Bagaimana Cara Merawat Kebersihan Diri Saat Menstruasi?


perawatan miss v setelah haid

"Mungkin cara terbaik menghadapi wanita yang marah marah karena menstruasi adalah dengan membuatnya tidak bisa menstruasi, setidaknya selama sembilan bulan 10 hari."

- Chandra Agusta -

Bagaimana Cara Merawat Kebersihan Diri Saat Menstruasi? - MKM atau Manajemen Kebersihan Menstruasi adalah pengelolaan kebersihan pada wanita ketika sedang datang bulan. Konsep ini mengacu pada pentingnya kebersihan dan kesehatan area kewanitaan selama periode menstruasi serta penggunaan bahan baik dalam pembuatan pembalut.

Dikutip dari situs resmi nya, yang dimaksud manajemen kebersihan menstruasi UNICEF ternyata juga  meliputi kenyamanan sanitasi dalam mengakses toilet, sabun, dan air untuk membersihkan diri dengan privasi yang terjaga, lho.

Kebetulan, webinar yang aku hadiri pada 27 Mei 2021 lalu juga membahas mengenai MKM pada perempuan dewasa dan gadis remaja.

Dalam webinar bertajuk "SEHAT DAN BERSIH SAAT MENSTRUASI" dalam Rangka Hari Kebersihan Menstruasi 28 Mei tersebut, dijelaskan mengenai larangan saat haid, cara membersihkan alat reproduksi saat menstruasi, tips saat haid dan berbagai mitos yang menyertai selama periode bulanan tiba.

Dipandu oleh Novita Angie sebagai host, acara yang tayang pada dua channel sekaligus, yaitu live zoom dan youtube Betadine Indonesia menghadirkan beberapa narasumber, seperti:

  1. Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH (Aggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi (POGI)
  2. Anna Surti ariani, S.psi., M.Si. (Ketua Ikatan Psikolog Klinis IPK) Indonesia Wilayah Jakarta)
  3. Mada Shinta Dewi (Country Manager Mundipharma Indonesia)
Acara ini juga didukung oleh Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), Mom Blogger Community dan Mundipharma.

Baca Juga: 4 Tanda Haid Normal yang Harus Kamu Tahu!

Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

♀ SIKLUS MENSTRUASI

Menstruasi merupakan proses luruhnya dinding rahim untuk persiapan kehamilan apabila terjadi pembuahan. Atau dengan kata lain, seorang mengalami mentruasi karena tidak terjadi pembuahan pada sel telur oleh sel sperma sehingga terjadilah pendarahan pada uterus yang kemudian mengalir dari rahim lalu keluar melalui vagina.

Proses mentruasi umumnya terjadi ketika perempuan memasuki masa pubertas, yaitu sekitar usia 10-15 tahun. Dan mentruasi hanya terjadi sekaligus dialami oleh kaum perempuan. Hal ini karena fungsi tubuh laki-laki dan perempuan berbeda. Itu berarti hanya manusia berjenis kelamin perempuan lah yang bisa hamil. Sedang laki-laki tidak!

Nah, siklus normalnya, bervariasi. Rata-rata siklus normal menstruasi adalah 28 hari. Akan tetapi, ada juga yang 21 hingga 35 hari di setiap periode nya. Tergantung kondisi tubuh masing-masing.

tips saat haid

♀ TIPS MENJAGA KEBERSIHAN DAN KESEHATAN SELAMA MENSTRUASI

Karena selama datang bulan, risiko infeksi di area kewanitaan meningkat, maka dr. Dwiana menyarankan untuk selalu menerapkan Manajemen Kebersihan Menstruasi guna menjaga tingkat keasaman disekitar area kewanitaan agar jumlah bakteri buruk tidak bertambah.

dr. Dwiana juga menjelaskan pentingnya perawatan miss v setelah haid supaya terhindar dari masalah seperti keputihan, gatal, bau tak sedap, peradangan atau kanker serviks.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan saat menstruasi adalah sebagaimana yang telah aku rangkum berdasarkan pada materi webinar tersebut:

  • Menggunakan underwear yang dapat meneyrap keringat
  • Membersihkan area kewanitaan secara benar, teliti dan berkala menggunakan air bersih mengalir dengan cairan pembersih antiseptik seperti BETADINE Feminine Care
  • Gunakan pembalut berdaya serap baik
  • Minimal mengganti pembalut setiap 4 jam sekali
  • Konsumsi makanan sehat

cara membersihkan alat reproduksi saat menstruasi

♀ MITOS SEPUTAR MENSTRUASI

Lebih lanjut dr. Dwiana menerangkan bahwasannya berbagai informasi yang terlanjur dipercaya dalam tradisi masyarakat Indonesia lebih banyak merugikan kaum wanita.

Mitos seputar larangan saat haid ternyata hanyalah sebuah mitos yang setelah dikaji tidak terbukti kebenarannya.

Ketua Ikatan Psikologi Klinis Wilayah Jakarta, Anna Surti juga memaparkan, lebih baik banyak bertanya daripada mendengarkan tips saat haid yang nyatanya malah merugikan.

Misalnya, tidak boleh keramas, tidak boleh minum air dingin, tidak boleh berenang, tidak boleh berolahraga maupun minum soda.

Padahal Menurut dr. Dwiana, larangan-larangan tersebut justru bagus untuk kondisi tubuh wanita yang sedang datang bulan. Berolahraga seperti berenang, dapat membuat tubuh lebih rileks dan bugar. Begitupun dengan keramas, malah baik untuk kebersihan tubuh.

larangan saat haid

♀ SEKILAS TENTANG BETADINE

Maka dari itu, sebagai wujud pedulu terhadap kesehatan dan kebersihan selama menstruasi, Mada Shinta Dewi selaku Country Manager Mundipharma Indonesia memperkenalkan rangkain produk BETADINE Feminine Care sebagai produk lengkap menstruasi dan infeksi area kewanitaan, BETADINE Feminine Wash dengan Prebiotik untuk perlindungan alami sehari-hari dan BETADINE Feminine Hygiene dengan Povidon-Iodine untuk mengatasi keputihan berlebih, gatal, bau tak sedap serta iritasi ringan yang sering terjadi selama periode menstruasi.

Omong-omong, sudah tidak asing lagi, kan dengan istilah BETADINE?

Yups, produk pencegah dan mengobati infeksi yang telah dipercaya lebih dari 50 tahun di seluruh dunia ini merupakan merk untuk mengobati luka kecil dan luka gores, sakit tenggorokan serta infeksi kewanitaan.

Semua produknya sudah tersedia di toko obat terdekat, swalayan, supermarket maupun e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia, ya. Jadi, kamu tidak perlu merasa bingung lagi sebab rangkaian produk dari BETADINE adalah solusinya.

Dengan rangkaian produk tersebut, diharapkan para perempuan di Indonesia selalu menerapkan MKM selama siklus datang bulan supaya tetap sehat dan bersih saat menstruasi.

Well, semoga edukasi yang aku dapat dari webinar pada hari itu tersampaikan dengan baik dan jelas melalui tulisan ini. Dan juga bermanfaat bagi pembaca setia Heizyi.com, ya 😊

Sampai jumpa, Juni!

Baca Juga: 7 Tanda Kesuburan Pada Wanita

Sumber referensi:

  • https://betadine.co.id/product/daily-use-feminine-wash-products
  • https://www.unicef.org/indonesia/sites/unicef.org.indonesia/files/2019-05/MHM%20Guidance%20for%20Teacher%20and%20Parents-PMRC-Recommendation.pdf


Bagaimana Cara Merawat Kebersihan Diri Saat Menstruasi? Bagaimana Cara Merawat Kebersihan Diri Saat Menstruasi? Reviewed by Heizyi on June 02, 2021 Rating: 5

62 comments:

  1. Aku pakai obat kumur dan daily wash BETADINE loh, penasaran mau coba pakai yang khusus menstruasinya deh 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, kak
      karena sekarang BETADINE juga punya rangkaian perawatan untuk menstruasi :)

      Delete
    2. Samma, di lemari obat memang tersedia Betadine kumur. Dah pakai juga sih yg vaginal douche, kadang-kadang. Mo coba ah yg Feminine Wash. Banyak produknya yah...

      Delete
  2. Nah mitos mitos itu jangan sampai dilakukan anak kita lalu anak kita dibully lagi sama mereka yg udah tahu kalau itu mitos. Menginformasikan sejak dini bisa jadi persiapan kita untuk mencegah hal tidak diinginkan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, teh
      karena selain belum tentu kebenarannya, malah bakal merugikan kaum perempuan ya

      Delete
  3. BETADINE Feminine Care terdepan dalam kebersihan Miss V ya?

    saya dulu diberi resep BETADINE Feminine Care dari dokter obgyn

    sangat efektif, nggak usah menggunakan berbagai macam obat

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, kak
      memang ditujukan untuk manajemen kebersihan saat menstruasi

      Delete
  4. Ternyata ada ya mitos-mitos dan pantangan selama perempuan mentruasi. Larangan keramas dll itu menurut saya gak ilmiah.

    Btw, setelah baca ulasan kak heizyi jadi semakin paham proses menstruasi seperti peluruhan sel telur akibat gak dibuahi. Juga tipsnya keren lho...makasih.

    ReplyDelete
  5. Beda beda usia setiap anak saat mengalami pertama haid, ada yang usaoa 10 ada juga di usia 13 thn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kata kak ria
      seperti zaman sata ini misalnya, mungkin pola pikir juga ikut memengaruhi usia anak saat haid pertama

      Delete
  6. Tema zoominar ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’. ini penting banget sebagai bahan edukasi utk kita semua.
    Semoga makin banyak yg tercerahkan ya.
    karena masih banyak lho, yg nggak paham cara membersihkan Miss V dan hal2 terkait menstruasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan narasumber yang ahli pada bidangnya, sekaligus pemaparan materi yang nyaman, bikin kita gak ngantuk ya mbak pas ikutan webinarnya, sekalipun sampai sore :)

      Delete
  7. Ada ada aja ya yang bikin mitos kalo lagi mens ga boleh minum air dingin. Entah apa korelasinya.

    ReplyDelete
  8. Banyak mitos menstruasi juga di sini mbak. Harus bener-bener ada edukasi yang tepat nih tentang menstruasi

    ReplyDelete
  9. Bagus sekali ada edukasi seputar menstruasi seperti ini dan semoga membantu para perempuan di Indonesia selalu menerapkan MKM selama siklus datang bulan supaya tetap sehat dan bersih saat menstruasi.Apalagi dibantu produk yang tepat seperti Betadine ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong, kak
      karena selain untuk menunjang kenyamanan, manajemen kesehatan dan kebersihan selama menstruasi juga untuk kesehatan jangka panjang loh

      Ini semacam merawat are kewanitaan supaya tidak terjangkit penyakit berbahaya di kemudian hari

      Delete
  10. untung saja adanya BETADINE Feminine Wash karena mengurangi bau dan gatal saat menstruasi, keren banget ini produknaya

    ReplyDelete
  11. Seminar yang mengedukasi ibu, calon ibu agar memberikan informasi yg benar pada anak perempuan yg akan mengalami haid pertama kali.
    Produk untuk menjaga kebersihan selama menstruasi juga sudah ada, seperti yg dikeluarkan Betadine. Haid bersih dan tetap aktif ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuuuuuu
      walaupun PMS atau nyeri badan saat haid itu nggak enak, tapi kebersihan harus yang utama ya kak, supaya aktifitas lancar dan nyaman :)

      Delete
  12. Benar mba, kadang mitos yang nggak jelas itu malah menakut-nakuti kita, apalagi saat dulu pertama kali menstruasi. Banyak banget deh mitosnya yang keliru dan membuat kita gagal paham. Untung banget sekarang ada diskusi seperti ini, jadi pengetahuan tentang menstruasi bisa lebih luas dan bisa disampaikan juga kepada adik, teman, atau anak perempuan kita nanti. Bermanfaat banget deh webinar seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, itu
      udah gak dapat edukasi, mitos bertebaran
      udah, jadi rugi deh

      karena bisa jadi, hal penting ditinggalkan, malah yang buruk dilakukan
      ya karena siapa, kalau bukan karena percaya mitos -_-

      Delete
  13. Kalau lagi haid gitu bagusan pakai pembalut sekali pakai atau yang sering dicuci? Karena kalau ganti 4 jam, yg sering dicuci kan harus rajin nyuci ya

    ReplyDelete
  14. Rasanya ga asing memang, begitu banyak mitos seputar menstruasi ini
    Yang kadang korelasi nya ga sejalan dgn bukti ilmiah
    Tema webinar yang cukup menarik dan mengedukasi

    ReplyDelete
  15. Webinar yang bermanfaat banget ya. Baik untuk disosialisasikan kepada masyarakat luas. Terutama pada para remaja SMP dan SMA yang melewati proses awal menstruasi

    ReplyDelete
  16. mitos itulah yang harus kita patahkan
    jangan sampai anak-anak kita tahu soal mitos lebih dulu daripada fakta dan pentingnya MKM

    ReplyDelete
  17. Allhamdulillah banyak banget aku dapat ilmu dari zoominar ini mba, jadi tambah melek tentang kebersihan diri sendiri. Makasih ulasannya mba.

    ReplyDelete
  18. Menjaga kebersihan menstruasi ini memang penting ya apalagi memberikan edukasi kepada anak perempuan

    ReplyDelete
  19. Bermanfaat banget Kak tulisannya, jadi paham bagaimana mengenalkan menstruasi pada anak-anak agar bisa menghargai teman-teman mereka saat mendapat haid. Dari webinar ini juga paham betapa masih ada mitos yg meliputi orang haid seperti larangan keramas. Semoga adanya Betadine Feminine Hygiene bisa membantu merawat kesehatan organ kewanitaan agar sehat lewat manajemen kebersihan menstruasi yang benar.

    ReplyDelete
  20. SAya biasanya membersihkan miss V saat menst cuma dengan air mengalir doang. Belum pernah coba produk apa pun. Kayaknya mau pakai betadine aja deh. Lagipula produk ini sudah terkenal sekali kan, baik obat untuk luka mau pun produk lainnya.

    ReplyDelete
  21. sayangnya ga ikutan pas webinarnya kak, dulu waktu remaja jarang sekali mendapat penyuluhan terkait menstruasi, webinar ini pastinya sangat bermanfaat kak

    ReplyDelete
  22. Informasi seputar menstruasi penting banget kita sampaikan ke yang lain, terutama para remaja. Agar ketika saat pertama kali mengalami menstruasi gak panikan tapi justru tau hal apa yang mesti dilakukan.

    ReplyDelete
  23. Kalau mitos hari pertama jangan keramas dan minum es masih kerap daku dengar. Semoga edukasi ini terus berkesinambungan ya

    ReplyDelete
  24. Pas ikutan webinar kemarin saya jadi pengen banget ke rumah sakit dan minta divaksin HPV huhu. Saking dokternya ngejelasinn detail bangett ya mba. Happy deh kemarin ikutan webinar ini

    ReplyDelete
  25. Wiwin | pratiwanggini.netJune 6, 2021 at 1:41 PM

    Jaman sekarang kasihan kalo remaja perempuan masih terpapar oleh mitos-mitos seputar menstruasi. Padahal edukasi yang benar sudah bisa diakses dengan mudah. Menjadi tugas ibulah untuk mendampingi mereka mendapatkan informasi yang benar.

    ReplyDelete
  26. Wah sepertinya produk ini jadi benda wajib dimiliki untuk tetap menjaga kebersihan daerah kewanitaan saat datang bulan.

    ReplyDelete
  27. Edukasi soal menstruasi memang perlu banget loh, biar ketika si gadis ngalamin menstruasi pertamanya, dia nggak kaget lagi dan telah siap menghadapinya dengan senyuman, hahaha.

    Sekarang mah nggak perlu tabu lagi, setiap orang tua perlu banget edukasi sejak dini mengenai menstruasi kepada setiap anak gadisnya. Orang tua juga wajib menambah ilmu soal menstruasi, jadi bisa memberikan penjelasan yang komprehensif sekaligus berbagi pengalamannya.

    Penting banget nih menjaga kebersihan saat menstruasi. Untung ada Betadine Feminine Care....

    ReplyDelete
  28. Dulu sebelum menikah, saya termasuk yang percaya kalau sedang haid tidak boleh keramas dan berenang. Terutama untuk renang di saat sedang menstruasi, dalam pandangan saya, takutnya darah haid-nya keluar di kolam renang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau keramas aku sih oke oke aja mbak
      tapi kalau berenang ini yang agak ragu
      apalagi hari pertama, kedua dan ketiga

      gak lucu banget deh kalau air kolamnya jadi warna merah
      wkwk

      Delete
  29. Aku salfok dengan kata-kata kak Candra Agusta. Wkwkwk
    Padahal perempuan hamil juga sensitif ya kan.. hihi

    Btw, karena webinar ini aku dapet banyak insight nih tentang cara ngomong ke anak nanti tentang menstruasi.

    ReplyDelete
  30. Wah, terobosan baru nih, rangkaian Betadine Feminin care untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan terutama pada saat menstruasi.

    ReplyDelete
  31. Aku terbahak-bahak baca quotes paling atas haha
    Menstruasi memang kodrat perempuan tetapi tidak semua punya reaksi yang sama dalam mengelola diri saat waktunya datang dengan berbagai jenis gejala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkw
      kok ya bisa ya bikin quotes nya
      mau marah tapi kenyataan
      tapi rasain aja gimana rewelnya orang ngidam
      pasti (kebanyakan) lebih parah dari PMS ^^

      Delete
  32. Aku juga ikut webinarnya kemarin, seru dan banyak ilmu baru yg kudapat. Terlebih soal kebersihan selama haid. Ternyata selama ini masih ada yg kurang kuperhatikan. Harusnya webinar kaya gtu sering di adain ya mba, ku yakin prempuan diluar sana pun bnyak yg masih kurang ilmunya ttg per menstruasian

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak
      karena masyarakat perlu di edukasi secara rutin untuk menghilangkan budata yang tidak benar

      Delete
  33. Mitos ga boleh keramas saat haid aku sering dengar nih, perlu dipatahkan mitosnya ya karena bagian dari menjaga kebersihan diri saat menstruasi

    ReplyDelete
  34. Aku sampai sering ganti daleman mba Kalau lagi menstruasi soalnya sering tembus juga. Apalagi pas remaja dulu. Atau ketika malam hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar gak gampang tembus, pakai pembalut yang bersayang dan panjang kak
      atau biar gampang, ya ganti aja setiap 4 jam sekali sesuai anjuran dr Dwiana

      Delete
  35. Nah mitos itu ada yang merugikan kek nggak boleh keramas jadi malah bikin badan nggak bersih. Tapi adaa juga yang menguntungkan kek kalau buang pembalut sembarangan dan cuci pembalut nggak bersih nanti ketempelan mbak Kunti. Ini bikin terpacu nyuci dan buang pembalut dengan benar. Hahaha. Tapi emang baiknya untuk anak sih kasih tahu fakta daripada mitos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha
      baru tahu aku malah yang soal mbak kunti ini wkwk

      Delete
  36. banyak banget ya mitos soal menstruasi ini dan semuanya masih subur di masyarakat kita. Sebagai ibu harus melakukan langkah preventif dengan memberi edukasi yang benar sebelum si anak mendengar mitos dari orang lain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena udah jadi tradisi mbak
      makanya tetap hidup dan dipercaya sampai sekarang
      padahal kebanyakan gak bener,ya -_-

      Delete
  37. Aku punya dua anak perempuan. Jujur, masih suka bingung bagaimana memulai dan menjelaskan ke anak. Apalagi anak pertama usia 8 tahun sudah mulai bertanya kenapa alasan aibunya pernah tidak solat di waktu tertentu.

    Kemarin ikut webinar ini, jadi lumayan terbuka untuk memulai berbicara pada anak perempuanku.
    Berproses untuk nggak menganggap berbicara menstruasi itu adalah hal tabu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak-anak sekarang itu makin kritis ya, kak
      jadi kalau orangtua nya gak mau belajar, ya siap kebingungan akalu si anak udah mulai kepo dan tanya macem-macem :)

      Delete
  38. Tema webinar yang sangat menarik sekali. Sebagai seorang perempuan dan juga ibu memang sudah kewajiban kita untuk tahu membersihkan diri dengan tepat saat haid. Karena masalah ini penting sekali ya Mbak saking pentingnya sampai ada hari khusus untuk peringatannya

    ReplyDelete
  39. iyaaa, harus kita ketahui sejak dini bagaimana MKM ituuu
    supaya nanti gak kena keputihan, kanker serviks, dll
    mencegah itu lebih baik daripada mengobati

    ReplyDelete
  40. Hahaha emang banyak betul ya mitos soal menstruasi ini. Aku termasuk yang sempet percaya soal nggak boleh keramas gitu pas mens. Tapi makin gede, makin ke sini, yakin itu cuma mitos doang sik. Yang penting adalah menggalakkan MKM buat kaum Hawa.

    ReplyDelete
  41. Banyak banget yaa mitos tentang menstruasi ini emang. Dan masyarakat kita banyak yang percaya mitos ini. Jadi tugas kita deh edukasi mengenai hal ini

    ReplyDelete
  42. Aku kok galfok sama quote di awal artikel ya. Dikira kalau hamil lebih baik2 aja? Wkwk. Padahal pas hamil, hormonnya tambah kek rollercoaster.. sensitif dan segala macam berkali2 lipat dari haid, hehe.

    Btw, materi tentang menstruasinya joss banget sih. Jadi bikin aku semakin siap mengedukasi anak perempuanku menghadapi menstruasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehehe.... sengaja banget pakai quote itu karena pasti menuai pro dan kontra, baik dari sudut pandang ccewek maupun cowok

      dan kebetulan materi webinarnya juga masih berhubungan dengan hadi dan tetek bengeknya, kak. jadi masuk :)

      Delete
  43. Edukasi tentang merawat kebersihan kewanitaan pada anak perempuan yg baru mengalami menstruasi sangat penting bgt ya mbak. Terlebih bagi orang tua yang memiliki anak perempuan.

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.