Cara Bijak Menggunakan Kredit Online Tanpa Kartu Kredit PayLater


Kredit Online Tanpa Kartu Kredit

"Saat semua pekerjaan dirasa semakin tidak menyenangkan. Ingatlah akan CICILAN."

- Anonymous -

Cara Bijak Menggunakan Kredit Online Tanpa Kartu Kredit PayLater - Dikutip dari Wikipedia, KTA atau Kredit Tanpa Agunan adalah jenis pinjaman tanpa adanya aset untuk dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut. Artinya, calon nasabah tidak perlu menyertakan aset apapun sebagai bentuk agunan saat mengajukan pinjaman.

Pada umumnya, Kredit Tanpa Agunan disediakan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif, biaya pendidikan, renovasi rumah, modal kerja, dan untuk keperluan lainnya.

Karena tidak menyertakan jaminan, maka dalam hal ini, pihak bank atau pemberi kredit akan melakukan cek skor kredit dari calon debitur sebelum mengambil keputusan.

Sama halnya dengan KTA, PayLater juga termasuk cicilan online tanpa kartu kredit yang dapat diperoleh tanpa jaminan.

Di Traveloka, PayLater merupakan metode pembayaran baru anti ribet yang sangat memudahkan pengguna nya. Dimana user dapat merencanakan perjalanan maupun melakukan transaksi pembelian apa saja tanpa harus memikirkan pembayaran sebab fitur ini berkonsep "Beli Dulu, Bayar Belakangan."

Menggiurkan, bukan?

Selain memiliki banyak keuntungan. Traveloka PayLater dapat digunakan untuk payment semua jenis produk yang tersedia di Traveloka, lho.

Tidak hanya itu, proses apply PayLater Traveloka pun terbilang cepat. Hanya butuh waktu sekitar 60 menit untuk proses verifikasi 😍

Meski ditunjang dengan kemudahan, kecepatan dan kepraktisan dalam proses pengajuannya, kamu tetap harus bijak dalam menggunakan keduanya, ya.

Agar tidak boros dalam menggunakan dana cicilan Traveloka Paylater dan tidak terkena jebakan Batman saat pengajuan kredit online, sebaiknya kamu ikuti tips dibawah ini, ya.

Selamat mencoba 🤑

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pinjaman Online Terbaik dengan Bunga Rendah Tahun 2021

cicilan online tanpa kartu kredit
 

1| PILIH PLATFORM TERPERCAYA

Poin pertama yang harus lakukan adalah memastikan kredibilitas dan legalitas penyedia jasa layanan tersebut.

Pastikan pemberi pinjaman sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoriasasi Jasa Keuangan, ya. Hal ini berguna supaya kamu terhindar dari bahaya cyber crime atau gestun Traveloka Paylater.

2| PERHATIKAN SYARAT YANG BERLAKU

Setelah menemukan layanan PayLater yang terpercaya, tips selanjutnya adalah teliti melihat syarat dan ketentuan cicilan.

Pilih produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan agar terhindar dari masalah PayLater Traveloka seperti keterlambatan pembayaran tagihan, pinjaman dana tunai yang masih berjalan atau terdapat aktivitas mencurigakan pada akun mu.

3| KENALI RISIKO

Sekalipun fitur PayLater memiliki beragam keuntungan dengan kemudahan dan kecepatan proses pengajuannya, kamu tidak boleh teledor dan harus paham mengenai risiko sebelum mengajukan pinjaman, ya.

Awas, lho. Kelalaianmu dalam mempelajari risiko bisa menambah masalah PayLater Traveloka di kemudian hari mengingat tingkat cyber crime yang semakin tinggi.

Namun kamu tidak perlu khawatir terhadap kejahatan penipuan semacam gestun Traveloka PayLater. Sebab Traveloka menerapkan sistem keamanan ganda pada akun setiap penggunanya.

4| PAHAMI BUNGA DAN TENOR CICILAN 

Tidak hanya pandai memahami risiko, kamu juga perlu tahu berapa besarnya bunga dan lama tenor cicilan dari suatu produk pinjaman.

Seperti cicilan online tanpa kartu kredit di Traveloka, misalnya.

Dengan tenor panjang hingga 12 bulan plus bunga flat untuk cicilan, kamu akan mendapat limit pinjaman sampai 50 juta, lho

Tergiur, nggak?

5| RAJIN CEK SKOR KREDIT

Proses checking kredit skor antara bank dan fintech itu berbeda. Jika Bank, pada umumnya menggunakan metode analisis 5C (character, capacity, capital, collateral, dan condition) dan prinsip 7P (personality, party, purpose, prospect, payment, profitability, dan protection).

Maka fintech menggunakan sistem analisis cek kredit melalui data alternatif yang didapat dari  ponsel calon nasabat seperti riwayat kamera, GPS, mikrofon, akun e-commerce, akun media sosial dan salinan data dari pihak ketiga yang meliputi tagihan dari Perusahaan Air Minum, iuran BPJS, pembayaran Pajak meupun Dukcapil serta PLN.

Nah, semakin bagus hasil track record dari cek kredit, akan berimbas pada semakin lancar nya pengajuan kredit di-ACC. Paham, kan?

Baca Juga: 10 Pinjaman Online Langsung Cair

cicilan traveloka
 

6| SESUAIKAN DENGAN KEMAMPUAN

Pada dasarnya, semua cicilan Traveloka itu bersifat menguntungkan jika digunakan dengan benar. Oleh sebab itu, gunakan dana yang diperoleh hanya untuk pembayaran yang benar-benar sesuai dengan kemampuan.

Karena pada akhirnya, meski di awal diberi kemudahan dalam meminjam. Kamu tetap harus mengembalikan dana pada waktu yang telah ditentukan. Jadi pastikan dana yang diperoleh tidak terbuang percuma.
 
Nggak mau, kan akun kredit online tanpa kartu kredit yang kamu punya di blacklist oleh penyedia kredit karena tidak sanggup bayar?

7| PASTIKAN MEMBAYAR CICILAN TEPAT WAKTU

 
Nah, ini. Karena konsep nya cicilan, maka kamu harus mengembalikan dana sejumlah tertentu sesuai awal saat pengajuan kredit, ya guys.
 
Jumlah yang disepakati tentunya sudah melalui proses identifikasi melalui dokumen yang kamu unggah. Plus telah melewati monitoring credir score oleh penyedia layanan sebelum verifikasi..

8| BELAJAR BERHEMAT DENGAN PROMO DAN DISKON

 
Keuntungan lain dari PayLater Traveloka adalah banyaknya promo dan diskon yang ditawarkan. Beragam produk dibawah harga normal pastinya sangat menggunggah jiwa shopinng kamu, kan?
 
Namun kembali lagi pada kebutuhan. Pastikan barang, produk atau jasa yang dibeli sesuai dengan kebutuhan, ya. Bukan keinginan.
 
Meski menggunakan voucher promo dan diskon, pastikan semua sesuai syarat dan keterntuan berlaku. Jangan sampai kamu terkena jebakan Batman karena ternyata ada biaya yang tersembunyi.

gestun traveloka paylater

***

Baca Juga: PayLater, Cara Pembayaran Baru di Traveloka

Karateristik kredit online tanpa kartu kredit PayLater itu sebenarnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

Beragam keuntungan yang didapat pun dapat membantu mengatasi masalah keunganan jika digunakan dengan benar. Konsep pinjaman tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit pun menjadi salah satu benefitnya.

Akan tetapi, jika tidak berhati-hati dalam bertransaksi dan kurang memerhatikan ketentuan serta syarat yang berlaku, bisa jadi kamu malah buntung.

Oleh sebab itu, usahakan selalu teliti terhadap syarat, ketentuan dan risiko dari produk pinjaman, ya. Usahakan belajar berhemat dengan selalu memanfaatkan promo atau diskon dengan sebaik mungkin 😁


21 comments:

  1. kalau diriku yan pasti memanfaatkan program promo dan diskon setelah itu juga menetapkan batas dana yang boleh digunakan. jadi aman dan terkendali deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sip ide nya kak. bisa, nih di sontek :)

      Delete
  2. Sekarang mah banyak yang menawarkan paylater. Kalau kita nggak selektif yang ada malah terjebak hutang. Ngeri sih.

    Belum lagi kalau ada promo. Harus benar-benar bisa tahan kalau nggak perlu banget. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeps, betul mbak
      jangan sampai keasyikan belanja malah tagihan jebol

      Delete
  3. "Beli Dulu, Bayar Belakangan." hemmmm, tentu saja menggiurkan. Namun apapun bentuk kreditnya kita tetap kudu bijak menggunakannya ya. Saya perhatikan apply KTA PayLater ini cukup mudah, jadi tertarik.

    ReplyDelete
  4. Wiwin | pratiwanggini.net7/05/2021

    Paylater sangat bermanfaat memberi pertolongan di saat genting. Misal tiba-tiba harus pulang kampung, harus beli tiket padahal dana gak ada. Yang penting gunakan dengan bijak dan bayar dengan disiplin.

    ReplyDelete
  5. Harus benar-benar bijak nih gunainnya. Jangan sampai terlena karena judulnya pay later lantas bayarnya nanti-nanti dan ditunda terus. Kalau berani ambil paylater ya harus siap mengatur penghasilan untuk disiplin bayar cicilan, biar gak numpuk

    ReplyDelete
  6. Hehe bener banget mba, harus hati2 bangett apalagi kalo soal kredit gini. Ngga serta merta semua harus pake kredit jadinya kan ya

    ReplyDelete
  7. Kredit memang menggiurkan. Tapi wajib memperhatikan banyak hal seperti yang sudah diulas di atas. Termasuk risiko. Misal, kalau telat bayar gimana? Kalau lewat jatuh tempo gimana? Dan sebagainya. Intinya juga harus bertanggung jawab.

    ReplyDelete
  8. Yg pasti kalau ada promo promo mh bisa banget dimanfaatkan ya. Nggak melulu jelek kok pay later ini slalu kita bisa bijak. Nah, di Traveloka ini jg menariknya ga cuma nginep d hotel doank ternyata

    ReplyDelete
  9. Syarat dan ketentuan berlaku seharusnya memang dibaca dengan teliti dan dipahami ya, agar nggak merasa loh kok gini..gitu.. padahal nggak dibaca dengan benar ya

    ReplyDelete
  10. Menggiurkan banget memang kalau bisa beli dulu bayar belakangan. Memudahkan ya dengan adanya PayLater dari Traveloka tapi harus bijak pastinya jangan aji mumpung. Berani menggunakan harus tau konsekuensi pembayarannya sesuai kemampuan

    ReplyDelete
  11. Wow, gede juga ya plafonnya bisa sampai 50 juta setahun, Kak. Tapi jangan sampai lengah juga ya, bagaimana pun itu utang yang mesti dibayar, jadi mesti dipelajari risikonya, bukan yg enak-enak aja. Jangan sampai selisih jauh dari kemampuan membayar. Semoga lancar semua yang pakai PayLater Traveloka!

    ReplyDelete
  12. Paylater Traveloka itu sangat membantu asal bijak memakainya dan tau batasan kemampuan kita. Liburan atau staycation jadi nyaman.

    ReplyDelete
  13. menggunakan kredit online tanpa kartu seperti PayLater Traveloka ini memang memudahkan ya mbak
    tapi harus bijak dalam menggunakannya

    ReplyDelete
  14. Wah ternyata kalau pakai PayLater lumayan juga ya.

    Taoi jangan sampai nggak eungeuh sama limit dan kemampuan diri nih. Perlu benar benar jeli memanfaatkan fasilitasnya.

    ReplyDelete
  15. Aku termasuk yg bukan langganan paylater sih, tapi lihat penawaran dari Traveloka, kok ya kepincut kkwkw. Lumayan buat persiapan liburan pas Covid-19 udah reda

    ReplyDelete
  16. Untuk sesuatu yang urgent pertama, yang kedua kumpulin point Dan ketiga pas Ada diskon jadinya seru menggunakan traveloka paylater ya

    ReplyDelete
  17. wah memang paylater ini sangat membantu pengguna setia traveloka ya dan yang penting sudah terdaftar di OJK jadi aman

    ReplyDelete
  18. Allhamduilllah ya mbak, tapi tetep ya kudu tahu resiko jika ingin pakai
    makasih banget mba, aku jadi tahu nih. Salah satu solusi buat yang terburu-buru

    ReplyDelete
  19. kredit dan shopping online adalah pasangan yang serasi :p

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.