Investasi Branding dengan Domain di Rumahweb: Blog Cuan, Kuliah Lancar


domain murah

"Masa depan ada dalam keyakinan yang kau realisasikan."

- Anonim -

X: Kerja apa yang bisa sambil kuliah?
Y: Banyak!
X: Contohnya?
Y: Lah, kan kamu penulis blog. Sabi tuh
X: Iya, juga sih
Y: Kembangin aja blog mu biar makin cuan
X: Kalau bisnis online juga, gimana menurut kamu?
Y: Loh, nulis blog kan juga termasuk bisnis online
X: Kok bisa?
Y: Ya, kan kerja nya online. Dapat uangnya juga secara online
X: Hemmmmm... 🤔
Y: Udahhh, seriusin aja jadi blogger. Terus branding nya yang kuat biar makin mantab

Percakapan beberapa tahun lalu yang masih terngiang jelas dalam benak. Obrolan random dengan teman dekat yang akhirnya membawaku yakin melangkah ke bangku kuliah demi melanjutkan cita-cita yang tertunda. Setelah hampir 10 tahun menanggalkan seragam putih abu-abu, akhirnya pada pertengahan 2019 lalu, bertekad mendapatkan gelar sarjanaku 🎓

Ah, rasanya campur aduk begitu memasuki hari pertama EKBM, Edukasi Keterampilan Belajar Mahasiswa (sejenis ospek). Mimpi menjadi seorang sarjana yang terus terang terpaksa dikubur akibat kondisi finansial, kini muncul ke permukaan dan insyallah tahun depan menjadi kenyataan.

Rasanya mustahil ketika usia nyaris kepala tiga malah baru mau daftar jadi mahasiswa. Beruntung ada PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang menerima tanpa ada batasan usia. Selain itu, jam kuliah nya juga bisa pilih full online atau tatap muka. Subahanallah, kesempatan kedua tidak boleh disia-siakan, bukan?

Meski waktu kuliah yang sangat fleksibel, namun selalu ada sebab akibat dari sebuah pilihan. Menjadi mahasiswa sekaligus seorang blogger artinya harus pandai membagi waktu antara kuliah dan kerja. Begitu pula dengan urusan keuangan. Sebagai freelancer yang pemasukannya cenderung fluktuatif, aku hjuga dituntut harus disiplin dalam mengelola arus kas keuangan pribadi agar tidak boncos dan supaya selalu tepat waktu membayar UKT (Uang Kuliah Tunggal).

Dengan demikian, aku harus semakin rajin mengembangkan blog. Walau menyandang dua profesi sekaligus, yaitu blogger dan mahasiswa bukanlah hal yang mudah. Namun jika diiringi dengan niat dan tekad yang sungguh-sungguh, pasti hasil yang dicapai pun akan memuaskan.

Oleh sebab itu, agar identitas blog semakin meyakinkan calon klien, mesin pencai dan menjangkau lebih banyak pembaca, aku melakukan branding dengan beralih pada Top Level Domain (TLD). Blog yang sebelumnya berakhikan blogspot.com pun kini menjadi .com 😎

Resiko Kuliah Sambil Bekerja


MANFAAT MENGGUNAKAN TOP LEVEL DOMAIN UNTUK BLOG

Marketing is everything!

Layaknya nama bisnis, nama merk atau insial sebuah ide. Blog juga harus memiliki nama domain. Domain sendiri adalah identitas yang diberikan untuk memberi nama alamat IP tertentu agar sebuah website atau blog dapat diakses di halaman browser. Domain biasanya berupa teks saja atau juga gabungan teks dan angka.

Sebenarnya, domain ada yang gratis, ada pula yang berbayar. Domain gratis bisa didapat dari platfrom gratisan seperti blogger.com dan wordpress.com. Sedangkan domain berbayar, TLD harus dibeli melalui layanan penyedia hosting.

Pada saat awal belajar blogging dahulu, mulanya aku menggunakan domain gratisan yang disediakan blogger.com -heizyi.blogspot.com. Namun setelah meniatkan diri menjadi professional blogger, baru deh aku beralih menggunakan top level domain menjadi heizyi.com

domain gratis

Proses pemilihan domain pun tidak boleh sembarangan. Harus dilakukan dengan penuh pertimbangan karena dapat berakibat pada lalu lintas blog itu sendiri.

Domain yang baik seharusnya tidak menggunakan slang untuk menghindari kesalahan dalam pengucapan, tidak mengutip atau mirip dengan merk terkenal sebab bisa menimbulkan permasalahan yang berujung pada proses hukum serta tidak menggunakan domain bekas demi menghindari banned dari google jika seandainya domain yang pernah digunakan tersebut ternyata adalah domain expired atau domain bekas pornografi, spam dan judi.

Menurut beberapa sumber, domain name yang bagus adalah domain yang memiliki unsur kata kunci, tidak terlalu panjang, unik, mudah diingat dan diikuti dengan ekstensi yang tepat.

Nah, salah seorang teman yang lebih dulu berkecimpung dalam dunia blogging menyarankan agar aku membeli domain murah di Rumahweb.com. Alasannya, karena:

  • Rumahweb adalah perusahaan hosting yang sudah berdiri sejak tahun 2002
  • Sudah melayani lebih dari 130000 domain pelanggan dengan 30 server hosting dan VPS/Cloud
  • Harga domain masuk akal
  • Produk hosting nya murah
  • Beragam layanan yang meliputi VPS Indonesia, SSL Murah, email
  • Ada jasa pembuatan website nya juga
  • Terdaftar dalam Registrar PANDI untuk domain .id
  • Selalu ada promo domain name murah apapun ekstensinya
  • Dan pasti, banyak yang pakai.

Selain itu, Rumahweb sudah terakreditasi ICANN dengan kualitas layanan sesuai standar industri. Rumahweb juga menjadi pemimpin pasar dengan lebih dari 60% market share sehingga aku tidak perlu khawatir soal keamanan domain yang akurat.

domain murah 2022
Image by Rumahweb.com

Omong-omong, sebagai blogger yang juga sibuk menimba ilmu, bersyukur banget rasanya domain "HEIZYI" long lasting hingga saat ini. Siapa sangka, domain yang terbuat dari tanggal lahirku, ternyata bisa eksis dan dikenal baik oleh banyak orang. Bahkan, berkat aplikasi GetContact aku jadi tahu, banyak teman dari komunitas ataupun brand dan klien yang pernah menjalin kerjasama, menyimpan kontakku dengan nama Heizyi 😆 hehehe

Terhitung sejak tahun 2017 hingga sekarang, aku sudah memiliki 4 domain terdaftar dengan 2 diantaranya yang masih aktif di Rumahweb.

Domain murah  2022 yang disediakan oleh Rumahweb sangat membantuku dalam urusan branding blog karena fitur-fiturnya yang keren. Alhasil, blog makin populer di mesin pencari sehingga peluang lebih dikenal oleh calon klien pun semakin tinggi. Dengan begitu, ketika cuan blog lancar, maka uang kuliah pun aman sentosa. Nggak khawatir nunggak. Alhamdulillah 😇

Kerja Sambil Kuliah di Jember

Oh, iya. Selain berfungsi sebagai penghubung antara server dan klien, domain juga bertindak sebagai identitas yang mewakili pemilik blog. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang akan didapat jika menggunakan top level domain.

Investasi Branding dengan Domain di Rumahweb:

✔ Memanjakan pelanggan di "rumah" sendiri

Secara umum, domain memiliki fungsi yang sama apapun ekstensinya. Namun yang paling menonjol adalah service terhadap pengunjung blog. Menggunakan custom domain yang unik dan mudah diingat, akan sangat memudahkan pengunjung mencari keberadaan kita di mesin pencari tanpa harus menghafal url nya. Domain name yang digunakan pun secara tidak langsung mencerminkan visi dan misi pemilik blog

✔ Terlihat profesional

Keuntungan lain yang nggak kalah menarik apabila menggunakan domain murah dari Rumahweb adalah kepercayaan pengunjung. Singkatnya, domain adalah alamat sebuah website. Jika calon pembaca mencari brand kita di google, kemudian muncul alamat blog kita. Maka automatis pengunjung akan percaya bahwa kita benar-benar ada. Bahkan mereka akan merasa nyaman untuk berkunjung kembali ke blog kita jika sedang mencari bacaan yang dibutuhkan.

Bukankah tampak lebih meyakinkan jika alamat blog nya www.heizyi.com dibanding www.heizyi.blogspot.com?

✔ Merawat pembaca

Salah satu kunci sukses nge-blog ku sejak tahun 2017 adalah konsisten dan persisten. Konsisten menulis artikel dengan berbagai tema sesuai niche blog. Plus persisten walau jumlah blogger semakin bertambah setiap tahunnya supaya rekening gak "sepi" dan uang kuliah bebas dari istilah nunggak.

✔ Keamanan data

Keunggulan lain jika branding blog dengan domain di Rumahweb, selain harga domain yang masuk akal. Jenis layanannya pun beragam. Tidak terkecuali fitur keamanan data yang jauh dari isu "kebocoran."

Rumahweb Domain
Image by Rumahweb

PRODUK UNGGULAN LAINNYA UNTUK WARGA RW DARI RUMAHWEB

And for your information, branding yang kuat harus sejalan dengan keamanan data yang ketat. Nggak lucu, kan kalau blog sudah terkenal tetapi tiba-tiba di-hack?

Nah, untuk melindungi keamanan blog ataupun website, seorang blogger juga wajib memasang gembok SSL.

SSL adalah sisem keamanan terbaik bagi warga RW untuk melindungi data pribadi, password, username dan informasi keuangan seperti nomor rekening dan informasi kartu kredit maupun kartu debit.

Tidak hanya itu, gembok SSL juga berperan penting dalam meningkatkan rangking website, kepercayaan pengunjung serta mencegah serangan Man In The Middle Attack.

Selama beli domain dan hosting di Rumahweb, aku pun tidak lupa juga pasang SSL. Cuma 8 ribuan per bulan, lalu lintas data pengunjung blog dijamin aman 👌

beli domain dan hosting

REALITA KERJA SAMBIL KULIAH

kuliah sambil kerja online
Image by Kuliahdimana.id

Ada suatu waktu, aku merasa sangat lelah dan menyerah. Akan tetapi, ketika ingat apa yang aku mulai harus diselesaikan dengan baik, maka sebisa mungkin aku bangkit dan menarikan jari di atas keyboard lagi.

Kuliah yang aku jalani saat ini rasanya lebih membanggakan karena dibayar dengan hasil usaha sendiri. Menariknya, jadi orang multitasking -kerja dan kuliah- itu sangat menantang.

So, kerja sambil kuliah?

Why not!

Sebab menurut Anna Sorokin, "If we wanted to learn everything, So we could be anything."

Walau harus menunggu keyakinan hati karena mimpi itu sudah terkubur sangat dalam. Serta menanti kesiapan finansial, tidak apa. Karena selama mencari rupiah melalui blog, Rumahweb sudah sangat membantuku dalam urusan branding dengan domain sendiri. maupun keperluan blogging lainnya. Pelayanan yang berkualitas, "Orang Rumah" yang selalu standby 24/7, tutorial berserakan yang bisa digunakan untuk belajar bahkan tersedia layanan live chat jika memiliki kebutuhan urgent.

Duh, gimana, ya. Rumahweb sangat memanjakan pelanggannya. Dengan begitu, blog ku jadi semakin terkenal, cuan lancar dan kuliah... alhamdulillah jalan terus 😇🤗😇

Referensi:

  • https://sugeng.id/tips-memilih-nama-domain-blog/
  • https://thephrase.id/4-tips-bekerja-sambil-kuliah/
  • https://www.rumahweb.com/

18 comments:

  1. Rumahweb emang sangat rekomend nih buat yang mau beli domain atau hosting

    ReplyDelete
  2. Aku juga langganan dengan rumah web sejak pertama kali beli domain, layanan 24 jam, sangat membantu berbagai kendala yang aku alami,

    ReplyDelete
  3. Bener banget sih. Bloger bisa menjadi penghasilan sambil menekuni kesibukan lain. Salah satu cara brandingnya dengan memiliki blog yang mumouni, ya

    ReplyDelete
  4. Belum pernah coba RumahWeb nih.. Kalau harganya murah, aman, dan mudah aksesnya lain kali bisa cobain juga deh.. Mkasih informasinya kak..

    ReplyDelete
  5. Mpo juga pakai rumah web. Murah dari pertama hingga sekarang bayar tetap 185.000

    ReplyDelete
  6. Kebetulan ada niat nambah blog, nih. Terima kasih infonya 👍

    ReplyDelete
  7. Tentunya memilih dibantu rumahweb dong ya, secara mereka sudah ahli dan kita terima beres. Semua jadi lancar tanpa bikin kita keteteran apalagi mikirin bagaimana caranya.

    ReplyDelete
  8. Wah, domain mbak banyak juga ya. Hihihi.

    Eh iya loh aku jg merasa setelah akhirnya berani mengubah blogku yg tadinya masih blogspot jd TLD memang banyak manfaat yg aku rasakan. Dulu tuh rada ragu karena takut gabisa bayar perpanjangannya, alhamdulillah entah kenapa sejak TLD juga ada aja rezekinya. Sekarang udah sekitar 3 tahun blogku TLD.

    Terus memang senang kalo dapet pelayanan yang enak dari pemyedia domain dan hosting tuh. Belum lagi ditambah promo juga makin2 senengnya.

    ReplyDelete
  9. Blog dengan domain TLD memang gereget, jadinya mendatangkan brand alias rejeki berdatangan dengan apik. Tinggal dirawat dengan baik dan istiqomah

    ReplyDelete
  10. Wah iya
    Branding itu penting banget ya mbak
    Apalagi kalau dibantu dengan membuat website di rumah web ini

    ReplyDelete
  11. Merawat blog ini bagaikan merawat makhluk hidup yaa..
    Hihi...dengan giat diberi makan dan minum agar gak layu dan terus di crawl sama kakak google.
    Senangnya kini ada rumahweb yang menawarkan jasa domain dan hosting dengan harga terjangkau.

    Semoga semakin banyak karya yang mengedukasi.

    ReplyDelete
  12. saya konsumen rumahweb loh, untuk domain berekstesni xyz. sekarang blognya udah saya hapus karena diganti dengan niche yang baru, hehehe

    ReplyDelete
  13. Dengan nama domain yang mudah diingat orang, serta branding yang okay, ngeblog pun bisa menghasilkan cuan ya.

    Btw, tos, Mbak. Daya juga orang yang telat kuliah karena kerja dulu. Terus saya ambik D3 aja. Kalau S1 waktu itu aku merasa terlalu lama, udah pengen kerja lgi. Hahah

    ReplyDelete
  14. Iya, Kak. Memang bikin blog TLD terkesan profesional, ya. Apalagi sekarang klien maunya blog TLD semua untuk liputan ataupun review. Semangatt ngumpulin cuannya ya, Kak :)

    ReplyDelete
  15. Keren sih Rumahweb, udh fitur fiturnya yang canggih, penasaran pengen coba diblog saya supaya bisa semakin berkembang kerennya lagi blog kita juga aman dari hakcer, thanks infonya kaka

    ReplyDelete
  16. Aku masih nggak paham kunci ssl gimana, masih banyak yang harus kupelajari di dunia blog ini.btw kalau di ruma web berapa harga domainnya

    ReplyDelete
  17. yeaaay dulu gak mikir blog bisa jadi profesi. aku juga dari tahun 2010 pakai blogspot, alhamdulillah 2016 bisa pakai tld dan beli domain juga di Rumahweb, sampai sekarang dan lagi merintis blog kedua :D

    ReplyDelete
  18. Keren sekali... semnagat ya aku kagum sama mereka yang punya semangat tinggi menempuh pendidikan meski usia sudah tak muda.

    Duh aku jadi kepikiran bakal mulai kuliah juga tahun ini. Bakal jadi blogger kukiah dan ibu rumah tabgga bismiolah kuat doakan y mbak

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.