Dari Kirimin Aja, Jadi Makin Mantab Memulai Usaha Dari Rumah


cara memilih jasa pengiriman untuk bisnis online

"Uang mungkin bukanlah hal yang penting, Akan tetapi, uang dapat mempengaruhi semua yang penting."

-Robert Kiyosaki -

Awal tahun 2023, perekonomian keluarga belum menunjukkan kemerosotan yang berarti. Momok resesi pun tidak tampak akan terjadi. Namun memasuki pertengahan tahun, sedikit demi sedikit terjadi perubahan pemasukan. Lalu terjadi kelangkaan diikuti melonjaknya beberapa harga pangan. Baik primer maupun sekunder.

Terlepas dari proyeksi resesi serta keadaan ekonomi nasional dan dunia yang semakin carut marut, kondisi perekonomian keluarga lah yang harus diselamatkan terlebih dahulu. Mengingat di dalamnya ada orang tua yang rawan kepikiran karena sudah berada pada usia senja, juga terdapat anak-anak yang terus butuh makan dan sekolah guna kelangsungan masa depan nya.

Nah, dari kekhawatiran itulah kemudian muncul ide untuk mencari pemasukan tambahan supaya  terhindar dari lilitan hutang. Akan tetapi, aku bingung memulai usaha apa. Hingga terlintas dalam benakku kala itu untuk berjualan. Setiap hari dapat uang.

Tapi lagi-lagi aku kebingungan. Solusi paling mudah yang bisa aku lakukan adalah dengan memulai usaha dari rumah. Selain bisa dengan memanfaatkan teknologi dan digitalisasi, pun tidak akan mengganggu aktivitas ku yang lain.

Baca Juga: Yuk, Mulai Belajar Menghasilkan Uang Dari Rumah

Memulai Usaha Dari Rumah


 

KENAPA HARUS JUALAN?

Berjualan atau berdagang merupakan salah satu pekerjaan yang dianjurkan oleh Nabi kepada umat nya. Keistimewaan berjualan pun telah dijelaskan dalam hadist berikut:

"Hendaklah kalian berdagang karena berdagang merupakan sembilan dari sepuluh pintu rezeki."

Ya, walau butuh berjuang dengan sungguh-sungguh dan belum tentu langsung menghasilkan, tetapi, paling tidak dengan berjualan aku berharap ada income setiap hari. Pun perputaran uang tidak mandek sebatas sisi konsumtif saja.

Maka dari itu, dengan segala keterbatasan yang aku punya, seperti minim nya modal, nihil nya lapak, serta kepribadian yang introvert, pada akhirnya aku memutuskan untuk memulai usaha dari rumah, yaitu dengan membuka online shop.

Yups, caranya dengan menjadi reseller!

Aku memiliki teman yang sudah sukses dalam dunia per-online-an. Kebetulan, saat ini dia sedang membutuhkan pasukan tambahan untuk usaha nya.

Awalnya aku ragu, karena semua pasti tahu, untuk mejadi reseller, dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Tapi ahamdulillah, dia mau memberi keringanan. Mungkin inilah yang Allah janjikan untuk pejuang perekonomian keluarga, ya. Alhasil, kini aku pun bergabung menjadi salah satu reseller nya dan sedang gencar mempromosikan barang dagangan di media sosial. Sesekali, aku juga iseng membuat membuat story di Whatsapp untuk mengetahui peluang pasar.

Omong-omong soal jadi reseller, akutuh menjual berbagai macam barang. Seperti, skincare, keperluan dapur, kebutuhan anak sekolah, sereceh pulsa dan token listrik pun tersedia. Nawaitu nya, sih, sediki demi sedikit lama-lama menjadi bukit begitu.

Bersyukur sekali selalu bertemu orang baik. Temanku yang lebih dulu sukses itu pun tidak mematok aturan yang berat untuk calon reseller nya. Ketentuan belanja dimuka sebagai persyaratan pun relatif terjangkau. Aku benar-benar terbantu  dengan kemurahan hati nya

Dengan keringanan itu pula aku semakin yakin untuk memulai usaha dari rumah 🤗

Baca Juga: 4 Tips Jual Barang Bekas Secara Online Biar Tetap Untung

buka usaha untuk pemula

 

MANFAATKAN PELUANG

Selain menjadi kebutuhan, produk skincare kini semakin banyak diminati. Tidak hanya oleh kaum hawa, para pria pun juga semakin aware terhadap kesehatan kulit mereka. Nggak heran bila pertumbuhan produk perawatan kulit kian melesat pesat.

Oh, iya. Brands skincare yang aku jual didominasi oleh produk lokal, lho. User nya juga sudah lumayan. Aku pun tidak mengalami kesulitan yang berarti ketika memasarkan produk-produk tersebut. Sebab selain memanfaatkan teknologi, aku juga mengikuti trend digitalisasi dengan mempromosikan jualan di media sosial.

Modal awal yang dibutuhkan untuk menjadi reseller masih sanggup aku penuhi. Selain itu, harga kulakan yang diberikan oleh temanku begitu affordable. Sehingga aku bisa mematok harga jual dengan kompetitif 😎

Bagiku, peluang ini harus dimanfaatkan dengan baik. Disaat keadaan ekonomi keluarga sedang tidak baik-baik saja, tawaran menjadi reseller pun datang. Walau butuh effort yang tidak sedikit, aku yakin bisa melaluinya.

cara membuka usaha sendiri di rumah

 

KUNCI SEMANGAT MEMULAI USAHA UNTUK PEMULA


Setelah menemukan cara membuka usaha sendiri di rumah dengan berdagang atau berjualan secara online. Aku pun bergerak cepat untuk menyusun langkah apa saja yang harus dilakukan. Pertama, mencari nama online shop yang cocok sekaligus sebagai branding usahaku.

Didapat lah nama "Heizyi Store" yang di dalamnya menjual ragam kebutuhan kaum hawa, termasuk skincare, makeup, pernak-pernik lucu, hingga kebutuhan emak-emak seperti peralatan dapur, ATK, serta tidak tertinggal pulsa dan token listrik 😆

Kedua, setelah nama untuk toko ditentukan, kemudian aku belajar branding sekaligus marketing, lanjut dengan mencoba mengenal pasar melalui survey langsung ikut temanku jualan ketika car free day dan kadang membaca testimoni pelanggan di banyak media sosial kompetitor.

Satu hal yang luput dari kesiapanku dalam memulai usaha dari rumah adalah kurang paham nya perihal jasa pengiriman atau ekspedisi.

Aku lupa, apabila ingin memulai usaha sendiri, misal online shop. Pasti akan bertemu dengan banyak sekali pilihan ekspedisi yang bikin aku bingung. Berbeda jika berjualan di aplikasi oren atau e-commerce yang jasa pengiriman nya sudah disediakan. Jualan online berarti harus benar-benar paham bagaimana menentukan jasa pengiriman yang tepat, kan?

Lalu, apakah aku harus berhenti?

Awalnya sempat ingin menyerah, namun aku tidak boleh pasrah, kan?

Nabi Muhammad dalam sebuah hadist mengatakan bahwa kunci sukses berdagang selain jujur ialah tidak mudah menyerah! 👊

Baca Juga: Tips Memilih Pinjaman Online yang Kredibel Untuk Memulai Usaha

bingung memulai usaha apa


CARA PINTAR MEMILIH JASA PENGIRIMAN UNTUK BISNIS ONLINE

 

Satu per satu, aku pelajari dengan teliti. Berusaha sabar memahami bagaimana cara memilih jasa pengiriman untuk bisnis online yang baik dan tepat. Hingga aku menemukan beberapa tips yang menurutku benar-benar penting dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Heizyi Store, yaitu:

  1. Pilih ekspedisi yang kredibel dan tersedia di setiap daerah
  2. Pastikan dapat mengirim tepat waktu
  3. Biaya pengiriman nya terjangkau
  4. Ada jaminan keamanan
  5. Memiliki fitur pelacakan real-time 
  6. Paket pengirimannya lengkap dan beragam

Dari enam tips di atas kemudian aku menyadari betapa pentingnya peran jasa pengiriman atau ekspedisi dalam kelangsungan bisnis online.

Aku pun segera browsing lalu menemukan agregator pengiriman yang recommended. Namanya, KiriminAja!
 
ekspedisi murah
Image by Instagram @kiriminaja_official


 

Bersama Kirimin Aja, Kini Memulai Usaha Dari Rumah Bukan Lagi Wacana


Usut punya usut, KiriminAja merupakan platform digital yang di dalam nya terdapat banyak pilihan ekspedisi yang sudah bekerja sama.

Terhitung sejak berdiri pada akhir 2019 lalu di Sleman, Yogyakarta, KiriminAja telah berhasil mengantar ribuan paket dengan aman kepada pelanggannya.

Sebagai agregator logistik yang terus berkembang, KiriminAja turut memberikan solusi kepada para pelaku UMKM, masyrakat umum serta pebisnis online, terutama bagi newbie seperti aku yang ingin mengirim paket dengan ragam layanan yang ditawarkan, diantara nya:

  • Pilihan pengiriman paket dengan banyak ekspedisi
  • Bisa pick-up barang yang akan dikirim
  • Sistem COD dengan pencairan dana harian
  • Fitur undelivery untuk meminimalisir kendala saat pengiriman

Wow, jadi tidak perlu khawatir, ya jika barang ternyata lama dalam perjalanan atau terjadi error saat pengiriman. Sebab fitur Undelivery yang dimiliki KiriminAja bisa menjadi solusi ketika paket gagal kirim.

Menariknya, dengan fitur ini juga dapat dilakukan pengiriman ulang setelah pengirim berkoordinasi dengan tim Undelivery. Supaya lebih jelas, teman-teman bisa melihat prosedur nya melalui gambar di bawah ini, ya ^^

ekspedisi terdekat

Satu lagi, kemudahan yang ditawarkan KiriminAja kepada para pebisnis online, yaitu  dana COD yang bisa langsung cair di hari yang sama dengan pengiriman barang. Artinya, dana bisa ditarik secara real-time tanpa menunggu lama.

Sebagai pemula yang masih belajar mengenai sistem pengiriman paket, aku sangat terbantu dengan sistem COD yang ditawarkan oleh KiriminAja. Jika pada umumnya dana yang menggunakan sistem Cash On Delivery (COD) akan cair setelah barang diterima pelanggan, di KiriminAja berbeda. Penjual bisa tarik dana langsung ketika paket diterima oleh pembeli. Atau penjual maupun pengirim bisa withdraw 50% dana ketika paket sudah dibawa oleh kurir 😍

Mantab, kan?

Bukankah sistem semacam ini sangat membantu pemula yang baru membuka usaha dalam distribusi barang dagangannya. Modal jadi bisa diputar dan jualan jalan terus. Terasa sekali impact nya terhadap pelaku usaha.

tips memilih jasa ekspedisi
Image by Instagram @kiriminaja_official

Well, untuk teman-teman yang sedang berjuang memperbaiki ekonomi keluarga, yuk, manfaatkan teknologi dan digitalisasi untuk mencari cuan dari internet. Kalau aku bisa memulai usaha dari rumah, kamu pun pasti bisa. Tidak harus berjualan, kok. Mungkin menjadi konten kreator bisa dicoba.

Tetapi untuk urusan kirim-kirim paket, percayakan saja pada KiriminAja. Cukup download aplikasi nya atau gunakan dashboard nya, #BisnisJadiTenang cuan pun mengalir lancar ^^

Semangat, ya. Semoga tahun ini ditutup dengan banyak hal baik. Amin 😇

Referensi:

  • https://www.cnbcindonesia.com/research/20230421165302-128-431640/membongkar-perang-dagang-as-vs-china-upaya-dedolarisasi
  • https://www.gatra.com/news-561386-regional-kiriminaja-ekspedisi-lokal-yogyakarta-beri-pendampingan-bisnis.html
  • https://jogja.genpi.co/jogja-raya/7315/beromzet-miliaran-ceo-kiriminaja-masih-terus-edukasi-konsumen
  • https://kiriminaja.com/blog/memilih-ekspedisi-tepat-untuk-bisnis-online-bagaimana-caranya
  • https://kiriminaja.com/about
  • Featured image by Instagram @kiriminaja_official

No comments:

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.