Bonding Time Seru Bersama Anak Dengan Gymnastic


Manfaat Senam Gymnastic untuk Anak


"Those who feel the don't have time to exercise. Sooner or later have to take the time to treat the disease"

- Edward Stanley -


Bonding Time Seru Bersama Anak dengan Gymnastic - Banyak sekali jenis permainan atau olahraga yang bisa dilakukan orangtua bersama anak. Melakukan kegiatan yang menyenangkan adalah cara terbaik untuk membangun kedekatan dengan si kecil. Gymnastic menjadi salah satu aktivitas seru yang di sarankan untuk itu.

Gymnastic sendiri adalah kegiatan olahraga senam yang menggabungkan kekuatan, kelenturan, keseimbangan, kecepatan, disiplin dan koordinasi gerak. Menurut American Academy of Pediatrics, kemampuan fisik serta sosial anak yang rajin berolahraga akan berkembang secara sempurna.

Selain berperan penting guna kesehatan tubuh, gymnastic juga memiliki beberapa manfaat lain seperti berikut :

  • MENGENAL CABANG OLAHRAGA LAIN

Selain bersepeda, berenang, sepak bola, dan lainnya. Anak-anak juga perlu mengenal berbagai macam jenis olahraga. Dengan begitu, wawasan mereka akan semakin luas dan mampu memilih minat serta bakatnya sendiri.

Manfaat Senam Gymnastic untuk Anak
Image by Pexels.com

  • MELATIH KEMAMPUAN SOSIAL

Berinteraksi dengan teman, menyelesaikan pekerjaan dalam sebuah tim, belajar tentang kemenangan dan kekalahan dalam sebuah permainan, belajar sportivitas. Adalah bentuk kesempatan yang diberikan pada anak untuk bersosialisasi.

  • MEMBANTU KOORDINASI MOTORIK

Kegiatan seperti berlari dan melompat akan membuat anak semakinn aktif dan lincah. Gerakan  gymnastic juga dipercaya dapat meringankan kerja saraf motorik kasar anak. Dengan begitu, lambat laut anak akan memahami kondisi dan cara mengendalikan anggota tubuh mereka.

  • MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN KONSENTRASI

Serangkaian kegiatan komprehensif dari senam gymnastic dapat membangun kepercayaan diri. Berusaha mengingat urutan gerakan setiap tahap akan melatih konsentrasi penuh pada anak.
Manfaat Senam Gymnastic untuk Anak
Image by The Asian Parent
  • MENGELOLA EMOSI

Ketika mengikuti rangkaian senam artistik gynamstic, anak akan menjadi peka terhadap perkataan orang lain seperti mendengarkan arahan dari instuktur senam, bersabar menunggu giliran, berusaha bersikap tenang. Adalah bentuk pengendalian diri yang baik.

  • MENJADIKAN ANAK LEBIH MANDIRI DAN DISIPLIN

Bertemu teman baru, melakukan gerakan sesuai urutan, bertanggung jawab terhadap instruksi akan melatih anak untuk lebih mandiri dan disiplin

  • MELATIH KESEIMBANGAN TUBUH

Gerakan gymnastic yang mudah ditiru akan membuat anak semakin semangat untuk berolahraga. Dengan begitu, semakin sering mereka berlatih, maka otot-otot mereka akan lebih kencan dan lentur. Selain itu, banyak nya gerakan dalam setiap tahap gymnastic akan melatih keseimbangan tubuh pada anak.
Manfaat Senam Gymnastic Untuk Anak
Image by Pexels.com
Gymnastic adalah cabang olahraga yang sedang hits saat ini. Selain memiliki banyak manfaat, senam artistik gymnastic juga berguna untuk memaksimalkan fungsi otak loh. Tak heran jika olahraga yang juga dijadikan aktivitas hiburan ini pun semakin banyak di minati. Bahkan club gymnastic semakin menjamur di ibu kota.

Ketimbang bermain gadget seharian, olahraga senam untuk anak ini bisa jadi pengisi waktu di kala libur atau sekedar quality time bersama anak disaat weekend. Pas banget, kan? sebagai sarana bonding time antara orangtua dan anak.

Baca Juga : Tips Mendidik Anak Zaman Now


Agar tidak salah menentukan jenis gymnastic sesuai usia buah hati, kenali dulu beberapa jenis gerakan gymnastic berikut ini :

KAYANG


Manfaat Senam Gymnastic untuk Anak
Image by Parenting.co.id

Gerakan sederhana dengan sejuta manfaat ini adalah salah satu gerakan dalam gymnastic. Rutin melakukan kegiatan ini akan membuat otot perut, otot bahu, otot pinggul semakin lentur. Selain itu gaya kayang yang dilakukan diatas alas senam seperti air tumble track bisa meningkatkan pertumbuhan otot, menambah kekuatan bahu dan menghasilkan bentuk tubuh yang proporsional.

ROLL DEPAN BELAKANG


Nah, salah satu gerakan favorit senam anak adalah forward and back rolls. Menggulingkan badan diatas inflatable air track gymnastics akan meningkatkan keseimbangan tubuh, menambah kepadatan tulang sekaligus melatih fleksibitas pada anak.

LOMPAT HARIMAU


Salah satu sesi paling seru saat gymnastic mungkin adalah tiger jump.  Gerakan yang menuntut anak untuk bergerak aktif dan lincah ini akan membuat otot punggung dan lengan semakin kuat. Melakukan lompat Harimau secara teratur dengan air beam tumble track akan menciptakan tawa anak semakin lebar.
Manfaat Senam Gymnastic untuk Anak
Image by Gymnaastic.sg


Ada banyak manfaat jika anak bergerak aktif. Selain melatih ketangkasan, olahraga juga baik untuk kesehatan. Terutama pada anak dalam masa pertumbuhan. Jangan khawatir tentang manfaat senam gymnastic untuk anak. Selain penting untuk anak usia 2 tahun ke atas. Olahraga senam artistik ini pun bisa membantu anak memaksimalkan fungsi otak juga sebagai sarana hiburan 😊

Baca Juga : Tips Belajar Sambil Bermain Bersama Anak


Bonding Time Seru Bersama Anak Dengan Gymnastic Bonding Time Seru Bersama Anak Dengan Gymnastic Reviewed by Heizyi on August 20, 2018 Rating: 5

No comments:

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.