Bromo With Love


Hotel di Bromo yang Bagus


"Naiklah ke semua puncak gunung semampu mu, sampai kamu tahu, bahwa puncak terbaik adalah kesabaran."

- Anonymous -


Bromo with Love -  Akutuh selalu jatuh cinta sama yang namanya senja. Walau hadirnya hanya sesaat, namun mampu memberi pemandangan menakjubkan dengan semburat jingga nya. Dan menikmati matahari terbenam maupun berburu matahari terbit di ketinggian adalah hal yang luar biasa menyenangkan. Apalagi, banyak hotel di Bromo yang punya pemandangan indah. Suhu dingin pun nggak jadi masalah, selagi lensa kamera berhasil membidik setiap waktu berharga dengan lincah. Masitah ❤

YANG MENARIK DARI BROMO:


1| PASIR BERBISIK


Lautan Pasir Gunung Bromo

Walau tergolong gunung berapi aktif, pesona Bromo tidak pernah pudar. Bahkan semakin terang hingga sekarang.

Luasnya hamparan pasir dengan suara khas akibat hembusan angin, menjadi salah satu yang menarik ketika berkunjung ke Bromo.

Pasir Berbisik.

Yups, lautan pasir Bromo yang sungguh memanjakan mata dan hati ini cocok sekali digunakan untuk lokasi pengambilan gambar sebelum pernikahan (pre-wedding). Padang pasir Bromo yang luas ini pun bisa dijadikan tempat "istirahat." Mem-pause sejenak segala kerja otak sembari menikmati keindahan alam. Bukankah ini perpaduan wisata dan rasa yang menenangkan hati? Kapan lagi coba bisa rekreasi sambil relaksasi 😍

2| MILKY WAY


Bromo Milky Way Galaksi Bima Sakti
Image By TripAdvisor
Selain menjadi salah satu tempat terbaik menikmati senja dan menangkap matahari terbit, Gunung Bromo juga menjadi spot favorit pecinta seni fotografi untuk mengambil gambar Galaksi Bima Sakti.

Pada tahun 2013 lalu, seorang tourist berhasil mengabadikan Bromo Milky Way dari penanjakan 1. Kemudian setelah wisatawan tersebut menggunggah hasil bidikannya ke laman social media, barulah banyak fotografer berbondong-bondong datang sebab penasaran dan ingin melihat langsung keindahan Galaksi Bima Sakti pada malam hari.

Mereka pun berharap bisa seberuntung si tourist dengan harapan berhasil menangkap momen Bromo Milky Way secara sempurna.

Namun untuk mendapatkan hasil yang bagus, beberapa fotografer menyarankan agar mengambil gambar pada lokasi yang tepat. Yaitu pada Penanjakan 1 dengan kriteria alat tempur : setting camera manual, ISO 1600-6400, speed 10-30 detik dan bukaan lensa f/1.4-f/4.

Bagaimana? siap berdingin-dingin demi bunga api dimalam hari?


3| BUKIT TELETUBBIES


Padang Ilalang di Bukit Teletubbies Bromo
Padang Ilalang di Bukit Teletubbies Bromo Sebelum Terbakar (Image by IDN Times)
Bergerak ke arah selatan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, terdapat perbukitan mirip tempat bermain Tinky Winky, Dipsy, Lala dan Poo dalam serial kartun televisi 90-an, Teletubbies.

Padang rumput yang berjajar cantik ini juga sering dijadikan tempat foto untuk pre-wedding. Lokasinya yang mudah di akses -apalagi dari arah Malang, menjadikan Bukit Teletubbies salah satu lokasi favorit wisatawan ketika berkunjung ke Bromo bersama keluarga, teman maupun pasangan 😊

4| BUKIT MENTIGEN

Bukit Mentigen Bromo
Image by Travel Kompas
Mendapati senja sedang melukis langit pada sore hari adalah pemandangan luar biasa keren. Apalagi jika bisa melihatnya langsung dari penginapan tempat kita tinggal. Apalagi, ada banyak hotel di Bromo yang bagus, yang menawarkan pemandangan indah, sarapan enak dan harga murah 😁

Walau tidak terlalu tinggi, Bukit Mentigen merupakan salah satu tempat favorit sunset hunter Bromo selain Penanjakan loh. Letaknya pun dekat dengan Hotel Lava View Bromo. Jadi bisa ditempuh dengan jalan kaki maupun menggunakan kendaraan roda 2 atau roda empat.

5| SAVANA

Padang Savana Lembah Jemplang Bromo
Image by Pinterest
Ke Bromo, belum lengkap kalau tidak berkunjung ke padang Savana atau Lembah Jemplang.

Padang rumput yang pernah terbakar pada tahun 2018 ini pun sudah kembali cantik. Dengan perbukitan hijau yang mengelilingi dibagian Barat plus tebing-tebing yang menjulang tinggi dibagian timur semakin menambah rasa takjub akan keindahan Padang Savana Bromo.

Oh iya, untuk sampai kesini, bisa ditempuh melalui dua jalur. Bisa dari Malang - Tumpang - Jemplang - Padang Savana. Atau via jalur Timur melalui desa Cemoro, Lawang.

6| PENANJAKAN


Penanjakan Bromo Tengger Semeru
Image by Jeep Bromo
Kali pertama ke Bromo, itu.... kapan ya? Sekitar awal tahun 2013 kalau nggak salah. Waktu itu sarana dan prasarana nggak selengkap dan sebagus ketika akan kedatangan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Waktu itu juga aku masih stay di Pasuruan, jadi ke Bromo nya cukup naik motor selama kurang lebih 45 menit dari rumah.

Biaya parkir nya pun hanya Rp. 3000 (untuk satu motor + uang masuk). Kecuali jika ingin merasakan sensasi naik kuda di lautan pasir Bromo, ya harus bayar lagi.

Namun karena memang pergi nya kurang niat -asal jalan aja, jadilah aku tidak tertarik mengabadikan momen singkat tersebut. Begitu sampai di penanjakan, suhu dingin mulai terasa (padahal masih siang hari -sekitar pukul 14.00 WIB), automatis, alergi ku kambuh. Bersin-bersin deh sepanjang turun ke Pasir Berbisik Bromo.

But that doesn't matter.

Karena setelah menciptakan footprint di lautan pasir dengan mata memincing (because lupa nggak bawa masker dan kacamata), Subhanallah... rasanya takjub campur nggak percaya. Berdiri ditengah-tengah hamparan lautan pasir yang luas, berdua saja, pakai baju seadanya, noleh kanan kiri cuma ada gunung dan pohon. Sungguh, alam ini luar biasa. Keren.

Dan fyi, Gunung Bromo memiliki dua penanjakan dengan tinggi berbeda loh, guys.

Penanjakan 1 atau yang lebih dikenal dengan View Point Sunrise adalah tempat favorit wisatawan menikmati keindahan matahari terbit. Penanjakan 1 letaknya disebelah barat Pegunungan Tengger. Untuk sampai poin ini, perlu kendaraan khusus seperti jeep hardtop mengingat medan nya penuh tikungan tajam kek mantan yang pengen ngajak balikan #ehgimana 😂

Sedang penanjakan 2 disebut juga View Point Seruni. Penanjakan 2 memiliki tinggi yang lebih rendah dibanding penanjakan 1. Namun pemandangan alam yang disuguhkan bersamaan waktu matahari menyingsing tidak kalah keren. Di View Point Seruni, landscape Gunung Bromo terpapar jelas, lautan pasir yang luas dan jangan lupakan cantik nya Gunung Semeru yang sungguh memanjakan mata. Amazing 👌

PENGINAPAN NYAMAN


Terletak diantara empat kebupaten, yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Promolinggo dan Kabupaten Lumajang, Gunung Bromo memiliki ketinggian sekitar 2329 Mdpl ini makin tersohor hingga mancanegara.

Akses jalan, penginapan maupun fasilitas umum semakin hari semakin baik. Jadi, nggak heran kalau sering ketemu turis di Pasuruan. View sepanjang jalan menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru melalui jalur Pasuruan memang keren, nggak heran kalau beberapa pelancong mencoba rute ini.

Memasuki desa Tosari terus keatas (semakin mendekati penanjakan), pemandangan alam berupa pohon pinus yang berjajar di sepanjang jalan, anjing-anjing berkeliaran seperti kucing, tanaman kentang dan ladang-ladang penduduk memenuhi bukit, jurang yang curam juga suhu yang lumayan mulai membuat tubuh menggingil adalah teman.

Namun semua cerita belum lengkap jika belum menikmati mi instant di ketinggian. Ah, padahal hanya semangkuk mi goreng instan dengan kuah berlebih ditambah telur dan sawi, tapi rasanyaaaaa.... istimewa. Apalagi makannya berdua sama yang tercinta. Di gunung pula. Isn't very sweet? 😍

Nah, jika kamu ingin wisata ke Bromo Tengger Semeru, boleh deh cek penginapan murah di Bromo 2019 berikut terlebih dahulu. Sembari menentukan jadwal keberangkatan, mencari paket tour Bromo sekalian jangan lupa siapkan baju hangat, topi, masker, syal atau apapun yang bisa menghangatkan badan mengingat suhu di gunung itu dingin. Walau sebenarnya ada yang menjual kebutuhan semacam itu di Gunung Bromo, tetapi tidak ada salah nya sedia payung sebelum hujan 'kan?


9 Rekomendasi Hotel atau Penginapan Terbaik di dekat Gunung Bromo:

Image by TribunNews.com

1. Sion View Bromo


Berlokasi di Jalan Raya Bromo Wonokerto Probolinggo, tempat yang awalnya home-stay ini kini berevolusi menjadi sebuah hotel karena banyaknya peminat.

Fasilitas: pemandangan menghadap bukit dan gunung, mandi air panas, sarapan, restoran, kafe dan free Wi-Fi. Untuk rate harganya, sekitar Rp. 470.000 per malam

2. Homestay Cemara Indah Bromo


Penginapan ini termasuk hotel di Bromo yang punya pemandangan indah sebab menghadap langsung pada Gunung Bromo. Letaknya pun startegis, yaitu di Jl. Raya Gunung Bromo Cemoro Lawang.

Rate harga per malam sekitar Rp. 415.000 dengan fasilitas seperti area parkir, Wi-Fi, resto, tevelisi dan peralatan mandi

3. Jiwa Jawa Bromo


Jiwa Jawa Bromo merupakan penginapan unik yang berkonsep  "Melestarikan Lingkungan," dengan menggunakan bahan makanan lokal, pengolahan limbah dan fokus promosi pada wisata sekitar.

Lokasinya ada di Jalan Raya Bromo Probolinggo dengan harga hotel di Bromo 2019 sekitar Rp. 1.700.000 per malam 😊

4. Yoschi's Hotel


Arsitektur khas Bali. Rate harga sekitar Rp. 247.500 per malam. Tersedia fasilitas seperti alat mandi, tv, lounge, kedai kopi, resto, message, layanan kamar dan tempat parkir.

Lokasi: Jl. Wonokerto Km1  Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur

5. Lava Lava Hotel


Terletak di Jalan Raya Bromo Probolinggo atau sekitar 42 km dari Kabupaten Lumajang, Lava Lava Hotel merupakan salah satu penginapan murah di Bromo 2018. Dengan rate harga per malam sekitar Rp. 250.000, fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap. Seperti Wi-Fi, TV, AC, sarapan plus teras dan balkon

6. Bromo Tanjung


Berada di Desa Tosari, Pasuruan, Bromo Tanjung menawarkan pemandangan alam gunung Bromo yang bisa dilihat langsung dari lokasi penginapan.

Menyediakan kamar dengan kapasitas 4-6 orang dengan harga sekitar Rp. 250.000 - Rp. 450.000 per malam, per kamar. Tersedia pula fasilitas sewa mobil, lounge, televisi dan kamar mandi pribadi. Oh iya, Bromo Tanjung ini terlek di 25 km dari Bandara Abdul Rachman Saleh Malang dan 37 km dari Trets Pasuruan.

7. Bromo Permai


Hotel Bromo Permai terletak 1 km dari Gunung Bromo, tepatnya di Jalan Cemorolawang Ngadisari Probolinggo Jawa Timur. Menyediakan layanan antar jemput bandara berbayar. Terdapat kamar, teras dan taman yang bisa digunakan untuk bersantai. Ada juga kamar bebas rokok, Wi-Fi gratis dan sarapan kontinental. Untuk harga menginap per malam adalah Rp. 465.000.

8. Bromo Terrace


Bromo Terrace Hotel & Resto merupakan hotel di Bromo yang menawarkan sarapan enak dengan konsep casual restaurant + teras yang menghadap gunung langsung.

Terdapat juga fasilitas layanan bantu, Wi-Fi gratis, layanan kamar, kids friendly, sarapan gratis dan area parkis gratis. Rate harga kisaran Rp. 1.200.000 per malam 😄 Berlokasi di Jl. Raya Bromo Dusun 2, Sapikerep, Sukapura, Probolinggo.

9. Plataran Bromo


Seperti apa sarapan yang disajikan di Plataran Bromo?

Menurut reviewer yang pernah menginap di hotel mewah bintang 5 ini, ada banyak sekali fasilitas hotel yang bisa dinikmati oleh para tamu. Seperti sarapan gratis, layanan binatu, disabilitas access, tempat parkir gratis,  Wi-Fi dan layanan kamar.

Plataran Bromo Pasuruan memiliki kisaran harga Rp. 1.600.000 - Rp. 2.300.000 dan berlokasi di Tosari, Pasuruan Jawa Timur.

*** 



Well, meski awalnya bertolak ke Bromo karena cinta -alias kencan, namun siapa sangka, bahwa mitos "JANGAN PACARAN DI GUNUNG, NANTI BISA PUTUS," bakalan terjadi 🙈

Bukan... bukan... bukan pergi ke Bromo untuk putus. Namun putus beberapa hari setelah wisata Gunung Bromo Tengger Semeru berlalu.

Namun, bukankah semua peristiwa yang terjadi dimuka bumi ini adalah takdir?

Terlepas dari percaya atau tidak nya pada mitos. Ya sudah, yang berlalu biarlah berlalu.

Sekalipun pernah punya cerita pahit selepas dari Gunung Bromo, but no problem.

Aku akan tetap dan selalu mencinta senja. Dari mana pun aku menikmatinya, semua akan tetap sama. Indah.

Bromo With Love Bromo With Love Reviewed by Heizyi on September 14, 2019 Rating: 5

1 comment:

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.