Mengenal Jenis-jenis Garam, Yuk! Ternyata, Ada yang Berwarna Pink & Hitam Loh


Manfaat dan Jenis-jenis Garam

"People want honest, flavourful food, not some show-off meal that takes day to prepare"

- Ted Allen -


Mengenal Jenis-jenis Garam, Yuk! Ternyata Ada yang Berwarna Pink & Hitam Loh - Katanya, sayur tanpa garam rasanya hambar. Alias nggak berasa apa-apa. Nggak ada rasa asin-asin nya di lidah.Ternyata, selain berfungsi sebagai bumbu dapur, kegunaan garam lainnya adalah untuk kecantikan juga kesehatan.

Ada beberapa jenis garam yang harusnya kita tahu. Garam dapur, garam laut, garam batu dan garam Gourmet. Yang kemudian, jenis garam gourmet dikelompokkan menjadi beberapa bagian lagi.

So, mari kita bahas macam-macam garam dan kegunaannya bagi kehidupan sehari-hari. Scroll down beibeh 👇

GARAM DAPUR


Manfaat Garam Dapur atau Garam Halus atau Garam Meja
Garam dapur atau yang lebih dikenal dengan garam halus atau garam meja adalah jenis garam paling umum bagi masyarakat. Terbuat melalui proses penyulingan dari air laut (tambang garam) yang diuapkan kemudian dikeringkan dengan suhu diatas 1200℉.

Saat proses pengeringan, garam akan mendapat tambahan yodium dan zat anti menggumpal agar lebih putih dan halus.

Overall sih, garam dapur itu tidak murni. Sebab 97,5% nya adalah NaCl dan 2,5% sisanya adalah bahan kimia.

Oleh karena itu, alternatif untuk mencegah pembesaran tiroid (goiter) selain mengkonsumsi garam yang mengandung yodium adalah dengan makan ikan laut atau minum susu 👌


Kandungan mineral pada garam meja :
  • Kalsium = 0,03% 
  • Potasium = 0,09%
  • Magnesium < 0,01%
  • Zat Besi < 0,01%
  • Sodium = 39,1%

GARAM LAUT


Manfaat Garam Laut atau Sea Salt
Kebanyakan, jenis garam yang terpajang di rak-rak swalayan adalah garam laut yang kandungan mineral nya memang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalium, besi dan seng.

Garam laut terbuat dari proses penguapan yang kemudian ditumbuk sehingga menghasilkan tekstur yang lebih kasar dengan serpihan lebih besar daripada garam dapur, mengandung banyak NaCl murni namun hanya sedikit mineral.
Meski begitu, garam laut bukanlah yang terbaik.

Walau lebih baik dibanding garam olahan tradisional, nyatanya, sea salt juga bisa tercemar oleh polusi laut layaknya logam berat (timbal) dan merkuri, bukan? Dan dua zat polutan ini tidak baik untuk kesehatan tubuh.

GARAM KOSHER


Garam Kosher merupakan garam yang digunakan umat Yahudi untuk membersihkan darah pada permukaan daging.

Garam Kosher memiliki tekstur kasar namun mudah larut. Tidak mengandung zat anti penggumpalan dan juga tidak mengandung yodium. Garam ini bisa berasal dari laut maupun darat.

GARAM BATU


Manfaat Garam Batu atau Rock Salt
Rock salt atau garam batu atau juga Sendha Namak adalah jenis garam paling murni karena tidak mengandung komponen kimia juga tidak tercemar polusi lingkungan.

Garam yang diklaim lebih baik daripada garam meja ini, kaya akan nutrisi -seperti potasium, tembaga dan kalsium- namun rendah natrium.

GARAM GOURMET


Garam gourmet adalah campuran garam dengan tambahan rempah dan berbagai mineral unik yang menghasilkan cita rasa aromatik.

Memiliki tekstur dan butiran lebih kasar dan bening -mirip kristal, kaya rasa, kualitas unggul. Biasanya digunakan oleh mereka yang masih ragu akan keamanan dan kesehatan proses pemutihan garam laut.

Macam-macam Garam dan Kegunaannya
Image by CNN Indonesia

Berdasarkan warna dan rasanya, garam gourmet terbagi menjadi 7 jenis, yaitu:

1| Garam Himalaya


Perbedaan Himalayan salt dengan sea salt adalah pada warnanya yang begitu mencolok. Pink untuk garam Himalaya dan putih untuk garam laut. Warna merah muda pada Himalayan Salt Pink ternyata diperoleh dari zat besi oksida yang terkandung didalamnya.

Jenis garam ini bisa ditemukan di Punjab, Pakistan. Tepatnya berasal dari Kweyra Salt Mine, sebuah pertambangan garam terbesar kedua di dunia.

Ah, selain bisa digunakan untuk spa dan perawatan tubuh, pink salt juga berguna untuk kesehatan loh.

Walau kandungan natrium nya lebih rendah dibanding garam meja, tapi garam Himalaya dipercaya bisa menjaga kadar asam-basa dalam sel, mengurangi kram otot dan mengontrol gula darah.

Kandungan mineral pada garam Himalaya :

  • Kalsium = 0,16%
  • Potasium = 0,28%
  • Magnesium = 0,01%
  • Zat Besi = 0,0004%
  • Sodium = 36,8%

2| Garam Celtic


Dikenal juga dengan nama Grey Atlantic Salt atau garam abu-abu.

Menurut Health Wholeness, garam Celtic adalah jenis garam dengan kandungan natrium paling sedikit dibandingkan garam lainnya. Namun kualitasnya lebih unggul karena memiliki kandungan mineral utama yakni magnesium dan kalsium.

Berdasarkan manfaat dan jenis-jenis garam, gray salt cukup populer dikalangan para chef yang gemar masak ikan dan daging loh.

Selain teksturnya yang lembab (karena hanya mengandung sedikit air), fungsi garam abu-abu pada makanan ringan adalah sebagai taburan pada popcorn atau kacang.

Oh iya, selain rasanya asin, warna abu-abu yang menjadi ciri khas garam ini ternyata berasal dari mineral yang telah diserap oleh tanah liat. Sedang tanah liat yang dimaksud adalah tanah liat yang ada di sekitar laut Celtic, Brittany, Perancis.

Kandungan mineral pada garam celtic :

  • Kalsium = 0,17%
  • Potasium = 0,16%
  • Magnesim < 0,3%
  • Zat Besi < 0,014%
  • Sodium = 33,8%

3| Hawaiian Salt Pink


Ada lagi jenis garam berwarna pink, tapi bukan Himalaya salt. Namanya, Garam Hawai Merah Muda.

Garam Hawai memiliki rasa yang earthy, cocok sekali digunakan untuk memasak daging panggang maupun ikan panggang.

Selain itu, walau warna nya cantik, garam ini juga bisa dihaluskan atau dicampur dengan rempah beraromatik loh 👌

4| Black Hawaiian Hiwa Kai Sea Salt


Terdiri dari dua warna, hitam dan hijau.

Berdasarkan macam-macam garam dak kegunaannya, Garam Hawai Hitam berguna untuk sistem pencernaan karena mengandung abu karbon dari sayuran. Sedang Garam Hawai Hijau digunakan sebagai campuran masakan beraroma rempah. Warna hijau nya diperoleh dari campuran daun bambu.

5| Smoked Yakima Sea Salt


Garam laut Yakima merupakan pilihan tepat untuk masakan yang dibakar seperti pork, ayam dan ikan (daging putih). Supaya asap yang dihasilkan lebih sempurna, gunakan kayu apel sebagai pengasapnya.

6| Maldon Salt


Satu lagi ragam garam idola para chef ketika berkreasi di dapur, Maldon Salt.

Berasal dari Inggris, bentuknya seperti kristal, butirannya besar, mudah meleleh dimulut dan tekturnya kontras.

Biasanya digunakan untuk mendapatkan cita rasa lain pada makanan seperti cokelat ataupun makanan berkonsistensi lembut.

Kandungan mineral pada Maldon Salt (salah satu jenis garam laut) :

  • Kalsium = 0,16%
  • Potasium = 0,08%
  • Magnesium < 0,05%
  • Zat Besi < 0,01%
  • Sodium = 38,8%

7| Balinese Salt


Garam Bali.

Garam 'unik' di dunia per-garam-an karena bentuknya mirip piramid ini berasal dari Samudera Hindia. Menurut yang pernah mencoba, garam Bali adalah pilihan terbaik untuk mendapatkan rasa gurih dan tekstur yang lembut pada makanan.

Wah wah... jadi penasaran pengen nyobain garam Bali. Ada yang tahu belinya dimana?

***


Sekarang, udah pada tahu, kan? ternyata garam itu beragam. Mulai dari warna, rasa hingga khasiatnya.


Berdasarkan ulasan dan gambar diatas pun diketahui, bahwa manfaat dan jenis-jenis garam sangatlah bervariasi. Dari penjelasan yang aku tulis pun, kamu sudah paham dong mana merk garam yang aman dan baik untuk kesehatan 😊

So, selamat berkreasi di dapur, teman-teman 👌

Mengenal Jenis-jenis Garam, Yuk! Ternyata, Ada yang Berwarna Pink & Hitam Loh Mengenal Jenis-jenis Garam, Yuk! Ternyata, Ada yang Berwarna Pink & Hitam Loh Reviewed by Heizyi on August 25, 2019 Rating: 5

2 comments:

  1. Sebelum ada garam yang aneh-aneh, di meja dapur yang kulihat hanya garam balokan. Kalau mau masak harus dihancurkan dulu. Makin kesini garam yang dijual bentuknya bubuk dan diyakini mengandung yodium. Prasaku garam bubuk kok gak seasin garam balok ya

    Konon garam balok itu bikin leher gondokan ya? Ternyata dunia pergaramanku cetek. Sing penting rasane asin huehue

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum, perkenalkan nama saya Zahrah, sesama anggota WAG IHB :)
    Semoga kedepannya bisa berteman baik ya kak hehe.
    Sudah saya follow blognya ^_^

    Btw, udah dua mingguan ini saya pakai Himalayan pink salt. Entah hanya sugesti atau beneran, ntah kenapa rasa masakan jadi lebih enak hehe.

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.