Manfaat Mengkhatam Alquran di Bulan Ramadan Bagi Umat Islam


Manfaat khatam Alquran di Bulan Ramadan

  "Siapa yang membaca 1 huruf dari Alquran, maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut. Satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Dan aku tidak mengatakan 'Alif Lam Mim' satu huruf. Akan tetapi, 'Alif' satu huruf, 'Lam' satu huruf, 'Mim' satu huruf."

- HR. TIRMIDZI -

 
Manfaat Mengkhatam Alquran di Bulan Ramadan Bagi Umat Islam - Siapa yang tahun kemarin, bacaan Alquran nya sempurna 30 juz? Wow, sungguh sangat beruntung kalian yang mampu melakukan nya.
 
Seperti telah disebutkan dalam hadis riwayat Tirmidzi diatas, keutamaan khatam Alquran di bulan ramadan adalah kebaikan yang berlipat ganda.
 
Sayang sekali, ramadan tahun lalu ibadah ku melorot. Seperti biasa, selain masalah kesehatan, tamu bulanan juga ikut andil dalam bolongnya ibadah.
 
Meski begitu, aku tetap berusaha menjadi produktif. Alhamdulillah masih diberi umur sehingga kembali bertemu dengan bulan penuh berkah di tahun ini.
 
Walau ada saja hambatan yang menyapa ketika hendak fokus bersujud pada sang pencipta, alhamdulillah (lagi), selalu ada kesempatan untuk membaca Alquran.

MANFAAT KHATAM AL QURAN SAAT RAMADAN


Pahala khatam Alquran
 
Alquran merupakan kitab suci umat islam yang berperan sebagai pedoman hidup agar hidup terarah kejalan yang benar.

Selain itu, membaca Alquran pada bulan suci ramadan ternyata juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan jiwa dan raga, seperti:

  • Membantu menghilangkan stres dan rasa cemas
  • Menstabilkan tekanan darah dan denyut jantung
  • Membantu menghancurkan sel-sel kanker
  • Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Menurut hasil survei Universitas Salford, Inggris. Orang-orang yang membaca Alquran akan merasa jauh lebih tenang dibanding membaca buku biasa. Orang-orang tersebut mengaku lebih rileks setelah melantunkan ayat-ayat suci Alquran.

Nah, dari relaksasi tersebut merangsang proses pengaktifan sekaligus pengendalian saraf otonom. Itu sebabnya membaca Alquran dapat membantu menghilangkan stres serta menstabilkan tekanan darah dan denyut jantung.

Sungguh luar biasa, bukan manfaat khatam Alquran di bulan ramadan selain pahala khatam Alquran yang sangat besar.
 
Mumpung masih awal, kamu bisa mulai membaca dari sekarang. Tidak masalah tidak khatam, yang penting niatkan untuk ibadah dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

KEUTAMAAN KHATAM ALQURAN DI BULAN RAMADAN

 
waktu terbaik khatam Alquran

 
Sebagaimana telah dijelaskan pada banyak forum dan kajian, bahwasannya waktu terbaik khatam Alquran adalah ramadan.

Mengapa demikian? Kenapa juga bacaan Alquran nya harus di tambah selama bulan puasa?

Selain pahala khatam Alquran yang dilipat gandakan, mengkahatam Alquran pada bulan suci ramadan sama saja dengan pahala sholat sepanjang malam.
 
Berikut dalilnya:
 
Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam, di tuliskan baginya pahala sholat sepanjang malam. - HR. Ahmad
 

Berdasar dalil tersebut, sayang sekali jika waktu-waktu mustajab selama bulan suci ramadan dilalui begitu saja. Apalagi jika sudah mengetahui kapan waktu terbaik khatam Alquran.

Bukankah sangat merugi?

Sebagai bulan pengampunan dosa, bulan dimana semua doa-doa di ijabah sekaligus merupakan bulan diturunkan nya kitab suci Alquran. Ramadan selalu hadir dengan segala gempita dan kharismanya.

Sekalipun pandemi belum benar-benar berakhir, setidaknya tahun ini sudah diperbolehkan menunaikan sholat tarawih bersama di masjid atau surau terdekat. Tidak lagi "dikurung," dan harus beribadah dari rumah saja.

Well, selamat meraih rahmat Allah yang Maha Esa wahai teman-teman muslim semua. Semoga di bulan penuh berkah ini, doa yang baik segera diwujudkan. Dan manfaat khatam Alquran, juga dapat dirasakan. Amin 🤗🤗🤗


Manfaat Mengkhatam Alquran di Bulan Ramadan Bagi Umat Islam Manfaat Mengkhatam Alquran di Bulan Ramadan Bagi Umat Islam Reviewed by Heizyi on April 14, 2021 Rating: 5

17 comments:

  1. Ramadhan THN ini aku bertekad khatam. THN lalu ga bisa Krn datang bulan.

    Supaya ga kena masalah dtg bulan lagi, jd sebelum ramadhan aku udh cicil baca setidaknya sampe 10 juz. Jd sisa 20 juz ini buat selama Ramadhan, insya Allah bisa ;D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyallah ya mbak.
      niat dulu gapapa. Allah maha tahu kok
      Mana hamba yang bersungguh-sungguh dan mana yang tidak ^^

      Delete
  2. Setuju banget ini kak. Nggak tau knapa kalau udah baca Al-qur'an bawaannya adem, tenang. Aoalagi dibulan ini bisa sampe khatam. Masya allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, berasa lega gitu ya kak
      insyallah bulan ramadan hatamannya tambah, ya kak ^^ semangat

      Delete
  3. Masya Allah aku baru tahu tentang keutamaan khatam Al Quran saat ramadan yang ini:
    Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam, di tuliskan baginya pahala sholat sepanjang malam. - HR. Ahmad

    Wah, langsung bikin ilang magernya. Cuzz buka Quran habis kelar bewe. Thanks remindernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga baru tahu kok sama hadis dan dalil mengkhatam alquran di bulan ramadan, mbak
      dari kecil mungkin sudah diajari, tapi lupa... hehe

      Delete
  4. Duu semoga ramadhan tahun ini bisa khatam Al Quran, masih ada waktu, makasih remindernya ya ka

    ReplyDelete
  5. Apalagi di bulan Ramadhan lah al Qur'an diturunkan, semoga kita Istiqomah ya kak membacanya

    ReplyDelete
  6. Masya Allah, banyak sekali manfaat yang akan kita rasakan saat mengkhatamkan Al-Quran. Apalagi saat Bulan Ramadan penuh berkah. Pahalanya akan berlipat ganda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pak
      karena ramadan adalah bulan penuh berkah dan lebih mulia dari seribu bulan, semua kebaikan dilipatgandakan

      Delete
  7. Subhanaullah, sungguh banyak nikmat yang diberikan di bulan suci ramadan ini ya mbak, sayang jika dilewati begitu saya tanpa melakukan ibadah yang dilipatgandakan ini. Semoga tahun ini menjadi bulan puasa yang terbaik dari tahun sebelumnya. Amiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin.
      semoga mbak Musti juga dilimpahi kebaikan di ramadan tahun ini, ya :)

      Delete
  8. Benar sekali, Kak. Momentum Ramadan jadi saat yang tepat untuk kembali mengakrabi Al-Qur'an. Ga cuma membaca tapi juga mempelajari isinya. Sayangnya aku masih di tahap ujian istikamah membacanya. Makasih ya dikasih semangat dan penguatan buat mengkhatamkan Quran karena belum khatam juga nih. Sangat memalukan, padahal fadhilahnya besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kak rudi punya baca waktu lebih untuk membaca alquran ya.
      masih ada waktu sebelum lebaran nih

      Delete
  9. Aamiin. Mendengarkan lantunan Al-Qur'an yang dibaca di masjid rasanya sahdu banget dan tentram.

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.