How to Deal with Disturbing Insomnia


Cara Mengatasi Susah Tidur Insomnia Tanpa Obat


"Your dream may seem impossible to someone with insomnia"

- Junnita Jackson -


How to Deal with Disturbing Insomnia - Kebetulan sekali, akhir-akhir ini aku kembali menderita insomnia. Entah karena sugesti lingkungan yang sedang tidak aman, efek samping obat atau memang tubuh tidak sedang dalam kompromi. Aku baru bisa tidur ketika memasuki waktu subuh. Separah itu? Yes! Alhasil, banyak hal yang terlewatkan di pagi hari, absen nonton kartun kesayangan (kalo pas lagi libur), lost fresh air in the morning, cucian terbengkalai dan mood swing yang bikin berantakan 😔

Susah tidur atau insomnia sebenarnya bukanlah sebuah penyakit, namun jika di biarkan, insomnia bisa mengganggu kesehatan juga loh. Berikut bahaya insomnia bagi tubuh di kutip dari beberapa sumber :

BAHAYA INSOMNIA BAGI TUBUH :


  1. Mudah depresi
  2. Pelupa atau pikun
  3. Tua sebelum saatnya
  4. Gampang terserang penyakit
  5. Mood berantakan
  6. Kinerja otak menurun

Ada beberapa yang menyebutkan, bahwa penyakit susah tidur di sebabkan karena stress atau banyak pikiran. Orang yang menderita insomnia biasa nya membutuhkan waktu lebih banyak supaya bisa terlelap. Biasanya juga, hanya bisa tidur dalam waktu tidak lebih dari 7 jam saja 😲 Selain itu, ada beberapa gejala susah tidur yang lainnya, seperti dibawah ini. Kamu termasuk yang mana?

GEJALA INSOMNIA ALIAS SUSAH TIDUR :


  • Sering terbangun di malam hari dan sulit tidur lagi
  • Susah saat ingin tidur, padahal mengantuk
  • Biasanya bangun terlalu pagi
  • Susah konsentrasi
  • Mudah lelah dan gampang ngantuk esok hari nya
  • Kesulitan dalam hal mengingat (pelupa)

Nah, kalau aku termasuk yang pertama nih guys, sering kebangun saat malam hari dan pasti susah buat merem lagi 😓

Selain menurunkan energi dan kinerja tubuh, insomnia juga bisa menyebabkan kualitas hidup menurun loh. Secara, mood sudah berantakan saat bangun tidur. Seperti yang aku alami belakangan ini. Kadang aku berpikir, kenapa mataku susah sekali di ajak kompromi, padahal sudah sangat mengantuk. Dan lelahnya, aku sudah mencoba berbagai macam cara untuk mengatasi insomnia ini. Mulai dari baca buku, pindah tempat tidur, sugesti diri sendiri. Tapi nihil, aku tetap bisa tidur pulas ketika sudah hampir pagi, otomatis juga bangun siang 😱 Kacau banget, kan?

Baca Juga : 14 Makanan Ini Mengandung Garam Tinggi. Hindari Sebelum Terlambat!

Meski hampir putus asa karena penyebab insomnia yang tidak jelas, akhirnya aku mencoba beberapa alternatif berikut. Siapa tahu, cara mengatasi susah tidur tanpa obat ini bisa di lakukan setiap gejala susah tidur kembali menyerang. So, how to deal with disturbing insomnia?

Cara Mengatasi Insomnia alias Susah Tidur Tanpa Obat

Tips Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur dengan Cepat. Semoga berhasil..


1| Minum Teh Chamomile


Menurut sebuah artikel, mengkonsumsi teh chamomile bisa mengatasi insomnia. Selain menyehatkan, chamomile tea juga bisa mencegah diabetes loh. Manfaat teh chamomile lainnya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan luka, meredakan migrain, mengatasi error pada perut dan menyembuhkan radang kulit. Wah, perlu dicoba gak sih?

2| Hindari Heavy Dinner


Makan malam dengan porsi berlebih plus karbohidrat tinggi, ternyata bisa menyebabkan pola tidur terganggu loh. Makan makanan berat sebelum tidur juga bisa mempengaruhi kesehatan dan berat badan bertambah 😆 Duh, padahal lidahku Indonesia banget. Belum makan kalau gak ada nasi 😜

3| Lalukan Teknik Pernapasan


Seperti dilansir dari Liputan6.com. Insomnia bisa di atasi dengan mencoba teknik pernapasan sebelum tidur. Lakukan pola pernapasan 4-7-8 supaya mata bisa terpejam lebih cepat. Caranya, bernapas melalui hidung selama 4 detik, tahan napas selama 7 detik, lalu keluarkan dari mulut selama 8 detik. Ulangi sampai kamu tertidur. Dan semoga berhasil ya 😁

4| Jangan Minum Kopi


Ada beberapa orang yang tawar dengan caffeine. Mereka akan tetap terlelap meski sudah mengkonsumsi kopi. Tapi kalau kamu adalah penderita insomnia, lebih baik jangan minum kopi saat malam hari. Kecuali ingin begadang. Karena selain kamu akan mengalami susah tidur, kafein juga tidak baik untuk kesehatan. Untuk poin ini, aku skip. Aku udah gak berteman sama kopi lagi sejak magh parah. Jadi, insomnia ku jelas bukan karena kopi. Haha..

5| Pakai Kaus Kaki


Cuaca dingin bisa menyebabkan tidur tidak nyenyak atau malah susah tidur. Untuk menghindari insomnia akibat cuaca yang tidak bersahabat, tidak ada salahnya jika saat tidur, kita memakai kaus kaki. Meski bukan negara dengan musim dingin, tapi perubahan iklim tropis yang sedang melanda Indonesia menyebabkan beberapa daerah menjadi sangat dingin, terutama ketika malam hari. Dan memakai kaus kaki, i think is a good idea 😎

6| Baca Buku


Aku sudah mencoba cara ini, bahkan sampai bisa mengkhatamkan satu novel dalam semalam. Tapi, hasilnya nihil. Tetep gak bisa tidur. Malah semakin penasaran sama jalan cerita yang aku baca. Yasalam.. 😠 Padahal, menurut O'Donovan, membaca buku bisa menyegarkan pikiran loh. Tapi cukup 20-30 menit saja. Jika tidak berhasil, Donovan menyarankan untuk pindah tempat membaca sampai mata siap tidur. Kalau kamu, beneran ngantuk setelah baca buku?

 Cara Mengatasi Insomnia alias Susah Tidur Tanpa Obat

7| Dengerin Podcast atau Audiobook


Aku paling takut sama kesunyian, makanya aku selalu rindu kamu setiap malam *eaa... 😆 Gak ding! Aku emang penakut, apalagi kalau sunyi, horor aja kalau sepi banget pas malam hari. Jadi, supaya suasana nya gak hening, aku suka hidupin musik atau murotal Al-quran. Mengalihkan kekhawatiran dengan mendengarkan podcast atau audiobook juga bisa jadi alternatif mengatasi insomnia tanpa obat loh. Aku sedikit berhasil pakai cara ini. Tapi agak lama baru ngantuk 😋

8| Mandi Air Panas


What, mandi malam-malam? Gak saleh tuh?

Menurut sebuah artikel, mandi air panas dengan tambahan beberapa tetes minyak lavender bisa membuat badan rileks loh, guys. Yups, semacam spa gitu. Jadi biar badan gak pegel dan pikiran enteng.

9| Matikan Gadget


Nah, news flash for you guys. Kalau ingin tidur nyenyak. Salah satu senjata pamungkasnya adalah jangan main hp terus-menerus dan matikan semua peralatan elektronik. Tujuan nya jelas, supaya fokus kita hanya membuat mata terlelap. Dan yang harus kalian tahu, cahaya elektronik yang masuk ke retina akan membuat otak kebingungan membedakan siang atau malam hari sehingga mendistorsi waktu tidur.

Nah loh, biar aman, mending non aktifin gadget aja deh. Cahaya dari alat elektronik maupun gadget juga gak bagus untuk kesehatan mata, kan?

10| Konsultasi ke Dokter


Setelah semua cara di coba, namun tetap mengalami susah tidur. Lebih baik checkup ke dokter deh. Siapa tahu, sistem kerja tubuh kamu sedang tidak baik. Atau memang kondisi tubuh sedang tidak fit.

Dari 10 cara mengatasi susah tidur tanpa obat diatas, tips nomor berapa yang bekerja sempurna setelah kamu coba? Kalau aku sih, udah bisa mengatasi insomnia dengan cepat setelah dengar suara kamu haha... receh banget ya. Tapi boong 😋

Well, semoga kalian bisa kembali tidur nyenyak dan mimpiin aku ya, guys. Jadi gak perlu lagi ngarepin ucapan, "Sleep tight, baby" dari gebetan sampai pagi. Haha.. Semoga bermanfaat..

Baca Juga : 1001 Manfaat Meng-khatam Al-quran


How to Deal with Disturbing Insomnia How to Deal with Disturbing Insomnia Reviewed by Heizyi on August 01, 2018 Rating: 5

No comments:

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up in : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.