Membangun Indonesia dari Timur


Narasi dari Papua


"Indonesia tidak akan pernah bisa menjadi Indonesia tanpa Papua, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara"

- Glenn Fredly -


Membangun Indonesia dari Timur - Sebagai provinsi yang terletak di belahan paling timur Indonesia, Papua kaya akan keberagaman etnik dan suku budaya serta seni dan sastra.

Tanah Papua dan masyarakatnya masih memegang erat identitas asli mereka. Keunikan serta kekayaan suku-suku terpelihara seiring dengan pembangunan yang berjalan.

Setidaknya, ada tujuh suku asli yang bertetangga dengan lokasi penambangan milik PT Freeport Indonesia.

Oleh sebab itu, sebagai salah satu perusahaan pertambangan terbesar di bumi pertiwi, PT Freeport Indonesia bertekad untuk melestarikan lingkungan serta memahami kehidupan dengan  pengembangan dan pelestarian budaya masyarakat setempat.

Tidak hanya itu, kontribusi PT Freeport terhadap perekonomian Indonesia juga ditunjukkan dengan upaya pemanfaatan sumber daya manusia melalui pengintegrasian teknologi Advanced Simulator kedalam program pelatihan pengoperasian alat berat.

Terhitung hingga 52 tahun berkarya, tidak hanya dampak positif yang signifikan terhadap wilayah operasi, kontribusi dan peranan PT Freeport Indonesia bagi negara pun tampak jelas dalam data studi  Lembaga Pendidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia tahun 2013:

  • 91% kontribusi Freeport Indonesia terhadap PDRB Kab. Mimika
  • 37,5% terhadap PDRB Provinsi Papua
  • 0,8 % PDB Indonesia

See? Kekayaan Freeport Papua telah tersebar ke seluruh penjuru Tanah Papua untuk mensejahterakan rakyat disana.

Well, untuk lebih lengkap tentang kontribusi PT Freeport terhadap perekonomian Indonesia, yuk... simak list positif berikut ini. Scroll down, guys ^^

1| PELATIHAN PROFESI



Narasi dari Papua oleh PT Freeport Indonesia
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada tujuh suku asli yang bertetangga dengan lokasi penambangan milik PT Freeport Indonesia. Dimana dua diantara nya adalah suku-suku besar, yaitu Suku Amungme dan Suku Kamoro.

Nah, sebagai wujud kontribusi terhadap Tanah Papua, Freeport Indonesia mengadakan pelatihan profesi demi meningkatkan SDM masyarakat yang tinggal di daerah operasional tambang tembaga.

2| PELATIHAN ENTREPRENEUR



Narasi dari Papua oleh PT Freeport Indonesia
Wujud kontribusi Freeport Indonesia tehadap Papua berikutnya adalah dengan diadakannya pelatihan guna menjadi pengusaha. Sebab selama ini -Putra maupun Putri Papua- yang resmi menjadi sarjana pun tidak begitu paham dengan dunia bisnis. Untuk itu, PTFI hadir sebagai jembatan itu.

3| ASRAMA DAN PENDIDIKAN



Narasi dari Papua oleh PT Freeport Indonesia
Pendidikan merupakan bekal hidup masa depan. Tak ada yang abadi di dunia ini kecuali ilmu yang bermanfaat, anak-anak yang soleh dan sedekah jariyah.

Untuk mencapai pendidikan dengan kualitas cukup guna meraih kesuksesan dalam hidup, PT Freeport Indonesia membangun sekolah, pusat penelitian serta menyediakan beasiswa bagi murid berprestasi untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita menjadi orang sukses.

Yups, Sekolah Asrama Taruna Papua adalah salah satu wujud kontribusi Freeport untuk masyarakat Papua.

4| PEMBANGUNAN EKONOMI BERKELANJUTAN




Narasi dari Papua oleh PT Freeport Indonesia
Dalam langkah nya membangun wilayah Timur Indonesia, PT Freeport berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan dengan cara memberikan pendampingan untuk UMKM, program ekonomi mandiri dan dana bergulir LPMAK serta pengembangan masyarakat berbasis desa dengan komoditi utama nya yaitu kakao, kopi dan ayam ternak.

Lalu, berapa persen hasil freeport untuk Indonesia?

Dikutip dari laman IDNTimes.com, 1% dari pendapatan kotor dianggarkan untuk program pengembangan masyarakat sekitar daerah operasional tambang.

5| KESEHATAN UNTUK SEMUA


Narasi dari Papua oleh PT Freeport Indonesia
Sebagai daerah pertambangan dengan risiko dan tantangan yang sangat tinggi, PT Freeport Indonesia bersinergi dengan pemerintah daerah dalam pengelolaan dan pengoperasian klinik kesehatan.

Selain itu, melalui Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK), Freeport membangun sebuah rumah sakit demi menjamin kesehatan para karyawan serta masyarakat di Tanah Papua.

Oh iya, melalui Pusat Pengendalian Malaria PT Freport juga melakukan konseling rutin, penyemprotan, pembagian kelambu serta pembersihan sanitasi lingkungan secara rutin sesuai jadwal yang telah di program oleh PPM.

6| PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR



Narasi dari Papua oleh PT Freeport Indonesia

Tidak heran jika PT Freeport Indonesia atau yang biasa dikenal dengan PTFI membangun banyak infrastruktur di daerah operasional nya. Di dataran tinggi maupun di dataran rendah.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap kerja keras 32.600 karyawan, PT Freeport Indonesia membangun banyak infrastruktur seperti 3200 unit rumah, fasilitas umum, fasilitas sosial, lapangan bola, bandar udara serta ruang bioskop dengan kualitas gambar dan suara yang oke.

Uh, jangan lupakan Mimika Sport Complex yang merupakan komplek beragam fasilitas olahraga guna menyambut PON 2020 nanti. Ada lapangan voli, basket, badminton, lari cepat, lempar peluru dan masih ada lagi yang sengaja dibangun untuk mensejahterakan karyawan juga menunjang kehidupan bersosial masyarakat Mimika.

***


Di Tanah Papua, PT Freeport Indonesia telah menunjukkan sumbangsih bagi negeri dengan menjaga kestabilan produksi, saling menghargai, menghormati dan melestarikan kebudayaan serta adat asli masyarakat di daerah operasional.

Baiklah, cukup sekian narasi dari Papua hari ini. Nanti, kita cerita lebih banyak lagi.

Sampai jumpa 🙋

Membangun Indonesia dari Timur Membangun Indonesia dari Timur Reviewed by Heizyi on January 16, 2020 Rating: 5

3 comments:

  1. Pengembangan SDM di Indonesia wilayah Timur memang harus ditingkatkan. Sesuai dengan program pemerintah, termasuk untuk sektor kesehatan.

    Semoga pembangunan di wilayah Papua dsk bisa merata. Kesejahteraan rakyat di sana mengingat. Amin.

    ReplyDelete
  2. Wah, ternyata banyak juga ya Mbak kontribusi freeport. Semoga kelak sumbangsihnya untuk bangsa dan lingkungan Indonesia Timur semakin meningkat.

    ReplyDelete
  3. Ulasan yang menarik nih mba, khususnya tentang kontribusi Freeport untuk tanah Papua. Semoga kedepannya, masyarakat Papua yang berada di sekitar Freeport dapat terus merasakan dampak positif ini. Aamiin

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.