Campus Visit Polije 2020 Day 2 - Pengalaman Menyenangkan


Campus Visit Politeknik Negeri Jember 2020


"Menjadi Politeknik Unggul di Asia Tahun 2035"

- Visi Politeknik Negeri Jember -

Campus Visit Polije 2020 Day 2: Pengalaman Menyenangkan - Pengalaman adalah guru paling berharga. Mengingat lahan luas di sekitar kita semakin langka, bercocok tanam dengan cara hidroponik bisa jadi solusinya.

Hari kedua kunjungan ke Politeknik Negeri Jember (POLIJE) dimulai dengan mengenal sistem dan tata cara budidaya tanaman secara Hidroponik sebelum melanjutkan cerita yang sempat bersambung dari penerapan model pembelajaran Teaching Factory Polije.

Layaknya mahasiswa yang semangat menuntut ilmu, menggunakan masker dan atau face shield, pagi-pagi sekali kami memasuki ruangan laboratorium Teknik Tata Air guna menyimak ringkasan materi mengenai pengertian Hidroponik sederhana.

Setelah pemaparan  materi oleh Ibu Siti Djamila, barulah kami terjun langsung ke lapangan untuk menyaksikan  proses bercocok tanam dengan sistem hidroponik.

Jika hari pertama kami lalui sangat gembira sebab bisa memetik buah langsung dari pohonnya, maka hari kedua Campus Visit Polije 2020, kami berkesempatan memetik sayur langsung dari ladangnya. Really unforgettable experience, right? 😀
 

Campus Visit Polije 2020 Day 2



MEMAHAMI CARA BERCOCOK TANAM DENGAN SISTEM HIDROPONIK


Hidroponik merupakan pilihan pertanian masa depan yang sangat mengutamakan mutu dan nutrisi tanaman sehingga menghasilkan sayur dan buah yang terjaga kualitasnya.

Menggunakan media air, sistem Hidroponik pun bervariasi. Bisa disesuaikan dengan lahan dan kodisi lingkungan.
 
Paling sederhana biasanya menggunakan sistem sumbu atau wick system, lalu ada juga sistem rakit apung, NFT (Nutrient Film Technique), DFT (Deep Flow Technique) dan Drip Fertigasi.
 
Berbagai macam jenis buah dan sayuran bisa dibudidayakan dengan teknik Hidroponik. Seperti, Melon, Stroberi, Semangka, Timun,, Terong, Kubis, Kangkung, Selada dan Brokoli.

Saat itu, kami juga diperkenankan mencicipi selada yang baru dipetik dari media tanam. Rasanya kres dan nggak pahit. Sayangnya, nasi dan lauk tidak disediakan sehingga kami merasa kembali lapar walau baru saja selesai sarapan 😅
 
Oh iya, selain tidak membutuhkan lahan luas, hasil tanaman Hidroponik juga dijamin bebas pestisida, lho.
 
Hanya saja, petani hidroponik sering terkendala faktor cuaca jika musim penghujan tiba.
 
Hidroponik Sederhana Polije
 

TEACHING FACTORY FEEDLOT

 
Mengusung slogan, smart, innovative dan professional atau yang populer disingkat SIP, Polije berusaha mewujudkan vokasi kuat menguatkan Indonesia dengan memfasilitasi program vokasi berbasis unggulan untuk industri. Salah satunya dengan mengembangkan TeFa Feedlot, yaitu penggemukan ternak.
 
Jenis hewan yang berada di kandang Feedlot pun beragam. Ada sapi umbaran untuk peranakan, sapi potong untuk penggemukan, kambing dan domba.

Mengenai konsep teaching factory nya, Politeknik Negeri Jember memilih sapi potong berdasarkan kesehatan, bobot badan, umur, bangsa sapi serta skor kondisi tubuh. Pakan yang digunakan juga  dijamin mutu dan kualitasnya sebab diproses secara modern melalui laboratorium oleh pabrik Pakan Super Feed SIP (SFSip).

Sedangkan kambing serta domba yang berada di kandang ternak Feedlot lumayan banyak dan lucu 😃 Masing-masing dari mereka dikelompokkan berdasarkan jenisnya.

Domba wol memiliki bulu yang lebat, suka berkelompok dan memiliki penglihatan yang tajam.  Terbukti, ketika aku berusaha mengambil gambar dari celah kandang, mereka menyadarinya. See? ✋

Lalu untuk domba pedaging, bulunya cenderung lebih tipis namun tetap sama, memakan rumput dan konsentrat sebagai asupan protein dan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan berat badan.

Teaching Factory Feedlot Polije

Untuk produk dan jasa, teaching factory Feedlot Politeknik Negeri Jember menyediakan:

  • Penggemukan sapi potong
  • Tempat praktik, magang dan penelitian bagi mahasiswa, dosen serta masyarakat umum.
  • Layanan masyrakat mengenai pemeliharaan sapi sistem feedlot

Sementara itu,  memiliki Tahap Kesiapan Teknologi 8, TeFa Feedlot Polije telah menjalin kemitraan dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA) seperti PT. Youngbee Indonesia dan Lolit Sapi Pasuruan Jawa Timur.

Eh, ada cerita lucu, lho dibalik kunjungan kami ke TeFa ini 😎

Jadi, kami kira hanya manusia saja yang memiliki sifat posesif ketika pasangannya. Ternyata hewan juga, guys 😱

Seekor sapi jantan yang sangat besar di kandang sapi umbaran (peranakan) mendadak jadi agresif ketika salah satu sapi betina mendapat perhatian lebih dari salah satu teman penggiat media sosial.

Merasa miliknya diganggu, si sapi jantan berusah melerai elusan teman kami pada kepala si betina. Si jantan juga sempat menyeruduk temankami, lho... hihihi lucu ya kalau sapi posesif 😆

Duh, sungguh menyenangkan sekali menjadi bagian dari Campus Visit Polije 2020. Bisa bermain bersama alam, belajar bercocok tanam hingga mengenal beberapa jenis shaun the sheep 🐑
 
Teaching Factory Feedlot Polije
 

TEACHING FACTORY COFFEE & BAKERY

 
Cafe di dalam kampus? Why not!

Polije bahkan sudah mewujudkannya dalam bentuk TeFa Bakery and Coffee

Begitu memasuki gedung kafe, kami langsung disuguhkan dengan interior kekinian yang sangat nyaman untuk OOTD-an, kongkow bareng teman atau hanya sekadar ingin mojok untuk mengerjakan tugas.

Hemmm... suasana yang cozy dan harga terjangkau adalah incaran banyak manusia. Terutama kantong mahasiswa 😆

Kafe SIP Polije yang berada diambang pintu gerbang masuk sebelah utara kampus menyediakan berbagai macam minuman dan kudapan. Kegiatan usaha ini juga mengembangkan bisnis dan jasa serta aneka produk  pangan dan produk beku berkualitas aman, marketable dan profitable.
 
Kami juga diberi kesempatan untuk menengok langsung proses produksi aneka roti merk SIP (Smart, Innovative, Proffesional) dengan mengenakan APD tentu saja.

Wah, kami sangat antusias begitu masuk dapur Kafe SIP. Tak lupa, kami juga mengabadikan setiap proses pembuatan roti dan melakukan sesi wawancara dengan para tenaga ahli dapur kafe SIP.

Menurut Bapak Fatoni selaku penanggung jawab UPT (Unik Pelaksana Teknis) Pengolahan dan Pengemasan Pangan,  merk SIP telah mendapat izin dari balai BPOM dan memproduksi roti setiap hari kerja mulai pagi sampai sore. Tenaga koki yang sangat berpengalaman dan dibantu oleh amahasiswa yang sedang praktik, siswa SMK magang, masyarakat magang dan tenaga ahli hasil dari pelatihan.

Sebagai kunjungan di hari terakhir, kami pun memanfaatkan waktu untuk bercengkrama, menyanyi dan makan siang bersama.

Menciptakan moment tak terlupakan bersama tim Humas Polije dan teman-teman penggiat media sosial, kami pun berdangdut ria lalu mengabadikannya dalam social media 🎷🎶

Tak sampai disitu, setelah puas haha hihi bersama, kami pun melanjutkan kisah yang belum selesai pada hari itu dengan melanjutkan perjalanan ke destinasi liputan berikutnya dengan mengendarai bus yang disediakan oleh Politeknik Negeri Jember.
 
Adapun berbagai jenis produk dan jasa yang disediakan oleh #TeFaBakery&Coffee, meliputi:

  • Tempat uji kompetensi atau sertifikasi (LSP)
  • Paket kunjungan pendidikan alias Edu Wisata
  • Magang industri untuk mahasiswa, guru dan siswa SMK
  • Tempat penelitian dan praktikum mahasiswa
  • Menghasilkan produk Mi Instan Sehat bermerk SIP
  • Menyediakan roti bagelan, roting kering, roti tawar (produk paling laris), roti manis dan aneka kue tradisional merk SIP
 
Nah, kalau bidang kerjasama nya, teaching factory Politeknik Negeri Jember ini juga telah menjalin kemitraan dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja alias IDUKA:
 
  • PT. Tirta Prima Rasa Jember
  • PT. Mitra Tani 27
  • Toko-toko pusat oleh-oleh Jember (Slamet P&D, Sumber Madu, Pelangi Sari, Primadona)
  • PT. Bogasari 
 
Teaching Factory Bakery and Coffee Polije

TEACHING FACTORY KULINER

TeFa Kuliner Polije adalah salah satu dari bagian PUT Pengolahan dan Pengemasan Pangan selain TeFa Bakery and Coffee yang mampu menghasilkan PNBP, Penerimaan Negara Bukan Pajak.
 
Sesuai namanya, teaching factory Kuliner menyediakan makanan berat dengan menu favoritnya adalah masakan pedas.
 
Menurut Pak Endro, selaku manager New Kemuning Resto Politeknik Negeri Jember, #TeFaKuliner ini telah berdiri sejak tahun 2010, lho. Dengan pergantian kepemimpinan sebanyak empat kali.
 
For your information, nih ya.  New Kemuning Resto beroperasi dari sekitar jam 10 pagi hingga jam 9 malam dan juga sudah tersedia di aplikasi layanan delivery order seperti Grab Food.
 
Selain menyediakan pesanan untuk rapat serta acara-acara tertentu, TeFa Kuliner Polije juga melayani pesanan kantor-kantor serta masyarakat yang mampir untuk mencicipi hidangan lezat serta untuk bersantai dengan keluarga dan teman karena TeFa ini menyediakan gazebo, pertamanan yang cocok untuk berswafoto dan beberapa mainan ayunan.
 
Jika kamu tertarik untuk berkunjung, boleh deh search lokasinya di google maps. Sejuk, kids friendly dan lahan parkis luas adalah ciri khas dari New Kemuning Resto.
 
New Kemuning Resto Politeknik Negeri Jember

 

TEACHING FACTORY BUNGA POTONG

 
TeFa Bunga Potong merupakan bagian dari Kebun Inovasi Polije yang terletak di puncak rembangan. Persis sebelum portal wisata Rembangan Jember.
 
Medan yang dilalui menuju #TeFaBungaPotong sungguh berliku dan menanjak. Akan tetapi, view yang disajikan tak kalah memesona. Sekalioun berada di dataran tinggi, TeFa tetap ramai pengunjung.
 
Selain bunga potong Krisan yang jadi primadona, terdapat juga koleksi berbagai macam bunga Cattleya, Kaktus, Anggrek, Begonia, Krisan Pot dan Aglonema. Bunga potong Krisan menjadi langganan para wedding organizer (WO) atau perias acara pernikahan, karena bunga masih segar sebab baru dipetik sehingga masih memancarkan keindahan dan awet.
 
Menjadi destinasi liputan Campus Visit Polije 2020 Day 2 yang terakhir, kami banyak-banyak mengambil gambar di teaching factoy Politeknik Negeri Jember ini. Didukung suhu udara yang sejuk, pemandangan dari ketinggian yang luar biasa indah serta bunga-bunga yang bermekaran, kami pun merasa puas menutup perjalanan dua hari penuh makna dengan senyum bahagia.
 
Campus Visit Polije 2020
Tak lupa, aku ucapkan terima kasih yang sebesarnya pada Mbak Vindy, Pak Mahsus dan tim Humas Polije SIP, serta teman-teman penggiat media sosial atas keseruan yang telah kita lalui bersama.
 
Beruntung sekali bisa menjadi bagian dari kalian 🤗

Kapan-kapan, kita buat cerita lain yang lebih seru, ya? Pertemuan kali ini cukup dulu. Sampai kembali bertemu 🙆


Campus Visit Polije 2020 Day 2 - Pengalaman Menyenangkan Campus Visit Polije 2020 Day 2 - Pengalaman Menyenangkan Reviewed by Heizyi on September 27, 2020 Rating: 5

17 comments:

  1. wueh foto koleksi sapine samean lengkap yo mbak, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.... lengkap dong. Kan sapine gumush-gumush. Onok seng posesif pisan. Kan lucu :)

      Delete
  2. serunya masih kerasa sampe sekarang, bikin kangen. Ayo mbak, adek2mu kuliah di sini aja, wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... pengen lagi ya mbak ^^ taoi btw, adekku sek cilik-cilik mbak. Sek luaaaaaaaama >_<

      Delete
  3. wah keren nih sudah bermitra dengan beberapa perusahaan. maju terus Polije, Pengen deh visit factory ke sana juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Politeknik Negeri Jember ini memang sudah menggelar "Perkawinan Massal," dengan Industri, Dunia Kerja dan Dunia Usaha (IDUKA):)

      Delete
  4. Masya Allah keren ya sekarang di kampus-kampus tumbuh atmosfer yang membuat mahasiswa bisa melakukan praktik langsung seperti ini. Memang seharusnya pertanian di negara kita sudah dikembangkan serius sejak lama. Sebagai negara tropis kita tidak kekurangan sumber daya alam untuk mengembangkan berbagai teknik pertanian modern seperti hidroponik ini. Terlebih di Polije ada ilmu terapan pertanian sehingga sayuran yang dihasilkan sangat berkualitas.

    ReplyDelete
  5. Keren banget sih Teaching Factory ini. Banyak banget pilihannya, dan semua ilmu terapan. Bisa jadi pilihan melanjutkan studi nih setelah SMA, sekolah vokasi. Malah bisa wirausaha yah.
    Bytheway, idiiih, ada sapi cemburu...hihi...lucuk...

    ReplyDelete
  6. Kereeeen....ternyata POLIJE lengkap banget punya berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan..Ada hidroponik, ternak, laboratorium yang tak kalah lengkapnya bahkan ada cafe atau kantinnya yang menyediakan aneka makanan yang menyehatkan tentunya. Bisa jadi rekomendasi bagi yang mereka ingin melanjutkan kuliah. Intinya kita sebagai orang tua gak bakal rugi menyekolahkan anak di POLIJE...karena banyak ilmu bermanfaat yang didapat dari kampusnya...pasti seneng banget bisa ikut acara Visit Polije ya mbak...bisa eksperimen sambil seseruan bareng.

    ReplyDelete
  7. MasyaAllah keren banget, Dewi tuh dari dulu pingin Hidropoilnik masih maju mundur. Baca di sini semakin semangat deh, apalagi bebas peptisida. Pernah nyobain selada hasil hidroponik, segar banget enak... Semoga makin sukses yaaa Polije, kece deh udh banyak relasinya.

    ReplyDelete
  8. Menyenangkan mbak..semoga dengan adanya kunjungan semacam ini minat generasi muda untuk bertani menjadi besar. Profesi petani nggak boleh punah. Ntar kalau ga ada petani gimana kita makan dong, masak import...

    ReplyDelete
  9. Kegiatan yang seru banget, Mbak. Campus Polije keren nih, apa-apa ada.

    Sapi dan kambingnya juga gemuk ginuk-ginuk. Bener-bener terawat.

    ReplyDelete
  10. Waah...seru bisa berkunjung ke Polije dalam waktu dua hari. Luas juga tempat prakteknya.
    Teori yang di dapat di tempat kuliah langsung dipraktekkan ya

    ReplyDelete
  11. Adudu, kegiatannya semua bermanfaat dan produktif betul. Lihatnya jadi seneng deh, mupeng jadi pengen juga berkunjung ke Polije, bikin penasaran ingin lihat dan praktik cecara langsung

    ReplyDelete
  12. Kunjungan ke kampus dan melihat praktik pertanian dan peternakan seperti ini jujur bikin kangen buat ke kampus. Juga, rasa-rasanya jadi makin semangat buat ikutan memulai hobi di bidang pertanian ya Kak :)

    ReplyDelete
  13. waah ini acara yg kmren diikutin sama mas ilham dan faisol juga ya kak, ternyata kk juga ikut

    seru banget bisa keluar keliling liat seger2, tadinya aku ga paham POLIJE itu apaan,,, :D luas yaaa tempatnya kak

    ReplyDelete
  14. wkwkwkwk salfok sama cerita sapi jantannya yang nyeruduk temennya. Ternyata sapi jantan sifat posesifnya ngeri juga yaa. BTW saya tertarik banget sama bercocok tanam dengan sistem hidroponiknya, sepertinya seru banget gitu hihihihi.

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.