Liburan Akhir Tahun di Bali? 7 Kuliner Halal Ini Aman Dinikmati


Kuliner Halal Bali

"Hitunglah MEMORI, bukan KALORI"

- Anonymous -


Liburan Akhir Tahun di Bali? 7 Kuliner Halal Ini Aman Dinikmati - Merupakan surga dunia nya Indonesia, pesona Pulau Dewata bahkan diakui oleh dunia. Tak jarang para turis lebih akrab dengan Bali tetapi malah tidak tahu Indonesia itu dimana 😅

Keindahan alam seperti terasering yang unik, aneka terumbu karang yang cantik, pantai yang indah, sawah yang hijau, wisata malam yang selalu ramai juga jangan lupakan makanan halal yang enak di Bali.

Uh, pantas saja turis-turis itu tergila-gila bahkan sampai ada yang memutuskan untuk tinggal atau menikah dengan penduduk asli Bali. Bali keren sih, surga dunia yang nggak pernah sepi ^^

Nah, sebagai tuan rumah yang menyambut ramah setiap tamu yang datang, Bali juga siap menjamu siapapun dengan menu lezat yang bikin ketagihan

Ada banyak restoran halal di Bali yang bisa dinikmati wisatawan muslim. Berbagai restoran berlabel halal pun kini bisa jadi tujuan makan saat liburan akhir tahun di Bali.


Berikut 7 rekomendasi kuliner di Bali yang terkenal dan halal :

1| Bebek Bengil "Dirty Duck Diner"



Kuliner Halal Bali
Image by Travelingyuk.com

Namanya saja bebek, pasti halal lah ya.

Walau namanya "dirty," jangan kabur dulu. Bebek goreng di Dirty Duck ini populer banget loh.

Selain rasanya maknyus, seporsi Bebek Bengil ditempat ini terdiri dari nasi, bebek peking, sayur lawar dan  tiga jenis sambal lengkap beserta potongan jeruk dan semangka. Ehmmm...endeusss

Restoran bergaya vintage ini juga terkenal karena kids friendly plus pemandangan bagian belakang Dirty Duck Diner yang asri dengan hamparan sawah nan hijau serta alam yang tenang jadi teman makan yang nyaman.

Menariknya lagi, restoran Bebek Bengil Bali ini punya Bali United Store. Jadi untuk kamu yang penggemar bola, bisa menambah keseruan liburan juga.

Alamat: Padang Tegal, Jl. Hanoman, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 – 22.00 WITA
Harga: Rp 125.000/porsi

 

2| Warung Mak Beng Sanur

 

Kuliner Halal Bali
Image by Tripadvisor

Wisata halal Bali berikutnya adalah Warung Mak Beng Sanur.

Warung Mak Beng ini konon sudah berdiri sejak tahun 1941, loh. Dengan menu andalannya yaitu sop kepala ikan laut.
Seporsi sop ikan laut biasanya dibanderol dengan harga Rp.55.000 include nasi, ikan goreng, serta sup kepala ikan. 
Indonesia banget kan menunya, ada nasi nya 😄
Sekedar info, guys. Ikan laut yang diolah untuk sop adalah jenis ikan jangki yang segar dan empuk. Diolahnya menggunakan rempah serta resep rahasia. Dijamin deh, makan pun jadi lahap.
Nah, kalau kebetulan kamu berada di atau hendak liburan akhir tahun di Bali, boleh deh mampir untuk menikmati makanan enak ini. Bukanya setiap hari pukul 08.00 pagi sampai 10 malam waktu Indonesia Tengah, ya 😃
Alamat: Jl. Hang Tuah No. 45, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Sanur Kaja, Kecamatan Denpasar Selatan

 

3| Ayam Betutu Khas Gilimanuk

 

Kuliner Halal Bali
Image by Bali Getaway

Nah, kalau ayam betutu ini adalah salah satu kuliner khas Bali yang harus kamu coba. Harus pokoknya!

Karena bahan dasarnya adalah ayam, maka dijamin kehalalannya.

Lalu kenapa harus coba?

Karena selain makanan halal khas Bali yang memiliki cita rasa tinggi, proses pengolahan ayam betutu ini cukup menarik loh.

Untuk memastikan kualitas daging dan rasa ayam mantap, ayam diungkep terlebih dahulu sampai tekstur dagingnya terasa lembut bersama bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai, kunyit hingga berbagai rempah rahasia lainnya.
Selain itu, yang menambah kelezatan masakan adalah disajikannya ayam betutu khas Bali dengan kacang goreng, rebusan kangkung, kuah bumbu rempah, plus sambal matah. Hemmm.. sedaaap
Menurut info dari google, ada dua tempat makan enak di Bali yang populer dengan ayam betutu, yaitu Ayam Betutu Men Tempeh 1978 dan Ayam Betutu Bu Lina 1 Halal.
Untuk lebih jelasnya, alamat serta harga seporsi ayam betutu khas Bali bisa kamu lihat dibawah ini, ya 🤤 

Ayam Betutu Men Tempeh 1978

Alamat: Terminal Lama, Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.
Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 – 22.00.
Harga: Rp 95.000/ ekor ayam.

Ayam Betutu Bu Lina 1 Halal

Alamat: Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.
Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 – 22.00.
Harga: Kisaran Rp 28.000 – Rp 113.000.

 

4| Warung Nasi Pecel Bu Tinuk


Kuliner Halal Bali
Image by Kintamani.id
Meski merupakan makanan khas Jawa Timur-an, bukan berarti Bali tidak punya pecel, loh ya.
Beberapa warung pecel yang ada di Bali menyediakan menu pecel pada umumnya, tetapi mengenai cita rasa tentu saja berbeda, tergantung bagaimama selera lidah masing-masing orang.
Seperti Warung Nasi Pecel Bu Tinuk, misalnya. Pecel Bu Tinuk disajikan dengan bumbu kacang khas yang rasanya benar-benar pas di lidah.
Dicampur dengan bayam, kol, taoge, kacang panjang serta rempeyek dan tempe goreng, makan sederhana pun jadi nikmat jika disantap selagi hangat.

Ah, rekomendasi warung makan nikmat halal kuta Bali, nih pecelnya Bu Tinuk.
Alamat: Jalan Raya Tuban, Kuta, Bali
Jam Buka: 24 Jam
Harga: 25.000 - 40.000/porsi

 

5| Bebek Tepi Sawah

 

Kuliner Halal Bali
Selain ayam, ikan maupun babi, bebek termasuk dalam jajaran kuliner favorit di Bali, loh.
Kebetulan, di Ubud, ada restoran bebek populer yang ternyata merupakan cabang dari restoran bebek di Kuta Bali.
Olahan bebek ditempat ini menyesuaikan dengan permintaan pelanggan. Bisa dimasak rica-rica, digoreng biasa ataupun dibakar.
Eits, ada kerupuk dan sambal nya juga. Harganya, sih lumayan, Rp. 105.000 untuk seporsi bebek pesananmu.
Alamat: Kompleks Krisna Wisata Kuliner, Jalan Raya Tuban, Kuta, Bali

 

6| Resto Ayam Plengkung

 

Kuliner Halal Bali
Image by Gadis.co.id
Kuliner recommended selanjutnya adalah Retoran ayam Plengkung yang terletak di Jalan Raya Kuta No. 90, Kuta, Bali
Menu utama restoran ini adalah aneka olahan ayam dan ikan yang dimasak khas Jawa.
Tempatnya bersih, ber-AC dan juga disediakan ruangan untuk merokok.
Layaknya hidangan di restoran halal Bali lainnya, Resto Ayam Plengking juga menyediakan aneka sayuran seperti plecing kangkung dan sayur asem sebagai menu tambahan.
Oh iya, Resto Ayam Plekung buka setiap hari. Harga seporsi ayam nya oun cukup bervariasi, sekitar Rp. 21.000 - Rp100.000

 

7| Warung Nasi Pedas Ibu Andika

 

Kuliner Halal Bali
Image by Travelingyuk
Nasi pecel sudah, aneka olahan ayam sudah, makanan laut juga sudah. Sekarang gikirna nasi pedas yang perlu kamu coba.
Nasi pedas Bu Andika sudah tersohor di seluruh Kuta. Makanan favorit Bali ini jadi salah satu kuliner hits di Kuta Bali.

Walau letaknya di pinggir jalan dan warungnya sederhana, namun soal rasa tidak perlu diragukan lagi.
Warung Nasi Pedas Bu Andika juga menyediakan lahan parkir yang luas, loh. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi, deh dengan keamanan kendaraan ketika ditinggal makan. Walau itu kendaraan dari sewa mobil online TRAC sekalipun, dijamin aman, kok.
Oh, iya. Seporsi nasi pedas Bu Andika biasanya dijual seharga Rp.35.000 dengan aneka menu pilihan seperti perkedel jagung, aneka olahan ayam, mi goreng, semur daging sapi dan masih banyak lagi.

Eits, tapi bagi kamu yang nggak suka atau nggak boleh makan pedas, sebaiknya hindari warung Bu Andika Kuta Bali, ya. Karena sesuai namanya, semua olahan makanan nya pedas. Jadi hati-hati dengan yang menderita penyakit maag atau lambung!
Alamat: Jalan Raya Kuta Gang Kubu No. 120 C, Kuta, Bali

***


Nah, kalau kamu masih bingung bagaimana caranya menghabiskan waktu libur tahun di Bali, coba deh, cek Itinerary para traveller di internet.

Kamu bisa buat rencana perjalanan yang serupa.

So, dari daftar tempat makan di Bali, mana yang paling ingin kamu kunjungi?
Kalau aku, sih, jelas pilih kuliner halal Bali saja. Nyari aman.. hehe 😎

Liburan Akhir Tahun di Bali? 7 Kuliner Halal Ini Aman Dinikmati Liburan Akhir Tahun di Bali? 7 Kuliner Halal Ini Aman Dinikmati Reviewed by Heizyi on November 06, 2019 Rating: 5

3 comments:

  1. Yuni belum pernah ke Bali. Memang katanya susah nyari makanan halal di sana. Sharing beginian jadi bermanfaat banget buat yang mau plesir ke Bali. TFS ya Mbak.

    ReplyDelete
  2. Saya beberapa kali dengar nama Warung Pecel Bu Tinuk di vlog orang2 heheh, kayanya emang terkenal banget ya?

    Sampe gede gini saya belum pernah nyobain ayam betutu :( penasaran bangett. Kalo ke Bali sama rombongan gede sih, jd belum ada kesempatan utk eksplor kulinernya.

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.