Hobi Jadi Profesi: Menciptakan Peluang Bermodalkan Kreativitas


Hobi Jadi Profesi

"My laptop has freed me to travel"

- Steven Pinker -

Hobi Jadi Profesi: Menciptakan Peluang Bermodalkan Kreativitas - Memasuki era revolusi 5.0, persaingan para kreator digital semakin ketat. Berbagai ide menarik sekaligus unik pun ditampilkan. Bahkan, sebagai bentuk konsistensi dan usaha bertahan di dunia maya, mereka rela keluar dari zona nyaman.

Begitu pula denganku.

Mengawali karir di industri penerbitan sebagai seorang blogger -yang tidak pernah berani mencoba hal baru selain menulis, kini aku malah asyik membuat video reels instagram, konten TikTok juga sesekali mengikuti lomba kepenulisan antar kampus 💫

Setelah beberapa kali (nyaris) berhasil fyp dan mendapat banyak view, lantas aku berpikir,"Kenapa para penonton itu tidak diarahkan ke blog saja. Kan lumayan. Traffic naik, engagement bagus 😍"

Dari situlah akhirnya aku mencoba berpikir kreatif dengan terus menciptakan konten video berkualitas untuk diunggah pada media sosial yang kemudian aku selipkan link atau call to action menuju blog.

Tapi, karena perangkat yang digunakan hanya seadanya, aku pun berpikir untuk upgrade "alat perang" supaya lebih maksimal dalam berkarya.

Kebetulan merek laptop favoritku, ASUS baru saja merilis seri laptop terbaru 2021, yaitu ASUS Vivobook 15 A516.

Sebagai pengguna ASUS yang sudah merasakan kinerja perangkat bertenaga  juga desain dan bobot yang selalu travelmate, aku pun merasa,"Wah, 'alat perang' yang aku cari, nih. desain nya slim, enteng dan layarnya gede. Kyu lah bisa dibuat ngonten di mana saja 😍"

Baca Juga: Ingin Menghasilkan Uang dari Blog? Begini Caranya!

BERPIKIR KREATIF DAN INOVATIF

berpikir kreatif

Suatu hari, ada seorang kerabat yang nyeletuk, "Kerjamu awet, ya. Disaat profesi seperti blogger atau digital writer baru heboh. Kamu udah lama di dunia ini. Mana bertahan sampai sekarang. Konsisten banget. Tahan banting pula."

hehehehe 😀

Sebenarnya kunci tetap bisa bertahan dan mampu bersaing dengan para newbie dan mastah adalah selalu berpikir kreatif dan inovatif, mengikuti perkembangan trend serta mau upgrade kemampuan.

Berpikir kreatif dan inovatif artinya mampu memberikan sesuatu yang baru sekaligus berbeda dari blogger lainnya. Dalam hal ini dapat diwujudkan dengan branding blog. Dimana setiap blog harus mempunyai niche yang unik. 

Sekalipun memiliki persamaan dengan blog lain, setidaknya ada ciri khas yang akan menjadi identitas dari blog tersebut. Bisa dari nama domain, konsep yang diusung, gaya penulisan maupun template blog itu sendiri.

Blog Heizyi.com ini, misalnya.

Setiap artikel selalu diawali dengan quotes. Ditulis dengan gaya bahasa yang santai. Sesekali tentang puisi, cerpen. dan jika kamu termasuk Heizyi Lovers, kamu pasti paham bahwa blog ini terkadang juga membahas seputar anak berkebutuhan khusus.

Dengan begitu, ketika mendengar kata "HEIZYI" maka akan identik dengan special needs blog, puisi, dan quotes 😁 

Nah, inilah yang disebut branding, guys 😎

kreatif dan inovatif

Untuk menunjang inovasi dan kreativitas tersebut, aku perlu upgrade kemampuan beserta "alat perang," nya . Walau si Silver, ASUS UL20A dikatakan masih sanggup dan mampu menemaniku kerja keras bagai kuda, namun ukuran layar yang hanya sekitar 13.3 " saja membuatku kurang leluasa dalam merangkai infografis ataupun edit video guna keperluan blogging dan dunia per-TikTok-an 😁

Akan tetapi, tidak akan jadi masalah jika aku bekerja menggunakan laptop terbaru 2021, ASUS Vivobook 15 A516. dan

Menggunakan teknologi NanoEdge dengan sudut panjang 178 derajat, membuat layar laptop ini tampak luas dengan 15.6” FHD display dan benar-benar nyaman digunakan untuk kebutuhan desain. Lapisan anti-glare nya pun dapat menjadikan pengalaman blogging semakin menarik berkat visual yang imersif.

Mungkin inilah definisi manfaat laptop layar besar yang seusngguhnya, ya 😁

manfaat laptop layar besar
Layar lega dengan 15.6” FHD display dan NanoEdge

Keistimewaan lain dari laptop ASUS terbaru ini adalah dukungan penyimpanan ganda. Yaitu SSD PCIe® hingga 256GB dan HDD hingga 1TB.

Wow, sungguh kombinasi yang sempurna untuk menyimpan banyak draft tulisan, video dan infografis, kan?

Bahkan dengan menambah beberapa folder drama Korea untuk kepentingan hiburan disaat writer's block pun rasanya bukan masalah 😍

Netizen yang sudah beralih pada ASUS VivoBook 15 A516 pun sepakat jika keunggulan ruang penyimpanan laptop ini dapat menampung banyak file besar seperti film, koleksi musik, dan album foto tanpa lelet karena respons dan waktu load yang lebih cepat.

“Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

ASUS VivoBook 15 A516 spesifikasi
Laptop keren yang bisa dibawa traveling tanpa takut data hilang ataupun rusak akibat guncangan pada HDD

Selain dual storage, memiliki desain yang ringan dan tipis, keunggulan ASUS VivoBook 15 A516 yang bikin aku jatuh hati dan ingin segera meminangnya adalah desainnya yang tipis dan ringan, hanya 1,8 kg. Jadi nyaman dibawa bepergian tanpa perlu khawatir HDD akan rusak jika terkena guncangan akibat melewati jalanan yang penuh lubang.

Mengapa?

Dikutip dari situs resmi ASUS.com, laptop ini sudah dilengkapi dengan internal protection berupa HDD protection dengan fitur E-A-R sebagai peredam guncangan yang akan melindungi data dari benturan. Dan chassis enhancements untuk membuka dan menutup penutup dalam satu gerakan halus.

keunggulan ASUS VivoBook 15 A516
internal protection berupa HDD protection dengan fitur E-A-R


KEMBANGKAN HOBI

hobi jadi penghasilan

Alhamdulillah, berawal dari hobi membaca dan menulis sejak SMA, kini kegemaran itu pun menjadi pekerjaan yang mampu mengisi dompet dan rekening setiap bulan. Tidak instan memang, namun cukup bikin hati senang karena pekerjaan yang berhubungan dengan passion pasti akan membuat betah, awet dan bersemangat 😉 

Yups, dari hobi jadi profesi 😎

Bila dilakukan dengan sungguh-sungguh, hal sederhana sekalipun dapat membuahkan hasil yang membahagiakan dikemudian hari.

Bukankah menjadikan hobi sebagai ladang penghasilan adalah salah satu dari cara berpikir kreatif? Jika tidak ingin menjadi budak corporate, maka kamu butuh dana untuk membuka usaha. Sedang hobi, bisa dimulai hanya dengan kemampuan melihat peluang, perilaku kreatif dan tentu saja, semangat yang tidak pernah luntur.

Salah satu teman pernah berkata,"Selama masih ada internet. Maka blogger akan tetap ada."

Right?

Setuju!

Akan tetapi, supaya tidak tenggelam oleh para pendatang baru, konten kreator yang keren-keren ataupun berita viral yang hanya sesaat bertebaran di media sosial, aku perlu laptop dengan layar lebih besar untuk tetap eksis di era revolusi 5.0 seperti saat ini.

Sebagai bentuk usaha bertahan, rasanya akan semakin produktif jika memiliki laptop modern seperti ASUS VivoBook 15 A516. Ditenagai dengan prosesor Intel® Core™ i5 generasi ke-10 dengan RAM 8GB, dan grafis diskrit NVIDIA® MX330, proses blogging dan editing akan semakin cepat dan efisien. Mengingat laptop ini dapat melakukan banyak pekerjaan sekaligus dalam sekali waktu. Benar-benar definisi easy portability, effortless productivity banget, kan?

Oh, iya. Selain dual storage, laptop ASUS terbaru ini juga didukung sistem operasi Windows 10 Home dengan fingerprint sensor. Sehingga memudahkan para blogger maupun konten kreator seperti untuk login dengan mudah tanpa ribet harus mengetik kata sandi. Di mana saja dan kapan saja.

Draft tersimpan rapi, aman, cepat dan tentu, sekali sentuh, akses laptop langsung terbuka. Daebak 😍

laptop ASUS terbaru
Just touch to log in 😎

MANFAATKAN TEKNOLOGI

“Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.”

“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.” 

Dari testimoni para pengguna ASUS VivoBook 15 A516 diatas, dapat diambil kesimpulan bahwasannya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan informasi maka pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dan efektif.

Bahkan ketika harus begadang pun, laptop terbaru ASUS ini sangat mendukung untuk digunakan di ruangan yang minim cahaya. Sebab sudah dilengkapi dengan backlit keyboard plus 1.4mm key travel yang didesain secara ergonomis sehingga memberikan pengalaman mengetik yang nyaman 🤗

Pas banget, kan untuk aku si pejuang deadline garis keras 😁 Lembur sampai pagi dengan penerangan minim pun tetap dapat menghasilkan karya yang amazing jika menggunakan laptop ASUS VivoBook 15 A516. 

Exactly my laptop type banget ini 😍

Yang semakin bikin kagum, perangkat ini juga dilengkapi dengan constantly connected berupa port USB-C® 3.2 Tipe-A dan USB 2.0, output HDMI, dan microSD reader.

Udah, nggak bisa berkata-kata lagi. Bener-bener laptop impian ku dan (mungkin) para blogger serta konten kreator lainnya 😆

spesifikasi ASUS VivoBook 15 A516
backlit keyboard yang bisa diandalkan saat begadang

IF YOU CAN DREAM IT, YOU CAN DO IT!

Bagaimana cara untuk mengubah kegemaran menjadi ladang penghasilan?

Ada banyak jalan menuju Roma, guys!

Seperti yang aku bilang pada awal paragraf. Untuk mengubah hobi jadi profesi, salah satu caranya adalah dengan berpikir kreatif, berani mencoba dan mampu beradaptasi dengan zaman.

Itu mengapa dibutuhkan "alat perang" yang up to date dan dapat diintegrasikan dengan berbagai perangkat yang mendukung. Seperti ASUS Vivobook 15 A516, ini misalnya.

ASUS VivoBook 15 A516 harga
Image by ASUS.com

Melalui fitur link to MyAsus, beragam aplikasi yang tersemat dalam laptop dapat diakses dengan mudah setelah men-download MyAsus pada play store maupun app store. Dengan fitur ini, kamu bisa mengakses laptop meski tidak sedang bersamanya melalui ponsel.

Kamu juga bisa menikmati tontonan yang ada di ponsel melalui laptop setelah mengintegrasikan keduanya. Begitu pun sebaliknya. Hebat, kan? 😱

Selaras dengan kesempurnaan ASUS yang persisten, aku pun berharap pencapaian nge-blog tahun lalu (pas awal-awal Corona) dapat berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya.

Sambil jalan, aku pun mencoba  membangun blog baru (www.narasinia.com) yang alhamdulillah sudah mumenunjukkan hasil. Pageview lumayan, content placement pun jalan 😇

Tidak sampai disitu, tahun ini pula aku berencana membuat toko online dan mengikuti berbagai lomba penulisan.

Tentu saja semua goals tersebut akan semakin mudah tercapai apabila didukung dengan PC yang modern dan wider screen sehingga memudahkan ku dalam blogging, editing maupun coding blog baru.

Bukankah manfaat laptop layar besar sejatinya memberikan kenyamanan dan pengalaman yang menakjubkan bagi penggunanya?

hobi jadi pekerjaan

KESIMPULAN

Baca Juga: Tips Meningkatkan Skill Negosiasi Supaya Sukses Jerat Hati Klien

Terinspirasi dari slogan ASUS, Inspiring Innovation - Persistent Perfection . Aku pun berusaha untuk tetap konsisten ditengah pandemi seperti saat ini dengan terus menjadi blogger yang produktik, kreatif dan inovatif.

Karena sejatinya, seseorang tidak akan tahu sampai batas mana kemampuannya untuk bertahan ataupun dalam menciptakan sesuatu yang kreatif jika tidak pernah mencoba.

Memasuki era Society 5.0, memanfaatkan kecanggihan teknologi serta dukungan perangkat modern dengan layar lebih lega sangat menentukan hasil yang maksimal.

Oleh karena itu, gunakan kreatifitas sebagai modal untuk tetap eksis di indutri digital. Jangan pernah menyerah pada berita viral yang hanya sementara. Sebab barangsiapa yang konsisten dan persisten. Dialah yang akan menjadi juara 💫

“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com”

ASUS VivoBook 15 A516 spesifikasi


Hobi Jadi Profesi: Menciptakan Peluang Bermodalkan Kreativitas Hobi Jadi Profesi: Menciptakan Peluang Bermodalkan Kreativitas Reviewed by Heizyi on June 30, 2021 Rating: 5

40 comments:

  1. Asus emang mantap banget, cocok buat konten kreator, karena tangguh diajak kerja selama berjam-jam.

    Good luck buat lombanya ya, Kak. Semoga menang dan dapat laptop baru dari Asus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. AMIN, bun
      semoga dapet laptop baru buat nemenin si silver hehehe

      ASUS mah gak perlu diragukan lagi, ya. Diajak kerja sehari semalem pun gak ada capeknya. tangguh bener dah laptop ASUS ini

      Delete
  2. Untuk aktivitas sepadat dan seaktif Mbak, menggunakan laptop berkualitas seperti Asus A516 jelas keharusan. Perangkat mumpuni hasil kerja makin maksimal. Semoga berhasil meraih apa yang dicita-citakan ya Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, teh

      mengingat mobilitas yang tinggi. gak salah dong kalau milih ASUS. apa lagi seri terbaru VivoBook 15 A516, ya :)

      Delete
  3. Suka deh dengan optimismenya. Kalau kita gak mencoba, kita gak bakalan tau batas kemampuan kita sampai mana. Asus ini memberikan fasilitas untuk kita yang mau produktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups, betul!

      karena lebih baik kalah setelah mencoba, daripada menyerah tanpa berusaha, mbal ^^

      Delete
  4. U'll never know until u'll try yourself. Dengan motivasi itu, kita akan tahu apakah kita sdh bener menempuh jln yg kita tuju/bkn. Ayo semanngat kak. Laptop udh ok tuh. Ntar lgsg bikin konten yg fyp ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk

      follow dong, kaka biar kita bisa main TokTok bareng ^^ hahaha

      Delete
  5. Bloger agar bisa bertahan harus kreatif dan inovatif dalam memproduksi tulisan-tulisan di blognya ya. Semua harus bermuara pada branding yg ingin dibangun. Keren. Apalagi kalau ditemani ASUS 15 ini, produktivitas meningkat berkali-kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dong mbak
      kalau mandek cuma karena tulisan gak ada yang baca atau menyerah karena ide mampep. ya wassalam

      biar tetep eksis ya ahrus produktif dong :)

      Delete
  6. Aku pun mau laptop ini. Apalagi sebagai blogger, nyaman banget ngetik di laptop layar lebar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makin nyaman pasti, ya kaka kalau layar nya gede
      ngetik, ngedit atau bikin infografis maupun coding sekaligus makin makin cepet dan wus wus wus pake ASUS A516 ini

      Delete
  7. ahh idaman banget ini, laptop layar segede ini
    dan emang paling enak itu hobi yg dibayar

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain bisa ngembangin bakat, kerja pake passion, dibayar pula ya kak
      kurang apalagi cobak

      yuk yuk yuk... ubah juga hobi jadi duit >.<

      Delete
  8. Keren emang ini laptop ... aku perlu laptop nih dan cocok sepertinya karena yang penting bagiku salah satunya adalah layarnya hehe...Semoga ada takdirnya punya laptop ini Aamiin Allohumma Aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga beruntung dapetin laptop baru, ya Kak Ida ^^

      Delete
  9. Paling enak memang kalau hobi jadi profesi ya
    Jadinya kita mencintai apa yang kita kerjakan dan mengerjakan apa yang kita cintai
    Bikin hati senang setiap bekerja
    Apalagi kalau didukung dengan fasilitas yang mumpuni kayak ASUS VivoBook 15 A516 ini
    Bisa makin smenagat kerjanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dong
      sebenarnya, meski bukan hobi sekalipun, tetap harus mencintai apa yang kita kerjakan, kak. Supaya hasil yang didapat itu maksimal

      Apalagi kalau ditunjang dengan perangkat yang mumpuni. pasti makin efektif kerjanya :)

      Delete
  10. Laptop impian akuuu. Goodluck ya mba lombanya, setuju banget sama yang if you can dream it you can do it.

    ReplyDelete
  11. Perangkat yang mendukung juga berperan penting ya dalam membuat konten-konten yg bermutu. Dan spesifikasi Asus A516 pas banget untuk content yg bagus

    ReplyDelete
  12. mbak awalnya heizyi itu tak kira cowok lho hehehe soalnya kan keliat macho panggilannya eh ternyata cewek. Semoga rejeki dapetin asus ya kak aamiin

    ReplyDelete
  13. Ide kreatif yang up to date dan kekinian jadi kolaborasi apik yang kudu dimiliki blogger, biar tetap terus eksis dengan konten bermanfaat

    ReplyDelete
  14. hobi jadi profesi itu impian banget deh, aku juga dengan sedang membangun hal itu, semoga kesampaian deh,, btw spek laptop asus vivobook 15 a516 ini bikin mupeng banget terutama ukuran layarnya yang gede pasti nyaman banget untuk produktivitas

    ReplyDelete
  15. Sekedar hobi aja maunya laptop canggih, apalagi kalau sudah dijadikan profesi ya mbak. Harus pakai Asus dengan spec dan fitur keren kaya gini deh.

    ReplyDelete
  16. pengen banget sama leptop ini, ada teman punya ringan banget dan slim, cocok buat orang yang pekerjaanya mobile seperti saya, hope someday I will have it

    ReplyDelete
  17. Mba, kalau nyelipin link di tiktok di sebelah mananya kah? Kalau call tp action aku udah paham. Apa aku selipin link blogku ke youtube ku juga ya. Semoga menang ya mba lomba asusnya

    ReplyDelete
  18. penyimpanannya gede banget ya mbak, kalau aku yang punya bisa dipastikan paling banyak isinya foto deh...
    Btw, kenapa sih kalau ASUS ngeluarin produk baru selalu bikin mupeng?

    ReplyDelete
  19. Kalau hobi jadi profesi kayak botol ketemu tutupnya. Pas dan pasti cucok, seiring sejalan ya mba. Jadi cinta sm profesi. Btw ASUS VivoBook15 A516 mmg cucok buat konten kreator. Mantul Spec nya. Moga menang ya mb lombanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyallah seirama juga, kak ^^
      biar kalau sedih datang, kesenangan jadi penyemangatnya :)

      Delete
  20. Yes aku setuju kak setiap aku ingat heizi ini yang terselip di benakku blog yang cantik, penuh kata puitis Dan santai saja ... Enak Dan mengalir gitu bacanya... Sukses ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaaaah, mbak asiyah
      makasih ya ^^ aku jadi terhura
      eh, terharu maksudnya :)

      Delete
  21. Kalo dijalani dengan keikhlasan dan kegembiraan..hobi udah pasti bisa jadi sumber penghasilan juga ya... Dan memang gak bisa instan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong, kak
      mie instan aja perlu direbus dulu sebelum dinikmati
      apalagi kesuksesan, pasti butuh usaha dong ^^

      Delete
  22. sekarang emang banyak yaa hal2 yang bisa kita alihkan dari hobby menjadi bisnis. yang penting bisa dikerjakan secara profesional dan dengan hati yang senang

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, itu dia mbak
      walau karena hobi, bukan berarti bisa seenaknya
      tetap harus profesional dong :)

      Delete
  23. Ketika hoby menjadi profesi ialah hal yang paling menyenangkan. Terlebih kalau ditunjang dengan peralatan yang mumpuni dan jempolan.

    Ya, kita sebagai penulis bakalan bahagia banget kalau punya laptop ASUS Vivobook yang kece ini. Saya mupeng banget, pengen segera ganti laptop dah.

    ReplyDelete
  24. Aku suka aku suka, dan selalu suka sama produk2nya asus. Apalagi ada yang layarnya lebar macam ni. Aku jadi semangat berkarya dengan ASUS Vivobook 15 a516 ini. semoga bisa dapat laptopnya ya mbak. speknya keren banget sumpah ❤️

    ReplyDelete
  25. Aku kalau cari laptop, preferensinya cenderung ke ASUS sih. Karena ASUS tangguh gitu. Sekali pakai sejak kuliah, jadi tak mau ganti hati.

    ReplyDelete
  26. Tempat service Asus juga banyak dan mudah di jangkau

    ReplyDelete
  27. Konsistensinya dalam dunia blogging patut ditiru nih mbak. Saya baru terhitung tahun kedua serius ngeblog. Smeoga bisa langgeng kayak blog Heizyi. Dan coba mikir apa ya yang khas dari blog aku itu? Ini juga perlu digali lagi

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.