9 Destinasi Wisata Seru di Solo, Harus Masuk Wishlist!


wisata alam solo

"A journey is best measured in friends, rather than miles."

-Tim Cahill -

Liburan selalu menjadi momen yang paling ditunggu semua orang. Betapa tidak, kapan lagi bisa menghabiskan waktu dengan keluarga dan orang terdekat di tempat yang disenangi. Tentunya, tanpa harus mengingat tenggat pekerjaan, hanya bersenang-senang. Kebetulan, kalau mencari destinasi yang pas, mungkin Solo bisa jadi pilihan 😎

Sebagai salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah, Solo memang jadi destinasi incaran para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Terlebih dengan lokasinya yang tidak jauh dari Jogja, jadi kamu bisa menggunakan kereta api Jogja ke Solo dengan jadwal dan harga tiket yang bisa langsung kamu lihat dan pesan di Traveloka Lifestyle Superapp. Lebih menarik lagi, kini telah tersedia benefit TrainPlus dan ada promo spesial PayDay pada 24 November hingga 5 Desember 2021.

Yakin, nih... nggak mau pesan tiket keretanya dari sekarang?

Pilihan Destinasi Wisata Seru di Solo

Omong-omong, di bawah ini ada 9 rekomendasi destinasi wisata seru saat tiba di Solo yang wajib banget masuk wishlist kamu 👇

  1. Grojogan Sewu

Tak jauh dari pusat Kota Solo, kamu bisa menyambangi wisata air terjun Grojogan Sewu yang sangat terkenal. Segar dan dinginnya air terjun akan jadi teman wisata terbaik di sini, belum lagi dengan udara sekitar yang sangat sejuk dan asri. Datanglah pagi-pagi supaya bisa merasakan kesegaran udara dan ketenangan dari Grojogan Sewu.

  1. The Lawu Park

Berada di kaki Gunung Lawu, terdapat destinasi wisata alam Solo yang tak boleh dilewatkan, The Lawu Park. Tentunya, banyaknya aktivitas yang ditawarkan membuat tempat ini sangat pas untuk kegiatan wisata alam bersama keluarga. kamu bisa menjajal wahana alam yang seru, seperti flying fox, hiking, sky walk, dan forest walk.

  1. Ngarsopuro Night Market

Punya waktu luang di malam hari? Cobalah menjelajah Ngarsopuro Night Market, yang beroperasi dari pukul 16.00 sampai 23.00 WIB. kamu bisa menghabiskan waktu untuk berbelanja dan mencicipi berbagai kuliner khas Solo dengan cita rasa yang sangat lezat.

  1. Taman Hutan Rakyat

Setidaknya, kamu butuh waktu 1,5 jam berkendara dari pusat Kota Solo menuju ke taman ini, tepatnya ke kawasan Tawangmangu. Taman Hutan Rakyat atau Tahura menawarkan wisata edukasi yang tepat untuk keluarga. Ada sekitar 34 satwa yang bisa kamu temukan di sini, juga lahan untuk berkemah lengkap dengan fasilitas toilet.

  1. Pkamuwa Water World Solo Baru

Menghabiskan akhir pekan dengan bermain air? Kenapa tidak. Ada wana wisata air dengan konsep pewayangan yang unik di Solo, namanya Pkamuwa Water World. Selain patung wayang dengan ukuran besar, destinasi wisata ini juga menawarkan bermacam wahana permainan air seru lainnya, seperti warm spa, slides, wave pool, slight tower, dan masih banyak lagi.

  1. Air Terjun Jumog

Selain Grojogan Sewu, Solo masih punya destinasi wisata air terjun lainnya, yaitu Air Terjun Jumog. Oleh pengunjung, destinasi wisata alam Solo ini dijuluki cuilan surga di kawasan Karanganyar. Tidak salah, karena memang tempat ini sangat indah, nuansa dan atmosfer alamnya yang begitu kental. Belum lagi dengan hawa pegunungan yang sangat sejuk membuat siapa saja enggan kembali pulang.

  1. Umbul Ponggok

Ingin mencoba sensasi serunya berfoto di bawah air? kamu harus coba berkunjung ke Umbul Ponggok. Wisata kolam renang dengan mata air alami pegunungan ini menawarkan banyak spot foto menarik di bawah air. Mulai dari televisi, ayunan, sepeda, bahkan hingga motor ada di dasar kolam umbul ini. Pastinya sangat seru, ya!

  1. Bumi Perkemahan Sekipan

Menyatu dengan alam menjadi salah satu aktivitas seru yang nggak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Solo. Bumi Perkemahan Sekipan jadi destinasi yang bisa dituju. Namun, jika kamu tak punya tenda dan perbekalan kemah lainnya, kamu tetap bisa menikmati alam di sini dengan menyewa villa yang tersedia. Jangan lupa, sempatkan berkunjung ke Rumah Papua dan Kampung Helloween, serta menikmati wahana wisata waterpark.

  1. The Heritage Palace

Sejak pertama kali dibuka secara resmi pada 2018 lalu, The Heritage Palace telah membuat jatuh hati siapa saja yang berkunjung. Bukan tanpa alasan, tempat ini menawarkan eksotisme yang berbalut nuansa sejarah yang kental. Sudah pasti, julukan wisata Instagramable pun didapatnya,

Tempat ini menyuguhkan banyak bangunan bersejarah, berderet mobil antik, Omah Walik, dan museum 3D. Sudah pasti, setiap wahana menawarkan pengalaman yang sangat seru dan tidak terlupakan. Baik sendiri maupun bersama keluarga, The Heritage Palace selalu jadi destinasi wisata unggulan di Solo.

Ternyata, banyak sekali, ya destinasi wisata seru yang wajib disambangi di Solo! Belum lagi dengan keanekaragaman kulinernya yang sangat otentik. Jangan sampai kamu ketinggalan mencobanya dan membuat liburan jadi kurang sempurna.

Masukkan semua dalam wishlist, ya. Siapkan waktu kemudian angkat kopermu untuk menjelajah Solo dan sekitarnya saat musim liburan tiba.

Selamat bersenang-senang 😎


29 comments:

  1. mari kita jalan-jalan ke solo

    ReplyDelete
  2. Ternyata di Solo banyak destinasi wisata yang kece ya. Aku taunya baru Grojogan Sewu, kak. Ini kayanya kudu masukin wishlist biar ngga lupa kalo pas mampir lewat Solo ke Ponorogo. Biar sekalian wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah betul, harus masuk wishlist sekalin dibikin itinerary nya juga kak. biar makin mantab dan tidak ada destinasi wisata Solo terdekat yang terlewat :)

      Delete
  3. Heritage palace dan umbul Ponggok blm oernah nih aku datangin. Ya ampuuuun sebagai istri yg suaminya org solo, jadi malu blm kesana 😄. Padahal kami sering bolak balik solo mba. Tapi tiap ke solo pasti kebanyakan wisata kuliner drpd wisata begini.

    Ini fix , ke solo lagi dan ajak anak2, aku bakal ajakin mereka ke umbul Ponggok. Pasti seneng mereka kalo main air gini. Apalagi aku liat bersih yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha.... makanan lebih penting ya kak. Karena sesuai isi iklan di televisi, "Lo resek kalo lagi laper." :)

      Delete
  4. banyak juga destinasi wisata di solo..
    padahal kampung ku di solo, tapi belum ada satupun yang aku kunjungi.. (cupunya aku.. :D)
    next ah, kalo mudik mau explor solo..

    ReplyDelete
  5. nah posting begini yang cocok sama blog saya, bisa buat referensi banget karena gak semua spot wisata muncul di google

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena yang ada di google, biasanya yang udah populer kak
      sedang yang masih "perawan" belum ada yang naikin ke media

      Delete
  6. Biasanya saya cuma numpang lewat di Solo kalo mo pulang kampung ke Wonogiri. Bisa lah coba mampir di destinasi wisata ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sok atuh dicoba biar perjalanannya makin menyenangkan

      Delete
  7. banyak banget ternyata objek wisata di solo yang bisa menjadi tujuan kita, mau ke mana juga ada ini

    ReplyDelete
  8. Wah bisa jadi rekomendasi nih tempat wisata di Solo. Keren dan bagus banget pasti tempatnya. Apalagi nuansa alami yang pastinya segar, jadi pingin cepat-cepat ke Solo.

    ReplyDelete
  9. boleh jadi rekomendasi pas ada kesempatan menyebrang ke pulau seberang nih. Saya cukup tertarik dan pengen banget bisa main ke pulau jawa dan menikmati destinasi wisata disana.

    ReplyDelete
  10. Saya pernah ke Solo cuma ke Kraton sm pasar Klewer wkwkwk.. Save ah tulisannya. Nnt klo ke sono lg wajib ke 9 destinasi itu.

    ReplyDelete
  11. Wah ini mah wajib di bookmark buat pulang kampung berikutnya :D Rumah eyangku di Karanganyar, jadi cukup familiar dengan kota Solo. Cobain ke Rumah Atsiri di Tawangmangu Mba :)

    ReplyDelete
  12. Belum pernah ke Solo di umur segini, tapi setelah membaca artikel ini jadi bertambah informasi dan wawasan mengenai Wisata yang ada di Solo.

    Mungkin jika suatu saat Allah berikan kesempatan, akan saya sambangi satu persatu tempat-tempat ini.

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  13. Udah pernah ke Grojokan Sewu, uenak dan asik pol baik pemandangan maupun suasananya. Yang masih penasaran dan belumm bisa dikunjungi itu Umbul Ponggok sama Lawu Park. Dan ternyata ada Air Terjun Jumog juga yang bikin penasaran dan pingin tahu langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaah, mas nya sudah pernah ke Grojokan Sewu ya
      asyik nih pasti
      ditunggu cerita lengkapnya di blog ya ^^

      Delete
  14. Banyak juga pilihan destinasi wisata di Solo ini. Bol3h deh kujadikan wishlist kalau ke Solo, makasih sharingnya Kak.

    ReplyDelete
  15. Sepertinya destinasi wisata ini kebanyakan disekitaran solo ya? Kalau di solo aku taunya cuma di Pandawa Water World dan Keraton Solo.. Pulangnya mampir makan di rumah makan bebek asli..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, ada rumah makan dengan menu bebek?
      duh ngiler jadinya mbak
      pengen makan bebek di solo juga

      Delete
  16. Penasaran sama yang terakhir. Semoga kalau ada waktu bisa mampir ke sana, dekat lah Jogja-Solo.

    ReplyDelete
  17. Keren-keren nih kayaknya, moga bisa berkunjung jg

    ReplyDelete
  18. Asyiikk nih, makasii kak listnya. Kmrn aku pas ke solo bingung mau kemaana wkkww. googling beberapa tempat kok ya sama aja pernah jumpa di sini juga. hihi

    ReplyDelete
  19. banyak ya, wisata di solo, kalau ada rezeki semoga bisa jalan-jalan ke sana hehe, Aamiin

    ReplyDelete
  20. Grojokan sewu. Selalu terngiang sejak masih kecil sampe sekarang belum kesampean.

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.