Apa Saja Oleh-oleh Khas Jember?


Oleh-oleh Khas Jember Jawa Timur


"Carya Dharma Praja Mukti. Berkarya dan mengabdi untuk kepentingan bangsa dan negara"

- Moto Kabupaten Jember -


Apa Saja Oleh-oleh Khas Jember? - Sebagai daerah yang terkenal dengan banyak wisata alam hits nya, Jember juga populer karena kuliner khas nya lho.

Ditambah dengan JFC yang berhasil go international, Jember makin dikenal dunia dengan julukan barunya, "Kota Karnaval."

Bahkan beberapa daerah lain di Indonesia menjadikan Kabupaten Jember sebagai kiblat pertunjukan fashion mereka.

Karena semakin ramai, Jember jadi punya peluang lebih besar untuk menampilkan "kekayaan" nya pada dunia. Seperti makanan khas kota Jember, buah khas Jember, batik Jember, Watu Ulo beach, Pantai Papuma dan sederet "harta" Jember lainnya yang sayang jika dilewatkan.

Nah, supaya tidak kehilangan memori setelah berkunjung ke Jember, sebaiknya sempatkan untuk membeli oleh-oleh khas Jember Jawa Timur, ya. Ada beragam camilan, permen, suvenir maupun pakaian yang bisa dijadikan kenang-kenangan.

1| WEDANG COR


Wedang Cor Mbah As Perhutani Jember
Wedang Cor Mbah As Jember by Travelingyuk

Wedang Cor adalah minuman khas Jember yang diramu menggunakan resep rahasia. Minuman spesial yang hanya ada di Kota Tembakau ini terbuat dari campuran wedang jahe, susu kental dan tape ketan. Biasanya, Wedang Cor Perhutani Jember diminum saat cuaca dingin (bisa malam hari atau ketika musim hujan) dengan makanan pendampingnya berupa gorengan.

Di Jember, Wedang Cor paling terkenal adalah milik warung Mbah As. Konon katanya, Mbah As inilah yang menemukan ramuan khusus tersebut beberapa tahun silam. Beliau juga yang telah mempopulerkan minuman khas Jember ini ke banyak orang.


2| ANEKA OLAHAN TAPE


Prol Tape Khas Jember
Prol Tape Khas Jember by Heizyi.com

Jember merupakan daerah pendalungan dimana para penduduknya merupakan pendatang, hanya sedikit yang termasuk pribumi.

Jika Bondowoso merupakan daerah penghasil tape terkenal di Jawa Timur, maka Jember berhasil populer dengan aneka produk olahan tape nya.

Bahkan toko oleh-oleh khas Jember tidak pernah absen menyediakan aneka olahan tape seperti suwar-suwir, prol tape, brownis tape, pia tape sebagai buah tangan.

Kalau aku pribadi sih suka banget sama prol tape Jember. Cita rasa khas nya bikin nagih. Tekstur nya yang lembut juga nggak lengket pas dimakan. Tapi, karena tidak bagus untuk penderita asam lambung, belakangan aku hanya bisa mengkonsumsi prol tape secukupnya saja. Nggak bisa nambah seperti dulu 😦

Biasanya, prol tape disajikan dengan variasi toping menarik seperti keju, kismis atau apa pun sesuai selera (jika buat sendiri).

3| EDAMAME


Edamame Frozen khas Jember
Edamame Frozen by Primadona Jember

Dikenal sebagai kedelai Jepang, Edamame adalah produk unggulan Mitra Tani yang bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Jember Jawa Timur.

Selain berkhasiat mengurangi resiko kanker dan meningkatkan daya tahan tubuh, kedelai Edamame juga bisa diolah menjadi berbagai aneka camilan seperti bolu dan cokelat lho.

Nah, kalau kamu ingin membeli Edamame untuk oleh-oleh, sebaiknya beli lah edamame yang sudah beku atau dalam bentuk edamame frozen agar tidak busuk dan tahan lama hingga sampai tujuan.

4| TEMBAKAU


Cerutu Jember Terbaik
Image by Bedadung

Selain makanan dan wisata alam, Jember juga populer sebab merupakan daerah penghasil tembakau terbaik di Indonesia. Bahkan, produk olahan tembakau yang sangat populer -cerutu- telah diekspor ke Jerman, Swiss, Rusia, Cina dan beberapa daerah di Eropa.

Walau tidak diketahui dengan jelas siapa pendiri pertama pabrik tembakau yang ada di Jember pada masa Hindia Belanda, namun ada satu pabrik cerutu Jember yang masih eksis hingga saat ini, yaitu Industri Bobbin milik PTPN X.

Nah, karena keberhasilan dan trademark Kabupaten Jember sebagai Kota Tembakau itulah maka didirikan Museum Tembakau, pusat penelitian tembakau hingga toko tembakau untuk memasarkan hasil olahan tembakau tersebut.
Itu sebabnya Jember mendominasi pasar dengan cerutu khas nya. Ada tiga jenis cerutu khas Jember, yaitu Small cigar (cerutu batang pendek),  Soft filler (certu batang sedang) dan Long filler (cerutu batang panjang).

5| KOPI & KAKAO

Kopi dan Kakao Jember
Image by Ari Susanti

Sebagai daerah penghasil kopi terbaik ke-2 di Asia, Jember sampai punya Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) sendiri lho.

Tempat penelitian yang terletak di tengah kota dan di daerah kecamatan Jenggawah ini pun memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai tempat riset juga wisata.
Dari Puslitkoka Jember tersebut didapat beberapa produk unggulan seperti Sekar Arum, Vicco, kopi robusta, kopi arabika, kopi jahe, cokelat bar, cokelat bubuk, dan lain sebagainya.

6| BATIK

Batik Jember Motif Tembakau Murah
Batik Jember Motif Tembakau Murah by Bukalapak

Kain batik khas Jember sangat mudah dikenali sebab memiliki motif yang unik dan khas, yaitu motif daun tembakau.

Batik Jember motif tembakau menjadi trademark lain Kabupaten Jember selain Kopi dan Kakao nya. Motif ini pula jadi yang paling laris selain batik motif buah naga dan batik motif daun kopi.

Batik Jember di produksi oleh tangan-tangan handal yang berada di daerah Sumberjambe. Itu sebabnya batik Jember juga dikenal dengan Batik Jember motif Sumberjamabe πŸ˜€

7| TERASI


Terasi Udang Asli Puger Jember
Terasi Udang Asli Puger Jember by Shopee

Sebenarnya aku masih belum yakin kalau terasi merupakan pilihan terbaik untuk dijadikan oleh-oleh. Mengingat bau nya yang tajam dan pasti membekas dalam koper jika tidak dibungkus dengan benar. Selain itu, terasi kan bumbu dapur yang bisa ditemui di berbagai pasar tradisional bahkan sekarang banyak swalayan atau pun mini market yang menjualnya. Tetapi kenapa harus jadi pilihan oleh-oleh, sih?
Namun beberapa tahun lalu, ada seorang kerabat teman dekat yang memang sengaja memborong banyak terasi Puger di Pasar Tanjung Jember untuk dibawa ke Papua sebagai buah tangan.
Katanya, rekomendasi terasi enak, ya terasi khas Jember ini. Terasinya terbuat dari udang rebon asli Puger dan punya cita rasa istimewa dengan warna hitam-coklat serta kemerahan. Boleh deh dicoba kalau kamu mampir di Jember, Jawa Timur.


***


Dari tujuh ragam oleh-oleh khas Jember tersebut, mana yang paling menggugah selera? Kalau aku sih always prol tape dong, secara makanan favorit dari jaman baheula 😁 

Nah, ada tips nya nih supaya ketika sedang explore Jember, bisa beli-oleh-oleh nya mudah dan cepat. Bagaimana?

Ditunjang dengan perkembangan dan kemajuan teknologi, saat ini kamu bisa membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang via online saja. Bisa mengunakan layanan COD atau GoFood tentunya.

Atau datang langsung ke alamat toko pusat oleh-oleh khas Jember. Ada Primadona, Sari Rasa, Sari Madu daaaan.... banyak, deh. Nggak hafal πŸ˜…

Tinggal seacrh deh aneka makanan khas Jember apa yang ingin kamu jadikan buah tangan. Atau kalau mau beli Batik, bisa tuh langsung ke outletnya. Minta anterin babang GoJek juga boleh.

Nanti pembayarannya bisa menggunakan GoPay maupun debit. Kebetulan, sudah banyak merchant di Jember yang menggunakan mesin EDC Gopay. Yups, nama nya mesin EDC SPOTS.

Mesin EDC GoJekMesin EDC GoJek



Apa itu SPOTS?


Kamu belum tahu, ya? Baiquelah, kita kenalan dulu. SPOTS itu mesin kasir online bersistem Point of Sale (POS) milik Gojek berbentuk EDC (Electronic Data Capture) yang kaya fitur keren, seperti :
  • Terima pesanan GoFood
  • Atur menu jualan
  • Terima pembayaran GoPay dan Debit Card
  • Cetak resi instant
  • Mencatat banyak pilihan pembayaran
  • Laporan harian
  • Support kartu kredit

SPOTS Mesin EDC GoJek SPOTS Mesin EDC GoJek
Image by Agus Wibowo
 
Gampangnya, SPOTS adalah all in one device. POS + EDC + Printer.

Mesin EDC GoPay ini jadi solusi pembayaran mudah dan cepat lho. Kalau sebelumnya SPOTS juga menerima pembayaran via GoPay dan kartu debit, maka beberapa bulan lagi pemilik kartu kredit juga akan ikut merasakan kecanggihan mesin EDC GoPay ini.

Terintegrasi langsung dengan aplikasi si owner, pelanggan bisa melakukan pembayaran dengan mudah. Cukup scan kode QR nya, keluar deh struk belanjaan nya. Simpel 'kan?


SPOTS Mesin EDC GoPay
Image by GoJek

For your information, ya. Mesin EDC GoPay ini khusus dibuat untuk pelaku UMKM guna memudahkan bisnis mereka. Mengenai cara menggunakan mesin EDC tersebut, kamu bisa mencoba jika memiliki usaha dan sudah menjadi partner GoJek. Harga dan pendaftaran SPOTS terjangkau lho. Kamu bisa dapatkan info lengkapnya melalui media sosial instagram SPOTS.

Satu lagi, karena sifatnya sebagai mesin kasir online, jadi SPOTS tidak bisa untuk tarik tunai, ya gengs. Kan bukan mesin ATM πŸ˜‚

Uniknya, bukan hanya partner besar GoFood yang sudah menggunakan SPOTS, pedagang kecil di pinggir jalan pun kini menggunakan mesin EDC GoPay ini. Nggak nyangka 'kan? Padahal cuma jualan di pinggir jalan gitu. Tapi proses pembayarannya sudah canggih. Nggak kalah sama mall atau cafe kekinian tempat nongkrong kawula muda πŸ˜€

SPOTS Mesin EDC dengan DebitSPOTS Mesin EDC dengan Debit


So, kamu nggak perlu lagi khawatir saat belanja oleh-oleh khas Jember walau uang tunai di dompet tinggal selembar ratus ribuan. Sebab SPOTS merupakan mesin EDC dengan kartu debit yang bisa langsung cetak struk tanpa membutuhkan printer terpisah. Jadi bayarnya bisa pakai kartu doang. Jangan takut uang nya kelelep mesin kasir karena mesin EDC GoPay ini sudah dilengkapi dengan fitur cetak resi. Jenis pembayaran yang kamu pilih juga sudah terekam dalam SPOTS, jadi aman banget πŸ‘Œ


Apa Saja Oleh-oleh Khas Jember? Apa Saja Oleh-oleh Khas Jember? Reviewed by Heizyi on January 10, 2020 Rating: 5

16 comments:

  1. Ih aku penasaran lho sama rasa terasi asli Jember ini. Apakah rasanya berbeda atau sama ya dengan terasi2 yg lain?

    Soalnya biasa nyobain terasi asli Sidoarjo. Btw, di toko itu jual petis juga gak ya?

    ReplyDelete
  2. Wedang cor aku penasaraaaan :D . Kali sedang traveling ke kira2 begini, udh pasti aku LBH seneng nyobain ato beli oleh2 yg khasnya di sana. Selain wedang cor, aku jg pgn coba Prol tape ya mba. Itu kayak bolu kan ya? Segala sesuatu yg rasanya tape, aku doyan bangettttt :D

    ReplyDelete
  3. duh ternyata oleh2nya banyak juga ya, jadi pengen main ke Jember juga nih apalagi makanan khasnya jadi penasaran pengen icip2 heeh

    ReplyDelete
  4. Wah mantap Mbak aku belum pernah ke Jember. Ternyata kopi dan batik itu oleh-oleh khas Jember juga ya. Bisa jadi referensi kalau nanti aku berkunjung ke sana.

    ReplyDelete
  5. oh gara-gara suka sama Tiara Idol aku juga tahu Jmeber jadi JFC go International hahaha sekarang baru tahu nih oleh2nya banyak rupanya ya mba

    ReplyDelete
  6. Aku suka edamame sama terasi jember kayaknya enak nih. Apalagi diulek ama sambal XD

    ReplyDelete
  7. Wedang cor sama terasi puger nih yang belom pernah coba. Semoga kalau ke Jember lagi berkesempatan menamatkan dua point yang belum terbeli itu...

    ReplyDelete
  8. Baru tahu kalau ada batik dengan motif khas Jember. Jadi penasaran deh. Semoga bisa main ke Jember dan berburu batik suatu saat nanti. Apalagi dengan sistem pembayaran dengan mesin EDC Gopay pasti transaksi jadi lebih mudah ya.

    ReplyDelete
  9. Aku kalau ke jember pasti ydah jadi barang bawaan terasi sama tape plus dibawaaiin reginang yg dibuat nenekq😘

    ReplyDelete
  10. Jember pun penghasil terasi juga ternyata, makin asyik jalan-jalan ke Jember buat cari oleh-oleh karena variasinya banyak

    ReplyDelete
  11. Aku salfok sama semuanya mbaaa. Rasanya pengen diicipi satu persatu kecuali tembakaau apalagi terasinya sepertinya wuenak mbaaaa

    ReplyDelete
  12. Mantap kak khasnya jember. Ternyata banyak banget ya. Penasaran ama terasi nya hihi. Trus kue bolu tape nya kayaknya enak juga tu
    Makasih kak infonya

    ReplyDelete
  13. Aku kalo ke Jember selalu beli Edamame soalnya lebih murah dibanding disini. Tapi sekarang udah jarang ke Jember😭

    ReplyDelete
  14. Waahh ternyata edamame itu salah satu khasnya Jember ya. Saya pertama kali makan ini pas ke Surabaya 2018 lalu, dan jadi suka, ternyata banyak di Jember ya dan ada frozennya ya jadi bisa buat oleholeh gitu ya.
    Ternyata Jember penghasil kopi no.2 di Asia ya? Baru tahu nih, noted.

    ReplyDelete
  15. wah banyak juga ya oleh-oleh khas jember. boleh banget nih dijadiin refrensi kalau mau pergi ke jember. apalagi disitu ada beberapa nama makanan yang baru aku tau sekarang loh haha

    ReplyDelete
  16. wah malah baru tahu nih oleh2 dari sana

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys πŸ’™

Powered by Blogger.