Apa Hubungan Miopi dan Kacamata Anti Radiasi?


Kacamata Anti Radiasi Minus Komputer

"Don't call the world dirty because you forgot to clean your glasses"

- Aaron Hill -


Apa Hubungan Miopi dan Kacamata Anti Radiasi? - Mata adalah orang dalam tubuh manusia yang berfungsi sebagai indra penglihatan. Dimana, ketika mata menerima cahaya, cahaya tersebut akan di kirim oleh sinyal syaraf menuju otak, lalu oleh otak di kirim kembali pada otot, untuk melihat sejauh mana selaput pelangi akan mengerut. Setelah itu, cahaya yang masuk pada retina akan di fokuskan oleh lensa.

Nah, jika melihat sistem kerja mata yang begitu rumit namun sangat sempurna di banding teknologi terbaru sekalipun, sudah seharusnya kita selalu menjaga kesehatan dan kebersihan mata, kan? Anggap saja, mata adalah aset utama sebagai model kita mengarungi kehidupan. Tapi, bagaimana cara merawat mata agar tetap sehat sedangkan pekerjaan menuntut kita untuk terus berada di depan komputer? Perlukah kita memakai kacamata anti radiasi untuk mencegah mata minus? Dan bagaimana cara membedakan kacamata anti radiasi yang asli atau palsu?

Kacamata Anti Radiasi :


Ada beberapa yang menyebutkan, jika kita harus menggunakan kacamata anti radiasi bila berada di depan komputer dalam waktu lama. Sebenarnya begini, kacamata anti radiasi adalah kacamata yang dibuat khusus untuk menangkal efek buruk sinar ultra violet alias paparan langsung oleh sinar matahari terhadap mata.

Kacamata anti radisi terbuat dari susunan logam yang berfungi untuk menahan gelombang elektromagnetik yang di hasilkan oleh sinar ultra violet. Selain itu, kacamata anti radiasi juga di lapisi oleh lapisan anti silau dan lapisan anti air. Jadi jelas, fungsi kacamata anti radiasi adalah untuk menghindari efek buruk saat terjadi kontak langsung antara mata dengan sinar matahari. Itu sebabnya, jika beraktifitas di luar ruangan, sangat di sarankan untuk menggunakan kacamata anti radiasi.

Hal sederhana yang harus kalian lakukan untuk mengetahui apakah kacamata anti radiasi itu asli atau palsu adalah dengan cara 'MEMAKAI' nya langsung. Kacamata anti radiasi palsu tentu akan membuat penglihatan kalian silau, berbeda dengan kacamata anti radiasi asli. Contoh sederhana : Jika kalian memakai kacamata anti radiasi kemudian melihat ke arah cahaya lampu yang menyala. Maka tidak akan ada sinar yang berada di sekitar lampu. Intinya, cara membedakan kacamata anti radiasi asli atau palsu ada pada tingkat pantulan cahaya nya. Jika sudah memakai kacamata tetap silau, ya berarti kacamata nya palsu!

Lalu, apa hubungan kacamata anti radiasi dengan mata minus?


Mata minus alias rabun jauh atau miopi adalah keadaan dimana mata manusia tidak bisa melihat benda yang jaraknya jauh dari retina karena kornea mata terlalu cembung hingga objek benda jadi tidak fokus. Gangguan mata jenis ini biasanya di sebabkan oleh kelainan bentuk bola mata, kelematan otot mata atau karena mata dipaksa bekerja secara terus-menerus.

Rabun jauh terbagi menjadi 3 kategori, yaitu ringan, sedang dan berat. Cara mengatasi mata minus bisa di lakukan dengan operasi sinar laser sebagai pengobatan alternatifnya. Namun jika masih dalam tahap ringan atau sedang, penderita mata minus cukup menggunakan kacamata berlensa cekung atau memakai lensa kontak (softlens) saja.

Manfaat Kacamata Anti Radiasi Komputer
Nah, berikut adalah ciri-ciri atau gejala umum rabun jauh (mata minus) yang sering terjadi :
  1. Sering menggosok mata
  2. Tidak bisa melihat benda yang jaraknya jauh
  3. Tidak sadar akan keberadaan benda yang letaknya jauh
  4. Sering mengedipkan mata dengan frekuensi berlebih
  5. Merasa pusing jika mata bekerja terlalu keras
Wah, aku sering banget ngucek mata, radak pusing sih kalau keseringan lihat gadget. Tapi aku gak suka kedip-kedip loh ya 😁 hahahaha

Baidewe, guys. Menurut dr. Dahlia Khairun. Mata minus yang sudah terlalu parah bisa menyebabkan penyakit serius loh. Seperti Ablasio Retina (terlepasnya retina), Katarak juga Glaukoma. Begitu seperti yang aku kutip dari alodokter.com.

SEKILAS INFO : Ibu hamil yang pernah terinfeksi campak selama masa kehamilan, beresiko melahirkan bayi dengan gangguan mata katarak (sumber : wikipedia)

Jadi, menggunakan kacamata anti radiasi komputer sebenarnya tidak terlalu penting. Sebab, laptop atau komputer sudah memiliki lapisan anti-glare yang dapat mencegah radiasi gelombang elektromagnetik dari sinar laptop atau komputer itu sendiri. Sedangkan kacamata minus tidak di lengkapi dengan anti radiasi kecuali kalian memesan nya secara langsung. Tentu dengan biaya yang lebih mahal 😁

Kalau kelamaan main gadget, harus pakai kacamata anti radiasi hp, juga gak?

Sudah jelas, kan? kalau manfaat kacamata anti radiasi itu untuk menangkal sinar UV. Jadi kita tidak perlu lagi menggunakan kacamata anti radiasi saat menggunakan barang elektronik. Bahkan, kelainan mata seperti miopi atau rabun jauh pun tidak akan berkurang hanya karena kita menggunakan kacamata anti radiasi minus. Sebab ya itu tadi 😮

Tapi tapi tapi.... aku punya tips nih, supaya mata kita tetap sehat dan mencegah rabun jauh akibat terlalu sering (lama) menatap layar komputer atau main gadget. Di simak ya 😊

Efek Samping Kacamata Anti Radiasi Komputer

Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat dan Mengurangi Mata Minus Akibat Bekerja Terlalu Lama di Depan Komputer :

  1. Konsumsi makanan bergizi dan mengandung banyak vitamin A
  2. Gunakan kacamata minus agar rabun jauh tidak semakin parah
  3. Jauhkan mata dari asap rokok atau polusi
  4. Lindungi mata saat kontak langsung dengan sinar matahari
  5. Kompres mata lelah dengan air hangat selama beberapa menit agar mata lebih rileks dan lembab
  6. Gunakan komputer atau gadget seperlunya saja
  7. Gunakan cahaya ruangan yang cukup
  8. Atur cahaya gadget agar tidak terlalu silau
  9. Gunakan jarak aman antara mata dan layar komputer sekitar 50-60cm
  10. Sesekali istirahatkan mata atau memandang benda yang jaraknya agak jauh ketika bekerja terlalu lama di depan komputer
Well, kalian sudah paham, kan? kapan harus menggunakan kacamata anti radiasi, bagaimana ciri-ciri kacamata anti radiasi asli atau palsu, apa hubungan antara mata minus dan fungsi kacamata anti radiasi itu sendiri.

So, masih was was terlalu lama menggunakan komputer kemudian menyebabkan mata minus bertambah? aku sih selaw aja 😝

Apa Hubungan Miopi dan Kacamata Anti Radiasi? Apa Hubungan Miopi dan Kacamata Anti Radiasi? Reviewed by Heizyi on March 22, 2018 Rating: 5

8 comments:

  1. Banyak yg salah duga, kaca mata anti radiasi bisa digunakan untuk kerja di depan laptop, komputer atau gadget. Supaya mata gak sakit. Ternyata cuma buat dipakai di luar agar tidak terkena sinar matahari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya aku juga mikir, mata minus ku tambah parah karena keseringan di depan laptop mbak. Makanya cari tahu sana-sini buat cari solusi. Nah, pas ketemu sama saran supaya pake kacamata anti radiasi, aku cari tahu dulu. Ternyata efek kacamata anti radiasi untuk mata minus gak banyak berguna. Ya sudah, minum vitamin aja :)

      Delete
  2. AKu gak pernah pakai kacamata anti radiasi, karena ud pake kacamata minus sih. Kemarin, mata minusku ketambahan silinder huhuhu padahal sebelumnya silinder udah hilang loh. Aku pikir ini karena aku sering lama depan laptop dan baca lewat hp saat malam hari nggak pakai kacamata. Emang main hp itu bahaya beneeer ya apalagi di malam hari yang minim cahaya hiks.

    Tfs mbak sama artikelnya, jadi tau kalau kacamata anti radiasi itu ternyata fungsinya nggak seperti yang salama ini dibayangkan. ^^

    ReplyDelete
  3. Oloohh, ternyata gitu ya Mbak. Noted deh.
    jadiii klo anti radiasi itu mah pakenya untuk halau sinar UV ya, bukan karena kelamaan kerja depan komputer/laptop atau gadget :D

    thanks ya Mbak :)

    ReplyDelete
  4. Wah padahal waktu saya periksa mata ke RS, dokternya bilang kalau keseringan lihat komputer baiknya pakai kaca mata anti radiasi. Saya minus juga soalnya. Tapi menurut saya memang beda lho mba, mata nggak cepat lelah.

    ReplyDelete
  5. mpo pakai silinder akan tetapi teman mpo juga memakai anti radiasi karena dia kerjanya di luar ruangan.

    ReplyDelete
  6. Emang kudu pake sih tapi harganya lebih mahal dari lensa biasa

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up in : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.