Jember Fashion Carnaval is Back!


Jember Fashion Carnaval 2022

"The Joy of dressing is an art."

- John Galliano -

Setelah dua kali vacum karena pandemi. Kini pagelaran Jember Fashion Carnaval kembali digelar secara offline. Tentu saja gempitanya masih sama. Always bertabur bintang dan identik dengan perayaan kostum yang unik, mewah serta menawan.

Sebagai salah satu Media & Photographer yang terlibat untuk meliput jalannya acara, ada kebanggaan tersendiri sebab bisa menonton langsung para aksi defile sepanjang runaway tanpa terhalang penonton yang nekat turun dari tribun. Malah, aku mendapat posisi strategis bersama teman-tema media yang datang dari Amerika. Duduk bersama, membidik sempurna kemudian memeriksa sekilas hasil jepretan kami lalu menikmati acara dengan suka cita.

Yah, walau sempat turun air dari langit, but it's not big deal. Setiap susunan acara berjalan  sebagaimana mestinya. Aku pun bertemu orang-orang baik yang ramah. Meskipun lagi-lagi tetesan air dari langit itu kembali menyapa. Semangat kami tak pernah sirna. Bahkan makin bergelora.

Baca Juga: Cerita Seru Dibalik Meriahnya JFC 2019 

 JFC 20

RUNDOWN JFC 2022

Diantara deretan peserta dari berbagai media, mayoritas adalah lelaki. Hanya aku dan Zenn (kenalan dari Tribun Travel Lamongan) yang kebetulan perempuan di deret pertama (alias yang nongkrong di aspal karena merasa lebih nyaman dan leluasa dalam mengambil gambar). Menariknya, kami pun serasa mendapat privilage sebagai kaum hawa yang patut dilindungi dan dijaga. Yups, maka tidak ada lagi nikmat Tuhan yang bisa aku dustakan. (Terima kasih orang baik) 🤗

rute jfc jember 2022

Dan malam puncak JFC Ke 20 atau yang selalu dikenal dengan Grand Carnival of Jember Fashion Carnaval pun dimulai sejak pukul 19.30 WIB hingga sekitar 22.00 WIB pada 7 Agustus 2022. Semakin seru setelah acara dibuka oleh penampilan spektakuler dari Puteri Indonesia 2022, Laksmi Shari De Neefe Suardana.

Tak mau ketinggalan, Adinda Cresheilla yang menjabat sebagai Puteri Indonesia Pariwisata 2022 pun ikut berlenggak-lenggok di sepanjang runaway. Lantas disusul oleh Sarah Tumiwa, the first winner Indonesia's Next Top Model dari JFC central stage menuju stage A tempat media dan fotografer menanti dengan lensa kamera masing-masing.

jfc jember hari ini

bintang tamu jfc jember 2022

Ketiganya memakai kostum Watu Ulo yang menawan. Setelah itu, satu per satu defile bermunculan. Mulai dari Defile Sriwijaya, Defile Madurese, Defile Kujang,  Defile Aztec, Defile Mahabhrata, Defile Garuda, Defile Sasando, Defile Majapahit, Defile Betawi dan Defile Poseidon.

Oh, iya. Saat grand opening turut hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga tokoh nomor satu di Kabupaten Jember, yaitu Hendy Siswanto selaku Bupati Jember.

karnaval jember
tujuan Jember Fashion Carnaval
tema JFC 2022
kostum Jember Fashion Carnaval
Sejarah Jember Fashion Carnaval

Baca Juga: JFC 2022 Bertabur Bintang

RUTE JFC 2022

Omong-omong soal rute, pagelaran Jember Fashion Carnaval ke 20 sedikit berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tetapi, rute untuk Grand Carnival tidak ada perubahan, yakni dari Alun-alun Jember menuju Gedung Serba Guna PKPSO dengan estimasi jarak sekitar 3,6 km.

Itu juga yang menjadi penyebab perubahan waktu. Jika biasanya digelar secara tiga hari berturut-turut pada siang hari. Tahun ini tidak lagi. Hanya digelar dua hari penuh, pada 6-7 Agustus 2022 sesuai yang tertera pada flyer di bawah ini.

rute jfc 2022

TIKET JFC 2022

Sedangkan untuk proses pembelian tiket. Bisa secara luring dengan mengunjungi Dynand Fariz Center maupun daring melalui link ini: https://www.jfcglobalindonesia.com.

Akan tetapi, jika kesulitan menggunakan dua cara tersebut, pengunjung yang ingin menonton Jember Fashion Carnaval bisa membeli tiket nya langsung di tempat acara alias On The Spot (OTS).

Menurutku, sih. Baiknya membeli tiket saja. Selain bisa menikmati acara tanpa gangguan, penonton juga lebih puas mengabadikan setiap pertunjukan yang disajikan. Apalagi jika tiketnya VVIP, manteb tuh. Seating-nya di dekat panggung utama. Yang VIP juga oke, meski agak jauh dari stage center, namun tetap bisa menikmati beragam pertunjukan seperti marching band, musik, tari-tarian dan segala macam perfom art JFC.

tiket jfc 2022
 

And for your information, si cantik dan bertalenta Cinta Laura rencananya juga bakal hadir dalam karnaval bertaraf internasional tersebut. Namun karena satu dan lain hal jadinya hanya diwakilkan oleh sang ibunda.

Tapiiiii... sahabat Cinta Laura yang merupakan MUA hits sekaligus yang mengenalkan JFC kepada si Cinta, Bubah Alfian tetap datang dong. Doi juga nggak mau kalah menjajal kostum keren dalam perhelatan akbar ini. Bersama Sarah Tumiwa, Bubah menyapa para penonton di arena runaway dan di sepanjang rute yang dilalui karnaval.

Jember Fashion Carnaval
 

SEE YOU AT JFC 2023

Well, meski sudah berlalu, namun gempita nya masih lekat dalam kalbu. Terima kasih untuk Jember Fashion Carnaval dan team yang sudah memberiku kesempatan bergabung. Very great gratitute for involved in this extravaganza. Semoga tahun depan atau di setiap tahunnya, aku bisa menjadi bagian dari JFC International Event (JIE) 💫

So, whats another fantastic moment in this year, fellas?

JFC 2023


16 comments:

  1. baru tahu ada JFC ini. Baca sekilas tadi saya kira brand makanan cepat saji itu yg menyelenggarakan carnaval, eh ternyata JFC itu Jember Fashion Carnaval yaa..

    Asyik banget acaranya mba

    ReplyDelete
  2. Saya itu dari dulu ingin sekali ke JFC, Mbak. Apalagi JFC ini pelopor fashion carnaval di banyak daerah, ya.
    Jadi seru juga ya, sebelum acara atau sesudah acara ngebolang juga ke wisata-wisata menarik Jember. Termasuk mencicipi kuliner Jember juga.

    ReplyDelete
  3. Walaupun sempat gak digelar sekitar 2 tahun, saya ikut bahagia akhirnya diselenggarakan kembali. Seru banget, pagelaran seni.

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah. Akhirnya keseruan dan kemeriahan JFC bisa kita lihat juga setelah sebelumnya absen karena covid-19 ya. Di Cianjur pun sama kemarin baru saja menggelar Helaran Budaya Cianjur 2022. Dua tahun sebelumnya vakum karena pandemi. Seru semua acaranya ya

    ReplyDelete
  5. Bener2 meriah ya Jember Fashion Carnaval ini. Antusiasme masyarakat begitu besar untuk menyaksikan gelaran yang memukau ini. Apalagi para petinggi negara juga hadir menyaksikan gempitanya acara ini. Sungguh saya tidak bisa membayangkan andai bisa hadir di acara ini. Pasti takjub banget.

    ReplyDelete
  6. Ini biasanya jadi jujukan turis asing maupun lokal yaa, keren2 banget soalnya kostumnyaa. Dulu pernah nonton di TV hihi, semoga kapan2 bisa menyaksikan secara lansgung

    ReplyDelete
  7. Wah iya keren banget acara Jember Fashion Carnival ini
    Dulu aku pernah nonton secara langsung

    ReplyDelete
  8. Waah ternyata Jember Fashion Carnival ini dah lama banget ya. Kalau udah ke 20 berarti dah 20 tahun ya. Baru tau juga ternyata banyak media dari Amerika yang datang meliputi. Seruu banget kayaknya acaranya

    ReplyDelete
  9. Waah seruu banget kebayang betapa ramai dan serunya Festival tersebut. Setelah 2 tahun tidak diperbolehkan mengadakan acara yang menimbulkan keramaian akhirnya sekarang dibolehkan.

    ReplyDelete
  10. Jember Fashion Carnival emang bedaaa... keren banget. Dulu di Malang juga sempat ada, tapi langsung terhenti karena pandemi..

    ReplyDelete
  11. Aku pertama kali tahu JFC ini waktu kuliah kayaknya mbak dan tertarik banget sama kreasi2 anak bangsa, kreatif banget. Semoga ada wadah yg lebih besar ya, jadi bisa disaksikan banyak kalangan

    ReplyDelete
  12. Wow ada mbak Laksmi... meriah banget ya JFC ini.. ada petinggi juga yang datang.. belum pernah lihat sih. Yang di Malang pun belum sempat

    ReplyDelete
  13. keren jember ya, punya JFC yang itu kayake ndak di yang lain kan ya.. mantap lho kostum2nya keren dah

    ReplyDelete
  14. Tahun ini Jember kembali meriah, bener banget pas vakum 2 tahun, kota Jember jadi biasa biasa aja, ga ada heboh hebohnya
    Sekarang balik semarak lagi, JFC yang jelas jelas pasti diburu orang, wartawan dimana-mana

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah sekarang semua jenis karnaval maupun festival udah berjalan normal ya kak. Nggak kayak 2 tahun yang sudah. Di Bengkulu kemaren juga festival tabot udah berjalan seperti normal seperti biasanya.

    ReplyDelete
  16. wohooo akhirnya yaa, acara-acara offline bisa berjalan lagi setelah hampir 3 tahun tiarap nih. JFW tuh gokil sih desain2nya out of the box semua dan tentu ada unsur2 budayanya juga

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.