Manfaatkan Internet Sebagai Ladang Penghasilan Ditengah Eksistensi Corona


Cuan dari internet


"No one strategy is correct all the time."

- John Paulson -

Manfaatkan Internet Sebagai Ladang Penghasilan Ditengah Eksistensi Corona - Setelah sempat panik dihantam pandemi beberapa bulan lalu, kini kebanyakan orang -termasuk aku- bisa mulai santai menjalani gaya tatanan hidup baru. Bekerja dari rumah, sekolah dari rumah, ibadah di rumah dan segala macam aktivitas terdahulu yang jarang dilakukan bersama di rumah, perlahan menyenangkan. Atau lebih tepatnya menjadi kebiasaan 😆

Tak heran apabila saat ini banyak sekali bermunculan konten-konten kreatif yang menghibur dan mengedukasi di dunia maya. Sebab selama #dirumahaja bukan berarti mandek berkreasi. Waktu luang disela work from home juga bisa digunakan untuk eksplor diri.

Memanfaatkan kecanggihan teknologi dan kekuatan jaringan untuk mencari cuan dari internet adalah ide paling mudah yang bisa dilakukan. Walau tidak semua orang mampu, yang penting nawaitu dulu. Temukan peluang lalu manfaatkan sebagai penghasilan.

Baca Juga: Memanfaatkan Waktu #dirumahaja Dengan Mencari Cuan Dari Internet

 

💸 Banyak Jalan Menuju Roma 💸

Peribahasa ini telah mengajarkan kita, bahwa terdapat 1001 macam cara untuk menggapai impian. Segala sesuatu yang diupayakan dengan sungguh-sungguh pasti akan tercapai. Begitu pula dengan kondisi pandemi seperti saat ini.

Ancaman resesi yang tampak di depan mata, membuat semua orang termasuk pengusaha besar pun putar otak demi mempertahankan kerajaan bisnis nya agar tetap hidup.

Perkembangan dunia digital yang semakin pesat dan inovatif bisa dimanfaatkan sebagai ladang penghasilan tambahan.

Terlebih sejak diterapkannya social distancing akibat Coronavirus disease, kebanyakan orang berdiam diri dalam rumah. Segala aktivitas pun dikerjakan dari rumah. Termasuk beribadah, belajar dan bekerja di rumah

Pertumbuhan industri kreatif pun melonjak drastis seiring bertambahnya pengguna internet dan social media. Instagram adalah salah satu platform media sosial yang paling ramai digunakan sebagai tempat berjualan atau promosi sebuah karya selain facebook.

 

💸 Apasih Industri Kreatif Itu? 💸

Industri kreatif adalah jenis industri yang memanfaatkan informasi dan sumber daya manusia seperti keahlian, keterampilan dan kreatifitas guna menghasilakn sebuah produk atau karya yang dapat diperjualbelikan.

Nah, konsep industri kreatif itu sendiri berpusat pada ide serta gagasan yang kemudian dikembangkan sehingga mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang berimbas pada peningkatan perekonomian.

Pemerintah juga memberi perlindungan nyata pada pelaku industri kreatif dengan terus memantau, mengevaluasi plus mengendalikan perlindungan serta pemberdayaan.

Badan Pusat Statistik dan Pusdatin Kementerian Perindustrian mencatat konstribusi industri kreatif mencapai 11% pada tahun 2015 dalam membantu perekonomian nasional. Bahkan pada tahun 2020 saja, pelaku industri kreatif semakin menggila dengan aneka produk yang inovatif.

💸 Berikut Berbagai Jenis Industri Kreatif yang Bisa Dicoba Selama #dirumahaja : 💸

  1. Musik
  2. Kuliner
  3. Fashion
  4. Arsitektur
  5. Kriya atau Kerajinan Tangan
  6. Penerbitan
  7. Periklanan
  8. Seni Pertunjukan
  9. Seni Rupa
  10. Fotografi
  11. Film, Animasi, Video
  12. TV dan Radio
  13. Desain Komunikasi Visual
  14. Desain Interior
  15. Desain Produk
  16. Aplikasi dan Game Developer

Jika diperhatikan, ada beberapa contoh industri kreatif yang berkembang pesat selama masa Covid-19 seperti:

 

📌 INDUSTRI KULINER

Jenis Industri Kreatif

Industri kuliner merupakan salah satu sektor bisnis yang tahan krisis. Selain memiliki cita rasa makanan yang beragam, market pasar di Indonesia juga sangat besar.

Ragam minuman kekinian pun tak kalah melejit semakin tahun. Kedai kopi yang menyediakan Wi-Fi gratis jadi sasaran kaum jajan milenial.

Meski tidak lagi menerima dine-in demi menekan penularan Coronavirus, pelaku sektor food and beverage tetap "bisa bernafas," dengan selalu setia meyalani pelanggan melalui fasilitas drive thru dan layanan pesan antar seperti GoFood dan GrabFood.

 

📌 INDUSTRI MUSIK

Jenis Industri Kreatif
Walau sempat layu dihantam pandemi, kini para pelaku seni musik bisa kembali bangkit melalui model bisnis baru.

Konser virtual.

Tentu saja penggemar setia akan sangat senang dengan solusi semacam ini. Kerinduan akan idola dan karya mereka pun bisa terobati dengan adanya virtual concer.

Bahkan, Erwin Gutawa adalah musisi pertama yang berhasil mengumpulkan 6000 penonton selama 23 hari dalam konser virtual Orkestra di Rumah.

Wooow.... yang tadinya dianggap tidak menghasilkan, ternyata bisa menjadi alternatif penghasilan, ya guys 🎤 

 

📌 KERAJINAN TANGAN ATAU KRIYA

Jenis Industri Kreatif

Meskipun tidak menjamin bisa membeli rumah dari berjualan hasil kerajinan, namun membuat sesuau yang unik dan bernilai bisa dijadikan usaha sampingan yang menghasilkan, loh.

Beberapa teman ku yang berprofesi sebagai penjahit malah tetap bersinar ditengah eksistensi Corona. Kebutuhan akan masker yang kini menjadi salah satu fashion item wajib dijadikan peluang usaha.

Kini dari hasil dari usaha berjualan masker kain buatannya sendiri yang kemudian dipasarkan melalui whatsapp status dan story facebook, dapur nya tetap berasap.

 

📌 PENERBITAN

Jenis Industri Kreatif
Ngomongin soal penerbitan, ternyata kegiatan yang sedang aku lakoni selama ini adalah termasuk didalamnya. Kecintaan akan dunia literasi ternyata menuntunku pada hobi yang dibayar.

Salah satu jenis industri kreatif yang tak banyak orang tahu, namun selalu dianggap menyenangkan dan gampang menghasilkan uang.

Yups, nge-BLOG!

Penerbitan adalah industri yang fokus menyediakan dan memproduksi konten-konten kreatif yang dapat memberi informasi sehingga menarik minat dan dapat dinikmati oleh publik.

Biasanya, produk dari industri penerbitan berupa karya cetak seperti buku, koran, majalah dan komik. Namun seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, perusahaan pernerbitan memperluas jangkauan produknya hingga merambah pada penerbitan elektronik atau konten digital seperti blog, micropublishing, e-book, website, musik, video serta game.

Kebetulan sekali, walau perlu ke rakit-rakit  dahulu, berenang ke tepian. Tidak ada yang sia-sia jika  mau berusaha.

Berkat menjadi penulis blog, aku berhasil keluar dari zona nyaman, bertemu dengan banyak orang keren, hadir dalam event-event besar, jaringan relasi lebih luas, pengetahuan juga wawasan bertambah serta jangan lupakan fleksibilitas waktu yang bisa diatur sendiri tanpa harus mengajukan surat cuti or another procedures jika ingin liburan atau sekadar rebahan di awal pekan.

Yes, aku menikmati menjadi seorang blogger. Layaknya pekerjaaan lainnya yang memiliki risiko, aku tetap bersyukur bisa bekerja sembari melakukan aktivitas lain setiap harinya. Because i'm a multitasking woman all day long 💪

Bahkan, lelah akibat berlama-lama didepan layar menyala sirna ketika mengetahui bahwa tulisan yang aku posting di blog ternyata dibaca dan bermanfaat bagi banyak orang 😇

Dan salah satu pengalaman yang sangat istimewa dari perjalanan blogging ku adalah mendapat kesempatan hadir sebagai media guna meliput jalannya pagelaran Jember Fashion Carnaval Ke-18 pada tahun 2019 lalu.

Surpise me 😻

Baca Juga: Jember Punya Cerita, JFC 2019 Bertabur Bintang Istimewa

 

📌 FOTOGRAFI

Jenis Industri Kreatif

Because every picture tells a story.

Benar sekali. Itu mengapa perkembangan dunia fotografi semakin meningkat pesat.

Selain sebagi jalan lain untuk mengungkapkan bahasa, cerita maupun rasa yang tak mampu diucapkan melalui kata, fotografi bagi seorang fotografer tidak hanya sekedar tentang teknik foto, melainkan sebagai bentuk visual dari sebuah narasi.

Untuk memulai usaha ini, seseorang tidak perlu memiliki kamera mahal, cukup gunakan kamera ponsel sebagai awalan. Namun tetap harus memiliki ciri dan menguasi teknik pengambilan gambar agar mendapat potret yang unik dan jauh dari mainstream.

Setelah itu, hasil jepretan bisa diedit terlebih dahulu sebelum dikirim ke situs jual foto online seperti Etsy, iStockphoto, Shutterstock dan lainnya.

Baca Juga: 4 Aplikasi Edit Foto Instagram Favoritku

 

📌 FILM, ANIMASI DAN VIDEO

Jenis Industri Kreatif

Dahulu, sebelum pendami melanda, konten kreator video hanya sebatas Ria Ricis, Atta Halilintar, Raditya Dika dan siapa lagi, ya?

Namun saat ini, mendadak semua orang menekuni industri kreatif video. Terbukti dengan lahir nya para newbie vlogger yang bertebaran di media sosial lengkap beserta ajakan untuk bunyikan lonceng dan subscribe akun nya. Right?

Selain menguntungkan, kebanyakan orang merasa harus mengikuti tren agar tidak tenggelam dalam perkembangan dunia digital.

Podcast saja pada saat ini telah merambah kedalam bentuk video, tidak sebatas audio saja.

Melalui Youtube, semua orang bebas mengunggah hasil karya nya. Ada beragam jenis video yang terdapat di Youtube. Mulai dari video edukasi, hiburan, kuliner hingga hal-hal receh pun turut ambil bagian.

Penghasilan yang didapat tentu saja menggiurkan. Itu sebabnya para konten kreator selalu berusaha menciptakan video yang unik dan disukai banyak orang. Sehingga ketika video yang mereka ciptakan berhasil menembus kolom viral, maka cuan dari internet yang mengalir ke rekening pun tak kalah  mengagumkan 😍

Oh iya, selain family vlog dan podcast, kreasi undangan digital juga tak kalah menarik dan menghasilkan, loh. Terlebih disaat pandemi seperti saat ini, dimana segala sesuatu serba online, maka jangan heran jika urusan mengundang orang banyak pun dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Ya, seperti undangan digital ini, misalnya.

 

📌 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (DKV)

Jenis Industri Kreatif

Sektor Desain Komunikasi Visual merupakan industri yang bergerak dibidang desain pengolahan media dan informasi dengan ruang lingkup meliputi desain periklanan, desain identitas usaha, desain marka lingkungan (Environment Graphics),  desain multimedia, desain grafis industri (kemasan produk), desain grafis media, cergam (cerita bergambar), fotografi, videografi, ilustrasi, animasi dan media interaktif seperti desain website, aplikasi mobile dan game.

Industri kreatif ini menjadi penyelamat bagi para pelaku bisnis digital ketika "alat perang," yang digunakan mendadak macet atau mogok bekerja 😆

Para pelaku bisnis seperti entrepreneur, e-commerce, start up hingga pemerintah ataupun individu sekalipun bisa menggunakan jasa pekerja kreatif dibindang DKV layaknya Exabytes dalam membangun website guna proses branding produk.

 

💸 Media Promosi Online Untuk Suskseskan Industri Kreatif 💸

 

Media Promosi Online Untuk Industri Kreatif

Internet adalah jaringan teknologi informasi terluas yang dapat menghubungkan seluruh orang di dunia melalui protokol pertukaran paket.

Setiap informasi yang tersebar di internet dapat diakses secara bebas dan cepat oleh siapa saja. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis dalam mempromosikan produk nya.

Oleh sebab itu, memanfaatkan internet sebagai ladang penghasilan kini bukanlah isapan jempol belaka. Sebab dalam setiap detik pencarian yang dilakukan oleh Google, terdapat 40.000 hasil pencarian.

Itu artinya pemasaran secara online penting untuk dilakukan. Menggunakan teknik pemasaran yang tepat, kemungkinan produk kita menjadi salah satu dari 40.000 dari hasil pencarian yang akan ditampilkan oleh Si Mbah.

Nah, agar promosi produk industri kreatif tepat sasaran, diperlukan strategi marketing yang efektif agar memperoleh keuntungan maksimal.

Salah satunya menggunakan cara promosi digital, yaitu proses pemasaran barang, produk dan jasa dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan kemajuan internet.

Misalnya, dengan memanfaatkan social media.

Mengapa? Karena kebanyakan masyarakat modern cenderung menghabiskan waktu bermain gadget dengan mengunjungi media sosial. Bahkan setiap individu bisa saja memiliki lebih dari satu akun sosmed.

 

📌 FACEBOOK

Siapa, sih yang nggak kenal Facebook? Media sosial ini masih menjadi primadona banyak orang Indonesia dalam menjalin komunikasi dengan rekan dan keluarga. Berbagai fitur keren yang dimiliki Facebook mampu menjadi media promosi online yang efektif bagi pelaku bisnis. Sebut saja Facebook Group dan Facebook Ads. Dua layanan ini sudah teruji ampuh sebagai media pemasaran produk dalam jaringan.

 

📌 TWITTER

Twitter adalah platform media sosial yang ramai digunakan oleh beberapa kalangan saja. Akan tetapi, eksistensinya masih dalam level unggul untuk dijadikan pilihan media promosi.

Seiring perkembangannya, Twitter semakin banyak digunakan dalam promosi terselubung yang turut menyertakan para buzzer. Mulai dari ranah politik, pendidikan, kampanye sebuah brand hingga layanan masyarakat.

Karakter cuitan yang dulunya dibatasi pun kini telah teratasi dengan menggabungkan banyak cuit kedalam satu utas atau yang biasa disebut thread twitter.

Memilih Twitter sebagai sarana promosi produk bukanlah hal yang buruk. Dengan rajin menulis utas pada waktu posting terbaik bisa meningkatkan jumlah followers.

 

📌 INSTAGRAM

Sebagai salah satu social media paling ngetren, keberadaan Instagram sebagai sarana promosi dan penjualan industri kreatif harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Pasalnya, platform ini bisa diakses oleh semua usia, dari yang muda hingga dewasa. Fitur yang disediakan pun sangat menarik.

Pelaku bisnis bisa memulai mempromosikan produk nya melalui intsastory, IG TV, feed, boomerang dan siarang langsung. Eits, jangan lupa sertakan hashtag yang tepat ya. Pastikan tagar yang digunakan sesuai isi konten sehingga dapat menjangkau pemirsa lebih luas.

 

📌 YOUTUBE

Seperti diketahui, Youtube adalah media sosial berbasis video paling laris saat ini. Berbagai konten menarik yang disajikan beragam, tidak terbatas pada golongan, jenis kelamin dan usia. Bahkan, kini kebanyakan orang lebih memilih menonton video di Youtube daripada menyaksikan siaran televisi.

Langkah utama yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis untuk mempromosikan produk nya di laman Youtube adalah dengan membuat akun, upload video lalu gunakan keyword yang tepat. Jika dirasa perlu memperluas jangkauan pasar lebih besar, bisa dengan bekerja sama dengan para influencer melalui review positif produk industri kreatif bersangkutan.

 

📌 BLOG

Tidak bisa dipungkiri, platform yang dulunya dianggap sebatas diary digital karena hanya berisi pengalaman pribadi atau sesi curhat semata, kini mampu bersaing dengan media promosi online lainnya dalam berbagai kegiatan marketing.

Melakukan promosi menggunakan blog bisa melalui review produk dalam bentuk artikel, pemasangan banner produk, content placement hingga sebagai media liputan. 

Menggunakan blog sebagai media promosi adalah salah satu dari sekian banyak cara menarik pelanggan untuk mengenal hingga membeli produk yang ditawarkan. Dengan teknik SEO, kesempatan produk tampil di halaman pertama mesin pencari tentu sangat menguntungkan pelaku industri kreatif dalam menentukan target market.

 

📌 WEBSITE BISNIS

Tips jitu promosi online dalam rangka mensukseskan industri kreatif yang tak kalah efektif adalah dengan mendiri website bisnis.

Sama halnya dengan blog, website bisnis juga menggunakan teknik SEO (Serach Engine Optimization) dalam prosesnya, namun kedua media ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Blog berisi berbagai ulasan serta prestasi yang dicapai sebuah brand dalam rangka mendukung acara promosi. Sedangkan website lebih fokus menjelaskan mengenai suatu produk. Mulai dari variant, ingredient hingga aneka macamnya. Secara sederhana, website adalah etalase toko yang menampilkan berbagai produk dari suatu perusahaan secara rinci dan menarik.

Untuk memudahkan promosi bisnis melalui website, dibutuhkan sebuah domain yang unik, mudah dihapal dan melambangkan brand itu sendiri. Tidak perlu terburu-buru dalam menentukan nama domain dan situs penyedianya. Kamu bisa cek harga domain murah di Exabytes Indonesia terlebih dahulu sebagai referensi. baru setelah itu, beli deh. Nanti kamu akan dipandu untuk mengintegrasikan domain name dengan website atau blog.

 

📌 MARKETPLACE

Beralih dari website bisnis, fenomena promosi masyarakat Indonesia juga tak lepas dari peran  marketplace, yaitu sebuah situs yang menyediakan halaman personal bagi setiap merk dagang guna mempromosikan barang, produk dan jasa yang mereka miliki. Ibaranya, nih, marketplace itu kawasan ruko yang dihuni oleh banyak toko dan menjual beraneka ragam kebutuhan.

So far, perkembangan startup yang begitu pesat banyak melahirkan marketplace terbaik sebagai favorit penjual, pengusaha ataupun pelaku industri kreatif dalam memasarkan produknya. Sebut saja Shopee, OLX, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan masih banyak lainnya.

 

📌 EMAIL MARKETING

Dengan berlangganan layanan email marketing, pelaku industri kreatif, pedagang, pemilik online shop hingga pengusaha bisa dengan mudah memberitahu pelanggan mengenai produk terbaru yang mereka luncurkan.

Pesan berupa penawaran, diskon, giveaway dikirim langsung pada surel pelanggan sehingga jangkauan pemasaran produk nya lebih luas dan tepat sasaran.

 

📌 WHATSAPP

Selain sebagai media komunikasi paling populer, mendadak Whatsapp menjadi bagian penting dari kegiatan marketing digital saat ini. Promosi produk secara tidak langsung melalui whatsapp story dijamin bisa menarik minat calon pembeli.

Semakin kontak yang berada dalam ponsel kita, maka semaki besar peluang produk kita dikenal banyak orang.

Selain gampang, biaya nya pun murah. Bayangkan, hanya berbekal video, teks, gambar atau link yang dipajang pada status whatsapp saja, kita sudah melakukan kegiatan marketing terselubung. Keren nggak tuh  😎

Apalagi musim pandemi seperti saat ini, dimana kontak whatsapp mendadak bejibun dengan teman, rekan atau guru sekolah anak. Automatis, jangkauan pasar pun semakin tak terbatas.

 

💸 PERLUAS JARINGAN DAN PERBESAR KEUNTUNGAN BERSAMA EXABYTES INDONESIA 💸

Keunggulan Exabytes Indonesia

Setelah memahami media online apa saja yang bisa digunakan untuk mensukseskan promosi industri kreatif, maka selanjutnya adalah mempelajari peluang agar mendapat untung yang maksimal. Salah satunya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan jaringan internet.

Untuk itu, Exabytes Indonesia hadir sebagai online solution yang akan membantu para pelaku bisnis dalam memasarkan produk dan jasa.

Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang digital online solution, Exabytes Indonesia telah melayani lebih dari 140.000 pelanggan yang meliputi UKM, individu, perusahaan hingga lembaga pemerintahan.

Dengan prinsip membantu dan menumbuhkan bisnis UMKM, Exabytes senantiasa bekerja secara profesional dalam waktu 24 jam per 7 hari selama setahun.alias 365 hari.

Selain itu, menjadi perusahaan Hosting Terbaik Indonesia, Exabytes juga menjamin server nya dimonitor 24 jam non-stop oleh tim profesional, pelanggan juga diberikan kebebasan dalam memilih lokasi hosting yang diinginkan (Indonesia, Malaysia, Singapura, Amerika Serikat) dengan kapasitas  100Mbps bandwidth and unlimited data server plus root-level access.

Oh iya, for your information nih, guys. Server dan VPS Exabytes adalah solusi terbaik untuk traffict tinggi website bisnis kamu, lho. Kebetulan banget, kan untuk para blogger seperti aku. Bisa meraup untung dari internet jika visitor blog terus meningkat drastis 😍

Atau, jika kamu masih ragu terlebih merasa tidak sanggup harus mengelola website, solusi email marketing bisa jadi alternatifnya.

Seperti yang aku jelaskan diatas, bukankah menggunakan layanan email marketing adalah salah satu media promosi online paling optimal? Sebab para pelanggan akan menerima pesan berupa penawaran produk terbaru dari 

Satu lagi dan nggak kalah penting dari Exabytes. Perusahaan yang selalu menyediakan garansi pada setiap produknya ini telah menyabet berbagai penghargaan keren seperti Google Partner, MYNIC Authorised Reseller, MSC (Malysia Status Company) and more sebagai bukti bahwa Exabytes mampu membantu mengembangkan bisnis online kamu.

Bagaimana, tertarik mencoba salah satu media promosi online yang aku sebutkan diatas?

Eits, tapi jangan buru-buru eksekusi, ya. Pastikan perkembangan industri kreatif yang kamu tekuni memeiliki pasar yang bagus dan berumur panjang. Sekalipun tidak ada yang tahu yang terjadi besok, terlebih begitu pesatnya perkembangan teknologi, tetap harus perhatikan hal-hal yang dapat mempengaruhi laju pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, yaitu:

Faktor industri kreatif


✔ Kreativitas

Pertumbuhan industri kreatif di Indonesia yang semakin pesat menunjukkan bahwa perekonomian kian bervariasi dan inovasi.

Agar tidak terhempas iklim semangat dan kreativitas para millennial dan generasi Z dibutuhkan kreativitas tanpa batas, mengingat produk yang dihasilkan adalah karya dari pemikiran yang unik.

✔ Kemajuan Teknologi

Dalam perkembangan industri kreatif, teknologi memiliki peran penting sebagai bahan bakar explorasi diri.

Semakin canggih suatu teknologi, maka semakin besar pula peluang menggali ide-ide kreatif sumber daya manusia.

✔ Media Sosial

Sebagai ruang penyaluran ide-ide, media sosial adalah salah satu bukti positif dari kemajuan teknologi bagi indutri kreatif.

Selain tempat lahirnya berbagai kreativitas, social media juga menjadi wadah munculnya budaya baru yang kemudian berimbas pada ekonomi kreatif. Suatu sistem ekonomi yang proses perekonomiannya mengandalkan ide, gagasan dan kreativitas  sumber daya manusia.

 

JADI, KESIMPULANNYA?



Siapa bilang #dirumahaja nggak bisa dapat penghasilan? Bisa dong!

Sekalipun social distancing membatasi kita dengan dunia luar. Bukan berarti ide dan karya harus mendek dan beralih sebatas rebahan saja. BIG NO!

Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan gadget yang selalu terhubung dalam jaringan, insyallah semua urusan jadi lancar. Cari cuan dari internet pun lebih gampang.

Terlebih dengan bantuan Exabytes Indonesia, industri kreatif yang sedang dijalankan pun bisa diupayakan tumbuh semakin besar dan maksimal. Bukan kah kini dunia berada dalam genggaman? Jadi jangan takut mencoba dan mulai lah berusaha.

Grow your business online now, guys.

Good luck, ya 👊


Disclaimer:

  • Infografis oleh Heizyi.com
  • Featured Image oleh Dokumen Pribadi dan Pexels
  • Video oleh Exabytes Indonesia
Sumber referensi:
  • Exabytes.co.id
  • Berbagai sumber

Manfaatkan Internet Sebagai Ladang Penghasilan Ditengah Eksistensi Corona Manfaatkan Internet Sebagai Ladang Penghasilan Ditengah Eksistensi Corona Reviewed by Heizyi on October 11, 2020 Rating: 5

15 comments:

  1. Memang dijaman seperti ini harus cerdik-cerdik dalam mengasah kemampuan main internet supaya tidak ketinggalan jaman, sekaligus iseng-iseng bisa menghasilkan uang, siapa yang tidak senang bukan? Saat pandemi ini aku sibuk menulis untuk menyelesaikan 1 buku, cuman aku masih bingung gimana caranya supaya bisa dilanjut ke proses penerbitan.. Kira-kira taukah mba? :)

    ReplyDelete
  2. Tetanggaku sudah mulai berjualan makanan mengandalkan internet. Dia membuka beberapa akun sosmed untuk bisnisnya itu dan dia percaya bahwa bisnisnya akan berkembang dengan modal pemasaran di sosmed

    ReplyDelete
  3. Keren nih ada banyak segmen yang bisa menghasilkan dari rumah saja di saat seperti ini, hanya memanfaatkan media digital. Semoga segera berlalu dan salam sehat untuk kita semua

    ReplyDelete
  4. Meskipun harus di rumah aja, kita masih bisa produktif dan menghasilkan pundi-pundi dengan cara memanfaatkan internet. Ternyata banyak sekali peluang yang bisa dimanfaatkan untuk bisa dapat uang ya..

    ReplyDelete
  5. Benaaarrrr sekaliii!! Banyak banget peluang dapet uang dari internet, hanya saja kita harus pinter milih sesuai keahlian dan kemampuan. Kalau digelutin semua (kayak saya) main yutub, blog, ig, tw duh nggak fokus jadinya wkwkkwkw.. Sudah susah :))

    ReplyDelete
  6. iya mbak, sekarang kita harus bersahabat dengan internet
    harus ramah internet
    sebab bisa jadi mereka adalah sumber penghasilan kita

    ReplyDelete
  7. Teknologi digital menjadi penolong kita di saat pandemi ini. Memang kita tidak bisa bebas ke mana-mana, namun internet membuat kita tetap bisa bekerja dan bahkan menambah penghasilan

    ReplyDelete
  8. makasih sharingnya, banyak yang bisa kita manfaat waktu luang saat pandemi

    ReplyDelete
  9. Kalau boleh bilang untung, untung pandemi datang di era digital ya. Sebosen-bosennya, sebagian dari kita dari rumah masih bisa belajar, bisa kerja, bisa belanja, bisa tetap terhubung.
    Tapi tetep sih, berharap banget pandemi korona ini segera berlalu.

    ReplyDelete
  10. tidak ada alasan untuk tidak produktif y akak, banyak sekali sesuatu yang bisa dikerjakan. Tinggal menyelami minat dan bakat serta passion dan tekuni supaya bisa berhasil, Pasti ada kesempatan untuk berkarya

    ReplyDelete
  11. Industri kreatif jaman sekarang udah wajib banget membutuhkan internet. Nggak sekedar cepat, tetapi musti koneksi yang stabil. Internet memungkinkan kita membuka toko online yang buka 24 jam dan bisa diakses di seluruh dunia. Nyaris semua hal bisa kita jual di internet.

    ReplyDelete
  12. patut dicoba, bisnis memiliki landing page profesional untuk mengenalkan nama usaha dan meningkatkan penjualan.

    ReplyDelete
  13. Setuju sekali mbak dengan industri kreatif ini.. banyak banget hal-hal yang bisa kita pelajari selama pandemi ini ya. Muter-muter otak untuk selalu tetap produktif

    ReplyDelete
  14. TUlisannya bagis ini dan lengkap banget. Terima kasih banyak telah berbagi. Memang ada banyak sekali peluang di internet ya untuk mendapatkan penghasilan.

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.