10 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur Sesuai Kepribadian


psikologi warna kamar tidur


"Your home should tell the story of who you are, and a be collection of what you love."

- Nate Berkus -


10 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur Sesuai Kepribadian - Warna adalah salah satu unsur penting dalam desain interior. Permainan warna yang tepat dipercaya dapat meningkatkan mood penghuninya.

Menurut Carl Jung (psikologi asal Swiss), warna merupakan alat vital dalam psikoterapi. Dimana setiap warna dapat melambangkan suatu kondisi.

Oleh karena itu, pemilihan warna cat interior tidak bisa dilakukan secara random. Hal ini berlaku untuk semua ruangan di dalam rumah. Termasuk kombinasi warna cat kamar tidur.

Sebagai ruangan privasi yang juga merupakan tempat beristirahat, tentu dibutuhkan variasi warna yang benar-benar bisa menyalurkan gelombang ketenangan.

Berikut 10 pilihan warna cat kamar tidur yang menenangkan sesuai psikologi warna dalam desain:

1| PSIKOLOGI WARNA PUTIH


Psikologi warna kamar tidur
Image by Unsplash

Putih merupakan warna tersier yang memiliki arti bersih, suci, ringan dan bebas. Putih juga dipercaya sebagai warna cat kamar tidur yang bagus untuk ibu hamil, lho.

Meski warna putih identik dengan ketenangan dan kesegaran, nyatanya, putih juga cocok untuk warna cat kamar tidur sempit sebab dapat memberi kesan segar dan lebar.

2| PSIKOLOGI WARNA BIRU


Dalam tabel arti warna, biru berarti stabil, kecerdasan dan rasa percaya diri.

Sedang menurut cakra, biru memiliki efek menenangkan dan menyejukkan. Sehingga dipercaya dapat membantu mengatasi demam, asma, sakit kepala, peradangan, tekanan darah tinggi serta meredakan stres.

Nah, terkait Feng Shui, biru diyakini mampu memberi ketenangan pikiran serta mengurangi kecemasan, menurunkan tekanan darah serta memperlambat detak jantung, lho.

Dengan demikian, warna cat kamar tidur yang baik untuk kesehatan dan kewarasan adalah biru. Setuju?

3| PSIKOLOGI WARNA ABU-ABU


Psikologi warna kamar tidur
Image by Pinterest

Warna abu-abu biasanya dianalogikan dengan keseriusan, kestabilan, kemandirian dan tanggung jawab. Itu sebabnya warna cat kamar cowok yang bernuansa abu-abu selalu dianggap sebagai cerminan sifat pemiliknya.

Hal itu tidak sepenuhnya keliru. Tetapi perlu diingat, bahwa secara piskologi, warna cat kamar abu-abu dipercaya mampu memberikan efek tenang dan meringankan pikiran sehingga disebut sebagai warna penghilang stres

4| PSIKOLOGI WARNA HIJAU


Hijau adalah warna cat kamar tidur yang indah. Melambangkan kesuburan, kesegaran, kedamaian dan keseimbangan.

Warna nya yang serupa alam, seolah memberi sensasi sejuk dan harmonis.

Itu mengapa dekorasi interior yang menggunakan warna hijau dapat dimanfaatkan dalam proses penyembuhan penyakit flu, maag, demam serta pengelolaaan manajemen stres sebab warna ini dipercaya dapat memberi kesan menghibur dan menenangkan.

5| PSIKOLOGI WARNA INDIGO


Psikologi warna kamar tidur
Image by Pinterest

Warna indigo adalah warna nila, yaitu warna yang diperoleh dari perpaduan biru dan ungu.

Warna yang memiliki panjang gelombang antara 450 dan 420 nanometer ini merupakan salah satu psikologi warna cat kamar tidur 2020 yang diyakini efektif mengatasi insomnia, gangguan mental dan dipercaya bisa membantu menstimulasi imunitas.

6| PSIKOLOGI WARNA MERAH


Warna merah identik dengan keberanian, kekuatan, energi, gairah, nafsu, emosi, semangat dan cinta.

Walau demikian, warna ini cocok untuk menstimulasi daya ingat ataupun sesuatu yang berhubungan dengan darah sebab diyakini dapat meningkatkan hemoglobin dan pertumbuhan sel.

Akan tetapi, sebaiknya hindari warna merah jika mood sedang tidak stabil karena berdasarkan sifatnya, warna merah dapat memicu ledakan emosi.

7| PSIKOLOGI WARNA HITAM


Psikologi warna kamar tidur
Image by Unsplash

Hitam adalah warna cat kamar pribadi kebanyakan kaum adam. Kesan mewah dan elegan yang dipancarkan oleh warna ini mampu menciptakan suasana yang serius.

Dalam tabel warna, hitam memiliki arti duka, hampa dan misterius. Itu sebabnya warna hitam sering kali diasosiasikan dengan perasaan takut dan tidak aman.

8| PSIKOLOGI WARNA UNGU


Pemilihan warna kamar berdasarkan psikologi bisa sangat mempengaruhi suasana hati. Layaknya warna "janda," ini.

Sesuai artinya; keakraban dan rasa aman, warna ungu cenderung memberi ketenangan batin sehingga mendorong siapapun untuk bermeditasi.

Selain itu, ungu juga melambangkan kekuatan, kedamaian dan kebijaksanaan. Maka tidak heran jika ungu kerap digunakan sebagai warna cat kamar tidur romantis oleh banyak pasangan yang membutuhkan ketenangan saat berisitirahat.

9| PSIKOLOGI WARNA JINGGA


Psikologi warna kamar tidur
Image by Pinterest

Jingga atau oranye merupakan kombinasi warna merah dan kuning. Dimana secara psikologis, warna cat kamar tidur jingga sangat berpengaruh dalam proses pengelolaan stres.

Warna cat kamar tidur aesthetic ini melambangkan keberuntungan serta berfungsi sebagai pemberi kenyamaan stimulan untuk cakra sakral dan berperan penting dalam sistem pencernaan.

10| PSIKOLOGI WARNA MERAH MUDA


Merah muda atau pink memang selalu identik dengan segala sesuatu yang bersifat girly, namun siapa sangka, jika merah muda adalah warna cat kamar tidur menurut feng shui yang dipercaya dapat mengontrol emosi.

Warna manis nan lembut ini cocok diaplikasikan untuk warna cat kamar tidur anak perempuan minimalis karena bisa memberikan kesan tenang dan bersahaja.

***



Dari 10 ide warna cat kamar tidur diatas, mana yang merupakan your favorit color?

Jika ditanya warna favorit, maka dengan lantang aku sebutkan warna putih, hitam dan biru. Namun jika harus menyesuaikan dengan psikologi warna kamar tidur, maka cenderung abu-abu; serius, mandiri, stabil dan tanggung jawab. Insya Allah seperti itu 😌

Oh iya, ada tips nih buat kamu yang ingin menggganti warna cat kamar tidur estetik. Pertama, perhatikan luas ruangan. Kedua, sesuaikan warna interior dengan pencahayaan. Dua tips ini bisa kamu aplikasikan untuk mendapatkan efek dari warna itu sendiri.

So... happy decorating, fellas 😎

10 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur Sesuai Kepribadian 10 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur Sesuai Kepribadian Reviewed by Heizyi on July 03, 2020 Rating: 5

No comments:

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.