Tips Agar Mata Sensitif Tidak Perih Saat Memakai Makeup


makeup aman untuk mata sensitif

"Your eye makeup says so much about you and your style."

- Laura Mercier -

Tips Agar Mata Sensitif Tidak Perih Saat Memakai Makeup - Berdandan merupakan kegiatan menyenangkan bagi banyak orang, baik itu laki-laki maupun perempuan. Akan tetapi, ada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik mata sensitif.

Sebab jika kurang teliti dalam memilih kandungan makeup untuk mata sensitif, dapat menyebabkan mata menjadi perih, kemerahan, gatal hingga iritasi.

Oleh sebab itu, disarankan agar benar-benar teliti ketika hendak membeli makeup. Pastikan ingredients yang terdapat di dalamnya sudah teruji secara klinis dan hypoallergic.

tips makeup


1. Hindari produk yang mengandung alkohol dan parfum

Diketahui, parfum dapat menyebabkan seseorang mengalami reaksi alergi, seperti gatal, perih, nyeri dan kemerahan. Menurut Alodokter, produk kosmetik yang mengandung parfum bisa membuat orang yang tadinya tidak sensitif menjadi sensitif.

Sedang alkohol, walau tidak semua jenis alkohol berbahaya, sebaiknya hindari yang memang dapat menyebabkan alergi sebagaimana yang tertera pada gambar di bawah ini:

kosmetik yang aman untuk kulit sensitif


2. Rutin bersihkan brush dan sponge

Sewajarnya, beauty tools harus rajin dibersihkan. Apabila sering dipakai, artinya brush atau sponge telah bercampur dengan bahan-bahan yang terdapat dalam kosmetik. Agar tidak menjadi tempat tumbuhnya bakteri. Maka harus dibersihkan secara rutin.

Selain itu, peralatan makeup yang bersih akan terasa lebih nyaman ketika digunakan. Serta dapat mencegah kulit agar terhindar dari infeksi dan iritasi.

3. Pilih produk bertekstur krim

Tahukah kamu, bahwa beberapa makeup berbentuk powder merupakan enemy bagi pemilik mata sensitif?

Kenawhy?

Karena produk berbentuk bubuk atau powder cenderung mudah hancur dan masuk ke mata sehingga peluang kelilipan lebih mungkin. Kemudian menyebabkan mata perih, merah bahkan hingga iritasi.

Oleh sebab itu, disarankan memakai produk kecantikan dengan tekstur krim saja. Pastikan pula produk kosmetik yang aman untuk kulit sensitif.

4. Gunakan obat tetes mata

Sesuai pengalaman, mata sensitif cenderung reaktif terhadap iritan. Sehingga sekecil apapun pemicunya, pasti mudah merah dan gatal.

Untuk mencegah mata sensitif menjadi perih atau tidak nyaman secara berulang-ulang ketika berdandan, biasanya aku menggunakan obat tetes mata terlebih dahulu sebelum ber-makeup. Bisa juga dilakukan setelah makeup selesai jika kelupaan 😄 Senyaman teman-teman saja.

Obat tetes mata yang digunakan pun sesuai yang teman-teman pakai, ya. Atau dapat berkonsultasi pada ahlinya jika dirasa ragu atau takut

5. Selektif dalam memilih maskara

Masih berdasar pengalaman, bagi teman-teman yang memiliki mata sensitif, sebaiknya jangan menggunakan maskara fiber dan yang dapat memanjangkan bulu mata, ya.

Mascara fiber atau yang diklaim dapat memanjangkan buku mata, biasanya akan sangat perih ketika dipakai dan dapat menyebabkan mata mudah merah.

Hal ini karena  dalam produk tersebut mengandung ingredients yang dapat menyebabkan iritasi.

tips kecantikan
 

6. Gunakan eyeliner hanya di sebelah bulu mata

Tips makeup untuk mata sensitif selanjutnya adalah tidak menggunakan eyeliner di bagian bulu mata bawah.

Daripada waterline, lebih baik mengaplikasikan eyeliner di sebelah bulu mata. Tujuannya agar mata yang terlampau sensitif tidak mengalami iritasi akibat kandungan, aroma atau tekstur dari eyeliner itu sendiri.

Banyak sekali produk yang bisa teman-teman coba. Tinggal menyesuaikan kebutuhan lalu pilih eyeliner yang aman untuk mata sensitif.

7. Bersihkan wajah dengan hati-hati

Setelah wajah dipenuhi  dengan berbagai produk kecantikan saat berdandan, maka agar terhindar dari infeksi, sebaiknya dibersihkan dengan hati-hati. Caranya, lakukan double cleansing agar proses perawatan kulit dapat bekerja secara maksimal.

Pertama, bersihkan wajah yang penuh dengan makeup pada malam hari menggunakan micellar water terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan dengan facial wash agar tidak ada sisa makeup yang tertinggal di wajah.

Dengan demikian, dapat mengurangi reaksi berlebihan akibat mata sensitif terhadap makeup.

mata sensitif

Walau mata sensitif butuh perhatian lebih, tidak ada salahnya tetap mencoba berbagai jenis makeup terutama bagi yang suka berdandan.

Namun perlu tetap diingat, apa saja kandungan kosmetik yang bisa menyebabkan mata menjadi perih, merah atau gatal.

Maka dari itu, makeup untuk mata sensitif tidak boleh sembarangan. Kandungan serta jenis makeup nya pun harus benar-benar diperhatikan agar tidak menimbulkan masalah yang berbahaya.

#tipsmakeup

#matasensitif

#tipskecantikan


13 comments:

  1. Makasih tipsnya mbak.
    Emang ya, jangan sampai pengennya muka cling dengan full make up, tapi matanya jadi sering berair karena sensitif terhadap kandungan make up yang digunakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak.

      Karena eman kalau udah paripurna tapi harus segera dibasuh perkara mata perih kan... Hehe

      Delete
  2. Mempunyai mata yang sensitif menjadi masalah tersendiri ya, Mbak, terutama bagi kaum perempuan. karena untuk berbagai keperluan, pasti perempuan memerlukan riasan mata. Makanya harus sangat hati-hati memilih produk riasan mata. Selain itu harus rajin membersihkan juga area sekitar mata setelah berhias.

    ReplyDelete
  3. Bener banget. Menghindari make-up dengan materi bubuk bisa jadi salah satu tips agar tidak mengganggu kesehatan mata. Tidak iritasi plus menjauh dari sensitifitas dalam proses penggunaan dan pembersihannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak.

      Apalagi kalau makeup-nya sambil pake kipas angin. Pasti pada berterbangan ya ^^

      Delete
  4. THanks kak. Keren banget nih tips untuk make up mata sensitif. Khusus yang terakhir emang harus jeli dalam mengetahui bahan dari produk kosmetik yang akan dipakai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul.

      Karena kan setiap orang punya kadar sensitif dan alergi yang berbeda terhadap kandungan-kandungan di dalam produk kosmetik

      Delete
  5. saya nih sering banget terkena mata gatal atau perih
    Jadi selalu siap dengan obat tetes mata
    Daripada dikucek malah sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dikucek, malah kayak bengkak ya mbak

      Delete
  6. Mata saya cukup sensitif nih. Jadi benar-benar untuk sehari-hari mata biasanya tidak pakai make up sama sekali. Hanya merias mata untuk event penting. Event casual lebih memilih meninggalkan bagian riasan mata, hehe

    ReplyDelete
  7. Iya ada beberapa produk skincare yang saat diaplikasikan kalau terkena mata suka bikin perih bahkan sampai keluar air mata. Terkadang ini yang bikin malas untuk pakai skincare, thanks tipsnya ya mbak

    ReplyDelete
  8. Aku biasanya make up mata pake eyeliner aja sih. Nah kalau pake lem bulu mata itu yg bikin mata gatel jd aku jarang pake kalo ga ada acara kondangan

    ReplyDelete
  9. Mata memang punya daya tariknya tersendiri yaa..
    Kalau dikasih make up tuh berasa "hidup" dan cantik banget. On point!
    Tapi kudu selektif dan hati-hati banget saat memulasnya. Aku masih belum mahir, tapi seneng banget liat mata cantiikk~

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.