Apakah Payment Gateway Itu? Berikut Pengertian, Cara Kerja dan Keuntungannya!


payment gateway adalah
 
"Mobile devices, high-speed data communication, and online commerce are creating expectations that convenient, secure, real-time payment and banking capabilities should be available whenever and wherever they are needed."
- Jerome Powell -
 

Apa yang dimaksud dengan Payment Gateway? - Payment gateway terdiri atas dua kata yang berasal dari bahasa Inggris. Payment adalah pembayaran dan gateway berarti pintu gerbang. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, payment gateway berarti sistem transaksi online yang mengotorisasi pembayaran melalui kartu kredit, transfer bank, serta direct debit dan e-wallet.

Kemudahan yang ditawarkan tersebut membuat payment gateway semakin diminati oleh pengusaha besar ataupun pengecer online. Tidak hanya itu, jaminan keamanan datanya pun sangat tinggi sebab menggunakan sistem enkripsi data nomor kartu debit oleh payment processor sehingga prosesnya sangat cepat dan instant sehingga membuat penggunanya nyaman.

Sebenarnya, masih banyak lagi keuntungan yang didapat jika menggunakan payment gateway sebagai layanan pembayaran online, apalagi bagi pemilik usaha.

Mau tahu? Yuk, aku bisikin.

KEUNTUNGAN PAYMENT GATEWAY

Tidak hanya layanan yang mudah, aman, dan instan. Ada banyak kelebihan menggunakan payment gateway, baik bagi pedagang maupun pembeli.

Bagi pembeli, manfaat yang sangat terasa dengan adanya payment gateway adalah kemudahan serta keamanan saat belanja online. Ketika hendak melakukan pembayaran, sistem ini mempermudah segalanya. Pembeli bisa langsung checkout tanpa harus mengunjungi toko penjual atau menggunakan bantuan pihak ketiga ketika akan membayar barang belanjaan yang ada di shopping cart. 

keuntungan payment gateway

Sementara itu, keuntungan payment gateway bagi pedagang, di antaranya:

        Lebih cepat dan mudah dalam memeriksa pembayaran dengan lebih dari 24 metode pembayaran

        Data pada kartu debit maupun kartu kredit pembeli terlindungi karena menggunakan metode enkripsi data

        Pedagang tidak perlu menyiapkan banyak rekening karena setiap transaksi bisa diteruskan ke berbagai jenis bank

        Cepat dan aman

        Dapat memproses ribuan hingga ratusan transaksi setiap harinya

        User friendly karena dilengkapi dengan laporan penjualan, detail pelanggan, void dan refund

        Aman bagi pengguna kartu kredit karena menggunakan teknologi fraud detection

CARA KERJA PAYMENT GATEWAY

Nggak afdol rasanya jika setelah mengetahui benefit yang ditawarkan, tapi tidak paham bagaimana kerja fintech ini.

Jadi, sebagai sistem online payment yang diprediksi akan semakin dominan di masa mendatang, payment gateway Indonesia memiliki alur mekanisme kerja sebagai berikut:

        Pertama, calon pembeli akan mengunjungi sebuah merchant untuk memilih produk

        Kemudian, setelah menemukan produk yang dicari dan akan melakukan pembayaran, sistem akan meneruskan informasi produk tersebut ke sumber payment gateway

        Setelah dari payment gateway, informasi produk akan dilanjutkan ke prosesor pembayaran bank

        Lalu, informasi produk yang akan dibeli kembali diteruskan ke asosiasi penerbit kartu milik calon pembeli

        Bank terkait yang menerima informasi produk akan mengirim balasan ke prosesor bank menggunakan kode unik sebagai bentuk konfirmasi guna menyatakan apakah transaksi tersebut berhasil atau gagal

        Terakhir, prosesor pembayaran akan mengirim pesan ke payment gateway supaya diteruskan kepada calon pembeli hingga transaksi berhasil

Meski terlihat rumit, cara kerja payment gateway ini hanya berlangsung dalam hitungan detik saja, lho. Melalui mekanisme tersebut, keamanan data pembeli akan terjaga dengan baik.

Secara sederhana, mekanisme kerja payment gateway bisa dilihat pada ilustrasi gambar di bawah ini 👇

cara kerja payment gateway
Image by Sutterstock

SISTEM KEAMANAN PAYMENT GATEWAY

Nah, dari penjelasan di atas diketahui bahwa dari sistem keamanan payment gateway jelas memiliki standar yang tinggi. Terbukti dengan triple sistem pelacakan yang dapat mencegah penipuan, yaitu:

        Address Verification System (AVS) - For your information, sistem ini bekerja dengan cara mencocokkan rincian tagihan pelanggan dengan alamat kartu debit atau kartu kredit yang terdaftar.

        Card Security Code (CSC) - sistem yang kerjanya memeriksa proses transaksi dengan meminta tiga digit nomor yang ada di belakang kartu, sedangkan

        3D Secure Password - sebuah sistem keamanan yang digunakan untuk mengotorisasi pembayaran.

Dengan sistem keamanan berlapis semacam ini, penggunaan payment gateway sangat disarankan bagi pemilik usaha karena berbagai transaksi akan jadi lebih mudah, cepat, dan aman tentunya.

CHANNEL PAYMENT GATEWAY

Tidak lengkap rasanya jika dalam pembahasan ini belum disertai contoh penerapan channel payment gateway yang ada di Indonesia.

Kebetulan, setelah berkenalan dengan salah satu payment gateway terbaik di Indonesia, aku semakin aware jika sistem pembayaran online di negara ini semakin modern dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Midtrans, sebuah layanan transaksi online bagian dari ekosistem Gojek Group yang mendukung berbagai jenis online payment secara komprehensif dan inklusif untuk beragam bisnis, mulai dari startup, UMKM, hingga usaha besar.

Dengan solusi pembayaran yang menyeluruh itulah, Midtrans kemudian dipercaya oleh perusahaan-perusahaan besar untuk menjalin kerja sama.

Nggak heran, sih. Hingga saat ini saja, Midtrans telah bermitra dengan lebih dari 500k merchant seperti Tokopedia, Gojek, Sophie Paris, Informa, KitaBisa, dan masih banyak lagi.

Bahkan, lebih dari 80% pengguna online di Indonesia ternyata sudah menggunakan Midtrans sebagai layanan transaksi mereka.

Dan yang nggak kalah menarik, ada sekitar 15 miliar rupiah transaksi anomali yang berhasil digagalkan oleh Midtrans setiap minggunya.

Terbukti, kan? selain mudah dan cepat, payment gateway Midtrans jelas terjamin keamanannya. Daebak!

 

payment gateway midtrans adalah

Berbagai Transaksi Jadi Lebih Baik dan Aman Menggunakan Midtrans

Omong-omong, sebagai sistem pembayaran online yang menawarkan ragam solusi untuk kebutuhan bisnis dan usaha, Midtrans dirancang secara fleksibel dengan beberapa pilihan integritas, mulai dari Shopify hingga iOS, lho.

Dengan demikian, pengguna bisa melakukan instalasi dengan mudah di berbagai platform sehingga dapat melakukan dan menerima pembayaran dalam satu hari tanpa ngadat.

Oh, iya. Midtrans menerima semua bentuk pembayaran, baik online maupun offline. Boleh e-money, kartu debit, kartu kredit, e-banking, atau langsung melakukan pembayaran tunai di gerai Alfamart atau Indomaret.

Tenaaaaang, meski menawarkan berbagai macam jenis pembayaran, Midtrans tetap menerapkan sistem keamanan yang unggul untuk semua produknya dan telah mendapat izin dari Bank Indonesia (BI) sejak 2018 sebagai perusahaan payment gateway yang menyediakan layanan pembayaran, terdaftar di Kominfo sebagai penyelenggara sistem elektronik serta memegang lisensi Payment Card Industry Data Security Standard (PCI - DSS).

Seiring dengan upaya untuk meningkatkan keamanan dalam bertransaksi, Midtrans telah menerapkan AES 256, yaitu standar enkripsi elektronik yang didirikan oleh U.S National Institute of Standards and Technology guna melindungi data sensitif dari pencuri atau transaksi yang tidak diotorisasi.

Beberapa sistem keamanan yang diimplementasikan pun dilengkapi sertifikat ISO 27001 sekaligus menggabungkan AI, machine learning dan rumus yang kompleks guna menilai risiko dari setiap transaksi.

payment gateway indonesia

Bagaimana, sudah paham, kan apa itu payment gateway dan contohnya?

Seperti diketahui, payment gateway adalah solusi keuangan nomor satu yang menjamin keamanan, kemudahan, dan kecepatan dalam transaksi.

Financial technology alias fintech ini pun dapat membantu para pengusaha dalam membangun ekosistem bisnisnya. Apalagi jika menggunakan Midtrans sebagai sistem pembayaran online setiap transaksi dijamin aman dan lancar.

Untuk informasi produk dan kerja sama, bisa mengunjungi media sosial Midtrans di bawah ini, ya.

YouTube Midtrans - Instagram Midtrans


29 comments:

  1. Saya pribadi sangat senang dengan adanya payment gateway ini. Pembayaran saya jadi mudah, cepat dan aman. Rebahan juga, transaksi kelar.
    Saya jadi membayangkan, sebelumnya saya kalau beli online harus transfer ATM. Mana ATM-nya jauh. Mana kalau lagi hujan. padahal pembayaran itu ada batas waktunya juga.

    ReplyDelete
  2. yes, bener banget Midtrans ini adalah salah satu payment gateway yang baik untuk memudahkan customer bertransaksi. Saya mau pakai juga untuk usaha travel saya nnti

    ReplyDelete
  3. Kalau dilihat dari prosesnya memang nampak panjang, ternyata teknologi bikin cepat dan mudah, Midtrans ini cocok untuk skala ukm ya?

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah pakai Midtrans tapi sepertinya praktis banget ya. Selain itu prosesnya juga cuma beberapa detik aja.

    ReplyDelete
  5. kayaya untuk pedagang lebih banyak keuntungannya ya dan kemudahannya. Kebetulan lagi beljar berdagang nih teriakasih atas refrensi pembayarannya

    ReplyDelete
  6. Wah, dengan payment gateway bisa jadi solusi keuangan yang menjamin keamanan, kemudahan, dan kecepatan dalam transaksi, ya. Memudahkan bagi penjual dan pembeli.


    ReplyDelete
  7. Sistem kerjanya sangat cepat ya kak. Baru ngeh aku nih pengertian secara lengkapnya di sini lal

    ReplyDelete
  8. Teknologi kita semakin berkembang dalam segala hal, termasuk dalam hal finansial. Midtrans luar biasa dapat memfasilitasi kebutuhan pembayaran di masa modern ini dengan adanya payment gateway

    ReplyDelete
  9. Waaahhh ternyata gini ya cara kerja dari Payment Gateway. Kalau dibaca langkah-langkahnya sih kebayang agak ribet prosesnya. Eh tapi ternyata semuanya berlangsung dalam hitungan waktu saja.

    ReplyDelete
  10. Era sekarang belanja dan berjualan semakin dipermudah dengan adanya metode payment gateway ini ya. Lebih praktis tanpa perlu mempunyai banyak rekening bank.

    ReplyDelete
  11. Mantap nih payment gateway, bisa mempermudah dan nyaman dalam bertransaksi. Jadi pengen punya buat di toko. Hehe

    ReplyDelete
  12. saya baru paham secara detail tentang payment gateaway ini. keberadaan midtrans pastinya sangat membantu proses transaksi peayment ya

    ReplyDelete
  13. Wah aman banget yah udah ada triple sistem pelacakan yang bisa mencegah penipuan. Apalagi payment gateway memudahkan banget dalam membantu transaksi.

    ReplyDelete
  14. Sering banget pakai payment gateway midtrans hehehe ketauan sering belanja online hahahaha. Tapi emang memudahkan pembayaran jenis apapun sih.

    ReplyDelete
  15. Payment Gateway Midtrans ini menguntungkan banget ya kak bagi UMKM. Mereka ga perlu punya segala jenis pembayaran dr konsumen. Cukup satu alat bs utk smua jenis pembayaran.

    ReplyDelete
  16. Digitalisasi keuangan makin maju, ya. Makasih infonya.

    ReplyDelete
  17. Makin berkembangnya gaya hidup belanja online, emang diikuti sama berbagai urusan finansial digital yah. Salah satunya ya payment gateway ini sih, bikin pembayaran online nggak ribet dan ruwet

    ReplyDelete
  18. sekarang payment gateway emang memudahkan segala macam transaksi yaa, jadi makin praktis deh

    ReplyDelete
  19. Bener nihh zaman kayak gini serba dimudahkan apalagi ada payment gateaway, jadi transaksi sambil gegoleran pun ga masalah wkwkwkw

    ReplyDelete
  20. payment gateway ini biasanya sih sering digunakan terutama kalo ada pekerjaan dengan pihak klien/agency luar negeri nih, jadi memudahkan untuk transaksi keuangan secara aman dan nyaman

    ReplyDelete
  21. Pembayaran semakin aman, mudah dan cepat dengan bantuan payment gateway dari Midtrans.
    Kini, gak perlu bingung lagi kalau ada payment yang membutuhkan banyak rekening. Manfaatkan payment gateway.

    ReplyDelete
  22. Baru tau banyak tentang payment gateway sekarang. Penjabarannya juga lengkap banget. Rekomended ya kak. Apalagi sistem keamanannya juga bagus. Dengan triple sistem pelacakan biar nggak kena tipu. Bebas was-was dehh

    ReplyDelete
  23. Sekarang saya jarang bawa uang, makanya senang sekali kalau ada pedagang kaki lima atau warung sudah menggunakan payment getaway

    ReplyDelete
  24. Jadi bisa bertransaksi dari mana saja ke mana saja melalui satu pintu ini ya. Keren zaman sekarang makin canggih dan praktis nggak pakai ribet.

    ReplyDelete
  25. Dengan solusi pembayaran yang menyeluruh maka Midtrans dipercaya oleh perusahaan-perusahaan besar untuk menjalin kerja sama ya kak. Ok juga sih ini. Transaksi jadi lebih mudah. Apalagi aku suka banget cashless haha

    ReplyDelete
  26. oh psymrnt gateaway ini ternyata begini toh cara kerjanya. memudahkan banget yaaa. praktis juga bagi penjual maupun pembeli, jadi sama-sama terbantu dan menguntungkan kedua belah pihak

    ReplyDelete
  27. Adanya payment gateway ini apa saja jenis pembayarannya bisa dilakukan. Simple ya

    ReplyDelete
  28. Aku jadi inget kantor lamaku juga pakai ni midtrans.. helpfull banget :)

    ReplyDelete
  29. Payment gateway ini kayak kalau kita belanja di e-commerce gitu enggak sih? Kita bisa memilih membayar dengan cara apa gitu? Jujur loh, itu ngebantu dan memudahkan banget sebagai pembeli.

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.