa merusak sel telur sehingga menyebabkan bayi lahir mati atau keguguran.


6| TIDAK MENGALAMI SAKIT BERLEBIHAN KETIKA SEDANG HAID


Terjadinya perubahan hormon menjelang masa menstruasi bisa menyebabkan beberapa hal seperti perubahan mood, nyeri tubuh, payudara lebih sensitif maupun hal wajar lainnya seperti sakit pinggang bawah bagian belakang.

Akan tetapi, jika kamu merasa sampai tidak sanggup untuk bangun dari tempat tidur karena merasa sakit berlebihan menjelang atau saat menstruasi, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk memeriksakan kesehatan kamu.

7| TERHINDAR DARI STRES


Ciri-ciri masa subur adalah berjalannya siklus haid dengan normal. Namun jika pikiran ruwet hingga menyebabkan stres, maka selain siklus menstruasi terganggu, tubuh juga lebih sulit mempersiapkan kehamilan.

Oleh karena itu, pandai-pandailah mengelola stres, sebab, jika kita sedang mengalami yang namanya stres, hormon kortisol dan hormon prolaktin meningkat dan menyebabkan ovulasi terhambat.

***


Kalkulator masa subur wanita

Setelah mengetahui ciri-ciri wanita subur, sekarang mari beralih pada ciri-ciri wanita ketika  berada pada puncak masa subur.

Kalau menurut para ahli, sih, ciri-ciri masa subur pada wanita itu akan tampak pada 5 hari sebelum masa ovulasi, yaitu 12-14 hari sebelum masa haid masing-masing. Nah, apa saja ciri-ciri masa subur untuk haid tidak teratur? Yuk baca penjelasannya dibawah ini :

1| Cairan Vagina Berlebih


Ketika masa ovulasi tiba, kamu akan merasa lebih "basah" karena cairan yang keluar dari vagina lebih banyak dari biasanya.

Selain itu, tekstur lendir pun lebih encer, bening, transparan dan licin. Mirip putih telur. Menurut para ahli, tekstur lendir yang seperti ini dipercaya bisa membantu sel sperma masuk ke vagina lebih mudah.

2| Payudara Berkembang Baik


Ciri-ciri wanita subur dari fisik adalah bertambah besarnya payudara. Selain itu, ketika masa ovulasi terjadi, tekstur payudara juga menjadi lebih lunak dan sedikit sensitif. Hal ini disebabkan karena hormon progesteron sedang mengalami peningkatan.

3| Libido Meningkat


Meningkatnya gairah seksual bisa menjadi tanda bahwa kamu sedang dalam masa subur. Oleh karena itu, rangsangan kecil saja bisa menghidupkan gairah sehingga berakibat pada bertambahnya frekuensi seksual.

4| Jumlah Darah Haid Normal


Wanita yang tergolong subur biasanya akan mengeluarkan darah haid sekitar 30-60 ml setiap kali menstruasi.

5| Kram Perut


Berapa lama masa subur wanita berlangsung?

Biasanya, masa subur wanita terjadi pada hari ke-11 atau hari ke-12 setelah menstruasi. Pada saat ovulasi berlangsung, tubuh akan merespon dengan nyeri yang cukup kuat pada perut bagian bawah.

For your informastion, girl. Kram perut yang terjadi selama ovulasi biasanya terjadi disebelah kiri atau kanan saja. Bukan keduanya. Ingat, ya!

6| Perubahan Bentuk Tubuh


Ketika memasuki masa ovulasi, beberapa perempuan akan merasa dirinya lebih seksi dan menawan. Namun tak jarang ada yang merasa tubuhnya seperti "balon," alias membengkak.

Sebenarnya itu adalah hal yang wajar, sebab kadar progesteron sedang meningkat ketika masa ovulasi.

7| Peningkatan Suhu Tubuh


Selain mengalami kram perut, naiknya suhu tubuh juga merupakan salah satu ciri masa subur pada wanita.

Suhu tubuh yang naik sekitar 1℃ saat masa ovulasi, menandakan bahwa tubuh telah melepas hormon progesteron dan siap melakukan pembuahan.

***

Well, setelah mengetahui apa itu masa subur, ciri-ciri wanita subur, ciri-ciri masa subur dan cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil menggunakan ovulation calculator, perlu diketahui pula bagaimana cara menjaga kesuburan wanita/

Meski versi setiap perempuan dalam hal menjaga kesuburan berbeda, ada yang sesuai mitos, petuah tetua atau konsultasi langsung dengan dokter. Tidak ada salahnya jika kamu menerapkan tips menjaga kesuburan kandungan agar cepat hamil dibawah ini.

  • Rutin periksakan vagina
  • Makan makanan penyubur kandungan
  • Terapkan pola hidup sehat
  • Menjaga sanitasi vagina
  • Kunjungi website SehatQ.com

By the way, sudah tahu apa itu SehatQ.com? Sudah pernah mendengar nama situs ini?

Baiquelah, mari kita bahas.

SehatQ.com merupakan website layanan berita kesehatan yang menyediakan berbagai macam informasi kesehatan seputar penyakit, obat, pencegahan dan perawatan dalam bentuk tulisan, video maupun animasi.

Dengan mengunjungi situs SehatQ.com, kamu bisa konsultasi kesehatan secara langsung pada ahlinya. Live chat dengan contributing doctor terpercaya. Atau supaya lebih jelas, booking dokter di website SehatQ.com saja 👌

Pengalaman Booking Dokter di website SehatQ.com
Cari nama dokter umum atau spesialis kepercayaan mu - cari lokasi praktek dokter - lihat jadwal praktek dokter - buat janji - ketemuan deh

Pengalaman Booking Dokter di website SehatQ.com
Ada sekitar 2600 artikel yang bisa kamu baca, tool kesehatan interaktif dan forum diskusi bersama komunitas.

Seru, kan?

Aplikasi SehatQ.com juga telah menyediakan tim dokter umum dan dokter spesialis yang siap membantu mu untuk mendapat berita kesehatan terbaru setiap harinya.

Review Fitur website SehatQ.com
Fitur Aplikasi SehatQ.com
Untuk info lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi kantor SehatQ.com atau melalui kontak dibawah ini:

Alamat kantor :
PT. SehatQ Harsana Emedika
Jalan MH. Thamrin No. 51
Jakarta 10350
Telp : 021-392-1001
Mail : customercare@sehatq.com

Media Sosial :
Facebbok : SehatQIndonesia
Twitter : SehatQ
Instagram : SehatQ_id

***


Nah, dari pembahasan tentang ciri-ciri wanita subur diatas, diketahui bahwa tingkat kesuburan pada wanita juga dipengaruhi oleh gaya hidup, faktor genetik dan usia.

Jadi, supaya kesuburan selalu terjaga dengan baik, kualitas tidur, waktu makan maupun jenis makanan yang masuk dalam tubuh juga harus dijaga dan diatur dengan benar.

Dan untuk kamu yang sedang melakukan program hamil, semoga cepat "isi," ya 💗

7 Tanda Kesuburan Pada Wanita 7 Tanda Kesuburan Pada Wanita Reviewed by Heizyi on September 21, 2019 Rating: 5

3 comments:

  1. Hai mba.. belakangan ini saya sedang getol memperhatikan masa subur saya. Karena kami sedang ikhtiar program hamil anak kedua. Februari lalu saya lepas kb iud dan sampai sekarang sepertinya Allah msh belum kasih garis dua nih.. jadinya malah stress deh..


    Terimakasih infonya ya mbaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga selalu diberi kesabaran dan kelancaran ya, mbak. Percaya sama istilah, "Pasti indah pada waktunya?"

      Yups, semoga mbak nya juga merasakan indahnya istilah itu suatu hari nanti. Amin :)

      Delete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.