Mengenal Jenis dan Manfaat Pinjaman Modal Usaha Bagi Entrepreneur


Pinjaman Modal Usaha Untuk Entrepreneur


"Gaji cukup untuk hidup. Tetapi tidak akan pernah cukup untuk gaya hidup."

- Prita Ghozie -


Mengenal Jenis dan Manfaat Pinjaman Modal Usaha Bagi Entrepreneur - Seperti kata Prita Ghozie, gaji hanya cukup untuk kebutuhan hidup, bukan untuk memenuhi gaya hidup. Namun setiap individu pastilah ingin memiliki lebih atau paling tidak sama dengan apa yang dimiliki oleh orang lain dalam lingkup pertemanan. Begitulah hukum sosial dunia 'kan?

Maka dari itu, untuk memenuhi gaya hidup yang diinginkan, setiap orang harus bekerja dan berusaha lebih keras lagi. Bisa dengan membuka usaha, berdagang, berbisnis atau apa pun untuk menghasilkan uang tambahan.

Namun, sebelum memutuskan menjadi seorang entrepreneur, hal paling krusial yang harus disiapkan adalah modal usaha. Sebab tanpa modal usaha yang memadai, sebuah bisnis maupuan usaha nggak akan jalan dan berkembang.

Bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah, seringkali lupa menyiapkan modal usaha dengan teliti. Padahal dengan modal usaha, inventori produk akan terjamin begitu pun dengan peningkatan alat produksi.

Untungnya, zaman yang serba digital saat ini, pinjaman modal usaha bisa didapat dengan mudah. Bahkan bisa diusahakan secara online.

APA ITU PINJAMAN MODAL USAHA?


Pinjaman modal usaha adalah bantuan modal berupa pinjaman untuk membangun bisnis yang diberikan kepada perorangan, badan usaha maupun badan hukum.

Seiring perkembangan teknologi, lembaga penyedia modal usaha pun turut berkembang. Dewasa ini, pinjaman modal usaha secara online paling banyak diminati.

Fintech menjadi salah satu lembaga pinjaman modal alternatif bagi pebisnis yang kesusahan mengajukan tambahan modal usaha ke bank.

Apa itu pinjaman modal usaha

Sebenarnya, selain fintech, ada beberapa lembaga yang menyediakan pinjaman modal usaha bagi entrepreneur maupun pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), diantaranya :

Fintech P2P Lending
Modal usaha yang ditawarkan berupa pinjaman modal usaha online tanpa jaminan, proses cepat, mudah namun suku bunga tinggi.

E-commerce
Modal usaha hanya ditawarkan pada merchant yang menjadi mitranya dalam platform e-commerce tersebut dengan skema pinjaman online yang menggiurkan.

E-money
Memanfaatkan fitur PayLater (cicilan tanpa kartu kredit) milik dompet elektronik sebagai pinjaman untuk modal usaha awal.

↬ Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah
Nah, untuk tambahan modal usaha yang didapat dari pemerintah biasa nya memiliki suku bunga rendah karena mendapat subsidi.


Setelah memahami jenis-jenis lembaga yang menyediakan pinjaman modal usaha, mari kita bahas apa saja syarat yang harus disiapkan ketika akan mengajukan pinjaman online. Berikut rinciannya:

Memiliki usaha yang minimal sudah berjalan selama enam bulan sampai satu tahun
Legalitas seperti identitas (KTP, KK), NPWP/SPT, slip gaji, laporan kelengkapan usaha dan transaksi keuangan
Rekening koran tiga bulan terakhir
Dokumen rencana investasi
Lokasi usaha dalam wilayah (sesuai ketentuan)

JENIS KREDIT MODAL USAHA


Siapa saja, sih yang bisa mengajukan pinjaman modal usaha?

Secara umum, semua pelaku usaha seperti perseorangan, firma, CV, PT maupun badan hukum bisa mengajukan pinjaman modal usaha awal tanpa jaminan.

Di Indonesia, ada banyak jenis kredit modal usaha yang bisa membantu para perintis bisnis untuk mengembangkan usahanya.

Nggak perlu ribet, setiap jenis kredit yang ditawarkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut daftar jenis kredit modal usaha yang bisa diandalkan:

Jenis Kredit Modal Usaha

☆ KTA (Kredit Tanpa Agunan)


KTA merupakan pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Suku bunga rendah (bisa kurang dari 0% setiap bulannya), jangka waktu pinjaman lumayan lama (ada yang sampai 180 bulan), syarat nya pun cukup mudah. Hanya melampirkan KTP, NPWP, slip gaji dan rekening koran selama 3 bulan terakhir.

See? gampang banget 'kan proses pengajuan pinjaman modal nya?

Jadi setiap entrepreneur nggak perlu ribet lagi urus berkas ini itu hanya untuk mendapat pinjaman modal usaha demi bisnis supaya tetap jalan terus.

☆ KUR (Kredit Usaha Rakyat)


Jenis kredit modal usaha KUR merupakan program bantuan dari pemerintah untuk pelaku UMKM yang mengalami kesulitan modal usaha guna pengembangan bisnisnya.

Karena statusnya adalah milik pemerintah, jadi proses pengajuannya harus ditujukan pada bank-bank yang tergolong bagian dari BUMN seperti bank Mandiri, BRI, BTN dan BNI.

Nah, besarnya pinjaman modal usaha yang diperoleh dari KUR bisa mencapai 500 juta dengan tenor enam bulan plus suku bunga 7% per tahun atau 0,58% per bulan, loh.

☆ KREDIT MULTIGUNA


Kredit multiguna jadi pilihan banyak pebisnis sebagai jalan keluar tercepat untuk mendapat pinjaman modal usaha dengan bunga rendah.

Selain proses pengajuannya tergolong cepat dan sesuai keinginan peminjam, bunga yang ditawarkan oleh kredit multiguna jauh lebih rendah dibanding KTA. Besarnya pinjaman pun bisa mencapai angka 5 miliar rupiah.

☆ PINJAMAN ONLINE


Pinjaman online bisa jadi solusi keuangan bagi para pengusaha millennial.

Seiring kemajuan teknologi dan perkembangan informasi, kesulitan memenuhi modal usaha bagi entrepreneur bukan lagi masalah besar. Saat ini, banyak sekali fintech yang menawarkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan secara online.

Pinjaman online yang ditawarkan pun beragam, sesuai keinginan, kebutuhan dan kondisi pasar.

Seperti ASPIREAPP.COM misalnya, Sebuah aplikasi layanan perbankan era digital yang menawarkan kemudahan pinjaman modal bagi para freelancer, startup dan UMKM untuk mengembangkan usahanya.

Di Aspire, para peminjam bisa mendaftar dan membuka rekening secara gratis, selain itu, aspireapp.com/id juga menawarkan beberapa keunggulan seperti:

  • Gratis buka rekening
  • Satu aplikasi untuk semuanya.
  • Bisa pantau rekening lain di akun Aspire
  • Transfer antar bank mudah dan cepat
  • Bukti transfer dikirim langsung ke kontak penerima
  • 100% serba online
  • Fitur aplikasi lengkap dengan notifikasi pengingat dan grafik arus kas
  • Sinkronisasi automatis dengan sofware akutansi dan akun akuntan
  • Kartu debit Visa gratis
  • Kelola biaya menggunakan fitur multi kartu bagi karyawan dengan pengaturan biaya pemakaian melalui aplikasi

Pinjaman Modal OnlinePinjaman Modal Online

Melalui misinya yang akan memberikan solusi perbankan inovatif bagi pelaku usaha kecil, mikro dan menengah, Aspire menyediakan layanan buka rekening bisnis gratis tanpa harus dipusingkan dengan berbagai urusan berkas yang bertumpuk dan memakan waktu lama.

Paperless!

Yups, dengan teknologi digital, semua keperluan dokumen penting Aspire pangkas menjadi serba online yang ringkas dan mudah.

Sebagai fintech global yang berbasis di Singapura dan telah beroperasi di Thailand, Vietnam juga Indonesia, Aspire didanai dan didukung oleh capital venture dan investor swasta ternama. Jadi kamu yang ingin mendaftar dan bergabung bersama tim Aspire, nggak perlu ragu atau pun khawatir akan kredibilitas aplikasi perbankan ini.

For your information, guys.  Aspire Technologies Pte. Ltd merupakan anak perusahaan dari Aspire Financial Technologies Holdings Inc., sebuah perusahaan Delaware AS yang didirikan oleh mantan eksekutif Lazada pada Januari 2018 lalu.

MANFAAT PINJAMAN MODAL USAHA UNTUK BISNIS


Salah satu kendala macetnya sebuah bisnis adalah karena modal usaha yang tidak memadai alias modal pas-pasan. Namun berkat pinjaman modal yang dewasa ini bisa didapat dengan mudah, semua masalah entrepreneur berganti dengan semangat dan etos kerja.

Bukan hanya modal usaha saja yang menentukan kehidupan sebuah bisnis, namun usaha dan semangat si pebisnis itu sendiri.

Oleh karena itu, ketika pinjaman modal usaha awal sudah ditangan, jangan sia-siakan kesempatan yang ada. Gunakan sebaik mungkin sebelum kebangkrutan datang menyapa.

manfaat pinjaman modal usaha



Well, berikut beberapa manfaat pinjaman modal usaha kecil yang perlu entreprenur pahami supaya lebih giat lagi dalam membangun bisnis saat ini :

  • Bisnis jadi lebih berkembang
  • Membantu dalam hal inovasi produk
  • Operasional perusahaan berjalan lancar
  • Untuk perawatan peralatan
  • Pengadaan alat-alat produksi
  • Arus kas stabil
  • Promosi jalan terus

***

Setelah memahami dan mengenal berbagai jenis kredit serta manfaat pinjaman modal usaha bagi entrepreneur, apa kamu masih ragu untuk mencari uang tambahan di era digital saat ini?
Asyik, loh punya usaha sendiri. Bisa menciptakan lowongan pekerjaan dan membuka peluang bisnis untuk investasi masa depan.

Menyoal modal usaha, jangan khawatir, Aspire siap membantu, kapan saja dan dimana saja.

Mengenal Jenis dan Manfaat Pinjaman Modal Usaha Bagi Entrepreneur Mengenal Jenis dan Manfaat Pinjaman Modal Usaha Bagi Entrepreneur Reviewed by Heizyi on December 01, 2019 Rating: 5

1 comment:

  1. Pinjaman modal usaha itu penting banget ya. Menurut penelitian, suatu usaha yang memanfaatkan modal usaha, pendapatannya lebih besar ketimbang yang tidak, hanya dalam 3 tahun. Itu berarti emang berpengaruh ya suatu usaha jika ada dukungan modal usaha

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.