6 Langkah Mudah Turunkan Berat Badan dengan Diet Sehat Gizi Seimbang


Diet Sehat Gizi Seimbang


"Take care of your body. It's the only place you have to live."

- Jim Rohn -


6 Langkah Mudah Turunkan Berat Badan dengan Diet Sehat Gizi Seimbang - Pada umumnya masyarakat menganggap diet sehat adalah cara menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makan. Padahal secara harfiah, diet merupakan serapan dari kata dalam bahasa Inggris yang berarti "makanan yang biasa dimakan." Sedang dalam bahasa Yunani Kuno, diet berarti "cara hidup." Maka dapat disimpulkan, diet adalah kebiasaan makan yang menjadi gaya hidup.

Dikutip dari instagram @dietbareng_nutritionist, diet yang dianjurkan oleh ahli gizi adalah Diet Gampang Gizi Seimbang alias Diet GGS, yaitu cara memilih bahan makanan sesuai yang dianjurkan dengan tetap memperhatikan kebersihan, variasi makanan, aktivitas sehari-hari dan berat badal ideal.

Nah, untuk mencapai prinsip dan syarat diet gizi seimbang, ada enam step yang harus diterapkan dalam pola hidup sehari-hari.  Selain menghindari overweight. 6 tahapan ini juga akan membantu kamu menuju gaya hidup sehat plus mendapatkan berat badan ideal 😉



1| DIET SEHAT


Diet Gampang Gizi Seimbang
Kebanyakan orang memilih cara cepat menurunkan berat badan ketimbang melakukannya sesuai anjuran dokter. Akibatnya, muncul berbagai masalah kesehatan karena tidak melakukan diet dengan  benar.

Padahal, untuk menerapkan konsep diet sehat, kamu hanya perlu melakukan 10 metode sederhana seperti dibawah ini:
  • Istirahat cukup
  • Perbanyak makan buah-buahan (dimakan langsung, ya. Bukan di jus!)
  • Aktif bergerak alias bukan tim rebahan doang
  • Banyak makan sayur
  • Usahakan masak sendiri agar menu diet sehat 30 hari terpenuhi
  • Mengkonsumsi vitamin D dan Omega 3
  • Makan makanan yang diolah dengan cara direbus
  • Minum air putih
  • Kontrol asupan protein
  • Makan secara perlahan

2| GIZI SEIMBANG


Diet Gampang Gizi Seimbang

Setelah menyusun konsep diet sehat tanpa obat, yang harus dilakukan untuk mendapatkan tubuh ideal selanjutnya adalah memahami pedoman gizi seimbang.

Menurut Kemenkes, gizi seimbang adalah menu makanan sehari-hari dengan komponen zat gizi sesuai yang diperlukan oleh tubuh.

Sama halnya dengan diet sehat, juga terdapat 10 kriteria penting yang harus dipahami dalam Panduan Umum Gizi Seimbang (PUGS), yaitu:

⓿ Pertama, mengkonsumsi aneka makanan pokok yang mengandung zat pembangun, zat tenaga dan zat penting lainnya yang dibutuhkan tubuh
❶ Kedua, batasi mengkonsumsi makanan manis, asin, dan berlemak
❷ Rutin olahraga atau aktivitas fisik yang cukup dan tetap harus pertahankan berat badan ideal
❸ Konsumsi lauk pauk berprotein tinggi
❹ Cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir
❺ Biasakan untuk sarapan
❻ Minum air putih yang aman dengan cukup
❼ Makan buah dan sayur
❽ Biasakan selalu membaca label pada kemasan pangan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya
❾ Bersyukur atas segala nikmat aneka ragam

3| POLA MAKAN


Diet Gampang Gizi Seimbang

Setelah memahami pedoman gizi seimbang, langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal adalah dengan mengatur pola makan.

Meski erat kaitannya dengan mengurangi jumlah porsi makan, siapa sangka metode makan 5x sehari ternyata bisa menurunkan berat badan.

Selain tidak menyiksa diri, makan lima kali sehari dengan kadar asupan kalori terkontrol juga bisa menjaga berat badan tetap ideal, lho.

Lalu, bagaimana menerapkan pola makan sehat bergizi dan seimbang? simak langkah-langkah tepat dibawah ini, ya:

🍴 Sarapan 20%


Seperti anjuran Kemenkes, membiasakan untuk sarapan adalah kunci mencegah lonjakan penambahan berat badan. Melewatkan sarapan sama saja dengan makan lebih banyak di jam berikutnya.

Bahkan beberapa penelitian menyebutkan, tidak sarapan bukan berarti dapat mencegah atau menurunkan berat badan. Tetapi malah sebaliknya!

Oleh sebab itu, supaya dapat  menjalankan aktivitas sepanjang hari dengan cukup energi, usahakan mengkonsumsi makanan tinggi serat dan protein saat sarapan dipagi hari.

🍴 Camilan Pagi 10%


Siapa bilang, orang yang sedang program diet nggak boleh nyemil? boleh kok! asal nggak berlebihan dan sesuai dengan menu diet seimbang.

For your information, guys. Camilan dipercaya bisa menjaga kadar gula dalam tubuh, lho.

🍴 Makan Siang 40%


Selain sarapan, makan siang juga memegang peran penting dalam penentuan berat badan.

Lunch ideal setidaknya menyerap sekitar 700 kkal dalam sekali makan. Ingat, makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang, ya 👌

🍴 Camilan Sore 10%


Sama halnya dengan camilan pagi, nyemil di jam-jam kritis juga dibutuhkan agar otak tetap waras. Terutama bagi yang harus bertempur dengan deadline atau terpaksa lembur di kantor.

Pastikan memilih camilan rendah kalori namun tetap bisa bikin kenyang. Sebab menunda makan atau menahan lapar terlalu lama juga akan berakibat pada kesehatan lambung, lho.


🍴 Makan Malam 20%


Nah, agar pola makan diet sehat menurunkan berat badan tidak gagal, usahakan makan malam dua jam sebelum tidur, ya. Konsumsi serat sekitar 20% dari kebutuhan kalori tubuh.

4| BERAT BADAN


Diet Gampang Gizi Seimbang

Menjadi ideal adalah salah satu cara mencintai  diri sendiri. Namun banyak orang tidak memiliki rasa percaya diri yang cukup ketika bobot tubuh mulai bertambah. Itu sebabnya berbagai macam program diet dilakukan demi menurunkan berat badan.

Menurut para hali, penurunan normal berat badan dalam sebulan adalah 4-6 kilogram atau sekitar 0,5-1,5 kilogram setiap minggu nya.

Maka dari itu itu, untuk menjaga kesehatan dan mendapatkan bentuk tubuh ideal yang diinginkan, sebaiknya ikuti cara diet yang benar menurut dokter, ya 😉

5| DIET GAMPANG GIZI SEIMBANG


Diet Gampang Gizi Seimbang

Perlu diingat kembali, diet bukan hanya untuk orang gemuk, obesitas atau yang memiliki masalah dengan berat badan. Diet boleh dilakukan oleh siapa saja. Tua, muda, anak-anak, laki-laki dan perempuan.

Sebenarnya, tidak ada aturan pasti kapan seseorang harus memulai diet. Diet bisa dilakukan kapan saja. Akan tetapi, para ahli menyarankan agar melakukan diet seimbang karena aman terhadap kesehatan.

Diet gampang gizi seimbang atau Diet GGS adalah diet sehat yang berpedoman pada gizi seimbang. Dimana jumlah asupan kalori harian dalam tubuh tetap terkontrol.

Diet sehat gizi seimbang sendiri bertujuan untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh, membentuk tubuh ideal serta menaikkan berat badan sesuai arahan ahli gizi.

6| KONSULTASI PADA AHLI NYA


Diet Gampang Gizi Seimbang
Setelah mendapat gambaran jenis diet yang akan dipilih, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada ahlinya.

Kebetulan, @dietbareng_nutritionist bisa membantu kamu mendapatkan manfaat diet dengan maksimal.

Disana, kamu akan dipandu oleh diet coaching agar harapan memiliki berat badan ideal tidak hanya sebatas khayalan.

Para nutritionist tersebut nantinya akan menangani langsung para peserta sesuai pola diet sehat yang telah dianjurkan oleh Dinas Kesehatan Indonesia.

Melalui akun instagram @dietbareng_nutritionist ini, kamu akan diarahkan untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat. Tentu setelah disesuaikan dengan kebutuhan zat gizi harian masing-masing.

Oh iya, sebagian bagian dari WRP Indonesia, progarm diet yang dianut oleh GGS adalah jenis diet sehat dan seimbang sehingga aman untuk para newbie 😍

Jadi, untuk menunjang kebutuhan diet kamu, jangan lupa follow instagram @dietbareng_nutritionist, ya 😎



Sejatinya, diet itu tidak melulu soal berat badan, kurus ataupun gendut. Melainkan tentang ideal menurut versi masing-masing. Sehingga tidak heran jika ada yang melakukan diet selama seumur hidup.

Melalui program Diet Gampang Gizi Seimbang atau yang biasa dikenal dengan Diet GGS, kini kamu bisa mendapatkan berat badan ideal tanpa menyiksa diri. Bahkan masih bisa makan enak 5x sehari.

Bagaimana, tertarik untuk memulai diet?

So, let's make it happen 👊

6 Langkah Mudah Turunkan Berat Badan dengan Diet Sehat Gizi Seimbang 6 Langkah Mudah Turunkan Berat Badan dengan Diet Sehat Gizi Seimbang Reviewed by Heizyi on July 29, 2020 Rating: 5

31 comments:

  1. makasih sahringnya, diet seimbang memang perlu agar kita tetap sehat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups.
      karena diet gak melulu soal timbangan. Tapi juga ideal menurut masing-masing :)

      Selamat mecnoba

      Delete
  2. setuju banget dengan ngemil memang gak dilarang ya asalkan posrsinya sesuai. Tips diest sehat gizi seimbang ini bisa diikuti buat aku juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sok atuh.
      semoga berhasil, ya.
      inget loh, ngemil nya yang sesuai takaran. jangan terus-terusan wkwk

      Delete
  3. Ini keren sekali, karena memang diet sehat dan bergizi. Berat abdan bisa turun, tapi secara alami. Makanya saya sering heran dengan orang yang nekat diet ekstrim. Sampai ada yang diet pakai cacing pita dimasukkan ke perut. Cacing pita itu yang akan memakan sari-sari makanan dalam tubuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia, karena tidak konsultasi dengan ahlinya, makanya sampai ada yang salah kaprah seperti itu. Padahal diet GGS kan gampang, udah gitu diapndu langsung oleh @dietbareng_nutritionist

      Delete
  4. Gizi seimbang ini harus terus disosialisasikan karena yang bergizi itu bukan hanya dilihat dari enaknya saja ya tapi juga manfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha... yang enak belum tentu bergizi loh mbak.
      dan kebanyakan menu diet itu memang gak senikmat makanan sehari-hari

      Delete
  5. Nah, penekanan lagi untuk sarapan pagi. Kalau mau diet makan 3 kali sehari harus jalan ya kak. Cuma ya dihitung aja kalorinya. Jangan sampai kebanyakan juga. Dan harus seimbang sama olahraga sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, setuju!
      jaga pola makan aja gak cukup kalau mau bentuk tubuh ideal.
      ya harus diimbangi dengan olahraga dan asupan nutrisi yang tepat dong

      Delete
  6. Wah...ini bagus ya. Diet didampingi nutritionist. Keren juga pakar ini. Jadi dicek tiap orang yah, kamu cocoknya diet apa, supaya engga sembarangan. Makasih sharingnya Kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, mbak
      dari awal konsul sampai program diet selesai, bakal ditemeni oleh ahli dari @dietbareng_nutritionist,

      Delete
  7. Nah tu lah. Banyak yang salah kaprah dengan maksud diet ini. Tujuannya sih mungkin menurunkan berat badan. Lalu asal mengurangi makan malah sampai kekurangan nutrisi. Yang ada mah malah tepar. Ini nih diet sehat. Orang-orang kudu tahu yang begini ni...

    ReplyDelete
  8. Hm, patut dicoba nih tips dietnya. Selama pandemi ini memang kenaikan BB saya lumayan gila-gilaan, sampek 5 kilo selama hampir 10 bulan terakhir. Wih, sampek ngeri sendiri lihat badan. Bolak-balik nyoba diet tapi hasilnya yoyo. Kayaknya perlu yang lebih terarah dan ada ilmunya gini biar lebih tahan lama.

    ReplyDelete
  9. Hehe.. Selama pandemi pola makanku jadi berantakan nih. Kebanyakan di rumah malah bikin makan gak terkontrol baik dari segi waktu maupun jenis makanannya. Kudu diperbaiki nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAMAAAAAAA !!!!!
      aku pun!

      yakin nih pasti. semakin lama stay at home, semakin kekanan timbangannya ^^ wkwk

      Delete
  10. Mengatur pola makan itu udah paling benar, diimbangi olahraga ya kak.
    Dulu suamiku pernah bb 77 kg, lalu atur pola makan turun jadi 60an kg. Tapi sekarang balil lagi ke 70an kg krn bandel hiksss kwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... kalo cowok sih agak bodo amat ketimbang cewek ya, kak.
      kalo masalah bb dan bentuk tubuh, sumpahhhh... cewek gak ada tandingannya ^^

      Delete
  11. Jadi teringet nih dulu saya sebelum menikah memang sukanya makan 5x sehari. Tapi tidak pernah gemuk karena porsinya pas.
    Sekarang malah makan cuma 3xaja kak tapi lebih gemuk. Hihi mungkin karena 3Xjadinya sering sekalian ambil yang banyak ya 😋

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk.... status memang tidak bisa membohongi ya mbak.
      eh tapi kata para tetua, kalo gemuk setelah menikah itu tandanya bahagia loh.
      amin :)

      Delete
    2. saat meng-asi-hi anak pertama, BB saya loss skitar 5 kg dr biasanya. Jadi saya tampak kuruss dan suami bilang "gemukin dikit lah bund, ntar dikira nggak kukasih makan"...sungguh pengen ngakak. dikira ayam apa ya...dikasih makan wkwkwk. seperti related dengan "gemuk setelah menikah pertanda bahagia" hahaha

      Delete
  12. olahraga dan kontrol hidup yang sehat apalagi makanan pasti okee banget bisa nurunin berat badan

    ReplyDelete
  13. Semoga beneran sesuai dengan berat badan ideal yang mba Elok inginkan ya.
    Semangat diet dan keep smile pada tantangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... kalo makan 5x sehari aku masih keep smile mbak.
      tapi kalao udah disuruh say goodbye pada junkfood, OH NOOOOO >.<

      Delete
  14. Diet Gampang Gizi Seimbang, hmm diet yg paling aman nih kayaknya ya Mbak...sesuai dg pedoman gizi seimbang Kemenkes lg, kereen, ikutan aahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.konsep dan prosedurnya memang disesuaikan dengan anjuran kemenkes dan diiringi mentor yang berkualitas. jadi insyallah aman

      Delete
  15. Terima kasih tipsnya kak sangat recommended nih buat yang pengin diet

    ReplyDelete
  16. Nyemilnya boleh cake atau puding ga ya mba? Doyan soalnya

    ReplyDelete
  17. Bisa dicoba ini. Cuma ngga lolos di jangan mageran. Hihihi pengennya diet. Makan udah dikurangi tp mageran sama aja ya mbk.

    ReplyDelete
  18. Ah pas nih yg aku cari, sangat bermanfaat. Semoga bisa konsisten mempraktekannya

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.