10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Gambir Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan


Tempat Wisata Dekat Stasiun Gambir

"If you think adventure is dangerous, try routine. It's lethal"

- Paul Coelho -


10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Gambir Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan - Ke Jakarta, belum lengkap rasanya kalau tidak sekalian tamasya. Nggak perlu jauh-jauh, buat kamu yang naik kereta, ada banyak destinasi wisata di sekitar railway station. Seperti tempat ibadah, shopping center, museum bahkan tempat spa.

Cukup jalan kaki, sendiri maupun rame-rame, waktu liburanmu dijamin seru dan menyenangkan. Apalagi jika keretamu berhenti di Stasiun Splein (nama lama Stasiun Gambir), ke arah Timur, ada Monumen Nasional selaku ikon kota Jakarta sebagai tujuan rekreasi.

For your information, guys. Walau Stasiun Gambir melayani berbagai rute perjalanan dari dan menuju kota-kota penting di Pulau Jawa seperti rute Stasiun Gambir ke Stasiun Solo. Tapi tidak semua Commuter Line berhenti di stasiun ini. Beberapa sudah di alihkan ke Stasiun Pasar Senen sejak pertengahan tahun 2012 lalu.

Ada pula hal unik yang menjadi ciri khas Stasiun Gambir. Yaitu, setiap kali ada kereta datang, akan terdengar bunyi bel suara ber-instrumental Kicir-kicir loh. Istimewa 'kan?

1| SPA RELAX LIVING


Tidak ada perjalanan yang melelahkan dan membosankan meskipun menggunakan kelas tebaik sebuah moda transportasi. Namun, waktu berjam-jam lamanya akan terasa sirna setelah tubuh dimanjakan dengan berbagai treatment yang menyenangkan.

Terlatak di Jl. KH. Wahid Hasyim No.59, Menteng. Tepatnya 1,2 km dari stasiun Gambir. Spa Relax Living merupakan solusi mengatasi capek dan tubuh pegal-pegal. Selain melayani pijat dan day spa, kamu juga bisa creambath, hair spa, manicure juga tak ketinggalan berendam di jacuzzi ditemani secangkir teh jahe hangat. So relax lah pokoknya 😎

Tempat Wisata Dekat Stasiun Gambir
Image by JakartaSpaGuide.com

2| PASAR BARU JAKARTA


Dikenal juga dengan nama Passer Baroe, kawasan ini merupakan pusat perdagangan tertua di Jakarta yang dibangun pada masa VOC.

Nggak cuma bangunan nya yang megah dan keren. Harga yang ditawarkan pun lumayan murah ketimbang mall.

Ada banyak toko berjejer rapi. Barang yang dijual juga beraneka ragam, mulai dari aksesoris, baju, sepatu hingga perlengkapan tekstil.

Oh iya, lokasi grosir Pasar Baru Jakarta ada di Jl. Pasar Baru Sawah Besar. Sekitar 1,5 km dari stasiun Gambir.


Tempat Wisata Dekat Stasiun Gambir
Image by Kumparan.com
Tempat Wisata Dekat Stasiun Gambir
Image by Ihategreenjello.com

3| MUSEUM TAMAN PRASASTI


Tempat wisata dekat stasiun Jabodetabek berikutnya adalah Museum Taman Prasasti Jakarta.

Berawal dari kuburan, museum yang dulunya bekas makam Jahe Kober kini menjadi destinasi wisata edukasi sekaligus uji nyali bagi pelancong. Selain memiliki seribu lebih koleksi prasasti, nisan, makam yang terbuat dari perunggu, batu alam dan marmer. Museum Taman Prasasti juga merupakan tempat makam beberapa orang terkenal seperti A.J.W Van Delden (Ketua perdagangan VOC), Olivia Mariamne Raffles (Isteri Thomas Stamford Raffles -penemu Bunga Raflesia), Dr. H. F. Roll (Kepala Sekolah Dokter Jawa -dulu bernama STOVIA, kini bernama Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia), Miss Riboet (Artis opera tahun 1930-an), Soe Hok Gie (tokoh pemuda Indonesia) dan masih banyak lagi.

Walau terkesan seram dan angker, namun Museum Taman Prasasti Jakarta selalu ramai pengunjung. Bahkan tak jarang, beberapa yang datang menjadikan nisan maupun patung sebagai tempat berfoto 📷

Maklum, beberapa koleksi prasasti ataupun nisan yang terdapat disini di desain khas Eropa. Konsep penataan ruangnya pun ditata terbuka. Sehingga mengundang banyak orang untuk berkunjung sebab penasaran.

Kalau kamu ingin jalan-jalan sekaligus belajar sejarah, jangan ragu untuk datang kesini. Jangan takut tersesat disalah satu makam. Sebab di sekitar museum ada banyak jasa guide yang ramah dan pasti bisa memandu kamu untuk berkeliling tempat wisata di pusat kota Jakarta ini.

Tempat Wisata Dekat Stasiun Gambir
Patung Orang Menangis di Museum Taman Prasasti oleh Aroengbinang

4| MONUMEN NASIONAL


Mulai dibangun pada 17 Agustus 1961 oleh arsitek Frederich Silaban dan R.M Soedarsono, Monas merupakan tugu peringatan untuk mengenang perjuangan dan perlawanan rakyak Indonesia saat merebut kemerdekaan dari pemerintahan Hindia Belanda.

Ruang lingkup wisata di area Monas juga beraneka ragam. Di bagian dasar monumen, tepatnya pada kedalaman 3 meter dibawah permukaan tanah, terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Di dalamnya ada 51 diorama yang menampilkan sejarah Indonesia mulai dari jaman pra sejarah sampai masa orde baru.

Bergerak ke bagian cawan, terdapat Ruang Kemerdekaan yang menyimpan berbagai simbol kemerdekaan dan kenegaraan Republik Indonesia, seperti naskah asli proklamasi, peta kepulauan NKRI, bendera asli merah putih serta dinding yang terukir dengan naskah proklamasi.

Kemudian di Puncak Monumen, terdapat sebuah area seperti pelataran dengan beberapa teropong yang bisa digunakan untuk menikmati indahnya kota Jakarta dari ketinggian 115 meter 😍

Pada bagian paling atas monumen (puncak tugu), terdapat sebuah obor atau yang lebih dikenal dengan sebutan 'Lidah Api,' memiliki berat 14,5 ton dilapisi emas seberat 35 kg. Obor 'Api Nan Tak Kunjung Padam' sendiri memiliki filosofi agar semangat juang Bangsa Indonesia tak pernah padam sepanjang masa.

Oh iya, objek wisata Monumen Nasional adalah yang paling dekat dengan Stasiun Gambir loh. Jaraknya hanya 0,3 km saja. Dibuka setiap hari dan tutup pukul 22.00 WIB. Pada bagian halaman nya pun ditemukan relief timbul Gajah Mada dan Majapahit. Jadi, Monas merupakan destinasi wisata edukasi paling direkomendasikan jika kamu berkunjung ke Ibu Kota.


Tempat Wisata Dekat Stasiun Gambir
Diorama Sejarah Kemerdekaan di Museum Nasional MONAS by Wikipedia
Tempat Wisata Dekat Stasiun Gambir
Relief Timbul Gajah Mada dan Majapahit di Halaman MONAS by Wikipedia
Tempat Wisata Dekat Stasiun Gambir
Simbol Negara 'Garuda' Asli di Ruang Kemerdekaan MONAS by Wikipedia

5| GEDUNG KESENIAN JAKARTA


Satu lagi tempat kumpulnya para pecinta seni Ibu Kota, Gedung Kesenian Jakarta. Walau tergolong bangunan tua peninggalan Belanda, namun gedung bergaya neo-renaisance ini kerap kali digunakan untuk pertunjukan teater, film, drama maupun pentas kesenian lainnya.

Gedung Kesenian Jakarta dulunya disebut juga Gedung Komedi. Walau sudah ada sejak tahun 1821 (selesai dalam satu tahun pembangunan -1820), namun gedung ini masih tampak bersih, terawat dan nyaman. Fasilitas nya pun terbilang sangat memadai. Ada kamera (CCTV) disetiap ruangan, TV monitor, ruang foyer (5,8 m x 24 m), peralatan tata cahaya, billboard untuk publikasi dan panggung pertunjukan (10,75 x 14 x 17 meter)

Tempat Wisata Dekat Stasiun Gambir
Image by Trapedia.com

6| MONUMEN PEMBEBASAN IRIAN BARAT


Dulunya, tugu pembebasan Irian Barat ini bernama Lapangan Banteng Jakarta. Namun setelah mengalami revitalisasi, namanya berganti menjadi Monumen Pembebasan Irian Barat.

Tugu setinggi 66 meter ini dibangun untuk mengenang jasa pejuang Trikora dan masyarakat Irian Barat dari penjajahan Belanda. Nama IRIAN sendiri berasal dari singkatan Ikut Republik Indonesia Anti Nederland.

Menurut para traveler yang pernah explore, waktu terbaik untuk berkunjung adalah pukul 5 sore sampai 8 malam. Sebab akan ada pertunjukan air mancur laser setiap pukul 18.30 dan 19.30 pada hari Sabtu dan Minggu.

Tempat Wisata Dekat Stasiun Gambir
Image by Koran-Jakarta.com

7| PERPUSTAKAAN NEGARA INDONESIA


Merupakan perpustakaan tertinggi di dunia -Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas- dengan tinggi 126,3 meter dan terdiri dari 27 lantai termasuk 3 lantai parkir bawah tanah (basement).

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia berfungsi sebagai perpustakaan pembina, rujukan, penelitian, deposit, pelestarian dan pusat jejaring perpustakaan di Indonesia.

Terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan No.11 Jakarta, perpustakaan yang buka pukul 09.00 - 16.00 WIB ini cocok sekali masuk bucket list kamu sebagai pecinta literasi. Selain bangunan nya modern, gedung ini juga memeiliki fasilitas baca untuk disabilitas, lansia maupun layanan audiovisual.

Tempat Wisata Dekat Stasiun Gambir
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia by Suara.com

8| BALAI KOTA DKI JAKARTA


Sebenarnya, wilayah ini hanya terbuka untuk umum saat musim liburan saja. Sebab gedung kuno khas Netherland ini merupakan kawasan pemerintahan yang digunakan sebagai kantor Gubernur DKI Jakarta.

Bangunan nya megah namun terkesan sederhana. Letaknya pun bersebrangan dengan Monas. Tempatnya asri dan rapi.

Setiap akhir pekan, pengunjung bisa bersantai dengan menonton film yang diputar di Gedung Balai Agung. Pengunjung juga bisa menikmati beragam kuliner bercita rasa khas Jakarta.


Tempat Wisata Dekat Stasiun Gambir
Balai Kota DKI Jakarta by CNN Indonesia

9| KATEDRAL JAKARTA


Gereja Katedral adalah destinasi wisata religi favorit ketika berkunjung ke Jakarta. Selain merupakan salah satu gereja paling tua di Jakarta, tempat ibadah ini juga dijadikan gereja singgah bagi para wisatawan.

Arsitekturnya yang kuno namun megah dengan patung Bunda Maria berkebaya, menjadikan Rumah Tuhan ini begitu iconic.

Posisi nya yang berdampingan dengan Masjid Istiqlal pun menjadi bukti toleransi umat beragama di Indonesia.

Tempat Wisata Dekat Stasiun Gambir
Image by Merahputih.com
Tempat Wisata Dekat Stasiun Gambir
Image by Dolandolen.com

10| GALERI NASIONAL INDONESIA


Alternatif tempat wisata gratis di Jakarta lainnya adalah Galeri Nasional Indonesia. Selain tidak dipungut biaya alias free, museum yang sering dijadikan tempat pameran dan pagelaran seni rupa ini buka setiap hari dan sangat cocok bagi kamu yang punya jiwa seni.

Letaknya juga cukup dekat dari Stasiun Splein, yaitu di Jalan Merdeka Timur No.14 Gambir, Jakarta Pusat. Atau sekitar 0,3 km dari Stasiun Kereta Api Gambir.

Sebagai lembaga budaya negara, museum kontemporer nan modern ini menyimpan berbagai macam benda koleksi seni karya maestro Indonesia seperti Affandi, Basoeki Abdullah, Hanafi dan Goenawan Mohamad.

Fasilitas yang tersedia didalam gedung pun sudah mumpuni. Ada toilet, mushola, kafe free wifi, ruangan untuk seminar maupun diskusi.

Tempat Wisata Dekat Stasiun Gambir
Image by Wartawisata.id
Bagaimana, tertarik main ke Jakarta?

Kalau begitu, tempat wisata dekat Stasiun Gambir mana yang sangat ingin kamu kunjungi?

Oh iya, jika kamu kesulitan menemukan tempat oleh-oleh atau mencari hotel dekat Stasiun Gambir, coba cek peta wisata Jakarta. Barangkali kamu menemukan nya disana!

Oke.. See u at Ibu Kota, darl 🚉

10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Gambir Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan 10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Gambir Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan Reviewed by Heizyi on July 15, 2019 Rating: 5

8 comments:

  1. Wah, udah lengkap banget nih. Apalagi lokasinya deket-deket gitu ya. Jadi pengen kesana. Huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener. Wisata yang jaraknya nggak nyampek 1km, bisa dicapai dengan jalan kaki aja loh :)

      Delete
  2. Biar lengkap,keliling Jakarta naik MRT

    Oiq, Enjoy Jakarta

    ReplyDelete
  3. Paser Baroe tempat belanja favorit bagi wisatawan asing maupun lokal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, udah gitu gerbang nya bikin penasaran :) haha

      Delete
  4. Mending ke pasar baru deh.. belanja kain disana unik2 dan murah

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.