Start it Up: Manfaat Domain Untuk Bisnis Startup


Manfaat Domain Untuk Bisnis Startup

"You can be young without money, but you can't be old without money"

- Tennessee Williams -


Start it Up: Manfaat Domain Untuk Bisnis Startup - Pernah mendengar istilah "UNICORN?" Bukan.. bukan.. bukan serial kartun kuda bertanduk warna-warni itu. Bukaaaan. Tapi Unicorn yang dimaksud disini adalah sebutan bagi Startup dengan nilai kapitalisasi lebih dari satu miliar USD.

Sedang untuk Startups bernilai  lebih dari 10 miliar USD disebut Decacorn dan Hectocorn untuk Startups yang nilai kapitalisasinya melebihi 100 miliar USD

Istilah Unicorn sendiri sebenarnya sudah lahir sejak tahun 2013. Menurut Aileen Lee, pendiri perusahaan modal ventura "Cowboy Ventures," dia butuh sebuah kata yang mudah diingat dan bisa diucapkan berulang kali. Istilah langka untuk sebuah perusahaan rintisan yang memiliki kemajuan pesat hanya dalam beberapa tahun saja.

Meski istilah Unicorn selalu menjadi pembahasan maupun tajuk utama dalam setiap obrolan dunia bisnis. Namun istilah yang identik dengan judul film kartun ini makin populer di Indonesia setelah muncul dalam sesi debat ke-2 Pilpres 2019 pada bulan April lalu.

BAGAIMANA STARTUP BISA BERKEMBANG PESAT


Di era internet seperti saat ini, bukan perkara mustahil menjadi terkenal. Kemajuan teknologi dan populernya media sosial menjadi pintu bagi semua orang untuk berkarya, berkarir serta bersosialisasi.

Sehingga muncul lah istilah Startups, yang dalam bahasan Inggris berarti  sebuah usaha bisnis atau organisasi baru. Sedang menurut Wikipedia, Startups adalah Sebuah perusahaan rintisan atau sebuah perusahaan yang sedang dalam proses pengembangan guna menentukan mangsa pasar dengan memanfaatkan teknologi dan internet.
apa itu startup unicorn indonesia
Image by Entrepreneur.uai.ac.id

Di Indonesia, Startup dibagi menjadi tiga kelompok:

  • Startup Game
  • Startup Aplikiasi
  • Startup Perdagangan (E-commerce & Informasi)

Ada sekitar 1307 binaan Startup oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Dimana 749 sudah SAH menjadi Startup sedangkan sisanya masih berstatus calon Startup. Dan 4 Startup diantaranya sudah resmi menjadi Unicorn. Mereka adalah Tokopedia, Go-Jek, Bukalapak dan Traveloka.

Besar pendanaan yang mereka terima tidak main-main loh jumlahnya. Dalam lima tahun terakhir saja, nilai valuasi Tokped mencapai sekitar USD 2,4 miliar, Traveloka USD 2,6 miliar, Bukalapak IDR 13,5 triliun. Bahkan Go-Jek yang baru saja mendapat dana segar dari Google, diperkirakan telah mencapai valuasi sebesar USD 4 miliar atau setara dengan 53 triliun rupiah 🙀

Wow... bahkan bisnis mereka kini merambah dunia luar.

Kenapa para perusahaan rintisan ini bisa berkembang begitu cepat?

Menurut Menteri Risetdikti, Mohamad Nasir, para Startup ini bisa tumbuh cepat karena di Indonesia tidak ada aturan ketat tapi ada kesempatan. Namun yang membuat kecewa adalah, ketika para Startup ini melambung, maka pihak asing yang ambil alih. Itu terjadi karena mereka menggunakan konsep akuisisi perusahaan untuk mencapai kesuksesan.

Nah, ngomongin Startup, jadi penasaran nih. Selain konsep akuisisi, apalagi sih yang mereka lakukan sehingga perusahaan rintisan yang mereka kelola bisa tumbuh cepat dan pesat.

Oke, mari kita bahas faktor penyebab pertumbuhan cepat para Startup ini hingga menjadi Unicorn nya Indonesia.


Manfaat Domain Untuk Bisnis Startup

1| Get Big Fast


Strategi Get Big Fast (GBF) adalah strategi pasar yang diterapkan oleh Startup Unicorn dengan cara pemotongan harga dan ekspansi dana besar secara cepat. Strategi ini cukup bekerja dengan baik. Ketika perusahaan rintisan menjual produk dengan harga rendah, maka akan menarik minat pembeli dan menyikirkan pesaing dengan cepat.

2| Akuisisi Perusahaan


Menurut Harvard Business Review, untuk menjadi Unicorn Indonesia, para Startup ini memilih memperluas jaringan mereka dengan akuisisi bersama perusahaan asing. Mengingat negara ini hanya mampu melakukan pembinaan, belum pada tahap pendanaan.

Oleh sebab itu, para perusahaan besar yang bertujuan menjadi raksasa bisnis harus menggaet investor asing demi umur panjang bisnis mereka. Ketimbang melakukan penanaman modal saat bunga rendah.

Perhitungan untung rugi serta pemberdayaan teknologi pun diterapkan oleh perusahaan-perusahaan  besar terbuka ini saat akuisisi

3| Modal Swasta


Dalam risetnya yang berjudul "Welcome to The Unicorn Club : Learning From Billion-Dollar Startups," Aileen Lee menjelaskan bagimana sebuah perusahaan rintisan bertransformasi menjadi Unicorn.

Dimana modal swasta sangat berpengaruh dalam dinamika bursa efek dan mendorong pesatnya perkembangan startups menjadi Unicorn.

Biasanya, selain usia sebuah Startups untuk menjadi Unicorn adalah lima tahun, faktor pendukung seperti kualitas produk jasa serta solusi masa depan yang ditawarkan oleh perusahaan rintisan harus jelas. Sehingga dana yang didapat pun sesuai dengan proposal yang diajukan.

4| Menjauhi Bursa Efek


Akibat banyaknya perusahaan di Amerika Serikat yang gulung tikar, Undang-undang Sarbanes-Oxley menerapkan aturan baru yang lebih ketat. Ketentuan-ketentuan yang lebih berat membuat para perusahaan rintisan malas menjual saham mereka pada umum. Mereka menghindari kebangkrutan dengan tidak bermain saham.

Oleh karena itu, untuk keamanan dana perusahaan dalam jangka panjang, para pebisnis Startup biasanya tidak melakukan IPO (IPOlitinial Public Offering) alias penawaran umum perdana. Mereka lebih senang mengandalkan investor baik hati yang rela memberi mereka modal dua kali.

5| Kemajuan Teknologi


Ini nih yang paling memengaruhi. Pesatnya kemajuan teknologi sepuluh tahun terakhir berdampak banyak di berbagai sektor kehidupan generasi millennial.

Kemudahan hidup yang ditawarkan oleh berbagai aplikasi berbasis peer-to-peer (P2P) mempermudah segala nya. Bahkan kini smartphone menjadi "nyawa" setiap orang.

Semua masalah hidup seolah lenyap hanya melalui genggaman. Lapar, tinggal pesan. Tak ada kendaraan untuk bepergian, tinggal pesan. Hilal jodoh belum tampak, tinggal cari di aplikasi. Gebetan menjauh, kepo-in di IG.

Sungguh, ikatan antara media sosial, smartphone dan internet adalah vitamin pertumbuhan terbaik bagi Unicorn. Jadi nggak heran, jika 4 Unicorn Indonesia ini makin semangat untuk merangkak naik diberbagai sektor.

MANFAAT DOMAIN UNTUK BISNIS


Seperti kebanyakan penjual pada umumnya, para Startups ini butuh beberapa proses sebelum bisa memulai transaksi perdagangan.

Tidak hanya inisial atau nama, mereka juga butuh branding yang kuat supaya bisa dikenal sebagai sesuatu yang unik dan bermanfaat. Produk dan jasa yang dipasarkan pun harus memiliki nilai jual. Konsep bisnis pun harus jelas.

Kalau menurut Aileen Lee, sih, untuk menjelaskan sesuatu agar mudah di ingat dan diucapkan berkali-kali, butuh sebuah istilah yang menjabarkan hal tersebut. Jadi, kalau mau jualan, ya harus punya nama brand dulu, yang unik, yang keren dan gampang dihafal.

Lalu, bagaimana cara Startup dikenal sebelum terkenal?

Nah, pertanyaan bagus!

Hubungan Domain dan Hosting Untuk Bisnis Startup Unicorn
Memanfaatkan kemajuan teknologi dan kegandrungan generasi millennial akan internet, memudahkan para Startup memperluas jaringan dan mengenalkan produk mereka secara bebas.

Menggunakan ide perdagangan elektronik dan bisnis inovatif, beberapa perusahaan rintisan yang memiliki pendanaan kuat bergerak semakin cepat dan pesat.

Maraknya perdagangan online membuat banyak toko offline gulung tikar. Bahkan pamor mall dan supermarket pun ikut turun ke lantai dasar.

Hal itu disebabkan karena menjamurnya online shop dan berubahnya mindset konsumen.

"Ngapain antre lama-lama di kasir, mending beli online aja. Nggak capek, nggak perlu panas-panasan naik motor, tinggal pilih, transfer, dikirim deh ke rumah." Like that!

Contoh lain:

Enggan nya Nokia berakuisisi dengan Android pada awal-awal nge-tren nya sistem operasi ini, membuat "Handphone Sejuta Umat," harus rela menelan pil pahit karena dilupakan dan dibuang oleh pelanggan. Walau kini Nokia berani merilis ponsel dengan sistem Android 5G, namun hal itu belum bisa mengembalikan kepercayaan konsumen, sebab butuh waktu untuk uji coba pasar.

Atau yang terbaru, tutup nya beberapa swalayan seperti Giant di beberapa kota besar.

So, untuk memulai gerilya didunia maya, para Startup terlebih dahulu harus memiliki nama brand, nama toko, nama domain untuk website juga username untuk akun media sosial mereka.

Nah, biar nggak bingung, berikut penjelasan tentang apa itu domain, manfaat domain untuk bisnis dan tips memilih domain yang bagus untuk toko online, website maupun blog. Cekidot, beibeh 👇

Baiklah, pertama. Apa sih yang dimaksud "Domain?"

Menurut Wikipedia, Nama Domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server pada jaringan internet maupun komputer. Nama domain juga dikenal sebagai alamat website atau url atau link.

Nama domain sendiri berfungsi mempermudah kegiatan netizen menemukan nama server atau alamat web tanpa harus mengingat IP Address ketika berselancar di dunia maya.

Sedang hosting adalah tempat penyimpanan data. Ibarat rumah, hosting adalah gudang tempat penyimpanan data. Jika ingin hosting gratis, maka harus mendaftar domain pada platform gratis pula, seperti blogger.com, kompasiana dan wordpress.com

Namun jika ingin hosting pribadi, maka harus menggunakan jasa hosting Indonesia seperti Rumahweb.com

Gampangnya, domain name itu ibarat nama toko, sedang website atau url atau link adalah alamat lengkapnya.

heizyi = nama toko = domain
alamat toko = www.heizyi.com = website
gudang penyimpanan data = rumahweb.com = hosting

1| Tips Memilih Domain Name yang Baik untuk Blog, Website dan Toko Online:

  • Jangan menggunakan domain name gratisan. Masa mau jadi Unicorn tapi milih nya domain  yang nggak bayar. Apa kata dunia? 😂
  • Pilih domain yang brand-able, unik dan mudah diingat. Contohnya seperti www.heizyi.com (nggak ada yang punya, cuma satu kata, mudah diingat dan unik 😎)
  • Jangan menggunakan merk orang lain
  • Gunakan Top-Level Domain (TLD) berektensi (dot)com atau (dot)net
  • Gunakan Country Code Top-Level Domain (ccTLD) seperti (dot)id
  • Jangan menggunakan angka pada nama domain
  • Jangan memilih nama domain mengikuti trend
  • Jangan pakai domain bekas
  • Daftarkan domain pada tempat yang terpercaya. Seperti Rumahweb.com misalnya 😊

Nah, ngomongin soal hosting dan registrasi domain, aku punya tempat terpercaya bernaungnya domain www.heizyi.com, www.sempiko.com dan www.dramehouse.com selama beberapa tahun terakhir. Dialah Rumahweb.com

Walau Drame House sudah wafat sejak 2016 lalu, dan Sempiko gugur pada tahun berikutnya, namun  Heizyi.com tetap bertahan sampai sekarang. Alhamdulillah. Bahkan domain nya pun sudah aku perpanjang hingga 2021 😇 Keren 'kan?

Domain Murah dan Berkualitas di RumahWeb.com
Lantas, jika ada yang bertanya, KENAPA REGISTRASI DOMAIN di RUMAH WEB.com? Jawabannya sederhana. Karena nyaman dan sudah terpercaya.  Itu menurut versi pribadiku. Tetapi kalau bicara profesional, Rumahweb.com punya banyak kelebihan untuk dijadikan jaminan. Ada banyak ragam layanan dan fasilitas yang didapat jika melakukan registrasi domain maupun hosting di RumahWeb.com

Manfaat Registrasi Domain Untuk Bisnis di Rumahweb.com 
Rumah Web sendiri merupakan salah satu perusahaan hosting terbesar di Indonesia yang melayani lebih dari 14.000 domain aktif hingga saat ini sejak didirikan pada tahun 2002 lalu di Yogyakarta.

Berpegang teguh pada komitmen, prosionalisme dan kepercayaan pelanggan, Rumah Web berhasil meraih Parallels Certified Service Provider. Sebuah sertifikasi berskala international dan siap menyelenggarakan layanan berbasis virtualisasi menggunakan teknologi Parallels Virtuozzo.

Di RumahWeb.com, kamu bisa menemukan berbagai macam produk seperti hosting murah, hosting unlimited, domain murah, jasa pembuatan website, email dan kolaborasi serta SSL, Secure Socket Layer.

Berikut detail lengkap produk jasa yang ditawarkan oleh RumahWeb.com :

✔ HOSTING


Layanan hosting terbaik dari RumahWeb.com telah dilengkapi teknologi cloud computing yang lebih handal, SSD Storage yang lebih reliable dengan Viirtuozzo 7 dan pilihan lokasi server yang terdapat di 3 negara. Singapura, Indonesia dan Amerika Serikat.

Paket hosting profesional untuk blog pribadi, sekolah dan website perusahaan kecil. Sedang untuk e-commerce, situs pemerintahan maupun email korporat dikhususkan menggunakan paket hosting enterprise.

Selain itu, terdapat banyak fitur hosting pilihan dari RumahWeb.com :

  • Hosting Unlimited
Hosting berkualitas tanpa batas
  • Cloud Hosting
Hosting murah berbasis cloud mulai harga Rp. 6000 per bulan
  • Wordpress Hosting
Kebetulan, jika kamu bukan pengguna blogspot, melainkan fans dari wordpress. RumahWeb.com punya layanan hosting khusus platform wordpress seharga Rp. 25.000 per bulan
  • VPS (Cloud Server)
Layanan server cloud berbasis Virtuozzo 7 untuk kebutuhan resource tinggi



✔ SSL

Apa itu SSL?

SSL atau Secure Socket Layer adalah sistem keamanan yang bertugas mengamankan semua data maupun transaksi sebuah website.

Dengan SSL, semua data pelanggan yang masuk ke server hosting website dijamin aman. Dengan begitu, kepercayaan pelanggan akan meningkat, pengunjung bertambah dan revenue website semakin tinggi.

✔ DOMAIN


Beli atau transfer domain .com .id .info .net .club .shop .xyz dan gTLD di RumahWeb.com kini lebih mudah dan murah. Juga lebih terpercaya karena telah mengantongi akreditasi ICANN dan PANDI.

  • ICANN Acredited Registrar sama dengan registrasi jaminan kepercayaan. Akreditasi ICANN adalah akreditasi untuk mendapat wewenang dan akses pendaftaran domain secara langsung pada Registry. Dimana aspek kelayanan teknis, finansial dan standart industri selalu melalui proses audit.
  • PANDI Registrar artinya telah terverifikasi domain .id Dan RumahWeb.com sebagai pemimpin pasar kini mengkoordinatori lebih dari 60% market share 😎

Manfaat Domain Murah Untuk Bisnis

✔ EMAIL DAN KOLABORASI

Google Suite merupakan kolaborasi layanan email oleh RumahWeb.com  dan Googple Apps.

Dengan memanfaatkan kapasitas penyimpanan mulai 30GB, layanan email dan kolaborasi yang disediakan RumahWeb.com dibagi menjadi dua bagian sesuai kebutuhan. Google Suite Basic dan Google Suite Bisnis.


✔ VPS

VPS. Virtual Private Server merupakan layanan server virtual oleh Rumahweb.com. Virtual hosting yang dimiliki RumahWeb.com telah dilengkapi cloud server sehingga memudahkan pengelolaan VPS, analisa, control panel, instalasi OS dan software serta dijamin lebih handal ketimbang shared hosting.

Di Rumahweb Indonesia, layanan VPS dilakukan full managed oleh admin. Menggunakan Virtuozzo berkapasitas tinggi dengan fail-over automatis.

✔ WEBSITE


Domain berperan penting bagi Startup yang ingin bertransformasi menjadi Unicorn Indonesia. Manfaat domain untuk bisnis pun sangatlah vital di era digital seperti saat ini. Banyak orang menggali informasi, mencari produk dan mengetahui berbagai jenis layanan sebuah brand dari internet.

Kebetulan sekali, RumahWeb.com menyediakan layanan :

  • Free website building, cara membuat situs dengan bantuan website builder. Dan ini gratis. Tanpa dipungut biaya!
  • Ranking coach. Fitur ini berfungsi untuk mengetahui peringkat website di mesin pencarian google dan juga berfungsi untuk meningkatkan ranking situs di mesin pencarian lainnya.
  • Jasa pembuatan website. Nah, bagi kamu yang tidak memiliki waktu luang dan tidak faham dengan coding. Boleh gunakan layanan ini. "Orang Rumah," online dalam 24 jam. Kamu bisa berkonsultasi bersama customer service kapan saja
Manfaat Domain Untuk Website Bisnis

Sistem pelayanan nya pun cepat dan nggak ribet. Setiap pembayaran yang selesai dilakukan akan dikonfirmasi pada yang bersangkutan melalui surel, SMS, telepon dan lembar invoice elektronik.

Oh iya, RumahWeb.com juga pernah bekerja sama dengan perusahan-perusahan besar seperti Sale Stock, Informa, SCTV, Jawa Pos dan masih banyak lagi, loh.

Namun jika kamu mengalami kesulitan saat melakukan resgistrasi domain di RumahWeb.com ataupun ingin mengetahui suatu produk lebih detail, bisa langsung live chat dengan customer service melalui jendela melayang disudut kanan bawah ☎

Untuk info lebih lengkap seputar domain murah, hosting Indonesia, hosting murah, bisa menghubungi kontak dibawah ini:

Kontak & Alamat Kantor RumahWeb.com :

Kantor Pusat
Jalan Lempongsari No.39C
Sleman Yogyakarta 55581
Telp - 0274-882257

Kantor Cabang
Jalan CityLoft Sudirman Unit 2526
Jalan KH. Mas Mansyur No.121
Karet Tengsin Jakarta Pusat
Telp - 021-25556765

Email : info@rumahweb.com
Technical Support : teknis@rumahweb.com
Facebook : Rumah Web Indonesia
Twitter : Rumah Web Tweet

2| Manfaat Domain Name Untuk Bisnis


Bagi pelaku bisnis, keberadaan sebuah website sangatlah penting. Era digital yang menggempur habis millennial dengan internet harus dimanfaatkan dengan cermat. Manfaat domain untuk bisnis pun terpampang nyata demi kelangsungan usaha bisnis itu sendiri. Bahkan, di zaman millennial ini pun, banyak Startup yang mampu membuat dan mengelola website atau blog  nya sendiri.

Padahal, ketika awal mula diciptakan pada tahun 1989 oleh Tim Berners Lee dalam proyek World Wide Web, website hanya berfungsi sebagai alat komunikasi para ilmuan. Namun karena pertumbuhannya yang cenderung cepat, website tidak lagi hanya digunakan oleh pihak-pihak tertentu saja.

Proyek World Wide Web Berners Lee
Add by CNET
Hingga pada tahun 1994, Tim Berners Lee mulai membuka website untuk kepentingan umum dan mulai dimanfaatkan untuk bisnis (Microsoft, Pizza Hut dan IBM), sebagai lembaga organisasi (Amnesty International), website untuk pemerintahan (Gedung Putih), website selaku situs berita (The Telegraph dan The Economist) juga sebagai search engine, waktu itu adalah Yahoo.

Selang 25 tahun berjalan, kini website makin merakyat dan sangat berkembang. Para pelaku Startup pun menggunakan website untuk binis yang menjadi ladang uang mereka.

Berikut manfaat domain (website) untuk bisnis Startups:


Manfaat Domain Untuk Bisnis Startup

1| RAJANYA GOOGLE


Supaya bisnis dikenal banyak orang, maka kegiatan promosi harus dilaukan secara maksimal. Dan kunci utama menjadi terkenal adalah dengan muncul di page one hasil pencarian google.

Caranya dengan Search Engine Optimization alias SEO. Namun karena update algoritma google, maka tips seo 2019 harus dilakukan secara organic dan sesuai aturan terbaru "Si Mbah," untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, Kebanyakan, orang akan memilih hasil pencarian paling atas daripada harus berlama-lama mencari di halaman berikutnya. Selain menghabiskan banyak kuota, juga membutuhkan waktu yang lebih lama. Itu sebabnya nama domain yang baik untuk bisnis adalah yang mudah diingat dan unik.

Itu mengapa SEO penting dalam marketing 💵

2| MENDAPAT KEPERCAYAAN PELANGGAN


Hasil review para blogger dan testimoni konsumen di google biasanya menjadi acuan seseorang untuk membeli sebuah produk yang ditemukan saat browsing diinternet sebelum berkunjung langsung pada situs yang bersangkutan.

Mereka percaya, hasil ulasan yang disampaikan orang lain akan membantu mereka menemukan pintu yang mereka cari.

Didukung dengan adanya website, brand awareness semakin memperkuat kepercayaan pelanggan.

3| LEBIH PROFESIONAL


Memiliki domain sendiri berarti meningkatkan kredibilitas dimata pelanggan. Website dan email yang di setting sama dengan nama domain untuk bisnis akan meyakinkan pelanggan bahwa perusahaan tersebut adalah resmi. Sehingga mencegah pelanggan terhindar dari penipuan atau semacamnya.

4| MEMPERLUAS TARGET PASAR


Untuk melebarkan sayap perlu strategi dan memepelajari trend pasar.  Gaya hidup masa kini para millennial memberi akses luas pada para Startup untuk mengembangkan bisnis mereka dengan cepat. Melalui media sosial, blogger, bahkan influencer, para Startup ini bahkan bisa menembus pasar luar negeri loh.

5| SEBAGAI MEDIA PRESS RELASE DAN FORTOFOLIO


Manfaat website untuk bisnis selain brand awereness adalah untuk mengurangi penggunaan kertas. Menggunakan website sebagai katalog produk dan media promosi, memudahkan pelanggan  mengetahui produk terbaru yang dirilis, berbagai macam promo dan layanan baru yang ditawarkan.

Dengan begitu, brand akan selalu terhubung dengan pelanggan selama 24 jam.

CONCLUSION :


Setelah mengetahui domain itu apa, bagaimana cara membeli domain dan hosting berkualitas tapi murah serta manfaat domain untuk bisnis. Maka didapat kesiumpulan bahwa, domain  memegang peranan penting dalam bisnis online di era digital seperti saat ini.

Dimana kemajuan teknologi memberi akses lebih luas untuk mengenalkan produk dan jasa, maka domain dan website berfungsi sebagai media promosi, katalog produk, fortofolio perusahaan, brand awareness juga jembatan antara penjual dan pembeli melalui media sosial.

Nah, kalau kamu kepikiran menjadi entrepreneur dan bercita-cita memiliki Startup besar sekelas Traveloka, Go-Jek, Bukalapak dan Traveloka hingga menjadi Unicorn nya Indonesia, mulailah belajar membuat website dari sekarang. At least, nama domain juga sudah mulai terpikirkan.

Dan jangan lupa, registrasi domain Indonesia dan hosting unlimited nya di RumahWeb.com saja. Pasti mudah dan cepat. Atau kalau kamu tidak memiliki waktu luang membangun website untuk bisnis sendiri, mintalah bantuan jasa pembuatan website di RumahWeb.com. Mereka akan membantu mu dengan senang hati.

Akhir kata, selamat berkarya teman-teman semua. Percayalah, alam semesta dan seisinya akan membantu jika kamu bersungguh-sungguh ^^.

Sumber referensi:
~ https://id.wikipedia.org/wiki/unikorn_(keuangan)
~ https://www.rumahweb.com/hosting-murah
~ https://sugeng.id/tips-memilih-nama-domain-blog/
~ https://www.finansialku.com/memiliki-nam-domain
~ https://inet.detik.com/cyberlife/d-4432976/siapa-yang-pertama-sebut-startup-besar-sebagai-unicorn
~ https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190218014809-185-370201/mengenal-istilah-unicorn-dalam-dunia-startup

Start it Up: Manfaat Domain Untuk Bisnis Startup Start it Up: Manfaat Domain Untuk Bisnis Startup Reviewed by Heizyi on September 19, 2019 Rating: 5

33 comments:

  1. Wah rumah web termasuk domain aku kak.Alhamdullilah akan berlanjut.tapi aku msh bingung sih kalau misalnya untuk lanjut tahun kedepan bayar domainnua gmn ya kakak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang kok cara pembayarannya, tinggal masuk akun rumah web aja. Nanti bakal di info sama customer service nya kalau mendekati tanggal kadaluarsa :)

      Delete
  2. Belum pernah pakai RumahWeb ini, woow domain WP start from 25.000 ya Mbak? Hmmm, tapi sayangnya gak tebiasa dengan WP, punya blog WP tapi udah lama dianggurin. Kalau utk bisnis emang harusnya berdomain yah, biar lebih terlihat Pro.

    ReplyDelete
  3. Menggunakan domain sendiri emang bikin usaha terlihat lebih professional. Aku juga kalau mau beli sesuatu, jd lebih tertarik kalau sellernya pakai domain & hosting (dilihat dari alamat emailnya). Hehehe, anw, salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak. Udah gitu kalau pakai domain sendiri, makin gampang dikenal pelanggan :)

      Delete
  4. Kalau sekelas Nokia dan Giant saja tutup diri karena kalah saing Salma teknologi digital marketing, apalagi UMKM yg apalah apalah?
    Makanya saat ini bisnis dengan basicnya digital teknologi sedang tumbuh tumbuhnya. Kalau kita abai, bisa bisa tenggelam

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener tuh mbak. tapi jangan sampai blogger juga ditenggelamkan ya. Bisa bahaya >.<

      Delete
  5. Aku udah setahun ini menggunakan domain tld mba alhmadulillah memperpanjang nya jg mudah dan memang lbh nyaman sih punya domain sendiri jd lbh dihargai aja tulisan kita hehe, btw mksh sharing ilmu nya ya mba, saya suka tulisannya

    ReplyDelete
  6. Domain emang penting banget ya mbak apalagi buat yang punya bisnis biar kelihatan lebih pro. Aku juga tertarik loh beli domain buat blogku biar kelihatan lebih niat dan lebih rajin nulis, tapi masih bingung nih mbak soalnya belum nemu yg sreg

    ReplyDelete
  7. Wow aku juga pake rumahweb untuk domain blog aku hehe.. Waktu itu lagi ada promo dan pemasangannya sangat mudah. CS bahkan mau bantu karena pada awal aktivasi domain ada masalah. Alhamdulillah semua bisa diatasi.

    ReplyDelete
  8. wow baru tahu 4 start up itu masuk level unicorn Tokopedia, Gojek, Bukalapak dan Traveloka mantul banget dah makin tumbuh ya mba, dan konsep akuisisi ini yah yang pada akhirnya dimabil alih pihak asing : good info nih mba

    ReplyDelete
  9. Udah beli domain dan hosting buat usaha suami, tapi kemudian mau ulik bikin webnya belum sempet terus. Mungkin harus coba pake jasa pembuatan web aja kali ya.

    ReplyDelete
  10. Keren. Ulasannya sangat bermanfaat mbak. Tapi aku belum berani buat beli dan punya domain berbayar, takut mahal euy. Sebenarnya mahal gak sih mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak kok mbak. malah ada beberapa domain yang murah tapi nggak murahan. Tergantung ekstensi nya sih.. hehe.. tapi kalau mau domain murah, cari yang promo aja. banyak kok ^^

      Delete
  11. Wihh ada Unicorn nih mbak (Kartun kuda) ehh bukan ya hheee
    Aku belum pernah pakai jasa domain di Rumah Web mbak. Niatnya mau beli domain lagi buat blog satunya yg belum dibranding hhee, boleh deh ntar ceki ceki lagi,
    TFS mbak Elok ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... awal-awal belum paham. Kukira juga kuda bertanduk itu mbak. Eh ternyata ^^

      Delete
  12. Dari dulu pengen punya domain bisnis, tapi belum jadi juga, masih banyak lagunya. Mau nyoba rumahweb.makasih infonya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk atuh mbak, coba aja sekarang. biar blog nya makin tampak pro gitu loh :)

      Delete
  13. Ulasannya sangat lengkap dan membantu Mbak. Banyak hal baru yang saya pelajari juga dengan startup. Ngomong-ngomong harga domain .com berapa Mba di runahweb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk domain ekstensi.com kira-kira 135-150 ribu deh kayaknya mbak. AKu lupa, hehe

      Delete
  14. Kemajuan dunia teknologi informasi dan melihat trend generasi milennial terhadap internet, dunia bisnis saat ini memang tidak bisa untuk berdiam diri tanpa sentuhan online. Dan penting sekali untuk memiliki web ber TLD yang dikelola khusus untuk bisnis.

    ReplyDelete
  15. Ini juga alasan aku pakai domain berbayar, biar lebih terlihat profesional dan pastinya biar bisa dilirik. Kalau domain masih gratisan kesannya kaya yang masih kurang gitu, menurutku.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeps, selain lebih keren dan profesional, punya domain pribadi tuh makin manteb mbak. Dipercaya google dan rekan kerja.. hehe

      Delete
  16. Domain memang penting banget untuk mendukung bisnis. Dengan web yang profesional dan nama domain yang catchy bisnis bisa lebih berkembang ya.

    ReplyDelete
  17. Wah, sedang mempertimbangkan pilih jasa penyedia domain yang mana, nih. Pas banget tulisannya, Mba, ulasannya komplet. Makin cepat memutuskan jasa domain yang tepat, keuntungan juga bisa segera diraih, ya, minimal kunjungan yang meningkat yang akhirnya juga mendorong penjulaan buat yang berbisnis.

    ReplyDelete
  18. Zaman sekarang memang penting banget punya domain karena bisnis harus merambah ke dunia digital. Apalagi bisnis startup ya.

    ReplyDelete
  19. ada kebanggaan tersendiri mbak kalau blognya udah pakai domain. Keren gitu lho. Terlihat lebih profesional juga kan ya

    ReplyDelete
  20. Keren emang nih Gojek. Gopaynya udah bisa buat beli-beli game di google play.

    Menentukan nama domain emang nggak main-main yaa.. seperti nama Uwien Budo dot Com punyaku pun udah dipikirin dari awal sehingga sama dengan semua media sosial. Bahkan nama tempat/kantor juga pakai UwienBudi. Pas searching uwienbudi di google langsungg ketemu alamatnga. hihi

    btw, salam kenal mbak. perdana mampir kesini :)

    ReplyDelete
  21. Iyaa cari namaa buat domain yg ganpang diingat itu susaaahhh bangettt...ulasannya lengkap banget..

    ReplyDelete
  22. Seneng deh mbak aku baca tulisannya.. jelas dan runut, jadi aku semakin paham dan jelas banget tentang manfaat domain untuk bisnis.. memang dalam berbisnis tuh sekarang teknologi juga sangat penting ya.. go online

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. zaman sekarang apa-apa serba online. Nyari jodoh aja bisa lewat aplikasi >.< wkwk

      Delete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.