Bukan Rekayasa, 5 Penyakit Unik dalam Drama Korea Ini Benar Adanya


Penyakit Unik yang ada dalam Drama Korea

"Diam selalu lebih sulit dari pada kata-kata. Kita bisa mengatakan lebih banyak hal dalam kesunyian dari pada mengatakannya secara lantang."

- Drama Korea Find Me in Your Memory -

Bukan Rekayasa, 5 Penyakit Unik dalam Drama Korea Ini Benar Adanya - Wahai para pecinta drakor. Sadar nggak, sih, selama menonton drama Korea tentang penyakit, wawasan pengetahuan kita jadi bertambah?

Berbagai jenis penyakit mematikan, macam-macam phobia hingga prosopagnosia artis yang menjadi ide cerita dalam setiap drama Korea sakit-sakitan, secara tidak langsung membawa kita belajar. Bahwa sebenarnya, penyakit unik yang diangkat ke dalam drama tersebut adalah benar adanya. Walau beberapa hanya fiktif belaka yang disadur dari aslinya.

Namun informasi tentang berbagai jenis penyakit mengerikan yang didapat dari menonton drama justru tidak membuat kita takut seperti ketika mendengar vonis dokter atau membaca artikel online. Mengapa? karena pengetahuan tersebut disampaikan dengan cara menyenangkan, dikemas dalam visual yang keren dan tentu, diperankan oleh aktor ataupun aktris kesayangan 😍

Jadi, ya... bukannya takut, otak malah meminta tubuh untuk bergerak mencari informasi lengkap perihal penyakit yang diangkat menjadi cerita dalam drama tersebut. Benar atau betul?

Nah, berikut adalah beberapa judul drama Korea sedih sekaligus jenis penyakit unik yang dialami para karakter nya:

Baca Juga: Deretan Drama Korea Terbaru Ini Paling Ditunggu, Siap-siap Ya!

 

1| PENYAKIT ALEXITHYMIA DALAM DRAMA KOREA HE IS PSYCHOMETRIC

Penyakit unik dalam Drama Korea

Alexithymia adalah kelainan regulasi emosi akibat kesalahan pola asuh atau trauma psikologis dan sering dikaitkan dengan anti sosial. Sehingga penderitanya mengalami kesulitan dalam mendefinisikan, menghayati dan merasakan perubahan emosi yang terjadi dalam dirinya.

Jenis penyakit ini bisa kita temukan dalam drama Korea He is Psychometric yang tayang pada April 2019 lalu. Dalam drama tersebut diceritakan bahwa kakak asuh sang pemeran utama, Kang Sung Mo (Kim Kwon) menderita alexithymia setelah mengalami kekerasan semasa kecil.

 

2| PENYAKIT UNIK PROSOPAGNOSIA DALAM DRAMA KOREA THE BEAUTY INSIDE

Penyakit Unik dalam Drama Korea

Prosopagnosia merupakan penyakit buta wajah, yaitu kelainan yang menyebabkan penderitanya tidak mengenali wajah orang lain. Tingkat keparahan penyakit prosopagnosia bervariasi. Namun yang paling parah adalah tidak mampu mengenali wajahnya sendiri dan orang yang ditemuinya setiap hari.

Gambaran penderita prosopagnosia dapat kita temukan dalam drama melodrama Korea The Beauty Inside. Dimana dalam drama tersebut, si pemeran laki-laki kesulitan dalam mengenali wajah orang-orang disekitarnya.

Seo Do Jae (Lee Min Ki) kemudian menemukan cara untuk mengenali setiap wajah yang nyaris setiap hari berkeliaran disekelilingnya dengan menghafal ciri-ciri khusus yang dimiliki pemilik wajah tersebut.

Kebanyakan, penderita prosopagnosia menderita penyakit ini sejak lahir. Namun ada juga yang mendapatkannya karena kelainan syaraf akibat trauma hebat pada otak.

 

3| MYSOPHOBIA DALAM DRAMA KOREA CLEAN WITH PASSION FOR NOW

Penyakit Unik dalam Drama Korea
 

Drama Korea pemeran laki-laki sakit berikutnya adalah Clean with Passion For Now.

Drama yang dibintangi oleh Yoon Kyun Sang ini adalah drama Korea tentang phobia, tayang pada Februari 2019 lalu di stasiun televisi jTBC.

Drama ini bercerita tentang romansa lucu seorang atasan dan bawahan yang selalu bertolak belakang soal kebersihan.

Si bos yang mengidap mysophobia selalu membawa hand sanitizer atau disinfektan kemana pun ia pergi.  Beda halnya dengan sang karyawan yang lumayan sembrono padahal dirinya adalah petugas kebersihan di sebuah perusahaan terkenal.

For your information, guys. Mysophobia adalah jenis phobia terhadap kuman, bakteri, infeksi, kontaminasi atau sesuatu yang (kelihatan) kotor. Meski sulit berada di tempat yang sedikit jorok, namun kelainan ini memiliki manfaat bagi penderitanya, seperti selalu menjaga kebersihan 😁

 

4| TOURETTE SYNDROME & OBSESIF KOMPULSIF DALAM DRAMA KOREA IT'S OKAY THAT'S LOVE

Penyakit Unik dalam Drama Korea
 

Drama ini menceritakan dua jenis penyakit unik dalam satu drama Korea sekaligus. Yaitu sindrom tourette dan obsesif kompulsif.

Tourette Syndrome merupakan suatu kelainan pada sistem syaraf berupa gerakan berulang atau suara tak diinginkan yang muncul dengan sendirinya. Contoh: kedutan, ngomong kasar, berkedip berkali-kali atau mengangkat bahu secara tidak sadar.

Sedang obsesif kompulsif atau yang dalam bahasa medisnya disebut OCD (Obsessive Compulsive Disorder) adalah jenis gangguan berpikir secara berlebihan sehingga menimbulkan perilaku kompulsif bagi penderitanya.

Dua sindrom ini secara nyata banyak dijumpai dalam kehidupan dewasa muda. Dimana dalam kesehariannya, seseorang yang mengidap tourette syndrome akan senang hati menghina atau berkata kasar pada siapa pun yang tidak disuka.

Wah, bagus, sih. Nggak perlu jaim-jaiman. Apa adanya. Akan tetapi bahaya juga untuk ukuran orang Indonesia yang dekat dengan istilah, "Dukun Bertindak." Bener nggak?

 

5|  PENYAKIT HYPERTHYMESIA DALAM DRAMA KOREA FIND ME IN YOUR MEMORY

 

Find Me in Your Memory adalah drama Korea tentang trauma yang diperankan oleh Kim Dong Wook dan xMun Ka Young.

Drama yang tayang pada Mei 2020 ini bercerita tentang hyperthymesia atau Highly Superior Autobiographical Memory alias (HSAM), yaitu sebuah kondisi dimana penderitanya akan sangat jelas dan rinci dalam mengingat setiap peristiwa dalam hidupnya sekalipun sudah bertahun-tahun lamanya.

Entah sindrom ini bisa dikatakan anugerah atau musibah, namun dalam sinopsis Find Me in Your Memory diceritakan si pengidap sindrom hyperthymesia malah hanya mengingat sad story dalam hidupnya.

Duh, kenapa yang diingat Lee Jung Hoon (Kim Dong Wook) malah perihal kenangan dengan mantan, sih? Kan nyesek. Untungnya mbak Yeo Ha Jin (Mun Ka Young) sabar membimbing si ganteng supaya nggak terjebak dalam kenangan yang menyakitkan.

Baca Juga:  Sinopsis dan Review Drama Korea Find Me In Your Memory

By the way, guys. Walaupun beberapa penyakit langka diatas masih terdengar asing di telinga kita. Namun keberadaannya nyata. Bukan rekayasa semata untuk memenuhi ide cerita.

Terbukti, aktor terkenal Oh Jung Se pun merupakan salah seorang pengidap prosopagnosia. Meski demikian, hal itu tidak mempengaruhi kreatifitasnya dalam berkarya.

Oh iya, jika kebetulan disekitarmu ada yang mengidap penyakit tak biasa seperti yang diceritakan dalam drakor tentang penyakit jiwa, boleh dong dibantu untuk konsultasi pada ahli nya melalui aplikasi Halodoc. Jangan malah digunjing apalagi sampai dikucilkan dari pergaulan.

Kebetulan, Halodoc adalah aplikasi kesehatan dan gaya hidup dengan berbagai fitur keren seperti tanya dokter, buy medicine, cek laboratorium hingga visit hospital RS Premier Surabaya.

Selain itu, Halodoc juga punya layanan pharmacy delivery, lho. Sebuah layanan antar obat untuk kita yang sibuk dan nggak suka menunggu 😎

Well, ngomongin soal drama Korea itu memang selalu seru, ya. Yang tadinya cari hiburan, malah dapat pengetahuan. Dari kelima macam penyakit unik yang ada dalam drama Korea itu pula aku dapat ilmu baru, bahwa menjadi berbeda bukanlah masalah. Dan tidak selamanya perbedaan menjadi musibah. Melainkan juga bisa mendatangnya anugerah.


Bukan Rekayasa, 5 Penyakit Unik dalam Drama Korea Ini Benar Adanya Bukan Rekayasa, 5 Penyakit Unik dalam Drama Korea Ini Benar Adanya Reviewed by Heizyi on August 16, 2020 Rating: 5

1 comment:

  1. Btw di facebook aku juga pernah nemuin cuplikan video kecil dari salah satu film korea sekitar tahun 2000an, dimana dalam video itu seorang dokter menjelaskan tentang pengidap penyakit Covid-19. Yang ternyata saat ini Covid-19 lagi membara dimana-mana.

    Salut sama film-film korea terlebih yang ada unsur bahasan penyakit nyata begini. Fix bakal ku tonton ini sih rekomendasinya, berguna banget buat pengetahuan. Makasih yaa!

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.