Nyalakan Semangat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Dengan ASUS PC Desktop S500MA


PC Desktops terbaik


"Children with special needs are not sent to special parents, they actually make their parents special."
 
- Unknown -

Nyalakan Semangat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Dengan ASUS PC Desktop S500MA - Bagi masyarakat umum, anak-anak berkebutuhan khusus biasanya dinilai kurang beruntung, tidak ada masa depan bahkan ada yang menganggapnya lahir karena kutukan 😔

Padahal, jika mengenal lebih akrab dan dari dekat, anak-anak ini memiliki inner beauty yang mampu membuat hati takjub.

Seperti, adikku Nia, misalnya. Walau lahir sebagai down syndrom,  tetapi Nia tidak pernah menyerah untuk mewujudkan apa yang yang menjadi keinginannya.

Bisa menari dengan lihai, dan memakai hijab dengan estetik.

Semua Nia lakukan dengan konsisten dan persisten. Setiap hari, ketika ada waktu senggang setelah pulang sekolah, maupun jika sedang bosan dengan mainannya.

Selain dua keinginan yang kini dapat dikatakan sudah bisa Nia kuasai, aku pun menyelipkan kegiatan lain untuk melatih emosi dan motorik Nia. Yaitu, menggambar.

hak penyandang disabilitas menurut undang-undang

 

❤ LATIHAN BINA DIRI ❤

 
Di sekolah, Nia termasuk dalam kelas MDVI (Multiple Disabilities and Visual Impairment), yaitu kelas untuk anak yang memiliki ketunaan ganda dengan salah satu  kombinasi berupa gangguan penglihatan. Seperti tuna netra sekaligus tuna daksa. 
 
Sebenarnya, Nia adalah penderita Sindrom Down yang seharusnya menempati kelas Tuna Grahita. Namun ada beberapa pertimbangan oleh guru dan kepala sekolah memindahkan  Nia ke kelas tersebut.  Aku sih, oke oke saja selagi itu baik untuk adikku. Sebagai wali Nia, aku hanya ingin  yang terbaik untuk adikku. Aku yakin orang tua kami pun setuju akan hal itu. 
 
Lagi pula, aku optimis Nia akan mengalami kemajuan. Sekalipun kelas tersebut bukanlah  yang seharusnya.
 
Setiap hari, guru kelas akan mengirim pekerjaan rumah untuk Nia selesaikan di malam atau sore hari. Biasanya, PR yang dikirim melalui Whatsapp berupa lembar tugas regular seperti menebali, menyalin  tulisan, menyimak video dan menempel.
 
Dalam kegiatan ini, penggunaan smartphone menurut ku kurang maksimal, terlebih dengan penglihatan Nia yang kurang begitu bagus. Sehingga akan lebih optimal jika menggunakan perangkat yang lebih mumpuni atau paling tidak yang memiliki layar besar layaknya PC desktops. Sayangnya, di rumah kami tidak ada. Hanya ada laptop yang khusus aku gunakan untuk bekerja. Itu pun layar nya sangat tidak memungkinkan untuk kebutuhan komputasi bagi Nia. Sedang tablet milik Nia sudah lama sekali "almarhum," sehingga amat terpaksa harus puas hanya dengan menggunakan smartphone saja.


Oh, iya. Untuk latihan bina diri, aku menerapkan activity of daily living seperti merapikan tempat tidur, menyapu lantai, memasang kancing  baju dan merias diri. Khusus merias diri, Nia hanya aku batasi untuk bermain dengan hijab. Tanpa pentul ataupun peniti. Namun diganti dengan karet rambut.  Tujuannya agar Nia tetap aman tanpa terluka.

Gambar berikut menjadi bukti bahwa Nia telah pandai merangkai hijab. Tidak hanya itu, Nia juga suka bereksperimen menggunakan kain jarik atau taplak meja.. hehe . Hasilnya pun rapi dan bagus.
 
down syndrome
 
Bagaimana? Sudah mirip selebgram, belum? 😃
 

❤ BELAJAR BERSABAR DENGAN MENGGAMBAR ❤ 

Bila sebelumnya Nia selalu nggak sabaran dan merasa bosan setiap kali mewarnai sebab pekerjaannya cenderung lama. Maka kini tidak lagi. Karena aku menerapkan metode learning while playing. Tidak hanya mewarnai atau menggambar di buku, Nia juga memiliki jadwal screen time --paling tidak 2 jam dalam sehari-- dan bebas mau bermain dan belajar apa menggunakan smartphone.
 
Kebetulan di sekolah juga ada mata pelajatn TIK, sehingga walau belum mahir mengoperasikan perangkat komputer, Nia sedikit paham apa yang harus dilakukan jika sudah dihadapkan dengan peralatan komputasi berlayar besar.
 
Hal ini juga yang memicu aku semakin giat mencari cuan supaya bisa memberikan PC Desktops terbaik yang mampu membersamai Nia dalam menuangkan setiap kreativitas nya 🤗

learning while playing

 

❤ MENYELIPKAN TEKNOLOGI DI RUMAH ❤

 
Sebenarnya, sedari kecil Nia sudah terbiasa dekat dengan perangkat komputer. Hanya saja waktu lalu, komputer meja yang kami miliki masih berbentuk tabung (berwarna putih), lengkap dengan CPU nya yang kadang kalau ujungnya tidak sengaja bersentuhan dengan jari yang basah, akan mengalirkan sengatan listrik ke seluruh tubuh 😂

Kemudian seiring perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat, perangkat komputer seperti yang kami miliki tidak lagi bisa digunakan.
 
Meski begitu, Nia masih familiar dengan laptop karena aku terbiasa bekerja menggunakan perangkat tersebut. Akan tetapi, untuk kebutuhan komputasi harian yang lebih cepat dan beragam, perangkat ku menolak kompromi. Pasalnya, selain seri lama, laptop yang aku punya umurnya sudah "tua" hehe... menjadi sangat tidak memungkinkan apabila Nia ingin meminjamnya 🙈
 
Karena sifatnya yang sangat penting, keberadaan teknologi akan sangat menunjang anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam belajar, berkarya, maupun mengembangkan hobi nya. Begitu pun bagi Nia.
 
ABK yang cenderung kesulitan dalam menerima dan menyampaikan informasi dari interaksi dua arah pun, akan lebih mudah berkomunikasi jika dibarengi dengan penerapan teknologi yang tepat.
 
 
anak down syndrome belajar menari
 

❤ ASUS PC DESKTOPS S500MA PILIHAN TEPAT UNTUK NIA ❤

 
Nah, omong-omong soal teknologi yang tepat, aku sedang mengincar perangkat PC modern dari brand favoritku, ASUS.
 
Setelah membaca ulasan dari para reviewer sekaligus mengamati spesifikasi yang dimiliki oleh ASUS S500MA, pada akhirnya aku memutuskan untuk bekerja lebih giat agar bisa membawa pulang perangkat ini untuk Nia.
 
Secara teknis, tidak hanya untuk Nia, sih. Sebab PC Desktop ini dapat digunakan oleh siapa saja, untuk apa saja, bahkan bisa digunakan bersama. Misal, untuk menonton film bersama keluarga saat akhir pekan atau malam tahun baru, bahkan hingga video call bareng-bareng dengan keluarga jauh. Menggunakan layar yang besar tentu akan menjalin silaturahmi lebih puas, kan?
 
review ASUS S500MA

By the way, ASUS S500MA merupakan PC Desktop terbaik yang didesain luar biasa untuk bermain dan bekerja. Dengan prosesor Intel® Core™ generasi terbaru, chipset Intel® H410 serta kartu grafis berkecepatan tinggi, menjadikan perangkat ini memiliki kinerja yang cepat dan responsif. Sehingga kegiatan menonton video yang biasa dilakukan Nia dijamin berjalan mulus tanpa lag.

Tidak hanya itu, ASUS PC Desktop S500MA pun hadir dengan  visual 4K UHD yang super amazing.  Berkat kartu grafis GT710 NVIDIA® GeForce® nya pula, pengalaman terbaik Nia dalam menonton video pasti ada bersama perangkat ini.

Oh, yang tidak boleh dilupakan adalah ASUS S500MA merupakan jenis PC Desktops modern yang 100% berbahan kapasitor solid sehingga dapat menahan suhu ekstrim sekaligus tahan digunakan selama berjam-jam.

Wah-wah, bakalan jadi besti Nia sekali kalau begini. Apalagi Nia itu paling suka nonton video di Youtube. Terutama yang berhubungan dengan kesukaannya, menari. Nia bisa menghabiskan waktu lebih dari 4 jam --jika tidak diterapkan screen time-- hanya untuk mencari referensi koreo dance di Youtube 😅
 
Last but not least, PC Desktops seri S500 dari ASUS ini sudah dimaksimalkan untuk berbagai tugas komputasi sehari-hari. Termasuk kebutuhan keluarga modern, seperti menyelesaikan pekerjaan kantor, menulis laporan, atau bermain game bersama anak, windows shopping hingga melakukan panggilan video di WhatsApp Desktop pun bukan hal yang mustahil. Dukungan Windows 10 Home yang tersemat di dalamnya akan semakin menambah keakraban karena kualitas video yang sangat jelas. Pokoknya, apapun kegiatan bersama ASUS S500MA pasti imersif namun tetap realistis 👌
 

harga ASUS S500MA

Well, meski penuh keterbatasan, anak berkebutuhan khusus memiliki hak yang sama untuk berkarya dan mengembangkan kreativitas nya. Selain dukungan dari orang-orang sekitar, perangkat yang tepat layaknya PC Desktop terbaik dari ASUS akan sangat membantu dalam proses tersebut.

Begitu pula hal nya yang terjadi dan dialami oleh adikku, Nia. Walau terlahir dengan ketidaksempurnaan, Nia punya semangat untuk belajar dan terus mencoba. Sehingga apa yang diinginkannya pun perlahan tercapai. Nia yang dulu terlambat berjalan, kini sudah pandai menari. Nia yang dahulu sering sakit dan berakhir masuk rumah sakit, sekarang mampu merias diri sendiri.
 
Lihatlah, usaha tidak pernah mengkhianati hasil, bukan?
 
spesifikasi ASUS PC Desktop S500MA
 

Spesifikasi ASUS PC Desktops S500MA

 
Operating System:
Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro for business
Mutakhirkan ke Windows 11¹ saat tersedia (lihat di bawah).
 
Processor:
Intel® Pentium® G6400 Processor 4.0 GHz (4M Cache)
Intel® Core™ i3-10100 Processor 3.6 GHz (6M Cache, up to 4.3 GHz)
Intel® Core™ i5-10400 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 4.3 GHz)
Intel® Core™ i7-10700 Processor 2.9 GHz (16M Cache, up to 4.7 GHz)
 
Chipset:
Intel® H410 Chipset
 
Graphics:
NVIDIA® GeForce® GT710 2GB GDDR5 : 1x DVI, 1x D-SUB, 1x HDMI

Memory:
2x DDR4 U-DIMM slot, 4GB DDR4 U-DIMM, Memory max up to:64GB
2x DDR4 U-DIMM slot, 8GB DDR4 U-DIMM, Memory max up to:64GB
 
SATA:
3 x SATA 6.0Gb/s ports
 
Storage:
1TB SATA 7200RPM 3.5" HDD

Optical Drive (Optional):
Without optical drive

Front I/O Ports:
1x Headphone
1x 3.5mm combo audio jack
4x USB 3.2 Gen 1 Type-A

Rear I/O Ports:
1x RJ45 Gigabit Ethernet
1x HDMI 1.4
1x VGA Port
1x Display port 1.2
2x PS2
3 x Audio jacks
4x USB 2.0 Type-A

Expansion Slots (includes used):
2x M.2 connector for storage
1x PCIe® 3.0 x 16
2x PCIe® 3.0 x 1
1x PCI®
1x M.2 connector for WiFi
2x DDR4 U-DIMM slot

Audio:
High Definition 7.1 Channel Audio
 
Network and Communication:
Wi-Fi 5(802.11ac) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.0 Wireless Card
 
Power Supply:
180W power supply (80+ Bronze, peak 228W)
300W power supply (80+ Platinum, peak 390W)
 
Weight:
6.00 kg (13.23 lbs)

Dimensions (W x D x H):
16.20 x 29.13 x 35.50 cm (6.38" x 11.47" x 13.98")

Microsoft Office:
1-month trial for new Microsoft 365 customers. Credit card required

Security:
BIOS Booting User Password Protection
HDD User Password Protection and Security
Kensington Security Slot™
McAfee LiveSafe™ 30-day trial
Trusted Platform Module (Firmware TPM)

Included in the Box (Optional):
Wired optical mouse
Wired keyboard

Disclaimer: 
Peningkatan Windows 11 akan diberikan untuk perangkat yang memenuhi syarat di akhir tahun 2021 menjelang tahun 2022. Waktu berbeda-beda untuk setiap perangkat. Fitur tertentu memerlukan perangkat keras spesifik (lihat aka.ms/windows11-spec)
 
Harga:
Sekitar Rp. 13.000.000,- 

Referensi:
- https://www.asus.com/id/displays-desktops/tower-pcs/everyday-use/asus-s500ma/
- https://www.bukalapak.com/p/komputer/desktop/4epx5u1-jual-asus-desktop-pc-s500ma-781010000t-core-i7-10700-gt710-2gb-8gb-1tb-w10
- https://mediaindonesia.com/teknologi/540971/manfaat-internetnya-indonesia-untuk-penyandang-disabilitas
- https://www.halodoc.com/artikel/ketahui-hak-penyandang-disabilitas-yang-harus-dipenuhi-negara

Disclaimer:
Foto featuring ASUS.com & Dokumen pribadi
 

No comments:

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.