6 Destinasi Wisata Gratis Sekitar Stasiun Surabaya Gubeng


wisata dekat stasiun gubeng 

"Jika kereta tidak berhenti di stasiunmu, maka itu bukan keretamu."

- Marianne Williamson -

6 Destinasi Wisata Gratis Sekitar Stasiun Surabaya Gubeng - Stasiun menjadi tempat paling sakral bagi pertemuan maupun perpisahan. Di tempat ini, berkumpul banyak rasa; kecewa, sedih, rindu, lelah juga bahagia. Akan tetapi, tak jarang ada yang merasa bosan, menunggu waktu kedatangan kereta selanjutnya untuk mengantar ke stasiun tujuan.

Omong-omong perihal menunggu, sebenarnya bisa disiasati dengan berjalan-jalan di sekitar stasiun agar tidak bosan.

6 destinasi wisata dekat stasiun Gubeng inilah yang bisa jadi rekomendasi jalan-jalan gratis bermodal jalan kaki saja. Kepoin, yuk:

 

1| ALUN-ALUN SURABAYA

Alun-alun menjadi tujuan pertama yang bisa dikunjungi selagi menunggu jadwal pergantian kereta tiba. Berjarak sekitar 900 meter dari stasiun Gubeng, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini. Misalnya, main skateboard, nonton pameran seni dan foto serta wisata belanja produk UMKM. Menariknya, semua fasilitas yang ada di alun-alun Surabaya merupakan fasilitas publik sehingga dijamin gratis untuk dinikmati.

2| PATUNG BUDDHA 4 RUPA

Setelah bersantai sejenak di alun-alun, saatnya wisata budaya dengan mengunjungi patung buddha empat wajah.

Yups, patung buddha di sini sebenarnya sama dengan bentuk patung buddha yang identik dengan warna gold. Namun yang membedakan dan bernilai unik adalah karena satu patung yang memiliki empat rupa.

Selain bisa berfoto dengan puas, tidak ada biaya yang dikenakan untuk masuk wisata Surabaya dekat stasiun gubeng ini. Alias gratis rek 😎

3| TAMAN PRESTASI

Nah, kembali lagi dengan nuansa alam. Taman Prestasi Surabaya sangat recommended bagi kamu yang menjadi "penghuni sementara" Stasiun Gubeng.

Layaknya taman kota pada umumnya, Taman rekreasi yang berjaraj sekitar 1,5 km dari stasiun ini juga dilengkapi dengan aneka permainan untuk anak-anak, seperti jungkat-jungkit, ayunan, seluncuran dan sand play area.

Menariknya, jika berkunjung di Taman Prestasi, kamu bisa menikmati wahana susur sungai menggunakan perahu, lho. Penasaran?

4| TUNJUNGAN PLAZA

Tunjungan Plaza atau yang sering disingkat TP oleh orang-orang Darjo dan Boyo merupakan pusat perbelanjaan dengan 600 lebih outlet.

Kebetulan, jika kamu hendak membeli atau butuh sesuatu selama perjalanan, bisa banget, lho mampir TP sebentar. Dari stasiun Gubeng ke Tunjungan Plaza itu jaraknya sekitar 2 kilometer. Tapi, lumayan dong bisa one-stop shopping di 4 mall sekaligus

5| PATUNG SURO DAN BOYO SKATE PARK

Nggak afdol rasanya kalau ke Surabaya tetapi tidak menginjakkan kaki di Suro dan Boyo Skate Park. Sebab ikon kota Surabaya ini merupakan yang kedua dan lebih besar dibanding yang ada di KBS (Kebun Binatang Surabaya). Tingginya saja mencapai 25,6 meter. Sedang jaraknya dari stasiun Gubeng Surabaya hanya 550 meter. saja Jadi bisalah, ya dijadikan spot foto daripada bosan menunggu jadwal keberangkatan kereta selanjutnya.

6| MASJID MUHAMMAD CHENG HOO

Puas dengan wisata belanja hingga budaya, saatnya menyeimbangkan perjalanan dengan berwisata religi di Masjid Cheng Hoo sembari menelusuri asal-usul penamaan pada masjid bernuasa Tionghoa ini.

Usut punya usut, ternyata Cheng Hoo bukanlan sosok pendiri masjid seperti yang diperkirakan orang-orang. Penempatan nama tersebut pada beberapa masjid di Tanah Air merupakan bentuk penghargaan terhadap Laksamana Cheng Hoo yang dipercaya sebagai penyebar agama islam pada masa lampau. 

Menurut banyak buku, budayawan dan sejarawan Islam, tidak diketahui pasti apa agama Cheng Hoo meski dirinya lahir di lingkungan muslim sebab sekali waktu, Cheng Hoo akan berziarah kemakam leluhur yang beragama islam namun setelah nya malah beribadah di kuil.

Bagaimana, seru kan jalan-jalan tipis nya?

Mengisi waktu dengan berkeliling di sekitar railway station bisa atasi kebosanan yang melanda selama durasi transit, lho. Lumayan, sekalian relaksasi dengan mengunjungi tempat-tempat ikonik tanpa biaya ekstra. Apalagi beberapa destinasi wisata dekat stasiun Gubeng di atas lokasi nya berada di sekitar stasiun sehingga bisa ditempuh dengan hanya jalan kaki 👍

Referensi:

-https://tourism.surabaya.go.id/

-https://www.tripadvisor.co.id/

-https://travel.kompas.com/

-https://www.urbanasia.com/

-https://www.voaindonesia.com/a/menjadi-nama-sejumlah-masjid-benarkah-cheng-ho-seorang-muslim-/5913473.html


18 comments:

  1. Alhamdulillah pernah ke alun2 Surabaya. Memang banyak banget disitu yang jualan. pas malem2 enak banget nongkrong disitu bareng temen2 sambil gitaran dll.

    ReplyDelete
  2. ternyata Tunjungan Plaza dekat stasiun Gubeng ya?
    Ntar ke Surabaya lagi turun di stasiun Gubeng ah
    Karena dulu, sewaktu eyang masih ada, selalu ke Tunjungan untuk beli baju :D

    ReplyDelete
  3. Selalu ngikik kalau ingat Tunjungan Plaza. Karena saya pernah nyasar di sini. Mana bukan orang Surabaya. Untung aja sama temen, jadi gak panik-panik amat. Tapi, saya suka sih mall gede begini. Karena segala ada.

    ReplyDelete
  4. Kalau distasiun bersama anak, lebih memilih menunggu distasiun kayaknya ni mbak kalau aku, karena anak² hebohnya minta ampun kalau diajak naik kereta, hahaha. Karena mereka disini gak pernah lihat kereta, huhuhu

    ReplyDelete
  5. Ini perlu di bookmark infonya nih, kalau perlu rekomendasi jalan-jalan naik kereta ke Surabaya dengan waktu terbatas bisa mengunjungi wisata yang dekat stasiun Gubeng ini. Makasih infonya kak.

    ReplyDelete
  6. Wah, saya dulu sering transit di stasiun Gubeng, Mbak. Salah satunya saat saya dari Kebumen, ke surabaya, lalu terbang ke Makassar. Kembali lagi ke Surabaya. Waktu itu penginapan saya juga dekat stasiun Gubeng, dan saya sempatnya ke monumen kapal selam.
    Ternyata di sekitar situ banyak juga tempat wisata gratis, ya. Semoga bisa mampir ke Surabaya lagi, nih.

    ReplyDelete
  7. Woah baru baru tahu kalau Masjid Muhamad Cheng Hoo dekat dengan stasiun Gubeng. Bisa santai-santai dan salat sembari menunggu jadwal keberangkatan. Masjidnya adem dan nyaman banget soalnya.

    ReplyDelete
  8. Bisa dicatet buat nanti kalau ke Surabaya nyari destinasi gratis, berarti 6 tempat di atas jangan dilewatkan. Kebetulan udah lama ga jalan-jalan jauh, sepertinya Surabaya ini bisa masuk list. Thanks mbak.

    ReplyDelete
  9. referensi yang menarik nih mbak. kita bisa jalan kaki menikmati wisata yang dekat saja. aku udah lama nggak ke Surabaya.

    ReplyDelete
  10. Yes, sebagai warga Surabaya, saya bangga banget punya alon-alon yang beda dengan kota-kota lain. Tapi tetap aja Tunjungan Plaza menjadi favorite keluarga, walaupun sudah jelas akan menguras rekening nih....

    ReplyDelete
  11. Wow asik banget nih jalan-jalan gratis ya. Penasaran nih kalau pas di Stasiun Gubeng mau mampir ke Patung Buddha 4 rupa dan taman prestasi

    ReplyDelete
  12. Wah cukup banyak tempat wisatanya ya, noted banget pengen ke Bali cobain naik kereta kan transit disini juga ya ka

    ReplyDelete
  13. Wah ternyata banyak juga tempat wisata dekat Gubeng. Gratis pula ya. Saya kalau naik kereta biasanya turun Pasar Turi. Lagipula nggak terlalu hapal Surabaya sih biasanya kemana-mana diantar...hehehehe.

    ReplyDelete
  14. Kalau lagi transit di Gunung enak nih masih bisa menikmati wisata gratis. Boleh juga nih yang pengen ke Surabaya sekedar jalan-jalan ke tempat ini pake KAI. Jalan sebentar, pulangnya balik naik KAI lagi

    ReplyDelete
  15. Penting dicatat nih. Pengen banget kalau pas ada libur dan keluangan dana, mau pergi sekeluarga naik kapal dari Lombok ke Surabaya. Penasaran pengen coba naik kereta. Hahahaha.. maklum dimarih gak ada kereta. Nah, kalau berangkatnya di stasiun Gubeng kan bisa tuh sekalian eksplor objek wisata ini.

    ReplyDelete
  16. Masjid Cheng Hoo Surabaya ini sayangnya letaknya lumayan nyelempit.
    Tapi bagusnya adalah menjadi tempat ibadah yang nyaman bagi karyawan kantor di sekitarnya. Apalagi ada banyak kuliner nikmat yang juga bida dinikmati di sekitar Masjid Cheng Hoo.

    ReplyDelete
  17. Sip sip, suka nih ada beberapa destinasi kalau sampai di stasiun Gunung Surabaya, lumayan buat refreshing tanpa harus jauh dari stasiun

    ReplyDelete
  18. Wajib dikunjungi kalau ke Surabaya hal ini karena tempat pasti bersejarah, unik tidak memerlukan harga tiket masuk

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.