Mengintip Ritual Mandi Safar di Kampung Terih Batam


 Ritual Mandi Safar Kampung Terih Batam



"Sebuah budaya bangsa tinggal di hati dan di dalam jiwa rakyatnya"

- Mahatma Gandhi -



Mengintip Ritual Mandi Safar di Kampung Terih Batam - Walau selalu berakhir dengan perpisahan, setiap perjalanan pasti berakhir dengan kenangan seru. Terlebih, jika dalam proses nya, terselip cerita unik yang mustahil di lupakan.

Dan jika kebetulan kamu adalah penggemar festival ataupun kesenian rakyat? Kampung Terih Batam, wajib ada dalam bucket list perjalanan mu selanjutnya.

Fyi, selain sudah populer di kalangan wisatawan domestik maupun pelancong dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, ritual budaya Mandi Safar pun  menjadi salah satu kegiatan yang banyak dipromosikan oleh berbagai resort dan hotel di Batam.

Wow, seperti apa sih, prosesi dan awal mula kegiatan budaya ini? Penasaran?

Sejarah Kampung Terih dan Mandi Safar


Kampung Terih menjadi desa wisata pada tahun 2017 sebagai inisiatif pemerintah daerah. Akan tetapi, sejarah Kampung Terih ternyata sudah ada sejak zaman Jepang loh. Lokasi ini pernah menjadi salah satu area penyimpanan senjata tentara Jepang. Namun setelah kemerdekaan, lokasi ini perlahan berkembang hingga menjadi kampung nelayan bercorak Melayu. Coba deh tengok gambar dibawah ini.

Kampung Terih Batam

Ritual Mandi Safar Kampung Terih Batam
Image by Seniberjalan.com

Perombakan Kampung Terih menjadi desa wisata digagas oleh Kementerian Pariwisata, Penjelajah Alam Kepri (PARI), serta kelompok aktivis millennial GenPi Batam. Konsepnya memadukan kekayaan alam dengan budaya masyarakat nelayan serta tren wisata kekinian.

Disana, kamu bisa melihat keindahan alam, menonton panggung budaya, mencicipi kuliner lokal, serta berfoto di titik-titik selfie yang sengaja dibuat.

Ritual Mandi Safar adalah salah satu tradisi lokal yang dijadikan daya tarik bagi wisatawan. Ritual tolak bala ini diadakan setiap hari Rabu terakhir pada Bulan Safar. Tujuannya adalah mengucapkan syukur terhadap Tuhan atas rezeki yang didatangkan dari laut berupa ikan. Mandi Safar juga merupakan lambang doa untuk menolak bala sepanjang tahun.

Rincian Kegiatan Mandi Safar


Kegiatan Mandi Safar adalah kesempatan untuk melihat tradisi turun-temurun masyarakat kampung nelayan. Sebelum ritual, masyarakat berkumpul di area pantai yang sudah ditentukan tetua kampung. Mereka kemudian mengoleskan campuran khusus yang terdiri dari serbuk kayu ulin, tepung beras, dan daun jeruk ke wajah.

Ritual Mandi Safar Kampung Terih Batam
Image by Batamnews.co.id

Ritual Mandi Safar di Kampung Terih Batam


Seseorang yang dihormati kemudian melakukan penyiraman simbolis ke beberapa orang (biasanya remaja dan anak-anak). Masyarakat desa kemudian masuk ke laut dan menyelam sebanyak tiga kali, lalu mengulanginya tetapi sambil menghadap ke daratan. Setelah ritual mandi selesai, semua orang berkumpul untuk berdoa dan makan bersama.

Ada yang tahu mengapa harus menggunakan kayu ulin, tepung beras, dan daun jeruk?


Hal ini karena bahan-bahan tersebut menyimbolkan hal tertentu. Tepung beras yang putih adalah lambang kesucian, kayu ulin lambang kehidupan, sedangkan daun jeruk adalah simbol kebaikan hati.

Ritual Mandi Safar Kampung Terih Batam
Image by Seniberjalan.com


Tips Berkunjung ke Kampung Terih


Jika kamu tertarik mengikuti prosesi ritual Mandi Safar di Kampung Terih Batam, sebaiknya cek kalender wisata Batam terlebih dahulu sebelum menyusun rencana perjalanan.

Menurut traveller yang pernah berkunjung, waktu terbaik untuk datang ke Kampung Terih adalah pagi hari. Dengan begutu, kamu bisa puas menyaksikan dan memotret kegiatan Mandi Safar. Tapi harus diingat ya, karena ini adalah acara adat, maka utamakan kesopanan, jangan bikin ribut atau sampai mengganggu prosesi tersebut. Keep cool lah pokoknya 😎

Nah, selain melihat ritual adat, kamu juga bisa menjelajahi hutan bakau di dekat kampung ini. Area hutan bakau dibuka untuk umum dan sudah memiliki bangku-bangku, gardu pandang, tempat selfie, serta jembatan kayu. Jangan lupa membawa krim anti nyamuk, minuman, dan bekal secukupnya ya.


Pastikan menyewa mobil atau motor untuk mencapai Kampung Terih. Walau lokasinya di jalan yang searah dengan resort wisata, kamu masih harus berkendara sejauh beberapa ratus meter dari jalan raya untuk mencapai desa nelayan ini.

Solusi Akomodasi Murah di Batam


booking hotel online murah Airy Batam
Image by Airy Batam

Atau, jika ingin booking hotel online murah ketika berkunjung ke Batam? Kamu bisa sewa hotel murah Batam melalui Airy saja. Jaringan hotel dan akomodasi murah ini menghadirkan kamar-kamar nyaman dengan fasilitas standar lengkap, termasuk TV, Wi-Fi, perlengkapan mandi, plus kamar mandi dengan shower. Tersedia juga pilihan untuk kamar tipe homestay hingga sekelas bintang 4 loh 😍

Untuk bisa menikmati fasilitas dari Airy, kamu cukup unduh aplikasi Airy via Play Store maupun iOS ya. Dapatkan akomodasi murah secara mudah di mana saja kamu berwisata.

Bagaimana, tertarik mengunjungi Batam dan mengintip ritual Mandi Safar? Well, kapanpun kamu merencanakan perjalanan, semoga liburanmu menyenangkan.

Selamat berakhir pekan, kawan ^^


Mengintip Ritual Mandi Safar di Kampung Terih Batam Mengintip Ritual Mandi Safar di Kampung Terih Batam Reviewed by Heizyi on October 12, 2019 Rating: 5

7 comments:

  1. wah kearifan lokal yg harus dijaga nih, aku paling suka lihat seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. unik ya mbak, jadi penasaran juga ingin menyaksikan secara langsung

      Delete
  2. Wahh mbak ternyata acara adatnya unik juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, prosesi nya juga keren. jadi pensaran nih :)

      Delete
  3. Wah, baca postingan mbak Elok jadi menambah wawasan ya, tentang mandi safar. Keren....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi... keren ya Sol budayanya, boleh deh kapan2 main kesana :)

      Delete
  4. selama ini yg aku tau ttg batam cm kulinernya yg enak2, teutama seafood :D. Belum pernah cari tahu sih ttg wisata budaya yg seperti mandi safar ini. menarik juga, jd inget ama ritual satu suro di solo :D. beda sih tapi, cuma sama-sama wisata budaya..

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.