Mengenal Metode Montessori Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Bersama Albata


paud montessori

"Free the child's potential and you will transform him into the world."

- Dr. Maria Montessori -

Mengenal Metode Montessori Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Bersama Albata - Pada dasarnya, montessori adalah metode pendidikan yang spesifik dikembangkan oleh Dr. Maria Montessori pada tahun 1900-an untuk anak-anak usia dini. PAUD Montessori berfokus pada perkembangan golden age si kecil dengan menekankan pada kemandirian dan keaktifan.

Metode ini dinilai efektif pada tumbuh kembang si kecil di usia emas nya. Sebab selain anak menjadi lebih mandiri, kreativitas nya pun dapat diasah sejak dini. Dengan begitu, si kecil dapat meraih potensi terbaik dalam seluruh bidang kehidupan.

Apa itu PAUD Montessori?

 

METODE MONTESSORI SEPERTI APA?

1| Prinsip Dasar Montessori

Menurut Dr. Maria, masa emas anak merupakan periode penting dalam proses awal dalam pembentukan kecerdasan. Sebab di masa ini anak akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sagat pesat. Sehingga pola asuh serta metode pendidikan nya pun harus tepat.

Sayang nya banyak orang tua baru yang masih belum paham akan hal ini. Atau keluarga yang masih kolot cenderung kerepotan ketika membiarkan anak bermain menggunakan kretivitas mereka. Alhasil anak malah melempem dan sulit menemukan kemampuan yang sebenarnya.

Model pembelajaran montessori menjadi solusi terbaik bagi orang tua dalam membersamai anak selama periode the golden age. Metode ini mendidik anak secara keseluruhan mulai dari perkembangan kognitif, emosional, sosial, serta fisik sesuai dengan usia.

Baca Juga: Rekomendasi Layanan Belajar Online yang Efektif Temani Anak Selama di Rumah

Adapun prinsip dasar montessori ialah sebagai berikut:

  • Metode pembelajaran menggunakan pendekatan personal
  • Kolaborasi pendidikan akademik dan sosial
  • Memupuk keberanian anak dalam hal eksplorasi
  • Konsep abstrak diimplementasikan secara nyata
  • Keterampilan serta rutinitas pembelajaran di sekolah juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sampai anak dewasa
kurikulum montessori PAUD


2| Materi Pembelajaran Montessori

Dr. Maria juga menjelaskan bahwa pada umumnya, metode montessori itu bertujuan untuk memupuk rasa ingin tahu agar anak gemar dan semangat belajar.

Nah, sesuai dengan prinsip nya, materi model pembelajaran montessori PAUD juga tidak jauh dari kecintaan si kecil pada 5 bidang ilmu di bawah ini:

  • Bahasa
  • Matematika
  • Sosial
  • Budaya
  • Daily Activity

Kebetulan, bagi para orangtua yang sedang struggling mencari PAUD Montessori untuk si kecil, aku ada rekomendasi. Namanya, Albata!

Baca Juga: Jenis Game Edukasi Untuk Asah Otak Anak

Albata memiliki pilihan kelas sesuai kebutuhan. Menariknya, tidak hanya online dan offline (visit Albata), Alabata juga menyediakan layanan home visit, lho.

Toddler Class Offline (Private/Home Visit) Albata berkonsep fun learning dengan ragam materi yang akan membuat si kecil terus semangat belajar, seperti English day dan asah sensorik serta motorik. Karena Popup Class atau Thematic Class Montessori Islam, maka si kecil oleh pengajar juga akan dikenalkan pada Allah melalui pelajaran tauhid, adab serta akhlak. Tidak lupa dibiasakan pula untuk mendengar dan belajar baca Al Qur'an (Talaqqi) setelah paham akan huruf Hijaiyah (Tartil).

Oh, iya. toddler class ini terbuka untuk anak usia 1-3 tahun, ya. Sudah ada di beberapa kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya, kok. Cocok sekali sebagai partner orangtua dalam membersamai anak dalam belajar agama islam.

albata

 

PERBEDAAN PAUD MONTESSORI ALBATA DENGAN PENDIDIKAN LAINNYA

Baca Juga: Manfaat Role Play atau Bermain Peran Bagi Anak

 Seperti diketahui, metode montessori merupakan metode pembelajaran menggunakan kurikulum khusus  yang membebaskan anak dalam memilih aktivitas sesuai minat dan bakat nya. Sehingga diperoleh banyak manfaat, terutama pada pola pikir anak yang sangat kritis, pembelajaran sosial dalam bentuk kerja tim serta sikap anak yang mampu bertindak tegas.

Akan tetapi, implementasi konsep montessori perlu didampingi oleh guru maupun tenaga profesional. Itu mengapa Albata hadir untuk menemani si kecil dalam masa tumbuh kembang nya. Materi dan kurikulum yang ditawarkan pun sangat komprehensif, tenaga pengajar terbaik yang diseleksi dari kampus ternama.

Sebagai lembaga pendidikan Islam untuk anak-anak yang berfokus pada materi Tauhid, Adab, Fiqih, Sirah, Tahsin dan Tahfidz, Albata mengadopsi konsep fun learning berdasarkan Qur'an dan sunnah.

PAUD montessori juga identik dengan biaya yang mahal, namun Albata menawarkan banyak kebaikan dengan biaya yang terjangkau. Tentunya, sudah disesuaikan dengan kebutuhan si kecil dan kemampuan orangtua.

sekolah montessori terdekat

So, yuk berikan pendidikan terbaik untuk si kecil dengan metode motessori dari Albata. Anak pintar, orangtua bangga ^^


22 comments:

  1. Metode Montessori ini sudah banyak diterapkan di beberapa sekolah terutama paud dan TK lho.... Sebagai dokter anak, saya sering menyarankan ibu-ibu yang anaknya suka rewel di sekolah, untuk belajar di rumah pakai Metode Montessori ini. Hasilnya, luar biasa.... menyenangkan kata mereka.

    ReplyDelete
  2. Pendekatan secara personal, menurut saya, memang penting banget karena kualitas, kapabilitas dan bakat serta minat setiap anak itu berbeda-beda. Dengan cara ini pula sebenarnya kita sudah menyentuh sisi psikologis si anak agar bisa berkembang sesuai dengan apa yang ada di dalam diri mereka.

    ReplyDelete
  3. Nyesel banget baru tau tentang Montessori ini sesudah anak-anak saya gede, hehehe
    Namun yang penting generasi berikutnya
    Menjelang generasi emas ini beruntung banget Albata menyediakan berbagai kelas ya?
    karena setiap anak butuh pendekatan yang bebeda

    ReplyDelete
  4. Suka banget sama review metode motessori dari Albata.
    Pas jaman anakku belum ada motessori islami begini.. Rasanya jadi punya kesempatan mengajarkan "pondasi" yang baik secara islami untuk anak masa kini.

    ReplyDelete
  5. Albata bagus ya. Selain pakai metode Montessori untuk pendidikan anak PAUD, juga dilengkapi dengan pendidikan agama. Penting banget membiasakan dan memberi pemahaman agama sejak kecil yah.

    ReplyDelete
  6. Zaman anak sulungku yang kini sudah kuliah masuk semester 2, dulu juga TK nya menggunakan metode montessori. Tapi kurang tau deh apakah itu Albata atau bukan hehehe. Yang penting di manapun sekolahnya, harus ada pendidikan agama yang baik. Anak-anak PAUD ini juga idealnya diberikan pemahaman agama sedini mungkin.

    ReplyDelete
  7. Montessori ini adalah hal yang paling pengin ku terapkan ke bayik aku, dipaduin sama pendidikan berbasis fitrah sebagai muslim. It's a must, of course. Dan menarik.banget, karena dengan belajar metode ini buat anak, aku jadi ikut 'diasuh' ketika proses pengasuhan terjadi. Love banget perjalanan menyenangkan ini

    ReplyDelete
  8. Metode Montessori ini sekarang diminati untuk mendidik anak dan tentu ini bisa jadi pilihan apalagi dilengkapi dengan pendidikan agama yang ngebuat semuanya jadi lebih baik dan sempurna lagi ya

    ReplyDelete
  9. Senang sekali kalau anak-anak dibebaskan belajar sesuai minat bakatnya sejak dini. Sayang masih banyak keluarga (ortu atau kakek-nenek) dan guru yang close minded dan serba nggak boleh, yang akhirnya malah mematikan kreativitas anak.

    Semoga makin keluarga dan lembaga pendidikan yang seperti PAUD Montessori Albata ini.

    ReplyDelete
  10. Metodenya bagus sekali, sayangnya di pedesaan seperti tempat tinggal saya mentessori itu kurang umum. Lebih suka jika disekolahkan biasa

    ReplyDelete
  11. Menarik sekali ini PAUD Montessori Albata, yang berfokus pada perkembangan golden age si kecil dengan menekankan pada kemandirian dan keaktifan, apalagi harganya terjangkau ya.

    ReplyDelete
  12. Kalau kubaca definisinya, ini metodenya sama dengan kurikulum merdeka. Benar atau tidak? Tentu kurikulum merdeka yang tetinapirasi dari metode ini.

    ReplyDelete
  13. wah thanks sharingnya kak, metode montessori dan nilai2 islam jd pertimbangan bagus buat coba ke albata. tapi pilihannya hanya 4x seminggu ya? kl bisa pertemuannya lebih sering jadi lebih seru sepertinya

    ReplyDelete
  14. Model pembelajaran montessori ini memang bagus ya,
    metode pembelajarannya menggunakan kurikulum khusus yang membebaskan anak dalam memilih aktivitas sesuai minat dan bakatnya.

    ReplyDelete
  15. Saya sering melihat tulisan Montessori pada plang-plang di PAUD. Baru tahu nih padahal itu adalah salah satu metode pengajaran pada anak usia golden age. Thanks ya kak atas informasi ini.

    ReplyDelete
  16. metode Montessori ini lagi banyak digunakan ya, secara emang buat anak jadi lebih mandiri dan aktif.
    melalui metode Montessori ini juga anak jadi lebih bebas bereksplorasi, lebih mengenal sekitar. Bungsuku tahun ini juga sudah mulai masuk usia sekolah, pengen masukin ke PAUD/TK yang terapin Montessori kurikulumnya.

    ReplyDelete
  17. Nyesel banget baru tahu metode montesori ini deh. Anakku sekarang dah gede, udah 14 tahun. Dulu kayaknya informasi tentang ini belum banyak deh. Akan ku teruskan ke teman-teman yang lain deh

    ReplyDelete
  18. Montessori nih makin heits belakangan, bahkan banyak sekolah2 mengadopsinya menjadi sistem pendidikan di lembaganya masing2 ya.
    Aku tau Albata ini dulu pas zaman pandemi anakku sempet ikut ngaji online-nya, ternyata punya lembaga sekolah juga ya.

    ReplyDelete
  19. Baru kenal istilah metode ini. Kalau metodenya seperti ini, anak-anak bakal bisa lebih mandiri.Kreativitasnya terasah. Trus kita jadi bisa tau minat dan bakat anak-anak..

    ReplyDelete
  20. Wahhh baru tau banget kalau bisa seperti itu yaa, dan lengkap juga apa yang diberikan didalamnya. Bisa jadi pilihan untuk dede yang masih dalam kandungan nih buat bisa belajar di albata hhe :D

    ReplyDelete
  21. Tapi emang lho, metode montessori tuh sangat menghargai anak banget dan juga mendidik mereka jadi mandiri. Btw, Albata ini ada terus iklannya lho di IG aku, ihihi

    ReplyDelete
  22. Saya sepakat dengan pendekatan personal Montessori karena setiap anak itu unik. Jadi masing-masing punya cara berbeda untuk tumbuh kembangnya.

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.