8 Destinasi Wisata Alam & Taman Paling 'Timeless' di Jember


Taman Wisata Alam Hits Jember

"A journey is the best measured in friends, rather than miles"

- Tim Cahill -


8 Destinasi Wisata Alam & Taman Paling 'Timeless' di Jember - Gak heran, jika di zaman milenial macam sekarang ini, begitu banyak tempat wisata alam atau buatan baru dengan berbagai konsep unik dan menarik. Meski dari berbagai macam fasilitas yang di tawarkan, tak jarang, hanya beberapa cafe, restaurant atau wisata alam terbuka sekalipun yang menyediakan makanan dengan layak dan rasa yang istimewa. Asal tempat nya instagram-able, bisa cekrek-cekrek, fasilitas lain tak jadi masalah, meski itu sebenarnya 'ada' fasilitas yang tidak memadai.

Ah, jadi rindu banyak hal dari jaman dulu ya. Dimana kita bisa makan enak tanpa ribet komen plating nya yang kurang cantik sebab bakalan jelek kalo difoto, gak ribet betulin rambut yang tertiup angit karena harus liburan di tempat terbuka. Liburan kemana aja asal bisa refreshing after tired work. Ishh.. lagi-lagi perubahan jaman harus memiliki dampak negatif juga.

Kalau dulu, tamasya kemana aja, yang penting ada makanan enak, bareng keluarga, pacar, teman se-gank, naik sepeda, naik motor, jalan kaki, main air di kali, apa aja mah bebas, Yang penting having fun. Tapi sekarang? semua serba media sosial. Hidup sudah modern, serba digital. Keberadaan manusia dengan telpon pintar nya seolah ingin selalu di akui. Dimana mereka akan merasa bangga jika telah berkunjung ke salah satu tempat wisata hits di Jember atau dimana pun dengan lokasi paling viral saat ini.

Padahal, ada banyak destinasi wisata keren di sekitar kita, yang kadang, keberadaannya malah tak terlihat. Kecuali, jika kita melihatnya dari 'sudut pandang' yang berbeda, maka kita akan menyebutnya 'Surga'. Right?

Seperti 8 Destinasi Wisata Alam dan Taman paling timeless di Jember ini. Dengan berbagai fasilitas alam juga keindahan ciptaan Tuhan yang luar biasa cantiknya, gak heran, kalau taman wisata alam di Jember ini selalu ramai dari waktu ke waktu. Gak peduli meski banyak tempat hits di Jember yang baru lahir.

TANJUNG PAPUMA

Taman Wisata Alam Hits Jember
Image by Instagram @explorejember
Namanya, PAPUMA. Pasir Putih Malikan! Selain populer dengan julukan 'Kota Seribu Gumuk', Jember juga punya banyak destinasi wisata alam yang keren loh. Salah satunya ya Tanjung Papuma ini. Sebuah pantai berbukit di Jember dengan pemandangan alam yang masih asri, tempat hunting sunset terbaik di Jember, tempat tinggal komunitas kera liar, ada banyak stand penjual makanan ikan segar, penyewaan perahu dan tikar, juga di lengkapi dengan homestay.

Nah,  satu lagi best experience yang akan kalian dapat jika mengunjungi pantai papuma Jember ini. Yaitu, pemandangan laut luas yang terbentang indah dari puncak Siti Hinggil tanjung papuma. Bukit di sebelah selatan pantai papuma dengan ketinggian sekitar 50 mdpl. Siti artinya tanah. Hinggil artinya tinggi. Yups, dengan menaiki beberapa tangga yang tentu lumayan bikin keringetan plus kepanasan, kalian tidak akan merasa kecewa. Apalagi, sekarang sudah di bangun pagar cantik bernuansa putih ala resort-resort terkenal yang tentu foto-able banget. So, jangan ngaku anak pantai Jember kalau belum ke Pantai Papuma 😋

PANTAI WATU ULO


Taman Wisata Alam Hits Jember
Image by Instagram @explorejember
Sebenarnya, Pantai Watu Ulo masih berada dalam satu wilayah dengan Tanjung Papuma. Hanya saja, letak nya lebih mudah di akses dan jalanan menuju watu ulo juga datar, tidak menanjak seperti akan ke Tanjung Papuma.

Watu Ulo berarti Batu Ular dalam bahasa jawa. Dinamakan 'Watu Ulo' karena terdapat gundukan batu menyerupai ular yang yang menjorok ke laut. Jika siang hari, air di sekitar bebatuan ini akan surut sehingga kita bisa pergi mengunjungi beberapa gugusan batu yang salah satu nya terdapat gua. Keren, kan? Oh ya, kalau papuma adalah pantai pasir putih, maka watu ulo adalah pantai pasir hitam 😊

Baca Juga : Kuliner Legendaris Khas Jember


Konon, pantai watu ulo adalah salah satu pantai yang di kaitkan dengan mitos Nyi Roro Kidul. Bahkan, ada banyak sekali cerita mistis tentang pantai selatan Jember ini. Seperti penampakan ratu pantai selatan, kepala watu ulo yang 'katanya' ada di Grajagan Banyuwangi, mitos tidak boleh berbaju hijau jika pergi ke watu ulo, watu ulo istana nya Nyi Blorong dan masih banyak lagi kisah keangkeran pantai watu ulo yang sudah banyak memakan korban. Kalau kalian penasaran dengan asal usul Nyi Roro Kidul menurut islam, cukup bermodalkan browsing saja, kalian pasti akan menemukan banyak artikel yang menjelaskan tentang mitos pantai selatan juga pantai-pantai di daerah Jawa yang berhubungan dengan Nyi Roror Kidul. Ihhh.... kok serem, sih? emang 🙈

PANTAI PAYANGAN


Taman Wisata Alam Hits Jember
Image by Instagram @explorejember
Pantai Payangan adalah salah satu pantai ter-hits di Jember yang timeless banget loh. Dari jaman aku SMA sampai saat ini (kira-kira sepuluh tahun lamanya), pantai payangan tetap punya beautiful view yang gak lekang oleh waktu. Deru ombak besar jadi salah satu ciri khas pantai ini. Sesuai dengan julukan 'Kota Seribu Gumuk', pantai payangan juga merupakan sebuah pantai berbukit yang indah. Terhampar pula bebatuan sebagai landscape alami yang menambah keindahan pantai payangan Jember ini, guys 😎 Wah, Jember makin rame ya. Banyak destinasi wisata Jember yang gak kalah keren sama tempat piknik artis-artis 😁 hihihihi

TELUK LOVE


Taman Wisata Alam Hits Jember
Image by Instagram @wakhyu_ps
Sama halnya dengan Tanjung Papuma dan Pantai Watu Ulo, Teluk Love juga berada dalam satu kawasan dengan pantai payangan loh. Hanya berjarak sekitar 200 meter saja dari pantai payangan. Kalian bisa menikmati indahnya pertemuan muara air sungai dan air laut dalam satu tempat berbentuk hati ini secara gratis. Tapi tapi tapi... butuh sebuah usaha untuk sebuah keindahan, bukan? Jadi kalian yang penasaran bagaimana bentuk asli 'Teluk Love' harus rela mendaki bukit terlebih dahulu. Lumayan sih buat bakar kalori, tapi hasil tidak pernah mengkhianati usaha. Dan kalian akan mendapatkan pemandangan yang sungguh luar biasa cantiknya setelah sampai di atas bukit teluk love. Sungguh, pantai yang iconic, kan?

AIR TERJUN TANCAK


Taman Wisata Alam Hits Jember
Image by Instagram @explorejember
Setelah puas meng-explore wilayah Jember Selatan, sekarang saat nya kita bergeser ke arah utara Kabupaten Jember, yang memiliki destinasi wisata alam tak kalah mengagumkan. Namanya, Air Terjun Tancak.

Kalau jaman sekarang, mungkin isitilah keren untuk nama air terjun ialah Coban. Right?

Sebenarnya, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Coban berarti jarum yang panjang dan kasar. Mungkin filosofi itulah yang menjadi asal usul istilah baru untuk menyebut sebuah air terjun. Tapi berhubung air terjun populer di Jember ini namanya Air Terjun Tancak, jadi kurang pas saja kalau harus di ubah menjadi Coban Tancak. Gak buruk amat sih, tapi kedengarannya aneh 😂

Baca Juga : Destinasi Wisata Hits di Jember


Selain Tancak, ada beberapa air terjun hits di Jember yang gak kalah keren, hanya saja, cuma Tancak yang masih ramai dan terkenal hingga kini. Meski muncul banyak air terjun baru di daerah Jember, percayalah, hanya beberapa saja destinasi taman wisata alam Jember yang timeless 😊
 

ALUN-ALUN KOTA JEMBER


Taman Wisata Alam Hits Jember
Image by Instagram @explorejember
Karena judulnya Destinasi Wisata Alam & Taman, jadi akan ada beberapa taman hits di Jember yang wajib kalian kunjungi sebagai tempat liburan gartis bersama keluarga.

Salah satunya, ya alun-alun kota ini, guys! Selain tempatnya rindang, bersih, aman, nyaman, juga dilengkapi playground loh. Jika hari Minggu, Alun-alun Kota Jember akan di padati dengan warga yang menikmati Car Free Day (CFD). Atau kalau sore hari, alun-alun kota Jember juga ramai dengan masyarakat yang sedang jogging atau sekedar olahraga ringan. Sebab, di alun alun kota ini telah di sediakan arena untuk bermain sepak bola juga lapangan basket outdoor. Mau coba?

Di wilayah taman bermain anak alun-alun Jember, juga di sediakan toilet trcuk, tapi aku pribadi gak paham dengan jadwal buka tutup serta siapa petugas yang standby berjaga.

Nah, buat kamu yang ingin bersantai atau sekedar nongkrong asyik di malam hari, alun-alun Jember adalah pilihan terbaik. Sebab, akan ada wisata kuliner Jember saat malam hari, di sepanjang trotoar taman kota Jember pun telah di bangun kursi-kursi cantik yang kekinian loh. Ada banyak spot foto instagram-able. Dan ya, fasilitas umum di Kota Jember ini gratis dan cozy abis. Coba deh mampir, kalau kalian sedang melintasi Kota Tembakau ini 😇

TAMAN BOTANI

Taman Wisata Alam Hits Jember
Image by Instagram @tyaayuagustin

Ada banyak sekali taman di daerah Jember, ada Taman Botani Sukorambi, Taman Galaxy, Taman Dudut Tempurejo, Taman Mangli atau taman rekreasi keren lainnya di daerah ini. Namun, dari sekian banyak taman yang ada di Jember, hanya ada beberapa yang tingkat kepopulerannya tak sampai tertindih tempat wisata hits zaman now. Salah satunya, ya Taman Botani ini.

Taman Botani Jember adalah salah satu taman rekreasi keluarga andalan warga Jember Kota. Selain tempatnya yang kini di perbarui, akses kendaraan pribadi pun sangat mudah. Selain itu, lokasi yang terletak dekat area persawahan, menjadikan taman hits di Jember ini salah satu tujuan fun getaway banyak orang.

Tempat wisata dengan konsep belajar seadanya menjadikan Taman Botani Jember sebagai taman wisata alam yang wajib di kunjungi. Lengkap dengan playground, arena outbond, kebun binatang mini, kolam renang anak juga dewasa, banyak spot foto instagram-able, tiket masuk taman botani murah juga jangan lupakan pemandangan alam yang super amazing. Lengkap deh pokoknya.

TAMAN GALAXY


Taman Wisata Alam Hits Jember
Image by heizyi.com
Nah, kalau Taman dan Kebun Binatang Super Galaxy, sudah tidak di ragukan lagi keberadaannya. Mulai dari aku kecil sampai sekarang, Taman Galaxy Jember tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi kalau hari libur. Selain destinasi wisata murah meriah di Jember, Taman Galaxy yang terletak di Desa Tempurejo ini adalah salah satu taman rekreasi populer di daerah Jember dengan paket wisata lengkap loh.

Maksudnya? Yups, selain tempat wisata murah meriah di Jember, Taman Galaxy memiliki kebun binatang mini, restoran dengan gazebo keren di pinggir kolam ikan, super market, kamar mandi umum, taman bermain yang luas dan bersih juga yang paling unik dari destinasi wisata liburan gratis ini adalaaahhh.... seluruh karyawan, koki, petugas kebersihan, semua nya COWOK! Are you curious?

Taman & Kebun Binatang Super Galaxy sebenarnya milik seorang Kyai besar di Tempurejo, sistem keuangan nya pun berbasis ekonomi syariah. Jadi gak heran, semua perlengkapan rumah tangga, sandang maupun pangan yang di jual disini harganya terjangkau. Alias murah meriah, guys 😁

Semua petugas, koki, dan seluruh cowok yang terlibat dalam pengelolahan Taman Galaxy pun adalah santri pondok pesantren sang Kyai. Bukan bermaksud memperdayakan santri ya, tapi mereka punya daftar shift diluar jam pelajaran pondok. Atau, santri yang sudah lulus, bisa bekerja dan menggunakan ilmu yang mereka dapat disini. Eh iya, ada juga sentra kerajinan tangan loh, letak nya di sebelah restoran. Ada banyak barang unik yang di jual. Tenang saja, harga nya murce kok. Ramah di kantong 😄

Gimana, ada rencana liburan keluarga ke Jember? Jember udah makin rame loh. Jadi sekedar main air di pantai, gak? Ehm... kalian anak ekstrovert atau introvert? Gak masalah, introvert maupun ekstrovert bisa aja main air sepuasnya di pantai hits Jember. Kalian bisa menyusun itinerary nya dulu. Dengan begitu, tak akan ada tempat hits di Jember yang kalian lewatkan 😊

Then, sampai jumpa pada destinasi wisata Jember lainnya ya. Selamat menyambut Ramadhan 2018, guys. Semoga puasa nya lancar juga hilal jodoh nya semakin dekat 😂 ups ✌

8 Destinasi Wisata Alam & Taman Paling 'Timeless' di Jember 8 Destinasi Wisata Alam & Taman Paling 'Timeless' di Jember Reviewed by Heizyi on May 13, 2018 Rating: 5

2 comments:

  1. recomenden banget nih kak dijadikan wishlist hehehe

    ReplyDelete
  2. bener2 timeless kalo ini sih :)

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up in : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.