Tips dan Trik Gaji UMR Bisa Beli Rumah


cara beli rumah gaji umr


"Rumah adalah kata terbaik yang pernah ada."
- Anonim -

Ibuku pernah berkata, "Bagi pasangan pengantin yang baru menikah, tinggal bersama mertua adalah tantangan penuh 'drama.' Itu mengapa lebih baik tinggal di rumah sendiri meski kecil dan sederhana."

Memang benar. Bahkan tidak sedikit newlywed yang mengeluh perihal sikap mertua yang begini begitu. Mungkin bagi pasangan yang kondisi finansial nya oke dan benar-benar lebih, langsung memiliki tempat tinggal pribadi setelah menikah bukanlah perkara sulit. Tetapi, bagaimana dengan suami yang gajinya sesuai Upah Minimum Regional, sedang si istri hanyalah ibu rumah tangga yang memutuskan resign tepat sebelum pesta pernikahan dimulai?

Padahal, harga rumah pasti naik setiap tahunnya. Semakin nggak ramah pula dengan kantong karyawan bergaji UMR. Lalu, bagaimana cara supaya bisa beli rumah dengan gaji standart UMR?

Menurut beberapa ahli keuangan yang pernah aku baca di forum-forum resmi, ada beberapa kiat yang dapat diupayakan jika ingin memiliki rumah sendiri setelah menikah. Adapun tips dan trik nya adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Makna Rumah dan Caraku Menciptakan Hunian yang Nyaman Bagi Keluarga

 

PENYEBAB HARGA RUMAH DAN TANAH  SELALU NAIK SETIAP TAHUN

tips punya rumah dengan gaji 3 juta

Data hasil survei dari Bank Indonesia mencatat pertumbuhan IHPR atau Indeks Harga Properti Residensial mengalami kenaikan pesat pada tahun 2022 sebesar 1,87%. Hal ini diduga akibat dari kebiasaan work from home (WFH) selama masa darurat Covid-19. Dimana hampir semua kegiatan dilakukan di rumah. Sehingga banyak orang membutuhkan hunian yang nyaman sekaligus multifungsi.

Selain sebagai kebutuhan primer, tempat tinggal juga bisa dijadikan aset investasi. Itulah yang menjadi salah satu penyebab harga rumah mahal. Tapi seperti yang aku bilang sebelumnya, akan butuh effort lebih besar lagi bagi newlywed yang kondisi keuangannya masih pas-pas-an. Punya hasrat itu nggak salah. Tetapi harus disesuaikan dengan kemampuan, ya. Pun harus mengetahui faktor apa saja yang membuat nilai property semakin "gila," seperti:

  1. Bertambahnya penduduk
  2. Kelangkaan tanah
  3. Inflasi
  4. Penawaran dan Permintaan yang tidak seimbang
  5. Permainan pihak ketiga

Jadi, sudah tahu, kan, kenapa harga rumah selalu naik?

kenapa harga rumah selalu naik
Image by Bank Indonesia

🏠 TRIK GAJI UMR BISA BELI RUMAH

Nah, sesuai arahan dari CFP (Certified Financial Planner) dari forum yang aku baca beberapa waktu lalu, cara beli rumah gaji UMR itu tidak sulit asal tahu triknya. Pertama, kenali dulu kondisi keuangan guna persiapan uang muka alias down payment. Setelah mengetahui kisaran jumlah gaji, apakah setara UMR, jauh di bawah UMR atau jauh di atas UMR, selanjutnya akan diketahui skema pembiayaan rumah impian. Syukur-syukur kalau punya dana besar untuk uang muka, sehingga bunga yang dikenakan pun menjadi kecil dan meringankan nominal kreditnya.

Tetapi, jika gaji saat ini jauh dari tiga kategori di atas, jangan khawatir, kamu tetap bisa mengupayakanya dengan trik jitu rekomendasi para ahli keuangan di bawah ini:

Baca Juga: Rumah Bergaya Resort Jadi Favorit Selama Pandemi

✔ Manfaatkan Program KPR dari Pemerintah

Program KPR Rumah Bersubsidi merupakan kebijakan Pemerintah Indonesia untuk memenuhi kebutuhan hunian bagi pekerja dengan gaji rendah tetap. And for your information, KPR ini diklaim memiliki bunga rendah dengan cicilan terjangkau. Sebab kisaran rumah yang ditawarkan (tipe 36) pun diperkirakan hanya sekitar 150-220 juta rupiah saja. Cocok banget, kan untuk kamu yang ingin punya rumah tapi dana pas-pas-an?

✔ Mulai Mencicil DP Rumah dengan Menabung

Walaupun rumah bersubsidi dinilai terjangkau, namun untuk down payment tentu harus disiapkan di awal. Biasanya, bank akan mematok uang muka sekitar 20%-30% dari nilai penjualan rumah. Nah, jika kamu merupakan seseorang dengan gaji kecil, sebaiknya menabung dengan cara menyisihkan sekitar 30% dari penghasilan mulai sekarang, ya.

✔ Belajar Investasi

Tips punya rumah dengan gaji 3 juta yang juga bisa dicoba adalah dengan berinvestasi. Sekalipun pemasukan kecil bahkan tidak tetap, namun perkara uang muka harus benar-benar direncanakan sejak muncul keinginan untuk membeli rumah. Buat anggaran pengeluaran kemudian mulailah investasi sesuai tujuan.

cara punya rumah tanpa kpr

🏠 TIPS MEMBELI RUMAH DENGAN GAJI UMR

Selain trik di atas, banyak CFP yang menyarankan berbagai cara punya rumah dengan gaji kecil, yang menurut aku bisa dicoba setelah sangat ketat dalam mengatur keuangan dan menekan pengeluaran, namun belum juga menunjukkan hasil yang berarti, diantaranya:

✔ Perbanyak informasi soal rumah yang diinginkan

Sama halnya dengan jodoh (ciyee), ketika hendak membeli rumah juga diperlukan banyak informasi. Misalnya, harga rumah, jumlah DP yang harus disiapkan, durasi cicilan dan tentu saja lokasi rumah beserta kondisi lingkungan sekitarnya.

✔ Tentukan berapa lagi

Maksudnya berapa lama di sini, ialah waktu yang diperlukan ingin membeli rumah. Dua tahun lagi? Kalau sudah naik pangkat atau naik gaji? Atau menikah terlebih dahulu?

✔ Hitung berapa uang yang diperlukan untuk pembiayaan rumah

Untuk cicilan rumah KPR, biasanya dihitung 30% dari gaji. Artinya, nominal gaji akan sangat mempengaruhi jumlah uang muka dan besarnya cicilan. Kalau kamu masih ragu untuk memulai mewujudkan mimpi memiliki tempat tinggal pribadi karena harganya yang semakin "gila" tapi gaji nggak memungkinkan, ada baiknya jika kamu harus melakukan perhitungan keuangan menggunakan kalkulator perencanaan pembelian rumah agar tidak salah langkah.

Aku ada rekomendasi alat yang bisa digunakan untuk menghitung simulasi kredit kepemilikan rumah, namanya Mortgage Calculator.

kalkulator KPR
Image featured by https://www.mortgagecalculator.uk

Nah, dengan alat ini, kamu bisa memperkirakan keterjangkauan kredit rumah secara tepat. Berapa besar pendapatan seseorang yang masih single atau sudah menikah untuk kemudian dibandingkan dengan batas low end dan high end sehingga diperoleh skenario-skenario yang memungkinan untuk kredit rumah secara KPR.

Akan tetapi, jika kamu memilih cara punya rumah tanpa KPR, Mortgage Calculator juga bisa membantu menghitung frekuensi yang benar dalam perencanaan pembelian rumah. Melalui kalkulator KPR ini, kamu bisa menyertakan berbagai macam instrumen keuangan, seperti investasi, anuitas, tunjangan, pembayaran tunjangan pemerintah dan sumber pendapatan lainnya. Dengan begitu, akan diperoleh frekuensi pembayaran yang benar untuk menghitung pendapatan tahunan yang benar pula. Sehingga simulasi kredit nya pun jelas karena perhitungannya sudah pasti akurat.

simulasi kredit kepemilikan rumah
Image featured by https://www.mortgagecalculator.uk/affordability/

✔ Siapkan uang muka

Setelah tahu berapa uang yang diperlukan untuk memiliki rumah sendiri, langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menyipakan uang muka. Seperti yang aku jelaskan sebelumnya, bahwa down payment itu berkisar 20%-30% dari nilai penjualan rumah. Jadi harus betul-betul dipersiapkan sejak keinginan memiliki rumah tinggal muncul, ya.

✔ Segera tempati rumah barumu

Well, setelah mengetahui berbagai informasi mengenai properti rumah yang diinginkan, harga yang harus dibayar, berapa lama waktu kredit dan jumlah DP yang harus disiapkan, sekarang saatnya menikmati hasil perhitungan kalkulator KPR dengan tidur nyenyak di rumah baru.

Eits, tapi jangan lupa bayar angsuran, ya. Karena pada tahap ini, komitmen akan diuji dengan ketepatan pembayaran cicilan setiap bulan nya. Weleh-weleh... jangan sampai meleng, lho biar nggak nggak kena denda.

Baca Juga: 4 Warna Hunian Properti yang Membuat Pembeli Terpikat

KESIMPULAN

Sederhana tapi susah prakteknya, benar?

Meskipun demikian, setiap orang perlu rumah pribadi untuk dapat berkembang secara mandiri dan menjaga privasi. Oleh karena itu, aku doakan kamu, kamu dan diriku sendiri yang juga sedang berjuang mewujudkan rumah impian, lekas tercapai, ya.

Semoga cara beli rumah gaji UMR beserta tips dan trik yang aku tulis di atas bisa menjadi motivasi dan gambaran bagi teman-teman sekalian untuk tetap semangat dalam mencapainya.

Zeal 🤗

Referensi:

- https://www.finansialku.com/gaji-umr-beli-rumah/

- https://www.idxchannel.com/milenomic/empat-tips-beli-rumah-gaji-umr

- https://www.heizyi.com/2021/12/konsep-hunian-resort.html

- bi.go.id

- https://www.mortgagecalculator.uk


20 comments:

  1. Menarik dan menantang, sebagai individu yang masih single, keinginan membeli rumah jadi menggebu-gebu usai baca tulisan ini.

    Menarik banget, jadi pengen siap-siap dari sekarang agar nanti gak kaget dan bisa ngatur keuangan sedemikian rupa.

    Terima kasih banyak untuk tips dan triknya Kak

    ReplyDelete
  2. Setiap orang punya kesempatan untuk membeli rumah, tinggal menyesuaikan dengan penghasilan yang dimiliki. Semua memang harus dihitung sejak awal, agar tidk besar pasak daripada tiang. kebantu banget sekarang ada Mortgage Calculator yang bisa menghitung secara rinci tentang harga rumah idaman

    ReplyDelete
  3. Kabar gembira nih ya buat para pencari UMR, kalo memang konsisten dan punya niat yang kuat plus ikuti tips di atas, pati bisa deh beli rumah sendiri. Apalagi, estimasi cicilannya bisa dilihat dari Mortgage Calculator UK yah, jadi bikin makin semangat nabung.

    ReplyDelete
  4. Saya setuju rumah itu jodoh atau cocok-cocokan. Namun, merencanakan punya rumah sendiri itu emang kudu mateng dan detail demi keseimbangan hidup dan financial. Hehe.

    ReplyDelete
  5. Pantas saja aku belum bisa beli rumah, sebab gaji masih di bawah UMR. Berarti gaji UMR sudah cukup ideal ya utk beli rumah meski secara kredit

    ReplyDelete
  6. Idaman banget ini mah yang namanya punya rumah. Daripada beli kendaraan, mending milih punya rumah sendiri dulu. Biar lebih tenang dan bisa mandiri

    ReplyDelete
  7. Jadi ingat pengalaman saya dan suami beli rumah pertama kali 15 tahun yang lalu. Memang mumet ngitungnya, tapi Alhamdulillah bisa. Mesti memang cicilan rumah KPR, yang dihitung 30% dari gaji ini beneran mesti kencengin ikat pinggang di keseharian. Tapi kalau sudah diniati, pas KPR lunas, jadi senyum-senyum sendiri.


    ReplyDelete
  8. Jaman sekarang makin keren yaa teknologi. Semuanya ada, termasuk fasilitas kalkulator pemasukan pengeluaran gini. Jadi gak perlu lagi bikin sendiri pake rumus-rumus excel. Hihi.

    ReplyDelete
  9. Perhitungannya memang harus tepat banget, ya. Waktu itu juga pernah baca pengalaman netizen yang bisa kebeli rumah meskipun gaji UMR. Ya, memang harus cermat, insyaAllah bisa kebeli deh rumah.

    ReplyDelete
  10. Kalau Saya sudah dua kali ditolak KPR yang subsidi, tapi belum mencoba untuk yang komersil. . hingga saat ini hanya bisa memanfaatkan rumah yang dikasih mertua. hadeuh... mudah mudahan tahun ini bisa ngambil KPR deh yang komersil.

    ReplyDelete
  11. Bisa terbantu bikin perencanaan yang baik dan matang dengan aplikasi Mortgage Calculator yang udah dijelaskan juga.

    ReplyDelete
  12. Lebih bagus lagi kalau bisa membeli (mulai mencicil) rumah sebelum menikah. Pakai duit sendiri dan atas nama sendiri, jangan nama pasangan.

    ReplyDelete
  13. Wah, Alhamdulillah dapat pandangan dan wawasan baru soal memiliki rumah setelah menikah. Menurut Teddy punya rumah sebelum menikah juga asik sih Kak.

    Karena jauh lebih kecil pengeluaran dan bisa menabung lebih banyak untuk membeli rumah. Apalagi menggunakan Mortgage Calculator ini hehe pastinya perhitungan kita akan lebih akurat lagi.

    Terima Kasih ya Kak.

    ReplyDelete
  14. Wah informasi bermanfaat banget nih. Jadi bisa nabung dengan tepat dan cermat untuk dapat rumah idaman kita dengan dana minimum. Terima kasih, ditunggu artikel selanjutnya

    ReplyDelete
  15. Investasi adalah kunci, sih, menurutku. Trus juga ngitung kalkulasi berapa duit yang harus dikumpulin biar bisa beli rumah

    ReplyDelete
  16. Menabung, dan belajar investasi untuk pasangan baru nikah itu penting banget ya.
    Harus rela sering mendengar bunyi perut ketimbang bunyi token listirk.

    ReplyDelete
  17. Terima kasih banyak kak tipsnya, ini penting banget sih apalagi kalau yang UMR terus juga sandwich generation tapi di sisi lain pengen banget beli rumah, harus bisa menerapkan tips tips ini sih

    ReplyDelete
  18. Kuncinya terletak pada komitmen untuk menyisihkan gajinya untuk sebuah hunian yang diidamkan. Apalagi kalau ada alat yang membantu untuk menghitungnya dengan cermat seperti mortgagecalculator.

    ReplyDelete
  19. Mungkin kalau masih belum punya anak yang dibiayai sekolahnya, dengan uang KPR bisa ambil rumah subsidi. Lumayan juga kok, nanti setelah lebih 5 tahun kita bisa merenovasinya.

    ReplyDelete
  20. Do'ain yaa kawan tahun depan aku bisa beli rumah sendiri aamiin

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.