Menengok Indahnya 4 Wisata Alam Hits Wonosobo


Wisata Alam Hits Wonosobo


"You don't have to be rich to traavel well"

- Eugene Fodor -


Menengok Indahnya 4 Wisata Alam Hits Wonosobo - Selain Dieng, Wonosobo punya berbagai destinasi tamasya yang sungguh memesona. Terletak ditengah-tengah pulau Jawa dengan kelembapan udara 91% dan cuaca 20℃, Wonosobo kaya akan keindahan alamnya, seperti wisata air terjun, golden sunrise Sikunir, pantai, danau, telaga hingga trek pendakian gunung Sumbing maupun gunung Prau yang tak pernah sepi.

Tips supaya lebih mudah menemukan hotel terbaik di Jawa Tengah, jangan lupa cek peta wisata Wonosobo terlebih dahulu sebelum berkunjung ke daerah asal Letjend. S. Parman ini ya.

Dan sebagai rekomendasi, berikut wisata baru di Wonosobo yang harus masuk travel plans kamu. Here we go 👣

1|WISATA ALAM LOBANG SEWU


Jika Semarang punya Lawang Sewu, maka Wonosobo punya Lobang Sewu.

Dalam bahasa Jawa, lobang berarti lubang, dan sewu berarti seribu. Jadi, Lobang Sewu memiliki arti seribu lubang.

Sama halnya dengan Gunung Bromo yang terbagi dalam empat wilayah, yaitu Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang. Desa Wisata Erorejo Lobang Sewu juga berada diantara Wonosobo dan Kebumen loh.

Walau baru diresmikan pada tahun 2015 lalu, objek wisata alam berupa bebatuan cadas yang sebenarnya hanyalah tempat memancing warga sekitar ini pun selalu jadi primadona nya para sunset hunter maupun pasangan yang hendak foto prewedding. Maklum saja, background bebatuan bak Green Canyon di Amerika Serikat sungguh elok untuk dijadikan sasaran bidik lensa.

Menurut para traveller yang pernah explore Lobang Sewu Wonosobo, waktu terbaik berkunjung adalah pada musim kemarau. Sebab air waduk akan surut. Sedang saat musim hujan, tempat wisata Wonosobo murah ini akan tergenang air.

Detail info wisata :

Alamat: Jurutengah, Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo
Operasional: 24 Jam
Tiket: Rp. 2000,-
Parkir: Rp2000,- (Motor)

Wisata Alam Hits Lubang Sewu WonosoboWisata Alam Hits Lubang Sewu Wonosobo
Wisata Alam Hits Lubang Sewu WonosoboWisata Alam Hits Lubang Sewu Wonosobo

2| WISATA ALAM TELAGA MENJER


Menuju Dieng, terdapat surga tersembunyi dengan view ciamik gunung Sindoro. Namanya, Telaga Menjer Wonosobo.

Walau awalnya telaga ini hanyalah sebuah mata air kecil yang kemudian digunakan sebagai Pembangkit Tenaga Air (PLTA) untuk daerah Garung, namun sarana dan prasarana di tempat wisata ini sudah terbilang lengkap. Ada mushola, warung kopi, rumah makan juga perahu untuk berkeliling tenaga.

Nah, kalau kamu tertarik menikmati cuaca pegunungan di ketinggian 1300 mdpl dengan suhu 22-27℃, wisata Wonosobo ini cocok jadi pilihan.

Detail info wisata :

Alamat: Jl. Dieng kilomerter 8, desa Maron, kecamatan Garung, kabupaten Wonosobo
Operasional: 24 Jam
Tiket: Rp3000,- (per orang), Rp15.000,- (naik perahu), Rp5000,- (masuk area selfie)
Parkir: Rp2000,- (parkir motor), Rp5000 (parkir mobil)
Fasilitas: Mushola, warung kopi, rumah makan (namun jalan menuju lokasi masih bebatuan)

Telaga Menjer Dieng Wonosobo
Image by WisataDieng.ney

3| WADUK WADASLINTANG


Sebenarnya, Waduk Wadaslintang adalah tempat wisata sepaket dengan Lobang Sewu.

Waduk Wadaslintang sendiri merupakan waduk terbesar di Provinsi Jawa Tengah sebagai penopang perekonomian dan perairan wilayah di sekitarnya.

Sedang Lobang Sewu merupakan bukit bebatuan yang mengelilingi waduk Wadaslintang itu sendiri.

Berkat panoramanya yang indah, wisata alam Waduk Wadaslintang Wonosobo dianggap 'Danau Toba' nya Jawa Tengah.

Detail info Wisata :

Alamat: Sumberejo, Wadaslintang, Wonosobo
Tipe bendungan: Rockfill
Tinggi: 123 m
Panjang: 650 m
Operasional: 24 Jam
Tiket: Rp4000,- (dewasa), Rp3000,- (anak-anak)

Waduk Wadaslintang Wonosobo
Image by JatengLive.com

4| BUKIT SEROJA


Berkunjung ke tempat baru memang selalu memberi kesan dan pengalaman seru. Apalagi, tren media sosial semakin mempermudah segalanya.

Yang terbaru, ada Bukit Seroja Wonosobo dengan gardu pandang beraneka ketinggian. Wisata Wonosobo ini merupakan spot populer nya para sunset dan sunrise hunter. Keindahan alam yang ditawarkan ketika matahari terbit dan cantiknya langit sore saat senja, benar-benar memanjakan mata. Sungguh pesona alam tiada duanya.

Untuk kamu yang tertarik menikmati golden sunrise dari ketinggian maupun sunset saat senja dari lereng bukit, jangan lupa membawa baju tebal atau jaket ya, sebab suhu cuaca wisata alam Seroja sangat dingin, mengingat Kabupaten Wonosobo adalah kawasan dataran tinggi.

Detail info wisata :
Alamat: Desa Tlogo, Garung, Kabupaten Wonosobo
Operasional: 24 Jam
Tiket : Rp10.000,- (per orang)
Parkir: Rp2.000,- (parkir motor), Rp5000,- (parkir mobil)

Wisata Alam Hits Wonosobo
Image by Ngetripyuk.id
Wisata Alam Hits Wonosobo
Image by Pegipegi.com
Wisata Alam Hits Wonosobo
Image by Indonesia-tourism.com

***


Dari empat wisata diatas, aku sangat tertarik berkunjung ke Lobang Sewu Wonosobo. Sususan bebatuan yang unik dan pemandangan yang pasti keren banget saat senja, bikin aku tergugah untuk segera menunaikan bucket list ini.

Kebetulan, sekitar bulan Desember nanti, akan ada acara keluarga di Wonosobo. Bisa saja 'kan aku menyelinap sehari saja untuk bermain-main. Atau kalau ingin lebih puas, ya pulang sendiri saja, misah dari rombongan dengan tinggal lebih lama 😆


Supaya road trip kali ini nggak cuma sekadar wacana, aku mulai mencicil info seputar penginapan dekat tempat wisata dengan memanfaatkan fitur hotel near me dari Traveloka, sehingga didapat beberapa hotel terbaik di Jawa Tengah sebagai rekomendasi tempat menginap yang nyaman serta sesuai anggaran.

Kenapa pesan hotel di Traveloka?

Kesadaran para traveler akan kemudahan dan keuntungan pesan hotel online meningkat sekitar 10% sepanjang tahun 2014-2015.

Selain fleksibel dan cepat, memesan hotel via aplikasi Traveloka memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut:

  1. Harga Jujur tanpa biaya transaksi juga tidak ada biaya tersembunyi
  2. Banyak promo
  3. Review asli para tamu
  4. Harga kompetitif
  5. Cashless 
  6. Paperless
  7. Banyak pilihan pembayaran
  8. Stay guarantee
  9. Bisa reschedule
  10. Bayar di tempat, pay at hotel
  11. Pembayaran bisa dicicil (PayLater)

FYI, guys. Fitur PayLater dan pay@hotel dari Traveloka merupakan bagian dari layanan last minute hotel bagi kamu yang sukanya liburan mendadak atau sering mendapat kendala seperti cuaca buruk saat dinas luar kota maupun luar negeri.

Jadi, fitur pay at hotel itu adalah jenis pembayaran semacam COD (Cash on Delivery). Pesan tiket dulu, bayar nya nanti setelah tiba di hotel.

Sedang PayLater adalah fitur terbaru berbasis pinjaman online dari Traveloka yang menawarkan berbagai macam produk liburan seperti transportasi, akomodasi maupun aktivitas dan rekreasi.

PayLater tidak membatasi usia maksimal calon konsumennya. Asal memiliki KTP Indonesia, siapapun bisa mendaftar, gratis, praktis, tanpa kartu kredit dan tanpa biaya tersembunyi.

Meski tidak memiliki slip gaji, seorang wirausaha pun bisa mendaftar PayLater dan mewujudkan liburan impiannya. Cukup dengan mengunggah rekening koran selama 3 bulan terakhir, kamu bisa menikmati fasilitas cicilan online dari Traveloka dengan mudah.

Jangan khawatir dengan data pribadi saat daftar PayLater Traveloka, sebab fitur kredit ini didukung oleh Danamas sebagai mitra resmi yang terdaftar dan pertama kali memiliki izin beroperasi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).


Sekarang, udah pada tahu 'kan? selain Dataran Tinggi Dieng, ada banyak sekali wisata alam hits di Wonosobo yang bisa dijadikan destinasi liburan seru bareng keluarga maupun solo traveling. Akomodasi maupun transportasi di daerah ini pun mudah dan terjangkau.

So, kalau kamu pergi ke Jawa Tengah, jangan lupa mampir Wonosobo, ya. Aku mau nitip Carica soalnya 😎

Sampai jumpa...

Menengok Indahnya 4 Wisata Alam Hits Wonosobo Menengok Indahnya 4 Wisata Alam Hits Wonosobo Reviewed by Heizyi on July 08, 2019 Rating: 5

3 comments:

  1. Surga wonosobo yang jarang orang-orang ketahui. Jadi pingin main-main kesana lagi, thank you for sharing! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ternyata masing-masing daerah di Indonesia itu punya surga-surga tersembunyi yang keren abis :)

      Delete
  2. wah ernah ek wonosobo tp ke sini belum pernah

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.