Berkat Program Polri PRESISI, Kini Perpanjangan SIM C Beda Alamat KTP Bisa Tanpa Mutasi


cara perpanjangan SIM C beda alamat KTP

"Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan"

- POLRI PRESISI -

Berkat Program Polri PRESISI, Kini Perpanjangan SIM C Beda Alamat KTP Bisa Tanpa Mutasi - Setiap lima tahun sekali, aku  pasti akan mengunjungi Satlantas untuk memperpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi.

Sebagai warga negara yang taat hukum, akan merasa was-was jika mengemudi tanpa lisensi. Itu mengapa, walau katanya ribet, aku lebih suka “jalan sendiri” daripada menggunakan “the power of orang dalam” ketika harus mengurus masa berlaku SIM.

Selain bisa menjadi pengalaman berharga, toh sistem administrasi di Polri kini nggak seribet zaman dahulu kala. Sudah melek digital dengan metode online.

Jadi, meski Surat Izin Mengemudi sebelumnya diterbitkan di Satlantas Kabupaten Pasuruan. Aku tetap bisa memperpanjang masa berlakunya di Kabupaten Jember (beda tempat penerbitan dan perpanjangan) tanpa ribet tarik berkas atau tetek bengek administasi yang membuat kepalas pusing karena sekarang,  semua layanan administrasi Kepoliain Negara Republik Indonesia semakin mudah diakses dalam jaringan.

Lalu, bagaimana, sih cara perpanjangan SIM C beda alamat KTP? Kenapa aku seneng banget bisa urus semuanya sendiri?

Nah, berikut pengalaman sekaligus mekanisme pendaftaran SIM online 2021, ya ^^ Semoga bermenfaat 😇

Baca Juga: Hobi Jadi Profesi - Menciptakan Peluang Bermodalkan Kreativitas

🏍 MEKANISME PERPANJANGAN SIM C BEDA ALAMAT DENGAN KTP

Biasanya, proses yang berbelit dan antrean yang panjang serta tidak rapi akan jadi alasan banyak orang lebih memilih jasa calo ketimbang melakukan sesuatu sendiri.

Padahal sudah berdandan sedemikian rupa supaya tampil good looking saat pengambilan foto SIM. Tapi apa daya, karena antrean yang mengular, bedak malah luntur 😔

Duh, sekarang sudah enggak, kok 😱

Berkat hidup berdampingan dengan kecanggihan teknologi, proses perpanjangan SIM C yang pemiliknya sudah pindah pun bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Tidak sampai satu hari, driving licence sudah terbarui.

Sebelum bertolak ke Satlantas untuk perpanjangan SIM online Jember, sebaiknya persiapkan terlebih dadulu berkas yang dibutuhkan, ya. Diantara nya:

1.    Kartu identitas (e-KTP/paspor) dan fotokopiannya
2.    Membawa SIM asli yang lama
3.    Surat keterangan sehat jasmani
4.    Hasil Psikotes (Di Kabupaten Jember, sih harus ada keterangan ini. Nggak tahu di wilayah lain)
5.   Biaya perpanjangan SIM C senilai Rp 75 ribu dan SIM A senilai Rp 80 ribu, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016

Nah, pada poin nomor 3 dan 4. Pihak penyelenggara sudah menyediakan fasilitas layanan tersebut. Dengan biaya tes kesehatan sekitar Rp. 25.000,00 dan Psikotes sekitar Rp. 50.000,00.

Sesuai semboyan Polri Presisi, Layanan ini sangat membantu, lho. Tanpa harus repot pergi ke Puskemas atau balai penyedia Psikotes, pihak Polri sudah menyediakannya. Dengan begitu, urusan perpanjangan SIM menjadi lebih mudah, cepat dan fleksibel 😍

Sedikit tips saat Psikotes, jangan gugup ya. Kamu hanya diminta mengisi data diri, menjawab soal kemudian kumpulkan. Itu pun dilakukan bersama dengan peserta lain, kok. Petugasnya pun ramah, kok. Mau membantu dan nggak galak. Jadi relax saja.

Sedang untuk cek kesehatan, poin penting yang dipastikan oleh petugas biasanya hanya seputar untuk melengkapi informasi inti seperti berat badan, tinggi badan, golongan darah, kondisi kesehatan mata.

Hal ini dilakukan untuk memasikan keselamatan selama pengemudi. Jadi pastikan kondisi fisik sehat, ya. Atau jika kondisi mata mengalami minus, pastikan menggunakan lensa kontak atau kacamata yang sesuai kebutuhan.

Setelah semua berkas lengkap, baru deh daftar dan mengambil nomor urut. Selanjutnya tunggu antrean, lanjut foto dan taraaaa.... JADI DEH SIM BARU NYA 😎

SIM Online Jember

Oh, iya. Sedikit cerita, nih

Karena sudah lama hengkang dari Jember. Aku agak bingung ketika prosesnya berlangsung. Sempat juga salah saat mengisi data pada formulir karena tidak memerhatikan banner petunjuk pengisian yang tepat berada diatas kepala 😅

Melihat gelagat ku yang kebingungan, muncul lah, seorang Pak Polisi baik hati yang kemudian membimbing dan membantu ku mengisi formulir

Hehehehe... makasih ya Pak (yang nggak tahu namanya) sudah dibantu ^^

Ini, nih yang bikin aku lebih pilih mengurus sendiri pendaftaran SIM online 2021. Karena selain petugasnya ramah, proses nya fleksibel, pelayanannya pun cepat dan sistematis. Tidak perlu mutasi berkas ataupun merubah alamat pada SIM maupun KTP karena metode nya sudah online.

Misalnya, begini:

SIM C si Elok akan kadaluarsa nya pada 4 Maret 2021. Namun karena sudah pindah tempat tinggal keluar daerah, maka alamat pada SIM dan e-KTP berbeda.

Jadi, ketika akan memperpanjang masa berlaku SIM, bisa langsung mengunjungi Satlantas setempat dengan membawa SIM LAMA YANG MASIH AKTIF dan KTP ELEKTRONIK.

SELESAI!!

Tapi, terdapat satu hal penting yang harus diingat!

Kini masa kadaluarsa Surat Izin Mengemudi tidak lagi bergantung pada tanggal lahir, lho. Melainkan sesuai tanggal percetakan.

Peraturan ini sudah sesuai dengan surat telegram Korlantas Nomor ST/2664/X/Yan.1.1/2019 mengenai masa berlaku SIM.

Jadi jangan sampai kelewatan, ya. Karena jika SIM habis masa berlakunya, maka kamu harus membuat ulang sesuai prosedur pembuatan SIM baru.

🏍 MENGENAL APA ITU POLRI PRESISI

Polri Presisi Artinya

Polri Presisi artinya kepolisisian Republik Indonesia bekerja secara PRESISI, yaitu:

  • PREDIKTIF dalam upaya pencegahan kejahatan melalui Patroli Siber dan Pusat Informasi Kriminal dengan mengandalkan kemampuan memprediksi anggota Polri guna mengatasi berbagai macam isu dan permasalahan serta potensi gangguan Kamtibmas
  • Memiliki RESPONSIBILITAS tinggi terhadap pelayanan, keamanan dan ketertiban masyarakat yang diwujudkan melalui inovasi digital berupa Electronic Traffic Law Enforcement atau yang populer dengan sebutan Tilang online atau e-tilang, Call centre 110 Polri, Kampung Tangguh penanganan COVID-19, Bhabinkamtibmas sahabat Masyarakat, Aplikasi SINAR POLRI untuk perpanjangan SIM melalui virtual account serta Aplikasi Penerimaan Anggota Polri 
  • TRANSPARANSI BERKEADILAN yang humanis dan akuntable dalam menangani segala tindak kejahatan tanpa pandang bulu dengan dengan pemanfaatan teknologi modern melalui Pengaduan Masyarakat Online terintegrasi (Dumas Online), SP2HP (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan) secara online, Penyelesaian kasus pidana dengan "Restorative Justice", Siber TV, Polri TV, E-PPNS Online 

Dari slogan PRESISI yang diusung Kapolri baru, Jenderal Listyo Sigit Prabowo tersebut, ketiga nya memiliki persamaan dalam penerapan teknologi modern sebagai bentuk komunikasi publik antara Polri dan masyarakat era digital.

Untuk melengkapi Polri PRESISI sebagai program 100 hari kerja, Kepolisian Negara Republik Indonesia juga merilis lagu berjudul sama, “POLRI PRESISI” pada laman akun YouTube Siber TV dan Bungur Production.

Look, bukankah wujud Polri Presisi sudah terlihat dengan pemanfaatan kanal Youtube sebagai media edukasi dan informasi Polri kepada masyarakat?

Menggunakan konten audio maupun visual sebagai sarana komunikasi publik, diharapkan masyarakat dapat menangkap pesan Polri untuk bekerja sama dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban bangsa dan negara.

🏍 PROGRAM POLRI PRESISI

Setelah mengetahui Polri Presisi artinya apa, maka saatnya membahas program Polri Presisi. Yang mana seperti, dikutip dari nasional.tempo.co, terdapat 16 Program Prioritas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yaitu:

1.    Penataan Kelembagaan.
2.    Perubahan Sistem dan Metode Organisasi.
3.    Menjadikan SDM Polri Yang Unggul di Era Police 4.0.
4.    Perubahan Teknologi Kepolisian Modern di Era Police 4.0.
5.    Pemantapan Kinerja Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.
6.    Peningkatan Kinerja Penegakan Hukum.
7.    Pemantapan Dukungan Polri Dalam Penanganan Covid-19.
8.    Pemulihan Ekonomi Nasional
9.    Menjamin Keamanan Program Prioritas Nasional
10.    Penguatan Penanganan Konflik Sosial
11.    Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Polri
12.    Mewujudkan Pelayanan Publik Polri Yang Terintegrasi
13.    Pemantapan Komunikasi Publik
14.    Pengawasan Pimpinan Dalam Setiap Kegiatan
15.    Penguatan Fungsi Pengawasan
16.    Pengawasan Oleh Masyarakat Pencari Keadilan (Public Complaint)

Dengan empat program unggulan diantaranya:

  • ETLE (elektronic traffic law enforcement), yaitu pelayanan publik di bidang penegakan hukum di jalan raya yang terpantau melalui CCTV
  • Kemudahan perpanjangan SIM A dan C melalui aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar)
  • Samsat Digital Nasional
  • dan e-Dumas Presisi yang merupakan bentuk pengaduan masyarakat melalui aplikasi Dumas Presisi

program polri presisi
🏍 KESIMPULAN

Baca Juga: Ingin Menghasilkan Uang dari Blog? Begini Caranya!

Siapa bilang urus perpanjangan SIM Adan SIM C itu ribet? Enggak dong!

Sekalipun alamat pada KTP baru dan SIM lama berbeda, tetap bisa kok. Mudah banget malah 👍

Apalagi sekarang kan SIM Online Jember jadi salah satu program unggulan POLRI PRESISI. Dimana melalui konsep ini, Polri akan bertransformasi menuju Presisi agar tercapai penataan kelembagaan yang semakin rapi, terintegrasi dan tentu saja, lebih memudahkan dalam proses pelayanan kepada masyarakat.

Aku pun sudah merasakan manfaat dari capaian 100 hari kerja dari Komjel Listyo Sigit Prabowo ini. Cara perpanjangan SIM C beda alamat KTP yang sangat mudah membuatku makin yakin untuk mengurus sesuatu sendiri. Tidak perlu menggunakan jasa calo karena prosesnya yang mudah dan fleksibel. Tanpa perlu mutasi berkas SIM lama or something yang bikin kepala pusing.

⭐⭐⭐⭐⭐

Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba VLOG, TIKTOK, INFOGRAFIS DAN BLOG POLRI 2021 - HUT BHAYANGKARA KE-75 dengan tema POLRI PRESISI

No peserta : 04-1086


Berkat Program Polri PRESISI, Kini Perpanjangan SIM C Beda Alamat KTP Bisa Tanpa Mutasi Berkat Program Polri PRESISI, Kini Perpanjangan SIM C Beda Alamat KTP Bisa Tanpa Mutasi Reviewed by Heizyi on June 23, 2021 Rating: 5

15 comments:

  1. Saya pernah berkendara nggak bawa SIM. Waktu itu memang belum bikin SIM C. Saat nggak punya SIM, eh razia banyak banget. Giliran udah bikin SIM C, razia sepi banget, hahahaha... Kocak memang!!

    SEkarang jadi lebih mudah lagi ya dan fleksibel perpanjang SIM C bisa beda alamat. Harusnya gini dong dari dulu. Maju terus POLRI....

    ReplyDelete
  2. Jadi biaya perpanjangan SIM itu tidak sampai delapan puluh ribuan ya? Di tempat saya nih gede banget... Apa oknum aja kali ya?
    Pakai semacam layanan SIM keliling gitu biayanya aja seratus ribu lebih lho...
    Untungnya kalau ada sistem online begini jadi bisa sama-sama memantau ya...

    ReplyDelete
  3. Simpel berarti y sekarang tinggal bawa sim lama n tunjukin eKTP klo data domisili berubah udh langsung acc mantep pak polisi

    ReplyDelete
  4. Wah baca ini jadi ingat sebentar lagi waktunya aku untuk perpanjang SIM
    Untung baca infonya, mau coba ah pakai Polri Presisi juga
    Sepertinya mudah dan praktis ya

    ReplyDelete
  5. Polisi beneran Menjadi sosok pengayom Masyarakat ya kak... Dimana-mana terasa nyaman Dan Aman semenjak Ada presisi polisi ini

    ReplyDelete
  6. Wahh keren juga yaa aku baru tahu programnya polri yang ini kakk. Terimakasih infonya

    ReplyDelete
  7. Nah, ini nih yg sempat dulu sy agak gimana gitu semenjak eKTP digaungkan, kok SIM beda alamat blibet ngurusnya, kan tinggal ditelusuri aja data tempat tinggal di data online. Memang semua perlu proses ya, termasuk integrasi data satu instansi dengan lainnya. Senang mbaca info ini, memperpanjang SIM sangat mudah. Foto di SIM ga lusuh lagi akibat kelmaan ngantri.

    ReplyDelete
  8. Semakin baik saja pelayanan publik dalam membuat SIM ini ya, dulu saya karena pertama kali buat dan gak ngerti caranya jadinya harus mengeluarkan ratusan ribu buat urus SIM saja

    ReplyDelete
  9. Saya belum buat SIM C nih. Jadi kemana-mana suka bingung sendiri kalau nggak ada yang nganterin. Kalau cara buat SIMnya juga mudah nggak ya?

    ReplyDelete
  10. keren nih polri sekarang sudah mengikuti perkembangan teknologi, jadi memudahkan masyarakat untuk memperpanjang sim c meski beda daerah,

    Semoga untuk pelayanan STNK dan BPKB khususnya mutasi bisa di lakukan di satu daerah tanpa harus mengurus ke daerah asal lagi, salah satu harapan saya sebagai masyarakat karena pernah mengurus mutasi surat kendaraan sendiri tanpa calo hehe

    ReplyDelete
  11. Sejujurnya, aku belum punya SIM tapi sejak 2008 sudah berkeliaran di jalanan (mohon jangan ditiru) Hiksss....
    Sekarang untuk perpanjang sim A atau C sudah banyak lokasi yang bisa dijagkau ya.

    ReplyDelete
  12. Jadi inget aku harus memperpanjang KTP tapi sudah keburu telat jadi aja harus bikin lagi...huhu...

    ReplyDelete
  13. senangnya, sekarang klo mau buat sim makin mudah ya kak
    salut dengan inovasi yg dilakukan oleh polri ini

    ReplyDelete
  14. program yang bagus, semoga selajan dan konsisten terus

    ReplyDelete
  15. Berarti kudu teliti juga melihat tanggal kadaluarsa SIM, jangan lagi patokan sama tanggal lahir. Kalau perlu pasang reminder di hape ya kak, biar gak bablas

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.