Check This Out! Cara Aman Menyimpan File Foto di HP Agar Tidak Hilang


Cara Menyimpan File Foto di HP Android Agar Tidak Hilang Mendadak

"What i like about photographs is that they capture a moments that's gone ever, impossible to reproduce"

- Karl Legerfeld -


Check This Out! Cara Aman Menyimpan Foto di HP Agar Tidak Hilang - Suatu hari, aku pernah sangat panik karena foto di hp hilang mendadak. Padahal sehari sebelumnya, banyak sekali hasil jepretan yang aku hasilkan. Meliputi foto produk, foto flatlay untuk hiasan feed instagram juga beberapa screenshot referensi quote untuk "Poemfa."

Duh, padahal hari itu jadwal sudah tersusun rapi. Setelah bagun tidur, lanjut beberes rumah, sarapan, baru setelah itu duduk anteng didepan laptop untuk nge-blog.

Namun foto hasil editan yang seharusnya aku unggah di blog dan instagram ternyata tidak ada. Entah apa yang terjadi sehingga foto di hp hilang secara tiba-tiba. Panik? pasti dong. Hasil kerja seharian rasanya sia-sia. Musnah tiada bekas.

"Siapa tahu fotonya emang sembunyi"
"Mungkin hp ku error, makanya foto yang kemarin nggak muncul di galeri"
"Ah, semoga saja fotonya ada di memori internal"
"Palingan memori hp ku penuh, makanya fotonya gak keluar"

Selagi menerka-nerka, aku berusaha menenangkan diri dari kepanikan. Perlahan aku membuka memori penyimpanan telepon dan memori card dengan teliti. Berharap file foto yang hilang dari hp android benar-benar terselamatkan atau paling tidak masih berada dalam folder yang aman.

Tetapi... setelah dilakukan pencarian berulang-ulang, hasilnya tetap tidak memuaskan. Foto-foto itu hilang pemirsah. Lenyap, tak bersisa 😭

Akhirnya, kuputuskan untuk pergi ke google, mencari jawaban dalam artikel-artikel panjang yang harus aku baca dengan sabar.

Beberapa dari artikel tersebut menjelaskan apa penyebab foto hilang sendiri. Dari artikel itu pula aku menemukan cara mengembalikan puluhan foto yang mendadak hilang dari hp Samsung.

Oh ya ampun, ternyata foto yang aku kira hilang secara tiba-tiba, tersimpan rapi dalam Google Foto. Walau ada yang harus dipaksa kembali menggunakan aplikasi lain dan hasil recovery fotonya tidak normal -cenderung rusak- but no problem. Dari pada tidak kembali sama sekali. Iya 'kan?

Kejadian ini membuatku sadar akan pentingnya melakukan backup data smartphone. Hp yang sudah seperti nyawa pada zaman digital seperti saat ini,  harus dijaga keamanan file dan datanya. Harus dirawat sistem dan fisiknya dengan benar. Sebab jika file didalam nya mengalami kerusakan maupun hilang secara tiba-tiba, akan ada konsekuensi yang harus diterima si pemilik. Dan aku tidak mau itu terjadi lagi.

Meski pada kenyataan, aku kembali mengalami nya. Beberapa foto di hp Oppo yang diambil pada awal bulan September 2019 pun tiba-tiba hilang. Tidak ada dalam folder manapun termasuk Google Foto. Astaga, bagaimana ini?

File Foto di HP Android Agar Hilang Mendadak
Kali ini aku tidak bisa melakukan apa-apa kecuali ikhlas. Sebab jadwal pencadangan pada hp Oppo ku memang belum dinyalakan.

Sampai akhirnya, ada seorang teman yang menyarankan agar aku rajin melakukan backup data smartphone secara teratur -minimal sekali setiap bulan- atau menggunakan USB OTG SanDisk  sebagai media penyimpanan cadangan eksternal file foto di hp android.

Lalu aku, auto mikir, "Apaan tuh USB OTG?"

Aku tahu nya ya OTG doang. Kabel USB yang bisa dicolokin flashdisk, kan?


Karena gemes akan keawamanku terhadap USB OTG, dijelaskan lah dengan se-rinci-rinci nya dalam tempo sesingkat-singkatnya apa itu yang dimaksud USB OTG SanDisk πŸ˜‚

SanDisk Ultra Dual OTG Flash Drive M3.0


Menurut apa yang dia baca disebuah artikel, USB OTG SanDisk adalah media penyimpanan dan transfer konten dari hp ke komputer atau dari hp satu ke hp lainnya dengan cepat.

Dalam hal ini, temanku menyarankan agar aku menggunakan tipe SanDisk Ultra Dual OTG Flash Drive M3.0 saja. Selain memiliki dua sisi konektor usb yang berbeda -micro usb dan usb  3.0, perangkat ini bisa melakukan tugasnya dengan cepat. Jadi aku nggak perlu merasa diburu waktu ketika menunggu proses pencadangan berlangsung.

Spesifikasi Sandisk Ultra Dual OTG Flash Drive M3.0
Wow, jadi nggak ribet dan nggak perlu bawa-bawa card reader dan usb OTG lagi, ya? Ah, kenapa nggak bilang dari dulu saja, sih. Tahu begini kan file foto di hp ku bakal aman dan nggak hilang mendadak gini 😀

Tapi nggak apa-apa deh, mulai sekarang, aku nggak bakal abai lagi akan pentingnya backup data pada smartphone. Tahu sendiri kalau kehilangan data di hp itu seperti neraka. Kesel nggak karuan, nyesel belakangan, tapi nggak bisa berbuat apa-apa untuk mengembalikan file, foto maupun video yang terhapus di memori internal android.

For your information, guys... Sebagai mobile storage brand yang membantu mengelola dan mem-backup data dengan mudah dan cepat. Sandisk menawarkan dua produk terbarunya untuk membantu kita yang suka males bikin cadangan file foto di hp andoid maupun iPhone. USB OTG SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 dan SanDisk Ultra Dual Drive 3.0 Tipe C untuk pendamping perangkat Android. Sedang untuk pembantu ideal backup data pada iPhone, SanDisk merilis Sandisk iXpand Flash Drive.

Yups, selain produk yang direkomendasikan temanku tadi, SanDisk juga punya prdouk lain yang nggak kalah keren dalam hal pencadangan loh, iXpand Flash Drive for iPhone dan SanDisk Ultra Dual Drive 3.0 Tipe C

Udah mungil, ramping, fungsinya nggak main-main. Penasaran? Nih, tonton aja penampakan body dan gimana cara kerja SanDisk iXpand Flash Drive dan SanDisk Ultra Dual Drive Tipe C. Awas mupeng loh 😍



Orang Indonesia Masih Males Backup Data Smartphone, Padahal Penting!


Eh, ternyata nih ya, selain aku, kamu dan dia (apaan,sih) kebanyakan orang Indonesia tuh emang suka males backup data yang ada di hp. Mereka mengira, melakukan backup konten pada smartphone adalah pekerjaan ribet dan menuh-menuhin memori. What?

Kalian belum tahu aja gimana jengkelnya kehilangan data di hp secara mendadak, urghhhh... 😑

Bahkan, Western Digital -perusahaan teknologi informasi asal Amerika Serikat- sampai melakukan survei pada 1.120 orang yang tersebar di 6 kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Jogja, Makassar dan Medan untuk mengetahui, seberapa penting tingkat melakukan backup data pada smartphone menurut orang-orang Indonesia.

Dan dari survei itu didapat hasil, bahwa, meski 80% masyarakat Indonesia sadar akan pentingnya melakukan backup data pada smartphone, tapi hanya 25% (atau sepertiga) saja yang rutin melakukan pencadangan secara terjadwal. OH MY.... πŸ™ˆπŸ™ˆπŸ™ˆ

Lalu, yang lebih menarik lagi, hasil survei membuktikan bahwa masyarakat Indonesia cenderung menggunakan fitur kamera pada smartphone ketimbang untuk menelpon πŸ˜‚

Western Digital sudah merangkum hasil survey nya pada infografis dibawah ini untuk memudahkan pengolahan data dan mengetahui mobile habit orang Indonesia 😊

Pentingnya Melakukan Backup Data Smartphone
Mobile Habit Orang Indonesia Terhadap Smartphone oleh Western Digital
Sudah jelas, kan bagaimana "agung" nya sebuah smartphone bagi penunjang aktivitas sehari-hari. Penting banget loh melakukan pencadangan smartphone secara runtin. Yah, walau sebenarnya ada banyak faktor yang memengaruhi hilangnya file atau foro di hp secara mendadak, selain tidak sengaja terhapus atau terjadinya malfungsi pada smartphone.

Nah, sebagai bentuk antisipasti dan solusi, Western Digital juga membagi cara mengamankan, mengelola dan mencadangkan file, foto, video, musik dan data-data penting yang ada di hp agar tidak hilang secara mendadak. Are you ready? Oke, disimak ya ^^

Tips Mengatasi Memori HP Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi Terinstal :


1| BEBASKAN MEMORI PENYIMPANAN


Untuk pengalaman mobile lebih lancar dan terhindar dari gejala "memori penuh," Western Digital menganjurkan supaya kita menyimpan atau memindahkan sementara file, foto maupun video yang ada di hp ke USB OTG SanDisk Ultra Dual Drive (Android) atau ke SanDisk iXpand Flash Drive (iPhone) guna memberi ruang kosong lebih besar pada memori penyimpanan pada hp.

Jadi, supaya momori hp nggak terlalu sesak, kita simpan sementara data-data penting ke USB OTG SanDisk saja dulu. Atau kita bisa membuat double cadangan juga di komputer. Jadi aman deh dari drama foto hilang secara tiba-tiba πŸ˜‰

2| PLUG & PLAY


Menyadari gaya hidup masyarakat urban yang sangat mencintai kemudahan, Wertern Digital juga merilis aplikasi "SanDisk Memory Zone" dan "SanDisk iXpand Drive" sebagai penunjang kinerja USB OTG SanDisk Dual Drive dan iXpand Flash Drive.

Aplikasi SanDisk Memory Zone merupakan aplikasi manajemen file berbasis Android untuk mengelola berbagai macam file, foto dan video yang sudah dicadangkan ke drive.

Nah, untuk memudahkan pengelolaan file yang sudah dicadangkan ke drive, kamu bisa mendownload aplikasi  SanDisk Memory Zone di Play Store.

Aplikasi ini kompatibel dengan berbagai perangkat android yang support USB OTG SanDisk. SanDisk Memory Zone juga bisa melakukan backup secara automatis ketika USB OTG dan hp dihubungkan.

Pengtingnya Melakukan Backup Data Smartphone
Ulasan Aplikasi SanDisk Memory Zone oleh Apktopsearch.blogspot.com
Untuk daftar hp android yang support OTG SanDisk, kamu bisa lihat list nya DISINI πŸ“Œ

3| BACKUP KONTEN MEDIA SOSIAL


Ternyata, selain melakukan backup secara automatis ketika dihubungakan dengan smartphone, aplikasi SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive juga mem-backup data pada konten media sosial yang terinstal dalam hp termasuk foto maupun video yang di-tag oleh teman kita.

Amazing, right? Udah gitu, praktis abis!

4| UPGRADE SMARTPHONE


Hal termudah untuk menambah kapasitas memori hp adalah dengan upgrade smartphone dengan kapasitas memori penyimpanan yang lebih besar πŸ˜…

Atau, sebagai alternatif nya, kamu bisa menggunakan SanDisk Extreme MicroSD A2 sebagai memori penyimpanan eksternal.

Mengingat peran hp yang sangat vital dalam kehidupan sehari-hari, kapasitas memori yang kecil tentu akan menyulitkan fungsi hp berjalan dengan lancar dan normal. Banyak nya jumlah foto, video maupun aplikasi game yang tertanam dalam smartphone akan membuat kinerka perangkat melambat.

Oleh sebab itu, SanDisk Extreme MicroSD hadir memberi kenyamanan pengguna supaya bisa bermain game dengan mudah dan cepat tanpa lag.

***


Belajar dari kehilangan, siapa pun yang pernah mengalami file foto, video maupun data penting lainnya hilang dari smartphone, pasti tahu rasanya. Panik, bingung dan kesel.

Ah, padahal sudah tahu hp itu seperti nyawa kedua, tapi masih saja tetap abai dan menyepelekan backup data.

Nah, mulai sekarang, supaya yang aku alami nggak juga terjadi pada hidupmu, yuk, rutin cadangkan data penting di hp. Atau kalau males, pakai USB OTG SanDisk saja, kan gampang tuh, ada aplikasi nya juga.

Well, semoga pengalaman cara menyimpan file foto di hp android agar tidak hilang secara mendadak ini, bermanfaat ya.

Bye πŸ’•

#DibuangSayang #SanDiskAPAC



Referensi:
*/https://www.sandisk.id/home/mobile-device-storage/ultra-dual-drive-usb-m-3
*/https://kb.sandisk.com/app/detect
*/https://drive.google.com/file/d/1-dv5VVTIIhWj7-9qjAKisNDgLwb8PQ9M/view
*/https://www.jakartanotebook.com/sandisk-ultra-dual-otg-flash-drive-m3.0-32gb-sddd3-32g-black

Check This Out! Cara Aman Menyimpan File Foto di HP Agar Tidak Hilang Check This Out! Cara Aman Menyimpan File Foto di HP Agar Tidak Hilang Reviewed by Heizyi on September 30, 2019 Rating: 5

23 comments:

  1. Wah kudu punya nih. Secara blogger itu pasti harus motret dan berulang-ulang sampai hasilnya bagus. Gak kerasa udah gak muat aja gara-gara memorinya cuma sedikit. Dan itu sering banget saya alami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... motret berulang-ulang tapi yang di upload cuma satu doang >.<

      Delete
  2. OTG Sandisk selalu menjadi yang terbaik hehehe
    aku jadi ngidam yang 128GB dual drive

    ReplyDelete
  3. aku juga pake sandisk otg untuk nyimpen data2 di hp yang kepenuhan. praktis banget tinggal colok ke hp beres

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillahh micro-USB smartphone aku support sama USB OTG SanDisk type 3.0 mbak.
    foto-foto dan video aku dijamin aman dan backupnya mudah, trus transfer datanya juga cepat hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, jadi semua file foto maupun video aman ya mbak? :)

      Delete
  5. Jadi makin pengen beli USB OTG SanDisk nih. Daripada harus bayar sewa bulanan iCloud yang terus naik kalau kapasitasnya sudah penuh mending pakai ini ya. Lebih mudah juga untuk transfer ke media lain dari hp.

    ReplyDelete
  6. AlhanAlhamdul masih ada di Google Photo yaa mba. Jadi pelajaran banget buat aku juga untuk rajin back up data. Makin yakin Beli SanDisk OTG. Btw Ada tempat recommendded Beli mba? Offline atau online ya better?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mbak. Jadi bisa sedikit bernapas lega.

      Kalau untuk rekom tempat beli USB OTG SanDisk, coba di tokped, bhinneka atau jakarta notebook

      Delete
  7. Aku juga lagi nyari otg usb yg beneran gambang buat backup, karena aku pernah salah beli otg usb yg hanya konektornya aja. Waktu itu blm begitu ngerti Otg itu apa hehehehπŸ˜…

    ReplyDelete
  8. Daku gak pernah back up media sosial di usb, ke back punya sih di hape makanya jadi full memory memang hapenya. Harus dengan san disk nih solusinya ya

    ReplyDelete
  9. Andalanku bgt ini usb. Ga perlu worry kehilangan data karena bisa back up pake ini. Super sekali :D

    ReplyDelete
  10. Selalu iri sama HP android yang bisa backup via OTG karena HPku iphone, hehehehe. Simpel ya Mbak, secure data tanpa repot.

    ReplyDelete
  11. Wah aku juga pernah kejadian ilang foto tiba-tiba gitu. Rasanya mau nngis tapi nggak keluar air mata. Waktu itu pasrah aja setelah nyoba segala cara n gagal. Kayaknya perlu banget USB OTG SanDisk ini emang. Tks ya

    ReplyDelete
  12. Ini yang dari kemarin aku cari! Bhaique lah, ternyata ada juga ya yang buat iphone.. siap nabung nih untuk segera wujudin punya si mini multi fungsi ini :)

    ReplyDelete
  13. Aku pernah kejadian juga nih mbak file foto ilang. Padahal itu foto kenangan banget dan momennya jarang-jarang terjadi lagi. Aku juga akhirnya sama, punya OTG supaya gampang back upnya.

    ReplyDelete
  14. Sama, deh. Ada foto dalam periode tertentu yang enggak keback up di Google Photos entah kenapa. Kalau sudah begitu memang gampangnya kita upayakan sendiri penyimpanan cadangan, ya. Sandisk OTG ini andalanku juga, mudah dibawa-bawa dan jadinya mempermudah kerjaan juga.

    ReplyDelete
  15. Alamdulillah yaa.. sekarang sudah ada solusi bagi yang hapenya penuh foto dan video juga dokumen lainnya.. ngga perlu hapuisn foto dan file dadakan atau hapus aplikasi.. tinggal pakai usb SanDisk OTG

    ReplyDelete
  16. Saya pernah mengalami kehilangan banyak data karena hp eror. Bahkan sering kehilangan banyak foto video dll karena hp nya hilang. Kesel. Sejak itu saya selalu menyempatkan utk back up data. Org Sandisk ini membantu sekali nih

    ReplyDelete
  17. Nggak kebayang deh kalau data2 penting itu lenyap begitu saja. Sungguh menyakitkan pasti. Back up sebenarnya banyak pilihannya dan caranya ya mbak, cuma pakai OTG sandsik ini emang cara termudahnya.

    ReplyDelete
  18. SanDisk ini langganan aku. Kalo butuh memori atau flashdisk pasti belinya SanDisk, yang paing murah dengan kualitas bagus soalnya. hehe...

    ReplyDelete
  19. saya nih yang sadar akan pentingnya back up tapi masih jarang melakukan backup, huhuhh. emang harus punya USB OTG ini juga deh.

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys πŸ’™

Powered by Blogger.