Ingin Menghasilkan Uang dari Blog? Begini Caranya!


Cara Menghasilkan Uang dari Blog

 

"If you want to continually grow your blog, you need to learn to blog on a consistent basis."

 - Neil Patel -

Ingin Menghasilkan Uang dari Blog? Begini Caranya! - Blog adalah platform khusus yang digunakan untuk menyampaikan berita berupa tulisan, gambar ataupun video.

Dalam industri kreatif, blog tergolong dalam industri penerbitan. Dimana blogger merupakan sebutan untuk seseorang yang bekerja menulis blog. Dan blogging adalah kegiatan tulis-menulis pada blog itu sendiri.

Jika dilakukan dengan konsisten dan persisten, banyak sekali manfaat serta fungsi blog yang akan kamu dapat. Salah satunya dapat digunakan sebagai ladang penghasilan.

Akan tetapi, butuh kesungguhan dan ilmu yang mumpuni untuk membangun blog menjadi besar. Tidak instant dan langsung sukses.

Baca Juga: 16 Jenis Industri Kreatif Yang Bisa Kamu Coba Selama #dirumahaja

 

Lalu, bagaimana membuat website atau blog yang bisa menghasilkan uang?

Mau tahu caranya? Baiklah, mari kita bahas satu per satu.

 

1| MENENTUKAN TOPIK

Langkah pertama sebelum terjun kedalam dunia blogging adalah menentukan topik apa yang akan diulas dalam blog.

Ini merupakan bentuk branding strategy supaya kamu mudah dikenali oleh para pembaca maupun mesin pencari.

Pastikan topik yang kamu bahas sesuai dengan keahlian dan passion yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan dalam menulis setiap artikel.

Jangan lupa, tulis artikel yang bermanfaat dan informatif, ya 😊

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

 

2| MEMBUAT BLOG

Bagi pemula, cara membuat blog sebenarnya sederhana. Setelah menentukan niche blog, pilih platform berkualitas untuk menerbitkan blog. Kamu bisa memulainya dengan yang gratisan hingga berbayar. Ada Blogpsot, Wordpress, Joomla, Wix, Tumblr dan masih banyak lagi.

Kemudian, siapkan sebuah alamat email, nama blog atau domain, lalu daftar.

Oh iya,  kamu bisa menggunakan platform apa saja sebab pada dasarnya, setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Namun jika merasa kebingungan atau tidak paham dengan pengkodean (coding), kamu bisa memilih blog keroyokan seperti Kompasiana dan Detik.com

Baca Juga: Manfaat Domain Untuk Bisnis

Cara menghasilkan uang dari blog

 

3| MENULIS KONTEN BERKUALITAS

Content still is the king.

Tidak hanya blog, pada media sosial pun, konten adalah segala-galanya. Pemirsa akan memutuskan untuk kembali berkunjung pada sebuah laman jika konten yang disajikan dianggap menarik, informatif, menghibur dan juga edukatif.

Maka jangan heran jika para pekerja digital sangat menjunjung tinggi yang namanya hak cipta. Mereka akan sangat marah dan merasa usaha nya tidak dihargai jika konten yang mereka buat dengan sungguh-sungguh malah diplagiasi seenaknya.

Cara menghasilkan uang dari blog

 

4| MANFAATKAN SEO

SEO atau search engine optimization adalah cara mengoptimisasi website atau blog agar mendapat peringkat di mesin pencari seperti google, bing ataupun yahoo.

Teknik SEO biasa digunakan oleh blogger atau digital marketer untuk menarik pengunjung lebih banyak.

Menggunakan teknik SEO yang tepat, diharapkan blog atau website bisa muncul pada halaman pertama mesin pencari. Dengan begitu, automatis pengunjung jadi berlimpah.

Cara menghasilkan uang dari blog

 

5| LAKUKAN KEGIATAN PROMOSI

Ibarat dagangan, tidak akan ada orang yang membeli jika kita tidak mempromosikannya. Begitu juga dengan blog.

Supaya blog dikenal lebih luas oleh target pembaca dan familiar dalam mesin pencari, kamu harus melakukan kegiatan promosi yang tepat. Baik melalui media sosial maupun menggunakan teknik SEO tadi.

Manfaatkan media sosialmu dengan baik dan benar untuk mengenalkan blog yang kamu buat agar mendapat pengunjung lebih banyak lagi.

Baca Juga: Macam-macam Media Promosi Online Andalan Millenial

Cara menghasilkan uang dari blog

 

6| PILIH MEDIA MONETISASI

Syarat monetisasi blog dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan. Namun satu hal yang tidak pernah berubah adalah, pertimbangan kualitas blog itu sendiri.

Dan poin penting yang juga tidak boleh disepelekan adalah, setiap blog punya target pembaca dan ciri khas nya masing-masing. Oleh sebab itu, tidak semua blog bisa di monetisasi dengan cara yang sama.

By the way, kamu tahu nggak sih apa itu monetisasi?

Monetisasi adalah proses pemanfaatan blog supaya dapat menghasilkan uang. Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang dari menulis blog?

Banyak!

Kamu bisa mencoba berbagai metode monetisasi blog dibawah ini: 

Cara menghasilkan uang dari blog

✔ Pasang Iklan

Nah, pasang iklan disini ada dua jenis. Terima pasang iklan dari blog lain atau pasang iklan dari jasa Advertising Networks. Salah satu jaringan iklan paling terkenal dan menjadi incaran banyak blogger adalah Adsense.

Yups, produk dari google ini merupakan cara menghasilkan uang dari blog google adsense paling famous sepanjang masa.

Namun untuk mendaftar google adsense, tidak semudah membalikkan telapak tangan 😓 Kadang, kamu harus menunggu selama berbulan-bulan hingga setahun lebih hanya untuk bisa diterima sebagai publisher nya.

Tapi, daripada kamu terlalu lama menunggu, kamu bisa mencoba advertising networks selain google adsense, ya. Untuk rekomendasi nya, kamu bisa browsing. Bangak banget kok di google.

✔ Paid Review

Paid review, sponsored post atau advertorials adalah cara menghasilkan uang dari blog pribadi yang bisa kamu coba.

Paid review atau apapun sebutannya adalah sebuah kegiatan dimana kamu akan mendapat bayaran dari meriviu sebuah produk. Biasanya, ada beberapa brand yang tidak hanya sekedar memberi upah, mereka juga mengirim produk atau sample untuk diuji coba.

Bagaimana, asyik, kan? Selain dapat uang, kamu juga memiliki pengalaman mencoba sebuah produk sebelum dilepas ke pasaran 😎

✔ Jual Produk

Siapa bilang blog hanya digunakan untuk kegiatan jurnalis atau media penyampaian berita. Ada banyak blog berbagai tema yang digunakan untuk berjualan produk.

Kamu bisa memulainya dengan menjual produk sendiri. Anggap saja, blog yang kamu bangun adalah sarana promosi digital supaya jangkauan pasar lebih tepat sasaran.

✔ Jual Jasa

Nah, ini dia cara menghasilkan uang dari blog untuk pemula paling mudah dilakukan. Setelah berhasil membuat blog berkualitas, menentukan target pembaca, mendapat peringkat dalam mesin pencarian hingga memiliki traffic yang bagus. Kamu bisa mencoba menawarkan blog sebagai media partner pada klien.

Dengan menjual jasa di blog, kamu bisa menghasilkan uang, lho. Misalnya dengan content placemenet, jasa pembuatan template blog, media partner acara-acara besar atau job khusus liputan.

Apapun keahlian yang kamu punya, bisa menjadi ladang penghasilan jika dimanfaatkan dengan benar dan tepat.

Tertarik?

Baca Juga: Keseruan Bersama Teman-Teman Media dalam Liputan Jember Fashion Carnaval Tahun 2019

✔ Program Afiliasi

Program afiliasi banyak digunakan oleh para blogger untuk mendapat keuntungan dari produk lain yang mereka rekomendasikan.

Blogger akan mendapat komisi dari setiap link atau produk yang mereka rekomendasikan dan berhasil terjual.

Besarnya komisi tergantung sesuai perjanjian. Begitu pun proses pembayaran dan mekanismenya.

✔ Membership

Sama halnya dengan cara mendapatkan uang dari blog selain adsense, fitur membership bisa digunakan untuk menarik pengunjung dengan menawarkan konten premium. Dimana setiap akses menuju konten tersebut harus melalui beberapa persyaratan terlebih dahulu.

✔ Ternak Blog

Tidak hanya hewan, media blog juga bisa dibudidayakan dan diperbanyak untuk kemudian dimanfaatkan mencari cuan.

Kebanyakan full-time blogger memanfaatkan waktu mereka untuk membuat blog sebanyak-banyaknya. Dengan berbagai gaya, tema dan kategori berbeda-beda. Mulai dari yang gratisan hingga top level domain.

Setelah blog-blog tersebut siap digunakan, barulah bisa dilepas untuk mendapatkan uang.

Caranya? ya dijual, dong!

Jadi, ternak blog itu sama sama dengan membuat banyak blog untuk dijual. Karena kebanyak blogger pemula malas dengan urusan desain, coding apalagi research keyword. Alhasil, para newbie ini memilih proses instant supaya bisa memiliki blog tanpa harus repot ini dan itu 😷

✔ Bergabung dengan SociaBuzz Tribe

Cara baru bagi para blogger dan penulis menghasilkan uang adalah dengan membuat halaman SociaBuzz Tribe. Sebuah fitur dari SociaBuzz Pro yang fungsinya dapat mempermudah blogger maupun para penulis menerima dukungan dari pembaca dan penikmat karyanya.

Dengan membuat halaman di SociaBuzz Tribe, karyamu akan semakin mudah ditemukan oleh klien. Kesempatan mendapat tawaran job pun semakin terbuka lebar.

Cara nya bagaimana?

Mudah saja. Kamu hanya perlu berkunjung pada link ini: https://sociabuzz.com/tribe kemudian ikuti petunjuk selanjutnya.

Oh iya, dengan memanfaatkan fungsi SociaBuzz Tribe dari SociaBuzz Pro, kamu tidak perlu repot mencari penawaran kerja. Cukup buka halaman profil kamu, cari job yang sesuai lalu apply. Tinggal tunggu klien menghubungi, deh. Simple, kan?

Selamat mencoba 🤗

 

7| LEBIH DEKAT DENGAN PEMBACA

Salah satu perbedaan blog dan website paling menonjol adalah interaksi dengan pembaca.

Agar lebih dekat dengan pembaca, blog biasanya dilengkapi dengan kolom komentar sebagai sarana komunikasi antara pemilik blog dengan pembaca setianya. Sedangkan website, mayoritas tidak ada  interaksi antara owner dengan reader.

Dengan menampung kritik serta saran dari pembaca, kamu akan semakin mengenal karakter setiap pembaca yang datang berkunjung. Alhasil, traffic blog akan semakin bagus dan kamu akan selalu tahu trend apa saja yang sedang diminati oleh pengunjung.

Cara menghasilkan uang dari blog

Bagaimana, tertarik mencoba mencari uang dari blog?

Sebenarnya, membuat blog itu mudah. Apalagi yang gratisan. Namun untuk tetap konsisten dan persisten ditengah badai itulah yang susah.

Tidak sedikit teman-teman blogger yang mengeluh akan persaingan yang tidak sehat. Bahkan ada beberapa blogger yang nyaris patah arang ketika blog visitor anjlok gegara algoritma google terbaru. Atau sulitnya meredam kemarahan ketika mendapati tulisan yang dibuat dengan susah payah ternyata disalin begitu saja oleh tangan-tangan tidak bertanggung jawab.

Akan tetapi, terlepas dari duka menjadi seorang blogger, pengalaman luar biasa dan teman-teman baru adalah hadiah bahagia tak terlupakan.

Semua orang bisa, kok menjadi blogger. Terutamanya yang suka dan mempunyai hobi menulis. Tapi ingat, kesuksesan itu tidak ada yang instan, kecuali dapat warisan 😂 Begitu pun ketika kamu memulai cara menghasilkan uang dari blog. Butuh proses. Nggak sekali coba, langsung berhasil.

Jadi, jangan berhenti berusaha, ya. Sekalipun hasil terkadang mengkhianati usaha. Tetap semangat dan jangan putus asa.

Happy November Rain, guys 🌧🌈

Ingin Menghasilkan Uang dari Blog? Begini Caranya! Ingin Menghasilkan Uang dari Blog? Begini Caranya! Reviewed by Heizyi on November 25, 2020 Rating: 5

35 comments:

  1. Membuat artikel di blog dan jangan lupa SEOnya, setuju banget nih. Untuk promosi pun jangan lupa karena penting banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. ibarat dagangan, kalo gak dipromosiin mana ada orang yang tahu ya mbak. Ya nggak laku jadinya

      Delete
  2. Ternyata banyak cara utk menghasilkan uang dari blog ya. Tinggal bagaimana kita mau serius dan konsisten membuat kontennya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, kak. Banyak jalan menuju Roma. Tapi harus tekun dan nggak boleh mudah putus asa ^^

      Delete
  3. Lebih dekat dengan pembaa, nii banget ini kak. Aku juga masih menoba membangun komunikasi dengan pembaca. PR terbesar wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups, untuk merawat pembaca, maka kita harus menjalin komunikasi yang bagus kan?

      Delete
  4. Aku belum pernah nyobain dapet uang dari adsense di blog, hehe. Akhirnya ku lepas lagi. Btw baru kepikiran nih ternak blog. Aku blog 1 aja ga keurus apalagi ternak. ehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, kenapa dilepas kak?
      sayang loh. padahal bisa dibuat tabungan atau passive income

      Delete
  5. Yang penting harus konsisten dan pantang menyerah ya . .karena semua tidak instan. Tapi by process

    ReplyDelete
  6. Setuju. Ngeblog gak sekadar Cari keywords lalu disebar2. Namun kudu berprinsip content is the king

    ReplyDelete
    Replies
    1. yessssss

      makanya suka sebel kalo ada yang plagiasi. bikinnya capek-capek, eh, malah dicopy paste >.<

      Delete
  7. Baru denger sociabuzz nih mbak.
    Thank you ulasan dan rekomendasinya,, langsung capcus buat cek sociabuzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe... temen-temen blogger banyak yang udah gabung kok kak.
      Cusss dicoba :)

      Delete
  8. Waah asyik banget ya kalau bisa ternak blog . Buat yang main adsense pundi-pundi uang banget. Pernah coba daftar adsense tahun 2015 atau 2016 trus udahan gai dilanjutin lagi. Daftar pertmaa ditolak, daftar kedua sampai tinjauan kedua trus bingung suruh biikin kolom iklan dimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang adsense makin fleksibel kok kak. tinggal login terus pilih iklan otomatis aja. nanti google yang atur sesuai tata letak blog kita

      Delete
  9. Untuk membuat blog kita bisa menghasilkan uang memang membutuhkan proses panjang dan pastinya butuh konsisten.
    Saya belum pernah ikut campaign di SociaBuzz Tribe, nanti mau nyobain peruntungan juga di sana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener. gak sekali coba langsung goal. butuh beberapa kali trial and error sampai bisa panen cuan ^^

      Delete
  10. SEo adalah hal yang paling utama harus dilakukan demi mencapay pageview. Klo SEO on page udah oke, pasti kesananya bakal banyak yang bekunjung organic. SEmangattt

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah nomor 1 sampai 6 udah dilakukan semua, tinggal nomor 7 ini InsyaAllah juga sudah ada beberapa yang langganan ke blog buat baca artikel pembelajaran Bahasa Inggris, traveling ataupun parenting

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku suka belajar bahasa inggris di blog nya mbak meyke loh. edukatif banget tulisannya.

      terima kasih sudah mau berbagi ilmu ^^

      Delete
  12. Alhamdulillah banget nih tahun ini udah tahun ke 4 aku juga menghasilkan uang dari blog yang lumayan bangeeet. Hihi. Setuju banget sama tips diatas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat mbak dian. semoga terus cuan yang blog nya hehe

      Delete
  13. Aku sendiri sudah mencintai blog.. Meski begitu, tanpa goal untuk menghasilkan uang, rasanya cinta itu bisa luntur.. hihi.. Ya, tuntutan hidup yg tinggi wajar ya kak.. Kita butuh sebongkah berlian untuk beli skincare.. wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk..... time is money ya mbak :)
      kenapa enggak, kan?
      sekali dayung dua tiga pulau terlampaui ^^

      Delete
  14. Saya juga sudah gabung dengan SociaBuzz dan dapatkan tambahan banyak Page View :) alhamdulillah bermanfaat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. alahdmulillah ^^ sama-sama berjuang ya mbak :)

      Delete
  15. Setuju banget dengan semuanya, termasuk belajar SEO biar makin berkualitas blognya, terus ditambah dengan perlahan memperbaiki konten pendukungnya. Duh, masih banyak sekali PR-nya aku nih untuk belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. serahkan sama mas suhu sekaligus merangkap sebagai mas suami aja mbak. pasti beres itu PR nya :)

      Delete
  16. Oalah. Ya ampuuun. Aku baru tahu loh soal ternak blog, wkwkwk. Kupikir buat apa orang punya banyak blog, ternyata buat dijual lagi.

    ReplyDelete
  17. wah banyak ya cara menghasilkan uang dari blog...aku belum mrncoba semua cara itu, tertarik dgn yg ternak blog

    ReplyDelete
  18. Bener, banyak jalan menuju roma. Di antara beberapa cara yang telah disebutkan, masih ada satu dua yang belum kucoba. Hehe. Btw, infonya sangat bermanfaat. Terimakasih ya

    ReplyDelete
  19. Dari semua poin, cm nomor 6 yg aku belum mau sampe skr :D. Masih menjadikan blog utk sarana sharing dan nyalurin hobi nulis aja. Monetisasi masih belum kepikiran :D. Tapi teteeeup, blog buatku ga main2. Tiap kali mengupdate konten selalu aku lakuin dgn serius, kalo ga, udah lama aku tinggalin mungkin :D.

    ReplyDelete
  20. Tipsnya lengkap dan bermanfaat sekali untuk para bloger terutama Pemula seperti aku. Mau Coba Di sociobuzz ah

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.