Olahraga Saat Puasa? Kenapa Enggak!


Olahraga Saat Puasa

 

"Ketika berencana berolahraga, maka persiapkan tubuh dengan sahur makanan yang berkualitas."

- Praktisi Kesehatan (Mochamad Aldis Rusialdi) - 

 
Olahraga Saat Puasa? Kenapa Enggak! - Bagi orang yang terbiasa dengan gaya hidup sehat dan rajin olahraga, diam di tempat dan leyeh-leyeh seharian di kasur mungkin adalah pilihan yang membosankan.
 
Tapi, bolehkah olahraga saat puasa? Tentu saja boleh. Asal tidak berlebihan dan sesuai kemampuan tubuh.

Olahraga selama berpuasa, juga dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Namun jangan terlalu memaksakan diri dengan olahraga berat yang memiliki intensitas tinggi. Karena kondisi tubuh saat berpuasa dan tidak berpuasa jelas berbeda. Begitu pula dengan jumlah kebutuhan energi yang dibutuhkan dan dilepaskan.
 
Nah, supaya aman, perhatikan tips olahraga saat puasa berikut ini, ya. Semoga bermanfaat 🤗

1| PERHATIKAN WAKTU OLAHRAGA


Seringkali muncul pertanyaan mengenai kapan waktu terbaik olahraga saat puasa? olahraga saat puasa jam berapa? apakah setelah sahur atau sebelum berbuka?

Beberapa orang berpendapat bahwa olahraga yang baik saat berpuasa di lakukan sebelum waktu berbuka tiba. Menurut golongan ini, meski nanti nya merasa kelelahan atau lapar dan haus setelah berolahraga. Toh, waktu adzan maghrib akan segera tiba. Jadi tidak perlu khawatir badan lemas karena kelaparan.

Sebagian lagi berpendapat, olahraga yang baik saat puasa di lakukan setelah sahur. Mengapa? Karena setelah sahur, kondisi perut masih terisi dan tidak dalam keadaan kosong. Selain udara pagi hari yang sejuk, olahraga setelah sahur juga baik untuk kesehatan. Sebab jika setelah sahur langsung tidur, maka tingkat asam lambung akan naik.
 
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan, bahwasannya olahraga saat puasa jam berapa, tergantung kondisi fisik teman-teman. Asal setelah olahraga tubuh tetap fit dan tidak pingsan (itu yang terutama). Maka kapan saja waktu berolahraga, sah-sah aja 😉

2| SESUAIKAN JENIS OLAHRAGA


Ketika sedang berpuasa selama kurang lebih 12-13 jam, biasanya tubuh akan merasa lemas dan dehidrasi karena tidak ada pasokan nutrisi. Tentu saja hal ini berpengaruh terhadap macam-macam olahraga apa saja saat puasa.
 
Oleh karena itu, sesuaikan jenis olahraga dengan kondisi tubuh, ya. Pilih olahraga ringan dengan intensitas rendah. Seperti jogging, bersepeda serta aerobik ringan.

3| NUTRISI PENTING SAAT PUASA


Tips olahraga saat puasa berikutnya adalah selalu memerhatikan kebutuhan nutrisi tubuh.
 
Pastikan sahur dengan makanan yang mengandung lemak tinggi. Hal ini untuk memeperlambat proses pencernaan agar perut tidak cepat kosong
 
Sedang ketika berbuka, makanlah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi untuk mengembalikan kadar glukosa dalam darah yang menurun saat berpuasa.

Selain karbohidrat dan lemak, tubuh juga perlu yang namanya protein. Maka dari itu, pastikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sudah terpenuhi agar tetap dapat merasakan manfaat olahraga saat puasa.
 
olahraga saat puasa jam berapa

4| PERBANYAK MINUM AIR PUTIH


Dulu, ketika masih kecil, kakek ku selalu bilang pada semua cucu-cucunya saat sahur bersama, "Minum yang banyak supaya puasanya kuat!"
 
Walau tidak bisa menjelaskan secara detail mengenai pentingnya air putih bagi tubuh selama berpuasa, kakek selalu ingin cucu-cucunya tetap terhidrasi sepanjang hari. Kami pun menuruti perintah kakek dan terbawa hingga sekarang.
 
Menurut banyak artikel yang aku baca sekaligus setelah merasakan nikmat anjuran dari kakek, untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa, dianjurkan minum air putih sebanyak 1,5-2 liter setiap hari pada waktu sahur dan berbuka untuk mengganti ion yang hilang selama berpuasa.
 
Atau boleh ditambah dengan minuman isotonik yang bisa dibeli di toko-toko terdekat.

5| WAKTU TIDUR CUKUP


Sebenarnya, tidur yang cukup itu bukan hanya ketika bulan ramadan saja. Setiap hari pun, waktu istirahat harus terpenuhi agar tidak mengganggu kondisi kesehatan tubuh. Minimal 7 sampai 9 jam per hari supaya kinerja tubuh seimbang.
 
Bukankah tidurnya orang puasa adalah pahala?
 
Well, jika semua poin diatas sudah terpenuhi, olahraga saat puasa pun dijamin aman dan manfaat olahraga pun tetap didapat tanpa efek buruk yang menyertai pada tubuh.

So, happy fasting, fellas 😊

47 comments:

  1. kalau aku olahraga menjelang buka shg gak terlla capai krn bisa langsung minum setelah buka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga sih mbak. Lebih enak olarhraga sebelum buka, jadi kalo haus atau laper bisa langsung batalin puasanya. Kan, udah maghrib juga ^^

      Delete
  2. yeeesss, puasa juga harus jaga kesehatan tubuh, tipssnya mantap mbak

    www.borusiallagan.com

    ReplyDelete
  3. Pingin banget sih , yang berat mengusir rasa malasnya itu lhoo..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, kalo males nya kumat. Setelah sahur langsung tidur lagi :(

      Delete
  4. Aku biasanya senam ngikutin di TV pas Ramadan ni ngga, lupaa hihi

    ReplyDelete
  5. aku tetap olahraga jalan kaki tp saat sore menjelang buka

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bagus mbak, biar sekalian cari takjil buat buka puasa ya :)

      Delete
  6. Setuju banget nih. Olahraga jelang berbuka emang dianjurkan sih. Tapi olahraganya ya yang ringan2 aja asal tubuh bisa gerak. Namun sbg orang kampung, aku tetap pergi ke sawah sekalian angkat hasil panen. Ke sawahnya ya habis shubuh sih. Jadi pas jam7-8 udah selesai. Abis itu bisa istirahat deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, kalau udah tahu celahnya. waktu untuk bergerak aktif atau olahraga bisa disesuaikan ya kak. jadi puasanya tetep jalan :)

      Delete
  7. Olahraga di saat bulan Ramadan memang penting dilakukan tapi olahraga yang ringan dan secukupnya agar badan tetap fit hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuuul..... rabahan doang jatuhnya malah gak produktif ya kak ^^

      Delete
  8. Tipsnya manfaat banget. Cuma jeleknya aku tuh habis capek olah raga penginnya minum es teh bukannya air putih. Hiks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha... kalau gitu olahraga nya menjelang buka aja kak. biar kalau capek, bisa langsung sruput es teh nya hehe

      Delete
  9. Waktu tidur cukup...hehe...udah sih itu. Bawaannya memang ngantuk aja kalau puasa gini.
    Belum nih, aku belum mulai olahraga sejak puasa sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh, tapi tidurnya orang berpuasa kan pahala kak. jadi nikmati aja ^^

      Delete
  10. Sesuaikan dengan kondisi tubuh juga ya, jangan terlalu diporsir agar olahraga saat puasa tetap menyenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak. biar energi yang tersimpan dalam tubuh gak cepat hilang. kan masih butuh waktu bertahan sampai maghrib hehe

      Delete
  11. Aku biasanya olahraga deket waktu buka puasa mba hihihi, biar ga dehidrasi juga si, dan olahraga nya pun yang ringan aja, yang penting gerak hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeps, puasa bukan berarti cuma santai di kasur aja ya

      Delete
  12. Setuju, terutama perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka. Bukan hanya untuk olah raga saja tapi untuk melakukan aktivias lainnya juga butuh energi yang cukup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betullllll
      supaya tubuh gak dehidrasi juga :)

      Delete
  13. Aku kangen lho olahraga di bulan puasa meski hanya jalan kaki abis subuh. Sekarang abis subuhan langsung terasa ngantuk banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahaha.... mana cuaca dingin banget ya sekarang kalau pas subuh. jadi auto lelap kalau udah kenyang selepas imsak

      Delete
  14. Artha Nugraha Jonar4/18/2021

    jadi pengingat ini buat saya. Udah hampir sebulan gak berolahraga. Sepertinya mau coba olahraga lagi. Mulai dari yang ringan-ringan dulu deh kayak setengah jam jalan pagi, yang penting tubuh bergerak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. muterin sekeliling rumah aja pak. atau naik turun tangga juga bisa

      Delete
  15. Dari sebelum Ramadan memang lebih suka olahraga sore sehabis asar. Apalagi di bulan Ramadan ini, bisa sekalian jalan kaki sambil beli snack untuk berbuka hehehee...
    Apa pun pilihan waktu olahraganya yang penting semoga kita semua tetap sehat dan terjaga ya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sore, enak dibuat gowes atau basket mbak.

      Delete
  16. Selama bulan Ramadan ini belum berani olahraga berat, paling rutin stretching setiap pagi, biar ga pegel-pegel badannya

    ReplyDelete
  17. Aku biasnya olahraga ringan pada pagi hari, Kak. Memang harus tahu sih kekuatan diri dan jenis olahraga yang bisa kita pilih. Karena aku sendiri mudah dehidrasi, jadi harus menghemat energi selama siang Ramadan. Nah, PR-ku adalah mengurangi tidur hehe. Kadang habis olahraga siangnya tidur, pules. Makasih ya diingatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh gapapa. tidur nya orang puasa kan pahala kak. daripada menggunjing sana sini. kebetulan juga kan menghemat tenaga sehabis olahraga

      Delete
  18. Aku belum berani olahraga saat puasa. Padahal imsyaallah nggak apa2 ya kak.

    Anak-anakku sih yang olahraga sepatu roda. Tapi nggak lama-lama juga sih hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sepatu roda emang lagi musim disini kak. banyak anak kicik yang main-main di alun-alun kota. pada jago pula

      Delete
  19. Anak2 kalo mau olah raga biasanya pagi setelah subuh kak itupun juga yang ringan aja biar nggak cepet haus

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di daerah rumah ku, subuh pada ayem. tidur lagi soalnya. main-main sekalian sepedahan itu sore, biasanya setelah adzan ashar :)

      Delete
  20. aku nih yang ga pernah olah raga saat puasa, takut kejausan hihihi... Terima kasih tipsnya mbak, bisa dicoba saat ada niat untuk olah raga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... tunggu ada niat ya bun, kapan tuh ^^

      Delete
  21. penting nih, sekalian detok juga mengolah tubuh sih, asal dilakukan saat deket mau buka puasa aja biar aman terkendali

    ReplyDelete
  22. Sejak awal Ramadan belum berani olahraga huhuhu. Kangen banget padahal. Soalnya kalau pagi takut haus dan lapar. Kalau sore udah sibuk nyiapin buka puasa hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, dilema jadinya ya bun >.<

      Delete
  23. Jujur saya belum ada olahraga selama puasa ini. Rasanya lemes banget. Mana tanggung jawab rutinitas tetap berjalan (kerja dan urusan rumah tangga). Cuma memang olahraga itu kudu diniatin banget. Yok semangat yoook ^^

    ReplyDelete
  24. saya pengen berusaha untuk olahraga tapi kenapa tidak bisa karena cari waktu agar leher di tenggorakan tidak kering hehe

    ReplyDelete
  25. wahh aku selama puasa berhenti olah raga mbak, hehe...padahal sebenarnya gpp ya , olah raha saat puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sih tetep mbak. palingan cuma naik turun tanga sama muterin komplek aja ^^

      Delete
  26. Aku tetep olahraga, tp memang bukan yg outdoor mba. LBH suka workout di rumah, dan itupun aku lakuin malam. Jd selesai olahraga, bisa lgs mandi trus tidur. Jujur jarang olahraga yg di luar, kayak jogging dll. Sesekali aja, bisa diitung pake tangan. Itupun pas sebelum puasa :D. Lebih nyaman workout pas malam kalo aku.

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.