Turunkan Kolesterol Jahat Secara Alami dengan Mudah


obat kolesterol alami
 

"Harta sejati adalah kesehatan, bukan emas dan perak."

- Mahatma Gandhi -

 
Turunkan Kolesterol Jahat Secara Alami dengan Mudah - Kolesterol tinggi yaitu keadaan bertambahnya kolesterol pada darah yang melebihi takaran normal. Penyakit yang mengincar pasien kolesterol tinggi rata-rata seperti serangan stroke serta serangan jantung yang bisa terjadi kapan saja. Ada banyak obat kolesterol alami yang bisa ditemukan di dapur rumah.
 
Kolesterol diperlukan pada badan untuk membentuk beberapa sel baru. Kolesterol membantu tubuh kita untuk menyalurkan vitamin D, mendatangkan asam empedu untuk mengolah lemak dan mendatangkan beberapa hormon. Akan tetapi jika kadar kolesterol tidak normal itu akan menjadi musuh bagi tubuh kita.
 
Kelebihan kolesterol dapat menyerang siapa saja akibat mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan kolesterol tinggi, minimnya olahraga, atau gara-gara aspek turunan. Semua itu bisa terjadi kapan saja, oleh karena itu kita harus selalu menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang teratur agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh kolesterol.
 
 

BAHAN DAPUR YANG BISA MENURUNKAN KOLESTEROL SECARA ALAMI

 
Untuk turunkan kolesterol bisa kita pakai beberapa bahan yang umum kita dapatkan di dapur. Selain mudah didapatkan, bahan alami ini juga bisa dibeli dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan obat kolesterol medis yang dianjurkan oleh dokter.
 

1. Bawang Putih

 
obat kolesterol alami yang bisa ditemukan di dapur rumah
Bawang putih adalah bahan yang sudah sering digunakan untuk beberapa obat herbal. Bawang putih dapat dipakai untuk turunkan kolesterol secara alami. Bagaimana cara mengkonsumsi bawang putih sebagai obat untuk menurunkan kolesterol secara alami? Konsumsi bawang putih tiga hingga sampai empat siung tiap hari. Kamu hanya perlu memakannya langsung kemudian dibarengi dengan minum air putih secukupnya.
 

2. Daun Seledri

 
obat kolesterol alami yang paling ampuh
 
Daun Seledri sangat bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah menurunkan hipertensi dan kolesterol pada badan secara efisien. Di dalam daun seledri ada kandungan konsentrat heksana yang bisa menurunkan tekanan darah. Kandungan metanol dan etanol dalam seledri dapat merotasi darah bertambah sekalian menangani infeksi di pembuluh darah. Minumlah satu gelas jus seledri setiap hari untuk menurunkan tekanan darah.
 

3. Biji Ketumbar

 
obat kolesterol tinggi
 
Kandungan asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, asam askorbat, dan asam stearat yang terdapat dalam biji ketumbar bisa mengatur takaran kolesterol pada darah. Biji ketumbar bisa membantu untuk menurunkan kolesterol jahat.
 
Bagaimana cara yang efektif untuk mengkonsumsi biji ketumbar? Kamu bisa mengkonsumsi biji ketumbar dengan mempersiapkan dua sendok teh bubuk biji ketumbar, kemudian campur dengan satu cangkir air dan rebus sampai berubah warna. Setelah mendidih, saring terlebih dahulu sebelum diminum. Air ketumbar ini sebaiknya diminum 2x satu hari, ya 😊
 

4. Kunyit

 
obat kolesterol medis

Kunyit adalah salah satu bahan yang paling banyak digunakan sebagai jamu dan obat herbal alami. Warna kuning pada kunyit itu memiliki kandungan kurkumin yang berguna untuk menguras asam empedu. Masakan yang mempunyai kandungan bahan kunyit benar-benar sangat bermanfaat untuk pengidap kolesterol tinggi. Karakter kunyit itu bermanfaat untuk menghimpit dampak jelek lemak jenuh, lho 😎
 

5. Cuka Sari Apel

 
menurunkan kolesterol secara alami

Cuka sari apel adalah obat kolesterol alami yang bisa kita dapatkan di dapur. Dengan mengkonsumsi cuka sari apel ini bisa tingkatkan kolesterol baik atau HDL (High Densitas Lipoprotein). Kandungan serat larut yang ada dalam sari cuka apel bisa menyerap kolesterol jahat dan lemak pada badan.
 
Selain itu, serat larut ini juga dapat menambah massa yang akan membuat rasa kenyang semakin lama, sehingga bisa menghambat selera makan seseorang agar bisa termonitor . Sari cuka apel memiliki  kandungan asam amino yang bisa menetralisir kolesterol jahat dan menolong mengeluarkannya dari badan sendirinya.
 
Cara mengkonsumsi sari cuka apel ini adalah dengan memasukkan satu gelas air dan satu sendok teh sari cuka apel organik. Minum 2-3 kali dalam satu hari, lakukan secara rutin selama satu bulan.
 
 

6. Ketumbar

 
menurunkan kolesterol tinggi

Ketumbar pada umumnya dibuat untuk membuat aroma masakan lebih wangi serta lebih sedap. Siapa sangka, ternyata ketumbar juga dapat digunakan sebagai obat menurunkan kolesterol jahat. Di dalam biji ketumbar terdapat beberapa macam asam yang efisien membantu menghindari endapan kolesterol pada darah.
 
Air ketumbar bisa diminum untuk membantu turunkan kolesterol jahat. Bagaimana caranya? Masak dua sendok ketumbar bersama air mendidih dan saring. Konsumsi 2x satu hari yaitu pada pagi dan siang hari. Bisa juga ditambah dengan sedikit madu agar menjadi lebih manis.
 

7. Daun Salam

 
menurunkan kolesterol jahat dalam darah

Daun salam yang umum dipakai untuk bumbu masakan, memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol berlebih pada tubuh. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan menyediakan 10 sampai 15 helai daun salam yang sudah bersih dan rebus dengan tiga gelas air. Rebus sampai air tersisa 1 gelas, saring air rebusan daun salam. Akan lebih baik jika dikonsumsi saat malam hari sebelum istirahat. Bukan sekedar untuk turunkan kolesterol jahat, daun salam juga dipercaya bermanfaat untuk mengobati asam urat.
 
 

KESIMPULAN

 
Itulah beberapa obat kolesterol alami yang bisa kita dapatkan di dapur rumah. Tak hanya beberapa bahan dapur, buah-buahan juga memiliki kandungan senyawa yang bisa meningkatkan takaran kolesterol baik dan bisa memperlancar saluran darah.
 
Mulailah mengkonsumsi buah-buahan untuk selalu menjaga asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, sebaiknya kamu selalu berhati-hati dan tidak asal mengkonsumsi berbagai jenis makanan supaya terhindar dari kadar kolesterol yang tiba-tiba meningkat, ya.
 
Well, selalu jaga kesehatan dan semoga artikel ini bermanfaat 🤗

Turunkan Kolesterol Jahat Secara Alami dengan Mudah Turunkan Kolesterol Jahat Secara Alami dengan Mudah Reviewed by Heizyi on January 04, 2021 Rating: 5

38 comments:

  1. Banyak bahan2 di dapur yg ternyata bisa menurunkan tingkat kolesterol ya. Saya sendiri biasa mengonsumsi bawang putih mentah, walaupun rasanya sangat tidak enak. Tapi karena khasiat yg baik, saya tetap melakukannya. Terima kasih utk sharingnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sama-sama.

      ternyata ada banyak bumbu dapur yang bisa dijadikan obat kolesterol alami pun penyakit lainnya ya :)

      Delete
  2. Kecuali apel cuka, Alhamdulillah semua bahan masak itu selalu digunakan di rumah saya. Bawang putih selalu bumbu wajib dalam setiap masakan di rumah saya, temannya abwang merah. terus kunyit pas masak lodeh, nangka, ikan pallumara, dan lainnya. Seledri pas buat bakwan juga saya pakai. Termasuk daun salam yang selalu hadir dalam setiap bumbu ikan dan ayam, termasuk nasi kuning. Kalau ektumbae, wajib pakai aps goreng tempe hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, keluarga pak bambang sama kayak ibu saya. kalo goreng tempe suka nya ditambahi ketumbar. makin gurih ya ^^

      Delete
  3. Saya termasuk yang merasakan khasiat cuka sari apel
    Dulu bapak telat mengkonsumsi makanya kolesterol tinggi dan katanta jadi tumor
    Ah tapi itu sudah takdirnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak. aku juga pernah menjadi salah satu yang merasakan manfaat sari cuka apel dulu waktu kena tipus

      Delete
  4. Ternyata menurunkan kolesterol hanya dengan bahan-bahan yang ada di dapur pun bisa ya kak. Nggak perlu mencari obat-obatan lagi. MEnding ikhtiar pake yang alami saja dulu. Membantu banget nih buat jadi bank data informasi kesehatan keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mbak.
      yang herbal lebih dipercaya secara khasiat dan efek sampingnya

      Delete
  5. Pas banget kami punya pohon salam nih. Sip...ntar godog ah, siap rutin minum deh. Tumbar pernah nyoba juga. Trus lupa...wkwkwwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dibuat jangan asem juga, bu. seger ^^ hahaha

      Delete
  6. Khasiat daun seledri banyak juga ternyata, selain buat obat darah tinggi kolesterol pun bisa. Tinggal pola hidup sehatnya juga nih yang rutin dilakukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, bisa dibuat diet serta memperlancar BAB juga, mbak

      Delete
  7. Sari cuka apel manfaatnya banyak juga ya termasuk menurunkan kolesterol ini, bahan alami banyak juga yang bermanfaat untuk kesehatan gini, selain dari diri menyadari dahulu bahwa menjaga asupan untuk ke tubuh penting utk diperhatikan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau nggak salah juga bisa dibuat obat untuk penyakit tipus ya mbak

      Delete
  8. benar ini mbak, mamaku rutin minum rendaman biji ketumbar tiap hari buat kontrol kolesterolnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau masih bisa diatasi dengan yang herbal ya mbak :)

      Delete
  9. Work gak sih mba, kalau bawang putih dicampur dengan makanan saja porsinya dibuat lebih banyak dari bumbu biasanya, soalnya kalau konsumsi begitu saja kurang suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau misal dibikin begitu, malah rasa makanannya yang nggak enak mbak

      Delete
  10. Wah.. ternyata ya, bahan-bahan yang ada di dapur kita bisa menuruntkan kolestrol secara alami. Yang penting konsisten dan rajin aja nih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener. ternyata rempah-rempah di dapur juga berkhasiat untuk kesehatan

      Delete
  11. Orang tua saya suka konsumsi semuanya nih, kecuali cuka apel...
    Mudah-mudahan kolesterolnya terus terjaga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin :)
      sehat terus ya untuk orangtua nya mbak Lia :)

      Delete
  12. Wow,,bumbu dapur dirumah hampir semua bisa menjadi obat kolesterol ya... Yang penting kita mau hindari penyebab penyakit kolesterol ya Mba

    ReplyDelete
  13. Uwooo bawang putih efetif yak buat nurunin kolesterol jahat ... etapi paling pas memang mengurangi input kolesterol jahat ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah betul sekali. lebih baik mencegah kan daripada mengobati ^^

      Delete
  14. Whaaa semua ada di dapur itu ya mbak. Tinggal eksekusinya ini hiksss. Suamiku bisa jafi ada tanda2 bawaan untuk jenis penyakit kolesterol. Pernah punya alat cek nya juga (mertua siy yang punya).

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tinggal eksekusi sesuai kebutuhan mbak, soalnya hampir semua bumbu dapur bisa dijadikan obat herbal asal tahu caranya ^^

      Delete
  15. Ternyata sangat mudah untuk mendapatkan obat kolesterol yang alami ya. Bahkan beberapa pasti sudah ada di dapur kita nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untungnya Indoensia kaya akan rempah ya pak.
      jadi nya bumbu dapur juga bisa dijadikan obat.
      alhamdulillah

      Delete
  16. Ternyata cukup dengan bahan2 dapur seperti kunyit atau daun salam yang bisa digunakan untuk menurunkan kolestrol ya Mbak. Noted nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyallah semua ikhtiar bisa dicoba mbak. hasil akhir tergantung pemilik alam semesta :)

      Delete
  17. Halo, Kolesterol. Dapat salam dari saya yang masih rajin makan gorengan deep-fried. Ah! Susah banget berhentinya.
    Almh. Ibuk saya juga sukanya nyemilin biji ketumbar utuh loh. I was like, ugh gimana rasanya tuh. Ternyata bisa buat obat kolesterol alami toh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... kalo ngomongin gorengan, aku sepakat mbak. nggak bisa berenti emang alo nyemil itu >.<

      Delete
  18. Seledri kapan itu sempat viral ya di fb. Semuanya sering dipakai masak sih bahan dapurnya. Beneran Indonesia kaya rempah yang bagus buat kesehatan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ternyata si hijau yang identik dengan sayur sop ini punya banyak manfaat loh

      Delete
  19. Mungkin cuka sari apel yang belum pernah aku coba hehe, kalo yang selain cuka malahan hampir setiap hari kalo masak pake bumbu" seperti di atas hehe
    Tapi makasih lho informasinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  20. Ternyata obat kolestrol ada di dekat kita ya, tidak perlu obat yang mahal asal telaten minum obat herbal pasti sembuh

    ReplyDelete
  21. Naah aku bisanya bawang putih Ama seledri mba. Dimasak dlm SOP ato masakan yg simple aja. Bawang putih juga selalu aku pake dlm hidangan daging ato BBQ. Biar kolesterolnya ga terlalu naik :D

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.