Fakta Dibalik Fenomena Bunuh Diri Artis Korea


Alasan Bunuh Diri Artis Korea Karena Stres dan Depresi


"(We) can't be having fun everyday, as we live. (We) won't be tearing for a lifetime either. Event if you're gloomy, i'll be standing here. I am here"

- Jonghyun SHINee (Maybe Tomorrow) -


Fakta Dibalik Fenomena Bunuh Diri Artis Korea - Lagi-lagi hati para fangirl dibikin syok dengan kabar meningal nya member ganteng SHINee, Kim Jonghyun. Doi meninggal pada 18 Desember 2017 kemarin karena b*n*h diri 😢 Menurut sumber terdekat menyebutkan, bahwa Jonghyun memilih cara itu untuk mengakhiri hidupnya di karenakan merasa stress akan penurunan kualitas bermusiknya. Duh, ilang deh, satu vokalis utama nya SHINee 😞

Ternyata, selain Jonghyun SHINee, beberapa artis Korea Selatan juga memilih cara yang sama untuk mengakhiri hidup mereka loh. Siapa saja mereka?

1| Kim Jonghyun


Masih hangat di telinga kita, bahkan namanya juga sempat menjadi trending topic di berbagai media masa juga sosial media. Penulis lagu sekaligus member boyband SHINee, Kim Jonghyun meninggal pada usia 27 tahun setelah aksi bunuh dirinya dengan briket batu bara di sebuah unit apartemen yang ia sewa selama dua hari terakhir dikawasan Gangnam, Chungdam-dong.

Jonghyun pernah menjadi bagian terindah dalam hidup banyak orang. Terutama para remaja. Semua lagu yang ia ciptakan menjadi pelajaran berharga bahwa kita harus bisa menerima dan menghadapi hari-hari terburuk kita sebaik kita menerima dan menghadapi hari-hari baik kita sendiri.

Banyak sahabat dan penggemar yang sedih sekaligus terluka dengan kepergian Jonghyun. Salah satu member SHINee, Minho bahkan dikabarkan pingsan ketika mendengar kabar meninggal nya Jonghyun. Ada juga Yoona SNSD yang harus menyembunyikan mata bengkak nya ketika pergi ke rumah duka. Mungkin bukan hanya Yoona yang menangis semalaman karena tidak bisa menerima kepergian Jonghyun. Tapi percayalah, banyak hati yang redup ketika seorang yang sangat kuat dan selalu menginspirasi orang lain itu pergi untuk selama-lamanya.

Ah, padahal natal dan tahun baru hanya tinggal menghitung hari. Tapi kenapa Jonghyun malah pergi 😓 Kalau di ingat-ingat lagi sih. Ini bukan kasus pertama artis Korea yang nekat mengahiri hidupnya dengan cara bunuh diri ya.

2| Park Yong Ha


Sebelumnya, ada Park Yong Ha (1977-2010) yang memutuskan mengahiri hidup dengan bunuh diri. Bintang drama Korea Winter Sonata ini di duga depresi karena penyakit kanker ganas yang di derita oleh sang ayah. Park Yong Ha juga diduga tertekan karena harus mengurus perusahaan nya sendiri.
 
Alasan Artis Korea Bunuh Diri Karena Stress

3| Lee Eun Joo


Selain Park Yong Ha dan Kim Jonghyun, ada juga Lee Eun Joo (1980-2005). Si cantik yang akhirnya memilih bunuh diri untuk mengakhiri rasa malu nya setelah melakukan adegan telanjang di film The Scarlet Heart.

4| Choi Jin Shil


Kisah pilu dari 'The Nation's Actress', Choi Jin Shil (1968-2008) memperpanjang daftar artis Korea yang meninggal karena bunuh diri. Kepergian sang manajer membuat Choi Jin Shil harus bekerja keras mengatur semua jadwalnya. Ditambah lagi kekerasan dalam rumah tangga oleh sang suami harus membuat Choi Jin Shil mengajukan tuntutan cerai. Namun masalah hidupnya tak seringan membalikkan telapak tangan. Choi Jin Shil harus melalui fase pelik atas hak asuh anak nya. Dia juga di duga terlibat rencana bunuh diri salah satu temannya.

5| Jang Ja Yeon


Masih karena tekanan hidup yang sulit. Artis cantik yang pernah berperan sebagai tokoh antagonis dalam serial drama Boy Before Flowers (BFF), Jang Ja Yeon juga nekat mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. Menurut surat wasiat yang ia tinggalkan, Jang Ja Yeon mengalami kekerasan seksual oleh eksekutif juga investor di perusahannya. Dan yang lebih menyeramkan lagi, agensi tempat Jang Ja Yeon bernaung memberi izin atas tindakan asusila yang di lakukan terhadap artis nya itu 😱 astagaaaa....

6| Ahn Jae Hwan


Yang terakhir ada nama Ahn Jae Hwan sebagai salah satu artis Korea yang meninggal juga karena bunuh diri. Ahn Jae Hwan memilih karbon monoksida sebagai jalan keluar atas segala masalahnya. Dia memilih pergi ke surga dengan racun mematikan itu di dalam mobil. Ahn Jae Hwan mengalami banyak masalah utang piutang yang membuat dirinya lemah dan pasrah.

Duh, kalau inget mereka. Padahal karir lagi bagus-bagusnya waktu itu. Tapi karena depresi dan tekanan yang luar biasa. akhirnya mereka menyerah kemudian mencari jalan pintas tercepat untuk keluar dari segala masalah 😑

Dan yang harus kalian tahu gaes, jangan menganggap sepele stress atau depresi. Perubahan mood, pola pikir serta kecenderungan menyalahkan diri sendiri bisa menganggu aktivitas kalian selama dua minggu atau lebih loh. Suasana hati yang buruk bisa memperkeruh keadaan apabila gangguan semacam ini tidak segera kalian atasi. Bahkan bisa mengarah pada tindakan bunuh diri seperti yang dilakukan oleh 6 artis korea ini.

Menurut Mira Caliandra, perwakilan Pusat Krisis Fakultas Psikologi UI, Interpersonal Therapy adalah hal yang bisa membantu seseorang untuk mengatasi gangguan mentalnya. Dengan cara mencari tahu apa yang sedang seseorang itu alami, duduk bersama dan mencoba mendengarkan sebelum menghakimi.

Penyebab Artis Korea Bunuh Diri Karena Depresi
Jadi, setelah kabar meninggalnya member ganteng SHINee, Kim Jonghyun karena bunuh diri juga isi surat wasiat nya yang sungguh memilukan. Kita bisa mengambil kesimpulan, bahwa :

//Idola Kpop Juga Manusia


Jangan karena mereka seorang idola atau tokoh publik, lantas mereka harus dituntut selalu tampil sempurna. Bahkan untuk membuat orang lain bahagia pun, kadang sebagian dari mereka harus berpura-pura baik-baik saja di depan kamera 😥

//Bunuh Diri bukan Sekedar Fenomena


Seperti yang di katakan oleh Mira Caliandra sebelumnya, jangan menghakimi sebelum mendengarkan. Kadang, kritik yang kita berikan untuk seorang idola dengan tujuan memperbaiki malah di tangkap berbeda. Kritik yang tadinya bertujuan untuk memotivasi justru bisa jadi penyebab depresi itu sendiri. Merasa tidak bisa memberikan yang terbaik hingga akhirnya menyalahkan diri sendiri adalah termasuk gejala depresi loh.

//Curahan Hati yang Tersembunyi


Mungkin, bagi sebagian orang atau fans, musik adalah sebuah lagu pengantar rindu. Tapi (mungkin) tidak bagi peciptanya. Ada begitu banyak pesan tersirat dari setiap lirik yang tercipta. Atau, semua makna dari lirik lagunya adalah curahan hati sang musisi yang lelah bersembunyi.

//Bukan Kecaman, Tapi Dukungan serta Pelukan


Meski sepele dan terkesan tidak berarti, namun kalimat-kalimat ajaib ini mampu menjungkir balikkan perasaan seseorang menjadi lebih baik hanya dalam sekejap. Terutama bagi mereka yang sedang mengalami gejala stress atau depresi!

"Aku disini untukmu", "Semua akan baik-baik saja", "Jangan menyerah", "Ayo Semangat", "Kamu pasti sembuh", "Jangan dengarkan mereka, yang penting kamu bahagia".

Bayangkan, hanya dengan memberi dukungan dan motivasi, seseorang yang mengganggap dirinya sendiri tidak akan lagi merasa kesepian. Hanya dengan sebuah pelukan atau kalimat ajaib saja, bisa membuat seseorang yang lemah berusaha bangkit untuk tidak menyerah.

Meski bukan menjadi yang beruntung untuk bangkit dari keterpurukan, namun Jonghyun sudah membuktikan, betapa berartinya dirinya bagi orang lain. Air mata juga luka yang ia tinggalkan bersama briket batu bara yang masih menyala menjadi tanda. Bahwa nama Kim Jonghyun SHINee akan selalu di kenang oleh keluarga, sahabat, teman juga dunia yang telah membesarkan namanya. Akan tetapi, bunuh diri adalah hal sangat di sesalkan bagi mereka yang ditinggalkan 😶

Fakta Dibalik Fenomena Bunuh Diri Artis Korea Fakta Dibalik Fenomena Bunuh Diri Artis Korea Reviewed by Heizyi on December 20, 2017 Rating: 5

11 comments:

  1. Aku kok entah kenapa sedih banget ya Mba tau Jong Hyun bunuh diri, secara cuma Shinee satu-satunya boyband yang lagunya masih aku dengerin sampe sekarang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama! emang lagunya SHINee easy listening ya :|

      Delete
  2. Ahhh sedih ya, padahal mereka punya banyak hal baik dalam hidup yang membuat orang lain bahagia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, nyatanya hidup memang tak seindah drama korea -_-

      Delete
  3. duh berat juga ya ternyata kehidupan artis di korea. hidup mereka diatur oleh manajemen dan dituntut untuk selalu sempurna :(

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. iya mbak, bener. Populer belum tentu bahagia ya :(

      Delete
  5. Katanya di sana bunuh diri jg sudah biasa, karena banyak yg melakukannya. Sesuatu yg sudah biasa, jadinya nggak ditakuti lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, apalagi kalau yang melakukannya semacam idol gitu. Pasti langsung jadi tren -_- parah emang

      Delete
  6. Sedih sekali kalo pas ada berita artis bunuh diri. Jadi inget kejadian waktu itu saya sedang dalam masa penyembuhan stlh keluar dr ICU, dengar berita vokalisnya linkin park bunuh diri. Trus rasanya "di sini mati2an berjuang untuk hidup, di sana menyia-nyiakannya." sayang sekali :(

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.