Cara Efektif Menggunakan Test Pack Untuk Hasil Lebih Akurat dengan SehatQ


cara menggunakan test pack

"Being pregnant is happiness, giving birth is happiness, watching children grow up is happiness. So be happy all the time."

- Anonymous -

Cara Efektif Menggunakan Test Pack Untuk Hasil Lebih Akurat dengan SehatQ - Test pack adalah alat tes kehamilan yang biasa digunakan untuk mendeteksi tanda-tanda awal kehamilan sebelum melakukan pemeriksaan secara lengkap di rumah sakit atau dokter kandungan. Meski terkesan sederhana, penggunaan test pack yang kurang tepat dapat mengakibatkan hasil tidak terlalu akurat, lho.

Itu mengapa saat hendak menggunakan test pack, sebaiknya mengikuti petunjuk yang tertera pada kemasan karena masing-masing produk membutuhkan waktu dan aturan yang berbeda dalam membaca hasil.

Lalu, bagaimana cara menggunakan test pack dengan benar supaya memperoleh hasil yang akurat?

Berikut akan dijelaskan mengenai cara kerja, jenis, merek hingga macam-macam harga test pack sebagai rekomendasi untuk para reader heizyi.com, ya 😉

Memahami Cara Kerja Test Pack

Menurut informasi yang aku peroleh dari Forum Kesehatan SehatQ, test pack merupakan alat uji kehamilan yang akan bekerja dengan cara mendeteksi apakah terdapat hormon HCG atau tidak  di dalam urine seorang perempuan.

Hormon HCG atau Human Chorionic Gonadotropin sendiri adalah preparat hormon yang dihasilkan oleh plasenta selama masa kehamilan.

Hormon ini akan terdeteksi jika terdapat sel telur yang berhasil dibuahi oleh sperman kemudian sukses menempel pada dinding rahim. Artinya, test pack akan menunjukkan dua garis apabila hormon HCG terdeteksi dengan baik.

Kadar hormon HCG pun terus meningkat seiring usia kehamilan. Namun pada umumnya, perempuan yang dinyatakan positif hamil memiliki kadar hormon HCG lebih dari 25 mIU/ml.

harga test pack

Cara Menggunakan Test Pack dengan Benar

Nah, kapan waktu menggunakan test pack yang paling efektif?

Agar lebih akurat, disarankan menggunakan test pack pada pagi hari setelah bangun tidur. Sebab pada waktu ini, urine masih pekat dan tidak bercampur dengan banyak makanan atau minuman sehingga hormon HCG akan lebih mudah terdeteksi daripada siang hari dengan kondisi urine yang sudah encer.

Saat menggunakan test pack, juga dianjurkan agar bersabar dalam menunggu hasil. Kebiasaan terburu-buru bisa menjadi pemicu alat ini tidak bekerja dengan akurat sehingga menyebabkan hasil yang dibaca pun tidak tepat.

Beberapa sumber membuktikan bahwa garis yang muncul pada test pack memiliki frekuensi waktu berbeda-beda. Ada yang lama, ada pula yang cepat. Hal ini tergantung dari masing-masing merek test pack itu sendiri.

Supaya tidak terjadi kesalahan dan terus-menerus bimbang akan waktu yang tepat menggunakan test pack setelah berhubungan, yuk simak penjelasan di bawah ini:

➤ Cara menggunakan test pack strip

Test pack jenis ini memiliki bentuk yang tipis dan ringan. Cara penggunaannya pun sangat mudah, yaitu seperti yang tertera pada setiap kemasan. Namun karena test pack ini hanya bisa digunakan sekali saja, agar hendaknya mencelupkan test pack sampai batas maksimal memperoleh hasil yang akurat. Kemudian tunggu hingga garis tidak berubah-ubah lagi. Sekitarrrr, 10 menit lah. Setelah itu, hasil akan muncul.

➤ Cara menggunakan test pack Akurat atau test pack digital

Meskipun cara penggunaannya mirip dengan test pack berbentuk strip, tetapi test pack digital lebih unggul karena dapat digunakan berulang kali sehingga lebih ekonomis.

➤ Cara menggunakan test pack Sensitif atau pregnancy cassette test

Dibanding dua jenis test pack sebelumnya, penggunaan pregnancy cassette test jauh lebih praktis sebab tidak perlu dicelup melainkan cukup ujungnya dibasahi dengan urine. Lalu tunggu sekitar 3 menit untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Jika jendela hasil tidak menunjukkan sesuatu, kemungkinan ujung resapan kurang basah. Coba dan ulangi langkah-langkah sesuai pentunjuk dengan benar.

cara menggunakan test pack setelah berhubungan

Baca Juga: Cara Menggunakan Test Pack Setelah Berhubungan

Macam-macam Test Pack dan harganya

Setelah memahami apa itu test pack, cara kerja serta tips penggunaannya agar diperoleh hasil yang akurat. Berikut ini juga aku sertakan rekomendasi berbagai macam merek test pack dan harganya. Check this out:

  • Test pack Sensitif Compact, 99% akurat, harga sekitar Rp. 249.000,00
  • Test pack Akurat Strip, 99% akurat, harga sekitar Rp. 15.000,00
  • Incinta Test Strip, isi 50 pcs, harga sekitar Rp. 5.000 per strip
  • Woman Choice Midstream, 100% akurat, harga sekitar Rp. 32.000,00
  • Test pack Andalan, harga sekitar Rp. 4.500,00
  • Amor Pregnancy Test, 99% akurat harga Rp.11.000,00
  • Onemed Test Pack Strip, 99% akurat, harga Rp. 4.000,00
  • Ovutest, 99% akurat, harga sekitar Rp. 262.000,00 untuk kategori digital dan Rp. 23.000, 00 untuk kategori kemasan strip

Kesimpulan

Bagaimana, sudah paham, kan dengan cara menggunakan test pack yang tepat guna memperoleh hasil akurat?

Kalau sudah, maka kamu juga harus tahu, nih. Kapan tanda-tanda kehamilan dapat dibuktikan dengan test pack. Yaitu 1 atau 2 minggu setelah masa menstruasi terlewat. Bukan seteah berhubungan intim, ya. Karena jika langsung dites, pada masa ini kadar hormon HCG masih sangat rendah. Automatis hasil yang diperoleh pun kurang akurat.


17 comments:

  1. Selama ini belum tau cara kerjanya. Namun setelah membaca postingan super keren ini, saya jadi tau. Ternyata ada waktu tertentu yang dianjurkan ya, kirain bisa melakukan tes kapan aje. Very nice sharing 👍👍

    ReplyDelete
  2. Aku biasanya pakai Sensitif, Onemed, atau Akurat. Pakai yang dicelup ujungnya aja biar praktis

    ReplyDelete
  3. kehadiran test pack ini sangat membantu mengetahui awal kehamilan ya, Mbak. Tapi agar hasilnya akurat, harus digunakan dengan benar. Karena dari ulasan di atas, banyak juga beragam test pack.

    ReplyDelete
  4. Waaaww jadi dejavu akuu kakk 10 tahun lalu hamil anak.keduaa.... test pack sih dulu langsung di RS karena gejala awal dikira sakit asma kambuh eeeh ternyata hamil

    ReplyDelete
  5. Harga test pack ternyata sangat beragam ya, dari yang belasan ribu sampe ratusan ribu. Bedanya apa, ya? apakah akurasinya?
    Saya lupa dulu waktu istri test kehamilan pake test pack merk apa, tapi alhamdulillah akurat

    ReplyDelete
  6. Mudah banget sebenarnya pake test pack ini. Aku sih biasanya pake yang strip aja. Soalnya lebih aman di kantong. Hasilnya juga akurat. Hehehe..

    ReplyDelete
  7. Saya termasuk yang susah hamil. Berulang kali mencoba test pack hasilnya selalu garis satu. Begitu hasil itu menunjukkan garis dua rasanya excited banget, seperti tidak percaya. Dan hal itu terjadi setelah usia perkawinan saya menjelang 2 tahun. Ternyata ada banyak macam rest pack ya mbak...dan ada aturan penggunaannya juga.

    ReplyDelete
  8. Wah bisa lewat SehatQ juga yaa memastikan bacaan testpack ini bener. Baru ngeh ternyata sehatQ bener2 kompliittt euy

    ReplyDelete
  9. Ah iya, harus banget tahu cara menggunakan test pack yang benar ya mbak
    Aku dulu sampai coba bermacam-macam test pack buat cari keakuratan

    ReplyDelete
  10. Saya dulu biasanya pakai akurat yg strip. Harganya terjangkau dan akurat

    ReplyDelete
  11. wah ternyata tespack itu banyak ya jenisnya dengan harga yang sangat variatif dan rangenya sangat jauh sekali, jadi harus milih yang benar-benar akurat

    ReplyDelete
  12. Aku baru tahu kalau ada test pack yang bisa dipakai bolak-balik.
    Kalau bisa lucu juga ya... Hihi~
    Secara aku dulu koleksi test pack. Asal positif, aku tempel di buku diary buat kenang-kenangan.

    ReplyDelete
  13. Dah lama nggak makai test pack nih, jadi kangen.... eeeh. Btw, ternyata banyak varian ya test pack ini, harganya juga beragam.

    ReplyDelete
  14. dulu sama adek pernah diminta tolong beliin test pack, karena dia udah nikah duluan kan. terus bingung ternyata pilihannya banyak 🥹

    ReplyDelete
  15. Aku dulu pakai yang mereknya sensitif. Gak murah dan gak mahal juga sih. Tapi hasilnya akurat. Jadi ingat wajah suami yang seneng banget lihat dua garis biru di testpack. Akhirnya hamil setelah 4 tahun nikah.

    ReplyDelete
  16. Wah ternyata test pack banyak jenisnya yaaa, okee catet testnya pun harus dua minggu setelah masa mentruasi terlewat, sip catet.

    ReplyDelete
  17. saya dulu biasanya pakai yang onemed hasilnya lumayan akurat juga, memang bagusnya di pagi hari hasil testnya lebih jelas garisnya

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.