Panduan Servis Motor Untuk Cewek-Cewek Independen


biaya servis motor

"Mobil memang mewah. Tapi motor tetap punya cerita."

- Anonim -

Saat ini, mendapati kaum hawa di bengkel bukanlah hal yang langka. Padahal kalau dulu, toleh kanan, toleh kiri, isinya cowok semua. Sempat nggak nyaman, sih. Namun karena kebiasaan jadi terbiasa. Malah sekarang semakin sering menemui cewek-cewek independen yang pergi  ke bengkel untuk cek kesehatan kendaraan mereka.

Tapi jika kamu belum percaya diri pergi sendiri ke bengkel, atau minim pengetahuan mengenai daleman kendaraan sebaiknya terlebih dahulu mencari tahu komponen apa saja yang perlu dicek secara berkala. Sehingga kamu juga dapat memperkirakan berapa biaya servis motor yang diperlukan sekaligus agar terhindar dari oknum bengkel nakal.

Nah, sesuai pengalamanku selama ini, berikut adalah poin-poin penting yang wajib kamu pahami sebelum memilih bengkel untuk servis sepeda motor:

harga servis motor matic

Baca Juga: Harga Servis Rutin Motor Matic Hari Ini


1| Harga Jujur & Transparan

Pertama, pastikan bengkel nya amanah dan transparan. Caranya, mudah. Sebelum ke bengkel, pastikan kamu sudah riset mengenai harga servis motor matic terlebih dahulu. Setelah itu, tanyakan pada staf atau mekanik yang menangani kendaraanmu soal suku cadang yang perlu diganti sekaligus harga produknya. Sebab tidak semua bengkel akan dengan sukarela membagi price list kepada pelanggan. Terutama jika pelanggannya cewek atau emak-emak. Maka dari itu, kamu perlu tetap waspada apabila harga yang diinformasikan diluar nurul, guys

2| Mekanik Profesional & Andal

Poin kedua juga krusial banget, lho. Karena jika sang mekanik tidak profesional dan andal dibidangnya, jangka servis nya pun pendek. Why? Karena pasti ada saja yang kurang pas dan perlu perbaikan ulang.

3| Peralatan Modern

Selain tenaga ahli, peralatan yang canggih dan modern juga turut menunjang kualitas perbaikan kendaraan di sebuah bengkel. Misalnya, nih. Penggunaan Tyre Changer (alat untuk melepas serta memasang ban) pada bengkel akan membuat kondisi velg motor lebih aman, sebab tidak baret atau lecet dibanding menggunakan alat congkel manual.

4| Suku Cadang Lengkap

For your information, girls. Salah satu ciri bengkel yang kredibel itu adalah yang memiliki kelengkapan suku cadang. Sebab bengkel yang ditunjang dengan suku cadang mumpuni akan pelanggan memudahkan untuk mendapatkan sparepart dan layanan secara lengkap dan menyeluruh. Jadi pelanggan gak perlu bolak-balik dari bengkel A ke bengkel B hanya untuk servis ringan motor saja.

5| Ada Garansi

Selanjutnya, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan pasca perbaikan, jaminan garansi sangat diperlukan, baik garansi layanan ataupun suku cadang. 

Kalau aku, memiliki kebiasaan yang sama setiap servis motor. Sebelum beranjak dari bengkel, aku akan selalu bertanya terkait jaminan garansi pada staf atau petugas kasir. Sehingga jika mengalami keluhan sebelum 7 hari penggunaan, aku bisa kembali ke bengkel tanpa perlu khawatir dengan biaya servis motor alias nggak perlu keluar uang lagi 👌

Baca Juga: Keuntungan Servis Motor di Planet Ban

6| Jam Operasional Panjang

Jam operasional sebuah bengkel juga perlu masuk pertimbangan ketika akan memilih bengkel untuk servis motor, ya, guys.. Kenapa? Karena bengkel yang punya jam operasional panjang dinilai lebih maksimal dalam proses pelayanannya sebab tidak perlu diburu waktu. Menariknya, bagi kamu yang tidak mempunyai banyak waktu luang atau hanya senggang after hours, bisa banget milih bengkel yang beroperasi sampai malam.

7| Metode Pembayaran Beragam

Last but not least adalah metode pembayaran. Seiring perkembangan zaman, banyak bengkel yang kini sudah menyediakan beragam cara pembayaran. Kalau aku, sih prefer pakai cash. Tetapi, kalau uang di dompet nggak cukup, aku biasa menggunakan e-wallet atau  tinggal gesek debit card saja. Mudah, kan?

LALU, APA SAJA KOMPONEN MOTOR YANG PERLU DI SERVIS

servis motor matic apa saja

Baca Juga: Harga Motor Vespa Matic Bekas

Wahai cewek-cewek independen yang suka kemana-mana sendiri, perlu diketahui bahwa rutin melakukan perawatan kendaraan sangat membantu kamu ketika sedang dalam perjalanan. Kendaraan yang dirawat "seperti anak sendiri" tentu lebih mulus diajak jalan jauh apalagi dekat. Healing tipis-tipis atau naik-naik ke puncak gunung tidak akan jadi masalah.

Syaratnya, kamu hanya perlu rutin servis motor matic apa saja. Ada dua macam servis motor yang perlu kamu pahami. Yaitu, servis ringan dan servis besar.

Servis ringan mencakup ganti oli mesin, kampas rem, langsam, busi motor, suspensi, lampu, filter udara, aki lengkap hingga tekanan ban. Biaya nya pun relatif murah karena dilakukan sesuai permintaan atau kebutuhan pelanggan.

Sedangkan servis besar biaya nya lebih mahal tapi hanya dilakukan setiap 3 tahun sekali. Servis besar meliputi pengecekan area mesin internal beserta komponen-komponen di dalamnya, seperti penggantian sil klep, pembersihan kerak karbon, skir klep, dan lain-lain.

Baca Juga: Motor Vespa Second 20 Jutaan

BENGKEL MOTOR PILIHAN CEWEK-CEWEK INDEPENDEN

servis ringan motor
Servis CVT

Oh, iya. Cerita sedikit, nih. Yang awalnya merupakan kaum minoritas di bengkel, sekarang nggak lagi dong. Berkat siapa? Ya karena aku mandiri dan aku bisa 😜 But that doesn't mean i don't a guy. Sebab pada dasarnya cewek itu suka dimanja, guys. So do i 😉

Well, sebagai seorang yang sudah berpengalaman di dunia per-bengkel-an, aku mau kasih rekomendasi bengkel motor dengan kualitas terbaik namun nggak bikin kantong jebol. Yups, Planet Ban.

Sudah familiar dengan bengkel ini, kan? Pasti, dong ya. Karena kamu mungkin sering menjumpai papan namanya di jalan raya.

Just information, guys. Walau namanya Planet Ban, bengkel ini tidak hanya menjual ban saja. Dikutip dari situs resminya, planetban.com kini menyediakan layanan Servis Rasa Mesin Baru yang meliputi:

  • Servis mesin
  • Servis throttle body
  • Servis CVT
  • Servis injeksi

Servis Rasa Mesin Baru merupakan konsep yang sangat memanjakan pelanggan. Hal ini dikarenakan selain tidak menghisap bensin dengan dalih bersihin ini, bersihin itu -layaknya bengkel pada umumnya- Planet Ban juga menawarkan benefit yang sayang banget kalau ditolak, diantaranya:

  • Gratis biaya pemasangan ban
  • Gratis jasa Servis dan Ganti Oli
  • Gratis jasa pengisian Tyre Sealant atau cairan anti bocor (biasanya untuk ban jenis tubeless)

Satu lagi, kamu juga akan dapat gratis pengisian nitrogen se-la-ma-nya. Yups, SELAMANYA! Keren, nggak tuh? 😍

servis motor berapa lama
Ganti Oli Motor Matic

Sebagai pelopor ritel otomotif pertama di Indonesia yang menyediakan macam-macam suku cadang berkualitas secara lengkap, kamu juga bisa memanfaatkan layanan yang tersedia di bengkel ini jika ingin servis motor apa saja dan kapan saja.

Kebetulan, Planet Ban juga sedang ada promo potongan biaya servis motor sampai 150.000, lho. Kamu bisa menggunakan kesempatan ini melalui link berikut: https://bit.ly/PotonganSampai150ribu. Dengan begitu, kamu akan lebih hemat dan tetap bisa jajajn es kopi di akhir bulan 😎

So, sebagai cewek independen yang biasa "main" ke bengkel, jangan lupa untuk rajin cek kesehatan kendaraan pribadi mu, ya. Bukan kah lebih baik sedia payung sebelum hujan?


10 comments:

  1. Aku sukanya ketika service di Planet ban itu harganya transparan sehingga konsumen bisa memilih apa mau tetap mengganti sprarepart yang rusak atau dipending dulu. Pokoknya terbaik deh Planet Ban

    ReplyDelete
  2. Bener kak, biasanya di bengkel atau tempat cuci steam tuh berasa asing karena banyaknya laki-laki. Ehehe. Aku setuju sih kalau tempat servis motor yang oke tuh yang transparan, onderdilnya lengkap, dan pembayarannya banyak pilihan

    ReplyDelete
  3. Jujur, makin sulit cari bengkel yang amanah. Garansi juga hanya sebagai pemanis. Profesionalits hanya jargon semata. Seneng banget kalo ada yang beneran komplit kaya gini ya.

    ReplyDelete
  4. Sebagai pemilik kendaraan memang wajib banget utk aware dengan perawatannya. Apalagi motor yg bisa dibilang rutin digunakan. Pastinya mesti pilih bengkel yg kredibel, wah boleh juga rekomendasinya. Apalagi ada promo potongan biaya servis

    ReplyDelete
  5. kaum perempuan independen, juga perlu tahu bagian motor yang perlu di service. Plus tahu harganya. Apalagi kalau ada potongannya kayak di panet ban. Kaum perempuan, mah, langsung ijo, hhhe. Dan itu aku :D

    ReplyDelete
  6. Sekarang uda banyak banget independent women yaa..
    Ikutan bangga dan merasakan bahwa kita juga bisa hidup mandiri. Minimal tanggungjawab sama kendaraan yang digunakan dengan servis rutin di Planet Ban.

    ReplyDelete
  7. Buat kaum hawa yang males banget ribet sama servis motor nah artikel ini kayanya membantu banget nih hehe.. biar ga ngang ngong ngang ngong pas di bengkel hahaha

    ReplyDelete
  8. Planetban ini ada dimana2 ya. Emang rekomendasi banget buat biker cewek. Pelaynaannya juga bagus.

    ReplyDelete
  9. Menjadi perempuan mandiri nggak hanya bisa nyetir motor ya mbak
    Tetapi juga harus bisa bawa motor sendiri ke bengkel

    ReplyDelete
  10. walopun saya bukan pengendara sepeda motor tapi saya setuju banget kalo perempuan sekarang harus independen dan berani 'main' ke bengkel sendirian hehe. apalagi sekarang udah ada layanan bengkel yg lengkap kayak planet ban. satu tempat udah mencakup semua perawatan. nice artikel kak

    ReplyDelete

Halo, terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak menyertakan link hidup, kegiatan promosi maupun spam. Hit me up on : heizyi.business@gmail.com for partnership, ask something important and urgent 😊 Then, Salam kenal semua, jangan segan meninggalkan jejak komentar ya. Enjoy your reading, guys 💙

Powered by Blogger.