Rekomendasi Merek Obat Cacing Andalan Keluarga


obat cacingan

"Hanya karena meminum obat cacing supaya nggak cacingan. Bukan berarti minum obat nyamuk biar nggak nyamukan."

- Vergi Crush -

Rekomendasi Merek Obat Cacing Andalan Keluarga - Cacingan adalah sejenis infeksi akibat parasit (cacing) yang masuk kedalam tubuh kemudian tumbuh di dalam usus. Penyakit ini rentan menyerang anak-anak. Namun tidak menutup kemungkinan, orang dewasa juga bisa terinfeksi jika sanitasi buruk atau tinggal di kawasan padat penduduk.

Gejala yang ditimbulkan pun bervariasi pada setiap orang. Tidak hanya badan kurus, terkadang juga disertai rasa gatal pada bagian dubur dan dekat kelamin.

Untuk mengatasinya, diperlukan obat cacingan yang dapat menghancurkan cacing dalam perut secara efektif.

Nah, berikut rekomendasi obat cacing untuk anak dan orang dewasa yang bisa jadi andalan keluarga. Semoga bermanfaat, ya 🤗

Baca Juga: Tahukah Kamu Kapan Waktu Berjemur yang Bagus Untuk Kesehatan

❗Jenis-jenis Cacing dan Cara Penularannya

 

cacing penyebab cacingan
Image by dikes.sumbawakab.go.id
 

Sebelum membahas obat apa yang bagus untuk cacingan, ada baiknya mengenal terlebih dahulu berbagai macam cacing penyebab cacingan. Dimana setiap jenis cacing memiliki cara penularan dan gejala yang berbeda saat berhasil masuk dan menginfeksi tubuh manusia maupun hewan.

Menurut alodokter.com, ada enam kelompok cacing dengan proses penularan, gejala, efek samping serta tempat perkembangbiakan yang berbeda-beda, yaitu:

  • Cacing Kremi, ciri-cirinya: tinggal di usus besar dan rektum, mudah terbang dan terhirup oleh manusia, tidak berbahaya namun jenis cacing gelang ini cendereung menginfeksi orang dewasa
  • Cacing Pita. Proses penularannya melalui media air yang sudah terkontaminasi oleh larva cacing pita atau melalui daging yang dimasak setengah matang. Bisa tumbuh hingga 15 cm dan hidup dalam tubuh manusia selama lebih kurang 30 tahun lamanya. Gejalanya berupa muncul benjolan di tubuh, reaksi alergi, demam, infeksi bakteri, dan kejang
  • Cacing Gelang pada umumnya hidup di daerah dengan kondisi sanitasi buruk atau di lingkungan padat penduduk. Jadi dapat disimpulkan, cara penularan cacing ini adalah melalui makanan yang sudah terkontaminasi oleh telur cacing gelang.
  • Cacing Pipih atau Platyhelminthes adalah sejenis cacing penyebab cacingan yang sukanya tinggal dan menetap di usus besar. Cenderung menginfeksi hewan namun terkadang menempel pada sayuran mentah, terutama selada air. Memiliki gejala berupa demam dan kelelahan
  • Cacing Tambang adalah jenis cacing yang bisa masuk kedalam tubuh manusia hanya melalui pori-pori kulit. Biasanya melalui kaki yang sering tidak menggunakan alas kaki alias cekeran 😂 Dan gejala yang ditimbulkan biasanya mirip anemia, kelelahan dan gatal-gatal
  • Cacing Trikonosis. Kebalikan dari cacing Pita, Cacing Trikonosis malah hidup pada daging yang sudah dimasak secara matang. Tentu saja, daging yang dapat menginfeksi manusia adalah dading yang sudah terkontaminasi oleh larva cacing Trikonosis. Kemudian ketika berhasil masuk kedalam tubuh, larva tersebut akan tinggal di usus. Setelah dewasa, larva akan berkembangbiak dan berpindah ke otot atau jaringan tubuh lainnya. Gejala yang ditimbulkan oleh cacing penyebab cacingan ini berupa demam, sakit kepala, pembengkakan pada wajah, nyeri otot, peka terhadap cahaya, dan konjungtivitis

❗Ciri-ciri atau Gejala Cacingan

cara mengobati cacingan
Image by KlikDokter

Sesuai pengalaman, gelaja cacingan tidak selalu ditandai dengan badan kurus atau mengeluarkan feses yang terdapat cacing. Akan tetapi, juga disertai dengan beragam ciri-ciri cacingan lainnya, seperti:

  1. Kelelahan
  2. Sakit perut
  3. Perut kembung
  4. Mual
  5. Muntah
  6. Diare
  7. Disentri
  8. Anoreksia atau kehilangan nafsu makan
  9. Penurunan berat badan
  10. Malnutrisi (pada anak)
  11. Nyeri sendi dan otot
  12. Gatal pada anus (terutama malam hari)
  13. Ruam kemerahan menyerupai cacing pada kulit

❗Penyebab Cacingan

Meskipun dapat diatasi dengan rajin mengkonsumsi obat cacingan. Ada baiknya menghindari penyebab cacingan agar tidak mengalami infeksi.

Dilansir dari berbagai sumber, cacingan dapat disebabkan karena:

  • Berjalan tanpa menggunakan alas kaki
  • Suka makan makanan mentah atau setengah matang
  • Memakan makanan yang mengandung telur cacing
  • Menyentuh sesuatu yang sudah terkontaminasi atau terdapat telur cacing
  • Menyentuh atau bermain tanah

❗Cara Mengobati Cacingan

Obat cacing orang dewasa

Baca Juga: Rekomendasi Obat Luka Akibat Kencing Manis

Ada banyak cara mengobati cacingan pada manusia maupun hewan. Salah satu obat cacing orang dewasa yang terbukti ampuh untuk mengatasi cacingan adalah Konvermex.

Merupakan obat cacing keluarga dosis sekali minum, Konvermex juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak, lho. Tentu saja sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Merek obat dari PT Konimex ini dipercaya mampu mengatasi kecacingan yang diakibatkan oleh cacing kremi, cacing gelang, cacing Trikonosis dan cacing tambang jenis Necator Americanus alias Ancylostoma Duodenale.

Konvermex obat cacing keluarga tersedia dalam dua kemasan, yaitu dosis 125 mg dan 250 mg. Yang mana tiap tablet nya mengandung Pyrantel Pamoate setara dengan Pyrantel base 125 mg untuk kemasan 125mg dan setara Pyrantel base 250 mg untuk kemasan 250 mg.

Pada kemasan 250 mg, berisi 2 strip tablet dengan masing-masing 4 butir. Sedang pada kemasan 125 mg hanya berisi 1 strip yang terdiri dari 4 tablet. 

Keduanya merupakan obat cacing dosis tunggal yang diminum sebelum tidur dan dapat dibeli secara bebas di apotek terdekat dengan harga terjangkau.

Oh, iya. Obat cacing orang dewasa ini bekerja dengan cara mendepolarisasi senyawa penghambat neuromuskuler dan mengeluarkannya dari dalam tubuh tanpa harus menggunakan pencahar, lho. Selain itu, Konvermex menghancurkan cacing di tubuh secara efektif.

Dengan rutin minum Konvermex tiap 6 bulan sekali, cacing-cacing nakal yang menyebabkan infeksi dalam tubuh akan lumpuh dengan segera. Percaya deh 👌

❗Tips Mencegah Cacingan dengan Mudah

Setelah mengenal berbagai macam jenis cacing, proses penularan, gelaja yang ditimbulkan serta cara mengobati cacingan dengan tepat. Maka langkah pasti yang bisa dilakukan agar terhindar dari infeksi cacing adalah dengan mencegah atau menghindari penyebab cacingan itu sendiri.

Di bawah ini adalah cara mencegah cacingan sekaligus beberapa hal yang bisa diusahakan agar hewan piaraan, anak-anak dan anggota keluarga yang lain terhindar dari penyakit cacingan:

  1. Biasakan mencuci buah dan sayur sebelum dimasak
  2. Masak masakan dengan matang sempurna
  3. Pisahkan tempat penyimpanan daging dengan bahan makanan lain
  4. Perbanyak konsumsi air putih matang (terutama jika bepergian ke luar negeri)
  5. Jangan menyimpan alas kaki yang sudah dipakai di dalam ruangan
  6. Rutin memberikan obat cacing pada hewan piaraan
  7. Membuang kotoran hewan dengan segera
  8. Selalu menggunakan alas kaki
  9. dan yang terpenting, tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan

 

Konvermex obat cacing keluarga

Baca Juga: 18 Daftar Makanan Berkadar Garam Tinggi

Setelah mengetahui apa saja penyebab sekaligus cara mengobati cacingan,ada baiknya selalu menjaga kebersihan dan tidak mengkonsumsi makanan setengah matang, ya guys!

Meski penyakit ini dapat diatasi dengan pemberian obat cacingan, namun frekuensi infeksi berulang rentan sekali terjadi. Terutama pada anak usia 5-10 tahun

Oleh sebab itu, ayo saling jaga. Sebab tempat kotor merupakan sarang ternyaman bagi cacing-cacing yang jika dibiarkan, dapat membahayakn tubuh sehingga menimbulkan komplikasi yang serius.


20 comments:

  1. Obat cacing ni bisa untuk penyakit tipes juga kn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, kurang paham aku mbak
      bisa cek keterangan lengkapnya di kemasan atau kontak langsung brand bersangkutan ya 🙏

      Delete
  2. Aku sekeluarga rutin mba minum obat cacing, untuk pencegahan. Biasanya awal Juni dan awal Desember. Ga kepengin aja secara ga sengaja jadi cacingan..makanya untuk pencegahan tetep selalu minum obat cacing 6 bulan sekali. Aku juga pake convermex obatnya :). Dulu awal2 minum, nanya dulu, obat cacing apa yg terbaik, dikasih Ama apotekernya obat convermex ini. Apalagi ada buat anak juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, bener!
      rutin mengkonsumsi obat cacing bisa mencegah cacingan loh
      dan Konvermex ini juga tersedia sekaligus aman dikonsumsi oleh anak :)

      Delete
  3. diriku rutin nih konsumsi obat cacing 6 bulan sekali. jadi penasaran dengan konvermex. Belum pernah coba sih. Ntar kalau sudah jadwalnya mau coba beli akh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa konsultasikan dulu sama apoteker nya ya kak
      karena Konvermex ada beberapa macam
      biar sesuai kebutuhan gitu

      Delete
  4. yang sering itu cacing kremi ya gak anak juga yang dewasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak
      cacing kremi langganan menyerang anak-anak dan bikin gak bisa tidur huhuhu

      Delete
  5. Bukan kemasukan jin aja yang bikin serem, tapi kemasukan cacing juga nggak kalah menyeramkannya. Bahkan bikin jadi gatal-gatal bagian pan*at.

    Konvermex sepertinya udah nggak perlu diragukan lagi khasiatnya. Saya juga sudah lama denger brand ini nih.

    Terima kasih atas tipsnya mencegah cacingan. Jadi lebih aware setelah membaca artikel super keren banget ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha
      analoginya sungguh anti-mainstream ya kak

      but you're welcome
      semoga bermanfaat :)

      Delete
  6. Konvermex memang oke, Mbak, sudah pernah coba. Tapi aku suka lupa, belum rutin minum tiap 6 bulan sekali. Makasih pengingatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe... gapapa mbak
      nanti bisa dibikin jadwal ya biar gak lupa lagi :)

      Delete
  7. DUlu ibuku rajin banget kasih kami obat cacing setiap 6 bulan sekali, sekarang itu juga yang aku lakukan pada anak-anakku. Tentunya obat cacing pilihan kami itu konvermex.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeayyyyy
      semoga sehat selalu ya mbak ^^

      Delete
  8. Cacingan memang nggak bisa dianggap sepele ya. Makanya, aku tuh prihatin aja kalo ada yang becanda "cacing-cacing di perutku udah minta makan nih". Duh, miara cacing di perut kok malah bangga sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha
      sans aja kak
      ada KOnvermex yang bakal basmi cacing di perut kok :)

      Delete
  9. Ya ampunn aku tuh mikirnya, eh masa zaman begini masih ada sih cacingan? Ya ampun ternyata masih banyak yaa mba. Huhuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih dong mbak
      terutama anak kecil tuh
      mereka yang suka main-main di luar ruangan atau jarang pakai alas
      ya jelas jadi intaian cacing yang "kelaparan"

      Delete
  10. kayaknya aku dulu pas kecil sempet dikasih obat cacing.. haha gak afdhol yaa jadi anak zaman dulu kalo ga kenal sama obat cacing :D sekarang juga masih perlu sedia nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus katanya, kalau udah minum obat cacing, cacingnya bakal keluar dan besar-besar

      hahahahaha


      percaya aja gitu loh aku dulu dibilangin gitu wkwk

      Delete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.