Bye Mata Kering! Yuk, Atasi Mata Sepet, Perih, Pegel dengan Insto Dry Eyes


Solusi Mata Kering ala Insto Dry Eyes


"Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, maka teranglah tubuhmu.juga seluruh hidupmu"

- Jessica Huwae, Javier -


Bye Mata Kering! Yuk, Atasi Mata Sepet, Perih, Pegel dengan Insto Dry Eyes- Kali pertama merasa ada yang nggak beres pada mata -seperti mata cepat lelah, penglihatan buram dan sensitif terhadap cahaya matahari- adalah pertengahan tahun lalu. Terlalu asyik berlama-lama didepan laptop, sering baca novel pakai gadget dan nggak doyan makan buah serta sayur ternyata bisa menyebabkan kesehatan mata terganggu loh.

Mata cepat lelah, penglihatan berubah menjadi kabur dan juga, mata lebih sensitif terhadap cahaya matahari ketika naik motor adalah beberapa dari gejala mata kering.

Padahal, sebagai indra penglihatan, fungsi mata, berperan banyak dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Well, meski sebenarnya tidak selalu berada didepan komputer selama 24 jam dalam sehari, namun sebagai blogger yang kerap kali berhadapan dengan deadline. Apa mau dikata? jika dalam beberapa hari dalam sepekan atau beberapa jam dalam beberapa hari, harus stay didepan komputer dengan mata fokus pada layar menyala.

Ah, pasti selain mata lelah, bisa-bisa minus juga bertambah. Parah nya lagi, ketika mata terasa perih, malah dikucek sampek puas. Duh! 🙈

Beberapa waktu lalu, ketika pergi ke apotek dan bertanya pada petugas kesehatan yang berjaga,

"Bu, ada nggak obat tetes mata yang punya manfaat berlipat untuk orang yang kerjanya didepan laptop terus. Sebagai pelumas juga yang mengandung vitamin?"

Dijawablah sama si ibuk, kalau obat tetes mata itu macam-macam fungsi dan kegunaannya. Jadi, harus tahu gejalanya terlebih dahulu, bagaimana kondisi mata, reaksi yang di alami atau tanda-tanda yang sering dirasakan oleh mata.

Nah, sesuai penjelasan yang aku berikan. Bisa di diagnosis, bahwa, mungkin jenis gangguan mata yang aku alami adalah karena mata kering.

Risiko Jadi Penulis


Disebut juga Dry Eye Syndrome atau mata kering adalah keadaan dimana mata tidak mendapat kelembapan secara normal dari air mata. Biasanya, gejala mata kering dapat didiagnosis sendiri. Meski begitu, sebaik nya ditangani oleh tenaga profesional agar gangguan pada mata tidak bertambah parah. Oh iya, kondisi mata kering lebih sering di alami oleh lansia dan wanta pascamenopuse loh.

Menurut dr. Fiona Amelia MPH dari klikdokter.

Normalnya, mata akan berkedip 18 kali setiap menit nya guna menyegarkan mata.

Namun kebiasaan memforsir kerja mata dengan berlama-lama didepan komputer bisa menyebabkan kemampuan berkedip mata hanya setengahnya saja.

Selain itu, terlalu lama didepan komputer juga bisa membuat mata menjadi perih, merah, lelah bahkan berair.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa gejala dan tanda mata kering atau yang dalam bahasa kedokteran disebut keratoconjunctivitis sicca.

  • Mata merah
  • Mata berair
  • Mata seperti berpasir
  • Sensitif terhadap sinar matahari
  • Penglihatan kabur
  • Terdapat lendir disekitar atau didalam mata
  • Mata cepat lelah
  • Kesulitan saat berkendara dimalam hari
  • Sulit membuka mata ketika bangun tidur

Jika diklasifikasikan lagi, ada tiga gejala umum yang selalu menyertai gangguan mata kering, diantaranya:

MATA SEPET


Mata terasa sepet adalah gejala mata kering
Meski tingkat kekeringan mata setiap orang berbeda, namun pada beberapa kasus ringan, gejala mata kering -mata terasa berpasir, pandangan mulai kabur mata terasa sepet atau mata merah- hanya perlu diatasi dengan pemberian air mata buatan menggunakan obat tetes mata Insto Dry Eyes.

MATA PERIH

Mata perih adalah gejala mata kering
Beda gejala, beda penanganan 'bukan?

Jika mata sepet mengakibatkan rasa tidak nyaman pada mata, beda halnya dengan mata perih. Ini sangat mengganggu, guys.

Pernah nggak sih, kamu merasa mata panas nyaris terbakar saking perihnya? atau mata tiba-tiba mengeluarkan air padahal tidak sedang menangis?

Yups, itulah gejala awal dari mata kering. Aku pun pernah merasakannya hingga beberapa minggu. Aku pikir itu hal biasa karena memang terlalu banyak bekerja didepan komputer. Tapi, semakin lama semakin nggak nyaman, mata juga terasa berat. Dan setelah diperiksa ke dokter spesialis mata, ternyata aku mengalami mata lelah, guys. Oh God.

MATA PEGEL

Mata pegel adalah gejala mata kering
Salah satu risiko menjadi seorang penulis -blog, puisi dan buku- adalah kualitas kesehatan mata berkurang.

Terlalu lama menatap layar menyala berdampak pada mata terasa cepat lelah, dan minus bertambah. Yang kemudian menjalar pada kekeringan mata disertai tanda-tanda : sulit membuka mata ketika bangun tidur, mata kering sakit kepala, dtidak sanggup berkendara dalam waktu lama apalagi ketika malam hari atau penglihatan menjadi buram.

Walau demikian, sebagai pekerja era millenial yang selalu berhubungan dengan media sosial, risiko yang timbul akibat sinar biru karena terlalu lama menatap layar elektronik pun bukan alasan untuk berhenti berkarya. Meski, terkadang merasa dilema 😐

  • Mau vacuum sosmed, ntar nggak bisa promosi tulisan,
  • Nggak aktif di media sosial, nanti ketinggalan berita,
  • Males buka WAG, malah bisa kehilangan job,
  • Buka hp tapi cuma sebentar... nggak puas.

Lalu, bagaimana cara mengatasi mata kering?


Sindrom mata kering terjadi karena mata tidak mendapat kelembapan sempurna oleh air mata. Atau bisa juga disebabkan oleh faktor-faktor pemicu seperti:

1| PRODUKSI AIR MATA BERKURANG


Seiring bertambahnya usia, maka produksi air mata semakin berkurang. Risiko mengalami mata kering pun semakin meningkat. Terlebih pada wanita pascamenopause.

Terlalu banyak mengkonsumsi jenis obat tertentu -pil KB, obat jerawat, obat hipertensi, antidepresan, antihistamin, dekongestan, obat pengganti hormon- juga bisa menyebabkan mata kering.

Selain itu, kekurangan vitamin A pun bisa memicu terjadinya mata kering. Apalagi jika kamu sedang menderita penyakit seperti diabetes, sindrom Sjogren, rheumatoid arthritis, lupus, gangguan hormon tiroid dan skleroderma, kondisi tertular penyakit ini semakin rawan. Jadi harus pandai-pandai mengatur pola makan dan menjaga kesehatan mata 😊

2| AIR MATA MENGUAP LEBIH CEPAT


Berada diruangan ber-AC terlalu lama, menonton televisi dalam waktu lama, berjam-jam didepan layar komputer dan main hp terlalu lama bisa menyebabkan mata perih.

Atau berada di suatu tempat dengan kondusi udara kering, berasap dan berangin juga bisa menyebakan mata kering. Solusinya? Cukup ambil Insto Dry Eyes lalu teteskan sesuai petunjuk.

3| KOMPOSISI AIR MATA TIDAK SEIMBANG


Ketika tiga komposisi penting air mata -air, minyak dan lendir- berubah karena alergi, penggunaan lensa kontak (ukuran lensa kacamata minta diganti), pengaruh blefaritis (infeksi atau peradangan pada kelopak mata), ocular rosacea (kelopak mata meradang) atau penyumbatan kelenjar minyak, maka hal pasti yang akan terjadi adalah kekeringan pada mata. Dan itu sangat buruk jika terjadi pada seorang blogger dengan time table tidak teratur dan sering kali berperang dengan deadline, seperti aku 😱

Apakah mata kering bisa sembuh?


"Air mata bisa membunuh bakteri yang masuk kedalam mata"

Penderita mata kering, biasanya mengeluh mata gatal, mata perih, mata terasa sepet, mata pegel, mata lelah, silau dengan atau tanpa penglihatan buram.

Selain mudah merah, gejala mata kering lainnya adalah mudah mengeluarkan kotoran.

Biasanya, gejala kelopak mata kering terjadi karena mata kurang mendapat pelumas -dalam hal ini adalah air mata- dengan cukup.

Sedang untuk mata sehat, kornea harus selalu dialiri oleh air mata. Sebab, air mata merupakan senyawa campuran dari lemak, air, lendir serta 1500 protein yang sangat berguna bagi mata dan menjaga permukaan mata agar tetap halus dan terhindar dari kuman yang bisa menyebabkan infeksi.

Oleh karena itu, cara mengatasinya pun bervariasi, tergantung seberapa parah tingkat gangguan mata yang di derita.

Berikut cara mengatasi mata kering berdasarkan penyebabnya :


Solusi Mata Kering ala Insto Dry Eyes
image bye insto.co.id

1| Pergi ke Dokter


Jika penyebab mata kering disebabkan oleh efek samping atau alergi terhadap obat tertentu, maka yang harus dilakukan adalah dengan memeriksakan kondisi mata pada tenaga medis.

2| Air Mata Buatan


Bekerja terlalu lama didepan komputer, kebiasaan bermain gadget terlalu lama, membaca buku dalam durasi panjang adalah pola hidup yang tidak sehat. Akibatnya, mata akan terasa sepet, perih dan pegel.

Gangguan mata jenis ini tergolong ringan, maka untuk mengatasinya hanya cukup dengan pemberian air mata buatan dalam bentuk tetes mata, gel ataupun salep mata.

3| Insto Dry Eyes


Insto Dry Eyes adalah obat mata kering paling ampuh yang bersifat melembabkan mata karena mengandung bahan aktif yang berguna mengurangi kekeringan pada mata dan sebagai pelumas mata.

Sebagai pertolongan pertama pada mata kering, Insto Dry Eyes juga mengandung bahan aktif yang dipercaya mampu membunuh bakteri.

Mengenal INSTO lebih dekat


Insto merupakan produk obat tetes mata yang sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak dulu hingga sekarang.

Mengantongi beberapa penghargaan -Indonesia WOW Brand kategori Eye Care (2014), Superbrands Indonesia's Choice (2015), Social Media Awards (2015) dan Gold Champion Indonesia WOW Brand kategori Eye Drop (2019)- Insto semakin bertekad untuk membantu mengatasi gangguan ringan pada mata.

Nah, selain mengenal gejala mata kering, cara mengatasi mata kering, kamu juga perlu menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan kondisi mata menjadi kering loh. Apa saja itu?


Berikut 5 hal yang harus dilakukan agar mata tetap sehat dan terhindar dari Dry Eye Syndrome :


  1. Menggunakan kacamata pelindung ketika berada pada cuaca berangin
  2. Hindari asap atau polusi udara
  3. Berhenti merokok
  4. Hindari berhias berlebihan
  5. Istirahatkan mata dengan cukup
  6. Kurangi penggunaan lensa kontak
  7. Terapkan healthy lifestyle
  8. Konsumsi makanan untuk mata kering (yang mengandung omega-3)
  9. Jaga kesehatan mata dengan kompres air hangat disekitar kelenjar mata
  10. Jika menggunakan komputer :
  • Usahakan memakai kacamata anti radiasi
  • Pastikan PC anti-glare screen
  • Sering-seringlah berkedip
  • Setel komputer dengan pencahayaan, kontras, warna dan ukuran huruf yang aman bagi mata


So, menjadi penulis bukan berarti luput dari risiko gangguan mata ya, namun apapun kondisi yang harus dihadapi, jangan lupa berjuang.

Walau sering kali mata terasa sepet, mata terasa perih, mata terasa pegel dan mata terasa lelah, terus semangat dan katakan Bye Mata Kering!

Buka Mata, Buka Insto 👌

Bye Mata Kering! Yuk, Atasi Mata Sepet, Perih, Pegel dengan Insto Dry Eyes Bye Mata Kering! Yuk, Atasi Mata Sepet, Perih, Pegel dengan Insto Dry Eyes Reviewed by Heizyi on July 31, 2019 Rating: 5

5 comments:

  1. Semenjak jadi bloger, intesitas mantengin gadget semakin betambah sering. Belum lagi kerjaan di kantor juga mantengin komputer. Duuuh, pantes aja saya kena sindrom gejala mata kering. Boleh mampir baca cerita saya di blog saya. Makasih sudah sharing...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi, harus pinter-pinter nagtur waktu main gadget sama di depan komputer ya mas. Biar mata nggak perih sehingga menyebabkan iritasi

      Delete
  2. mbak, fotomu neprokkk, wkwkwk.. Persoalan mata ini emang aku banget nih mbak, baca ini jadi lebih jelas mesti gimana2nya, apalagi minus 7 yaa, kl ga pinter2 ngatur, wuhh bisa pening dan penat juga kepala. Good job mbakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalo aku minus 3 mbak. Ini aja lama dikit main gadget sama depan lepi, udah perih dan sepet. Tapi untung ada Insto :)

      Delete
  3. mata kering bikin perih mata ya dan gak nyaman

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.