Rahasia Bebas Bau Mulut Selama Berpuasa

May 28, 2017

Penyebab dan Tips Mencegah Bau Mulut Saat Puasa
Rahasia Bebas Bau Mulut Selama Berpuasa - Well, sampailah kita pada bulan penuh berkah. Dimana selama sebulan penuh kita di tuntut untuk menjalankan rukun islam yang ke-4 yaitu berpuasa.
Selain menahan lapar dan haus, puasa juga mengajarkan kita tentang kebersamaan dan penting nya berbagi pada sesama. Menahan emosi dan berusaha menjadi manusia yang lebih sabar dan jauh dari kata arogant. Betul?

Selain itu, puasa juga identik dengan bibir kering atau bau mulut. Iya, kan?? Iyuwhh... apa jadi nya kalau semangat kita berpuasa seharian penuh patah ketika seseorang yang sedang berbicara dengan kita merasa risih dengan bau mulut yang kita timbulkan.

Untuk mencegah bau mulut, terlebih dahulu kita harus tahu apa Penyebab Bau Mulut itu sendiri, yang di antaranya adalah sebagai berikut :
  • Didalam mulut terdapat banyak bakteri yang dapat mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur yang menyebabkan bau mulut.
  • Ketika tidak berpuasa, maka mulut akan memproduksi saliva, ketika berpuasa maka produksi saliva akan berkurang, akibatnya bakteri berkembang biak dengan cepat, sehingga akan muncul bau tidak sedap dimulut.
  • Penyebab bau mulut lainnya juga bisa terjadi karena datang dari dalam tubuh itu sendiri, seperti yang dialami pengidap diabetes atau penderita penyakit maag.
Dan untuk mencegah bau mulut supaya kita percaya diri menjalankan ibadah puasa. Aku bagi beberapa tips nya untuk kalian ya. Semoga bermanfaat 🙏


Tips Mencegah Bau Mulut Selama Puasa Ramadhan :

  1. Banyak minum air putih. Minimal 8-10 gelas ketika sahur dan berbuka untuk mencegah bau mulut di siang hari.
  2. Gosoklah gigi dengan bersih dan benar.  Juga menggosok lidah untuk mengurangi bau mulut saat puasa. Menggosok gigi sangat penting setelah sahur untuk membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yang akan menimbulkan bau tidak sedap selama kita berpuasa loh.
  3. Minumlah teh hijau tanpa gula saat sahur dan berbuka. Karena teh hijau memiliki zat polyphenol yang berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan. Selain itu, teh hijau juga bisa mengurangi peradangan pada rongga dan gangguan pernafasan.
  4. Hindari makanan berbau menyengat seperti petai, jengkol atau durian 😱
  5. Jangan atau sebaiknya berhenti merokok *penting juga untuk kesehatan paru-paru
  6. Tidak mengkonsumsi makanan yang lengket seperti cokelat,es krim,biskuit,dan kue basah lainnya. Makanan lengket ini akan lebih sulit untuk dibersihkan dan menempel pada gigi dalam waktu lama sehingga menyebabkan bau mulut.
  7. Gunakan obat kumur (mouthwash)
  8. Berolahraga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau pada mulut
  9. Jangan tidur terlalu lama. Meski tidur di bulan puasa juga menambah pahala, tapi tidur dalam waktu yang lama ketika kita berpuasa juga bisa menyebabkan bau mulut loh.
  10. Hindari Alkohol
  11. Terakhir, konsultasi ke dokter! Jika semua cara sudah kalian hindari tapi tetap saja bau mulut tidak hilang. Sebaik nya kamu periksa ke dokter ya. Siapa tahu ada penyakit atau penyebab bau mulut lainnya yang tidak bisa di atasi dengan tips di atas.
And yeah, selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1438 H guys. Semoga puasa kita berkah dan menuai banyak pahala 👧 See ya soon on Ramadan Challenge berikutnya 😜

Another Catchy Story

1 komentar

  1. Biasanya aku perbanyak kumur kumur dan sebelum puasa upayakan bersihkan karang gizi, mba. Biar nggak mau mulut banget

    ReplyDelete

Hai, terima kasih sudah berkunjung. Setiap komentar akan di moderasi ya. NO LIVE LINK, oke!! 😜 So, jadilah komentator yang bijak dengan pesan yang sopan dan membangun 😗 For Business Inquiries or ask something important and urgent. Can directly email me at heizyi.business@gmail.com 🙏 Enjoy 🙏

About Me

Like us on Facebook